mimikri adalah

Setiap organisme memiliki kemampuan adaptasi dalam rangka menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Adaptasi dilakukan oleh semua makhluk hidup termasuk hewan. Satu di antaranya dengan cara mimikri. Mimikri adalah adaptasi yang dilakukan oleh hewan agar wujudnya menjadi menyerupai lingkungan sekitarnya.

Seperti apa proses serta hewan apa saja yang melakukan adaptasi dengan cara mimikri? Berikut penjelasan lengkapnya.

BACA JUGA: Bryophyta: Pengertian, Klasifikasi, Ciri-ciri & Manfaatnya

1. Pengertian adaptasi

Pengertian adaptasi
tirto

Sebelum membahas lebih lanjut soal mimikri, Sedulur perlu mengetahui lebih dulu apa yang dimaksud dengan adaptasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adaptasi memiliki beberapa arti.

-->

Pertama, adaptasi adalah penyesuaian diri terhadap kondisi lingkungan yang baru. Adaptasi juga dimaknai sebagai penyesuaian suatu materi menurut kebutuhan atau perubahan suatu materi menjadi bentuk yang baru.

Pada KBBI juga dicatumkan arti adaptasi dalam lingkup biologi. Adaptasi diartikan sebagai perubahan diri makhluk hidup baik secara fungsi maupun struktur agar sesuai atau dapat bertahan dalam kondisi lingkungannya.

Dari pengertian adaptasi seperti diuraikan di atas, bisa disimpulkan adaptasi merupakan perilaku menyesuaikan diri dengan lingkungan. Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk bertahan hidup ataupun melindungi diri dari musuh.

BACA JUGA: 10 Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami dan Efektif

2. Macam cara adaptasi hewan

Macam cara adaptasi hewan
detik

1. Adaptasi fisiologi adalah adaptasi yang dilakukan dengan menyesuaikan proses fisiologis pada tubuh hewan. Contoh hewan yang melakukan adaptasi fisiologi adalah cumi-cumi. Hewan yang sering diolah menjadi santapan lezat ini diketahui memiliki zat tinta berwarna hitam. Tinta tersebut berguna untuk mengelabui mangsanya serta menghindari predator.

2. Adaptasi morfologi adalah bentuk adaptasi yang terjadi dengan menyesuaikan bentuk tubuh dengan lingkungannya. Misalnya adalah bentuk paruh bebek yang dapat menyaring makanan dari air dan lumpur.

3. Adaptasi tingkah laku adalah proses yang dilakukan oleh hewan lewat tingkah laku yang disesuaikan dengan lingkungannya. Contoh hewan yang melakukan adaptasi lewat tingkah laku adalah trenggiling. Ia memiliki kebiasaan untuk menggulungkan badannya jika disentuh. Hal itu dilakukan dalam rangka melindungi kulit tipis pada bagian perutnya. Selain itu, ada juga bunglon yang melakukan adaptasi tingkah laku dengan cara mimikri.

BACA JUGA: Zaman Paleolitikum: Pengertian, Ciri-Ciri, Hasil Kebudayaannya

3. Pengertian mimikri

mimikri adalah dan contohnya
kompas

Sebelumnya sudah disinggung bahwa contoh mimikri dapat dilihat pada bunglon. Hewan yang dikenal memiliki ludah ratusan kali lebing lengket daripada ludah manusia ini melakukan adaptasi dengan mengubah warna tubuhnya sesuai dengan tempat yang ia hinggapi. Lantas, apa itu mimikri?

Mimikri adalah adaptasi yang dilakukan oleh hewan dengan cara mengubah warna kulit tubuhnya menjadi menyerupai lingkungan sekitarnya. Sehingga ia menjadi sulit untuk dikenali.

BACA JUGA: 20 Jenis Ikan Hias Air Tawar Akuarium yang Mudah Dipelihara

4. Tujuan mimikri

mimikri adalah adaptasi yang dilakukan oleh
tribunpalu

Sama halnya dengan bentuk adaptasi lain, mimikri juga bertujuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan di mana seekor hewan tinggal. Tujuan mimikri lainnya adalah untuk melindungi diri dari predator dan mengelabui mangsa.

Sebab dengan melakukan mimikri, seekor hewan akan sulit dikenali oleh predator maupun mangsanya karena terlihat mirip dengan spesies lain atau lingkungan sekitarnya. Contohnya adalah mimikri cicak.

BACA JUGA: Sistem Peredaran Darah Kecil dan Besar Pada Manusia

5. Contoh mimikri

contoh mimikri
99

Setelah memahami pengertian dan tujuan mimikri, tentu Sedulur ingin mengetahui hewan apa sajakah yang melakukan mimikri. Dirangkum dari berbagai sumber, salah satu contoh hewan yang dapat melakukan mimikri adalah bunglon.

Binatang masuk dalam kelas reptil ini akan mengubah warna kulitnya menyerupai tempat di mana ia berada ketika merasakan ancaman. Contoh mimikri yang dilakukan bunglon ialah dengan mengubah warna tubuhnya menjadi coklat ketika berada di atas ranting pohon yang juga berwarna coklat.

Adapun hewan lain yang disebut juga melakukan mimikri adalah belalang. Hewan yang tidak memiliki telinga itu juga bisa mengubah warna tubuhnya sesuai dengan lingkungan sekitarnya.

BACA JUGA: 8 Binatang Buas yang Paling Mematikan di Dunia

6. Perbedaan mimikri dan kamuflase

perbedaan dengan kamuflase
wikipedia

Apabila dilihat secara sekilas, adaptasi dengan cara mimikri seolah mirip dengan kamuflase. Akan tetapi, kedua hal tersebut berbeda satu sama lain. Mimikri adalah adaptasi hewan dengan mengubah warna kulitnya menjadi menyerupai lingkungan sekitarnya. Contohnya ada pada bunglon yang mengubah warna kulitnya menjadi seperti rating pohon.

Sementara, kamuflase merupakan bentuk penyamaran yang dilakukan dengan cara berbaur dengan lingkungan sekitarnya. Dalam KBBI sendiri, kamuflase diartikan sebagai perubahan bentuk, rupa, sikap, warna, dan sebagainya menjadi lain agar tidak dikenali.

Singkatnya kamuflase adalah bentuk penyamaran. Contoh kamuflase adalah belalang daun yang menyamar di antara dedaunan karena memiliki warna yang sama dengan daun.

Untuk dapat lebih mudah memahami perbedaan mimikri dan kamuflase, perhatian uraian berikut:

  • Mimikri adalah peniruan, sedangkan kamuflase adalah penyamaran.
  • Hewan yang melakukan mimikri dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Kamuflase hanya bisa dilakukan sesuai habitat hewan tersebut.
  • Mimikri adalah bentuk adaptasi dengan merubah warna kulit agar sesuai dengan lingkungan di mana ia berada. Sementara kamuflase adalah menyamarkan diri dengan lingkungan yang mirip dengan dirinya.

Demikian tadi pembahasan seputar definisi mimikri adalah beserta contoh hewan yang melakukan adapatasi dengan cara ini. Kini, apakah Sedulur sudah paham, ‘kan?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!