cara menurunkan asam urat

Cara menurunkan asam urat sepertinya wajib diketahui oleh semua orang. Tentunya mengingat banyak faktor yang memungkinkan orang di usia manapun terserang penyakit ini. Gejala asam urat bisa seperti sendi yang mendadak terasa sering sakit, kesulitan berjalan terutama di malam hari, semakin parah jika disertai pembengkakan, rasa panas, dan muncul kemerahan pada kulit sendi.

Ketika rasa sakit mulai mereda, biasanya akan menyisakan bekas berupa kulit di sekitar sendi yang menjadi nampak bersisik, mengelupas, dan rasanya gatal. Biasanya sakit seperti itu akan diabaikan karena gejala awal bisa hilang dengan sendiri. Di sini, mari kita bahas cara menurunkan asam urat serta obat asam urat tradisional dan pantangannya agar diri kita terhindar dari berbagai jenis gejala asam urat.

BACA JUGA: 20 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan & Cara Mengolahnya

1. Pantau kadar asam urat

cara menurunkan asam urat
Moms Money

Untuk tahu cara menurunkan asam urat, Sedulur terlebih dahulu harus tahu kadar asam uratnya. Memang ada beberapa gejala yang bisa dikenali, namun mengeceknya juga merupakan langkah penting. Dengan mengetahui kadar asam urat, Sedulur menjadi bisa membuat program menurunkan asam urat dengan tepat. Selain itu, penurunannya yang tidak signifikan tetap akan menjadi tetap berarti.

-->

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan alat tes asam urat yang bisa dibeli di apotek. Sebenarnya, bentuk dan alatnya hampir menyerupai alat tes gula darah, namun Sedulur bisa meminta apoteker atau dokter untuk mengajarkan penggunaannya terlebih dahulu. Perlu Sedulur ketahui bahwa normalnya, kadar asam urat adalah di bawah 6 mg/dL untuk perempuan dan di bawah 7 mg/dL untuk laki-laki.

2. Disiplin dalam berolahraga

Hello Sehat

Cara menurunkan asam urat yang berikutnya tidak lain adalah berolahraga. Mau tidak mau, proses ini adalah langkah penting yang tidak bisa dihindari. Meski Sedulur sudah mengonsumsi obat, tetap harus bergerak aktif setidaknya 30 menit setiap harinya. Sedulur juga bisa merutinkan olahraga 5 hari selama satu minggu jika masih merasa keberatan jika harus berolahraga satu minggu full.

Adapun alasan dibalik ini adalah karena olahraga membuat sendi-sendi menjadi lebih kuat. Dengan demikian, nyeri yang menyerang bisa lebih ditahan bahkan dicegah. Namun hati-hati ya, Sedulur. Jangan berolahraga ketika gejalanya sedang kambuh.

3. Diet dengan cara yang tepat

cara menurunkan asam urat
Beautynesia

Tahukah Sahabat bahwa cara menurunkan asam urat dengan cepat salah satunya didukung dengan diet yang tepat. Sedulur bisa perbanyak mengonsumsi buah-buahan, sayur, dan karbohidrat kompleks seperti gandum. Penuhi juga asupan protein dari daging tanpa lemak, susu rendah lemak, atau yoghurt dengan takaran 2 – 3 porsi per hari.

Cara menurunkan asam urat ini juga berguna untuk mencegah obesitas. Di sisi lain, orang yang menderita obesitas memang cenderung lebih berisiko terkena asam urat itu sendiri. Maka dari itu, jaga pola makan untuk menghindari keduanya.

4. Hindari stres

UPMC HealthBeat

Menjaga suasana hati ternyata ada kaitannya dengan cara menurunkan asam urat. Hal itu disebabkan oleh efek stres pada manusia memengaruhi daya tahan tubuh dan meningkatkan risiko peradangan. Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memelihara kesehatan tubuh, meditasi, pergi hiburan dan melakukan hal-hal yang dapat membuat hati senang.

Bagaimana, Sedulur? Saran ini cukup worth it lho untuk meningkatkan mood sekaligus melenturkan sendi-sendi yang mulai kaku. Seringkali penyakit yang muncul dan dirasakan oleh tubuh diawali oleh pikiran, dan stress merupakan gangguan pikiran dan mental yang bisa menyulut beberapa penyakit tubuh, termasuk asam urat.

5. Minum air cukup yang cukup

cara menurunkan asam urat
Fimela

Cara menurunkan asam urat yang berikutnya adalah minum air putih. Ya, minum banyak air putih baik untuk membuang asam urat berlebih dari dalam tubuh. Ketika kita banyak minum, akan ada banyak urin yang terbuang sehingga asam urat tidak menumpuk dalam tubuh.

Sifat air putih sendiri adalah zero calorie atau netral yang membuatnya baik untuk mencegah dehidrasi. Orang yang sedang berdiet dianjurkan untuk memenuhi cairannya dengan baik. Jadi, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan air putihmu ya, Sedulur. Tubuh juga akan semakin enteng jika kandungan air dalam tubuh tercukupi.

6. Manfaatkan kandungan kopi

GenPI

Tidak banyak yang menyinggung bahwa meminum air kopi adalah salah satu cara menurunkan asam urat. Bisa dibilang ini merupakan cara menurunkan asam urat menggunakan obat tradisional. Kopi mengandung mineral, polifenol, dan kafein yang mampu meningkatkan metabolisme purin menjadi asam urat dan meningkatkan pembuangannya melalui urin.

Namun Sedulur juga harus memerhatikan efek-efek kopi lainnya. Misalnya, kopi tidak cocok dikonsumsi bagi penderita maag dan sakit jantung. Hal itu dikarenakan kopi juga bisa memicu asam lambung kambuh sehingga menimbulkan gejala sakit lambung yang sangat tidak nyaman.

7. Penuhi kebutuhan vitamin C

cara menurunkan asam urat
GenPI

Obat asam urat lain yang bisa ditawarkan adalah makanan serta minuman yang kaya vitamin C. Vitamin C banyak terkandung dalam buah dan sayuran. Jenis buah-buahan yang bisa Sedulur makan untuk asam urat adalah jambu, kiwi, jeruk, nanas, pepaya, mangga, semangka, dan tomat. Sedangkan sayurannya adalah bayam, kembang kol, paprika, cabai, brokoli, dan kentang.

Saran ini sangat berkaitan dengan program diet, bukan? Tentu karena kebiasaan yang sehat merupakan kunci untuk hidup yang sehat juga. Makanan yang disarankan sebelumnya tetap harus dipertimbangkan lagi apabila Sedulur menderita sakit lain yang tidak cocok jika harus mengonsumsi makanan yang telah disebutkan.

8. Hindari makanan tinggi purin

Head Topics

Beberapa penyebab asam urat, seringkali disebabkan oleh makanan. Terutama makanan yang mengandung kadar purin tinggi. Sedulur harus memerhatikan bahwa ada satu kandungan yang harus dihindari, yaitu purin. Purin adalah zat yang dipecah tubuh dan bisa meningkatkan kadar asam urat. Asam urat akan memasuki aliran darah, kemudian disaring oleh ginjal dan dikeluarkan melalui urin.

Kandungannya ada banyak di seafood, daging merah, makanan manis, alkohol, dan jeroan. Tak hanya daging, beberapa sayuran juga mengandung purin yang tinggi. Namun bukan berarti Sedulur harus menghindari semua itu ya. Makanlah secukupnya untuk mencegah, kecuali memang Sedulur sudah mengidap asam urat maka memang semestinya dikurangi bahkan dihindari sepenuhnya.

9. Konsultasi ke dokter secara rutin

cara menurunkan asam urat
Fimela

Selain efektif sebagai cara menurunkan asam urat, dengan konsultasi ke dokter, Sedulur juga bisa mencegah penyakit asam urat semakin parah. Cara ini juga wajib Sedulur lakukan, terutama jika Sedulur yang memiliki penyakit asam urat dalam kategori yang sangat parah.

Sampaikan segala keluh kesah Sedulur kepada dokter, terutama terkait kondisi asam urat jika kambuh. Cari dokter yang benar-benar ahli menangani asam urat, jika Sedulur baru pertama kali konsultasi ke dokter. Lalu, jangan lupa untuk konsultasi secara berkali berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan dokter atau rumah sakit.

BACA JUGA: 10 Manfaat Skipping untuk Kesehatan dan Cara Melakukannya

10. Disiplin minum obat dari dokter

Kumparan

Saat berkonsultasi pada dokter, Sedulur akan diberikan beberapa obat untuk menurunkan kadar asam urat. Sebagai cara menurunkan kadar asam urat, disiplin meminum obat dari dokter merupakan sebuah kewajiban. Minum obat adalah salah satu cara paling efektif untuk menurunkan asam urat.

Jika Sedulur telah diresepkan obat asam urat oleh dokter, patuhilah aturan aturan jadwal minum dan takaran dosisnya sesuai petunjuk. Ketika obat habis, Sedulur pun harus proaktif berkonsultasi kepada dokter terkait konsumsi obat, apakah perlu ditambah atau langsung berkunjung pada dokter.

Beberapa contoh obat penurun asam urat yang umum diresepkan dokter adalah allopurinol dan colchicine. Biasanya dokter juga akan meresepkan obat antiradang seperti celecoxib, indomethacin, meloxicam, atau sulindac untuk meredakan nyeri dan bengkak di persendian.

Demikian yang bisa kita bahas mengenai cara menurunkan asam urat tanpa obat. Memang lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga cara-cara di atas mampu membuat Sedulur semakin memerhatikan kesehatan dan bisa terhindar dari gejala asam urat dalam bentuk apapun. Selamat mencoba dan semoga sehat selalu!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!