serum terbaik

Rekomendasi serum terbaik yang ampuh bikin kulit glowing! Simak yuk, Sedulur!

Tak hanya wanita, memiliki kulit yang bagus juga sehat adalah idaman bagi sebagian besar orang. Selain menjalani pola hidup yang sehat seperti berolahraga dan makan makanan yang bernutrisi, kulit harus dijaga dengan produk skincare. Salah satunya adalah serum terbaik yang sesuai kebutuhan kulit.

Saat ini, ada berbagai macam skincare yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Ada cleanser untuk membersihkan dan menghapus makeup dan moisturizer untuk melembapkan wajah. Salah satu rangkaian dari skincare yang wajib ada adalah serum. Serum terbaik mempunyai tekstur cairan  yang mudah diaplikasikan di wajah. Selain itu juga diperkaya dengan kandungan bahan aktif  seperti antioksidan dan peptida yang digunakan untuk memelihara dan meremajakan kulit. 

Manfaat serum wajah yang utama adalah untuk mencerahkan wajah dan juga menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Selain itu, serum juga berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori kulit. 

-->

Cara memilih serum wajah yang cocok

Sebelum masuk ke rekomendasi serum untuk berbagai jenis kulit, sebaiknya Sedulur mengetahui bagaimana cara untuk memilih serum wajah yang cocok. Perlu lebih jeli untuk memilihnya agar kulit wajah tidak iritasi dan timbul masalah yang tidak diinginkan. 

Pasalnya, ada beberapa serum wajah yang berbahaya mempunyai ciri yang bisa diketahui dari tekstur, bau, dan harga. Maka dari itu, berikut rangkuman cara memilih serum supaya bisa memberi hasil yang maksimal.

1. Cek kandungan & bahan aktif

Cek kandungan dalam serum dengan cara melihat komposisi pada kemasan yang ada pada botol serum. Ada beberapa fungsi dari masing-masing komposisi yang digunakan untuk mengatasi macam permasalahan kulit.

Misalnya adalah senyawa arbutin yang digunakan untuk menahan pembentukan enzim tyrosinase. Zat ini bisa membentuk melanin untuk mengurangi bintik hitam. Selain itu, ada juga niacinamide atau vitamin B3 yang berfungsi membuat wajah tampak lebih cerah dan putih. Tak hanya itu, Vitamin C juga ampuh untuk memutihkan wajah, lho.

2. Mencermati kemasan, tekstur, dan bau

Periksa aspek lain seperti kemasan, tekstur, dan juga aromanya. Jika Sedulur mempunyai kulit yang sensitif, sebaiknya hindari serum wajah yang ber-fragrance yang dapat menyebabkan iritasi serta kemerahan pada wajah. Pilih juga serum dengan tekstur yang lembut sehingga dapat terserap oleh kulit secara maksimal.

Setelah mengetahui beberapa cara memilih serum terbaik yang benar, Sedulur pasti penasaran ‘kan dengan rekomendasi serum terbaik dan tepat untuk kulitmu? Simak referensinya di bawah ini, ya!

BACA JUGA: 10 Gerakan Senam Lantai dan Berbagai Manfaat Melakukannya

1. Somebymi Snail Truecica Miracle Repair

serum korea untuk mencerahkan wajah
shopee

Sedulur pasti sudah tidak asing dengan produk skincare ini. Somebymi Snail Truecica Miracle Repair adalah serum Korea untuk mencerahkan wajah dan juga agar bekas jerawat pada wajah memudar. Tekstur tidak rata akibat jerawat pun juga akan hilang dengan memakai serum terbaik ini.

Selain itu, kandungan black snail dan cica juga ampuh untuk menyamarkan kerutan di wajah, sehingga wajah akan tampak awet muda. Serum yang mempunyai kemasan botol merah sebesar 50 ml ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp140 ribuan.

Cara menggunakan Somebymi Snail Truecica Miracle Repair ini cukup mudah. Tinggal teteskan secukupnya ini ke telapak tangan, gosok perlahan dan lalu usapkan ke wajah. Kamu juga bisa langsung meneteskan ke wajah dan meratakannya dengan lembut. 

2. Nacific Phyto Niacin

beberapa serum wajah yang berbahaya mempunyai ciri
sociolla

Serum terbaik rekomendasi selanjutnya adalah Nacific Phyto Niacin. Produk ini merupakan serum yang bagus untuk mencerahkan dan juga memudarkan bekas jerawat. Kandungan Niacinamide dalam serum ini juga berfungsi untuk membuat kulit wajah tampak bercahaya dan juga terhindar dari kulit yang kusam.

Kelembaban dan kelenturan kulit juga akan terjaga berkat adanya kandungan hyaluronic acid. Cara mengaplikasikan serum ini hampir sama dengan sebelumnya. Tinggal mengambil sedikit serum ke telapak tangan lalu aplikasikan secara merata ke seluruh wajah. Produk ini memiliki kisaran harga sekitar Rp145 ribuan. 

3. SK-II Whitening Power Spots Specialist

serum yang bagus untuk mencerahkan
lazada

Rekomendasi serum penghilang flek hitam di wajah dan juga menjadi salah satu serum terbaik yang laris di pasaran. Salah satunya adalah produk keluaran SK-II. Selain itu, klaim dari serum ini adalah untuk mencerahkan wajah dan juga menyembuhkan jerawat yang membandel.

Tekstur dalam serum ini cenderung menyatu dengan kulit wajah tanpa meninggalkan bekas sedikitpun setelah diaplikasikan. Setelah menggunakannya secara rutin, serum berwarna kombinasi merah dan putih ini juga membantu untuk mengenyalkan sehingga wajah menjadi sehat. Produk ini cukup merogoh kantong yaitu sekitar Rp1,3 jutaan. Namun hasil yang diberikan sangat sesuai dengan harga. 

4. Bioaqua Serum Gold

serum wajah lokal terbaik dibawah 50 ribu
shopee

Produk serum terbaik selanjutnya adalah Bioaqua Serum Gold. Klaim dari produk ini adalah untuk menangkal radikal bebas di dalam kulit wajah. Selain itu, produk ini juga cocok untuk kulit berjerawat, kering, maupun kusam. Dengan kandungan hyaluronic acid juga minyak jojoba, serum ini mampu membuat kulit wajah menjadi kencang dan lembap sepanjang hari. Bioaqua Serum Gold menjadi salah satu serum wajah yang bagus dan murah karena mempunyai harga sekitar Rp40 ribuan saja.

5. The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA

serum yang bagus untuk mencerahkan
shopee

The Ordinary Alpha Arbutin adalah salah produk serum terbaik rekomendasi selanjutnya. Serum ini adalah serum yang bagus untuk usia 30 karena memiliki klaim dapat menyamarkan noda hitam dan menghilangkan flek hitam di wajah.

Serum ini memiliki kandungan 2% konsentrasi alpha arbutin dan 1% hyaluronic acid sehingga cocok untuk kulit kering dan kusam. Selain itu, serum ini juga cocok untuk Sedulur dengan masalah jerawat yang membandel. Harga dari produk ini adalah sekitar Rp150 ribuan saja untuk satu botolnya.

6. Natural Pacific Fresh Herb

serum pemutih wajah yang bagus dan murah
stylekorean

Salah satu rekomendasi serum terbaik selanjutnya adalah Natural Pacific Fresh Herb. Sesuai dengan namanya, serum ini memiliki klaim mengandung bahan natural sehingga aman untuk kulit. Kandungan seperti aloe vera, lemon fruit extract, dan ginko biloba nut extract yang berfungsi untuk mencerahkan kulit, menjaga agar pori-pori tetap kecil, dan permasalahan yang lainnya. Serum dari Nacific ini juga menjadi serum wajah glowing BPOM sehingga aman untuk digunakan. Harga dari produk ini adalah sekitar Rp150 ribuan untuk satu botolnya.

7. Ertos Serum Kinclong

serum wajah glowing bpom
tampilcantik

Sesuai dengan namanya, produk dari Ertos ini memiliki klaim untuk membuat kulit wajah menjadi kinclong. Serum ini diperkaya oleh berbagai kandungan, yaitu Propylene glycol, Acetyl hexapeptide, Peg 400, Glycerin,Tripeptide 5, Cyclopentasiloxane, Aloe barbadensis, Parfum ci 19140, dan Dimethicone.

Selain itu, serum ini menjadi serum pencerah wajah dan juga mampu menutrisi kulit agar lebih lembap. Antiaging juga salah satu klaim dari serum ini dan cocok untuk digunakan bagi Sedulur yang berusia 30 tahun ke atas. Selain itu, pori-pori akan mengecil dan juga bekas jerawat akan menghilang bila memakai produk ini secara rutin. Serum yang cocok untuk segala jenis kulit ini dibandrol dengan harga Rp100 ribuan.

8. Elsheskin Smoothing Serum for Acne Skin

serum wajah yang bagus dan murah
shopee

Kulit sedang berjerawat dan tak kunjung sembuh? Mungkin Elsheskin Smoothing Serum for Acne Skin bisa menjadi solusinya. Produk ini adalah salah satu serum terbaik untuk memudarkan jerawat yang aktif serta menghilangkan bekasnya.

Selain itu, serum ini memiliki beberapa kandungan seperti Alcohol, Aqua, Glycerin, Centella Asiatica Leaf Extract, Butylene Glycol, Salicylic Acid, Methylsilanol Mannuronate, Carbomer yang mampu mengatasi berbagai permasalahan pada kulit. Produk yang memiliki klaim no perfume ini memiliki harga Rp170 ribuan.

9. Estee Lauder Advanced Night Repair

serum penghilang flek hitam di wajah
shopee

Sesuai dengan namanya, Estee Lauder Advanced Night Repair digunakan pada saat malam hari ketika wajah sudah bersih menjelang tidur. Jika Sedulur sering lembur, insomnia, atau punya pola tidur yang tidak teratur, serum ini merupakan salah satu serum terbaik yang bisa dicoba. Diperkaya dengan antioksidan dan antipolusi dengan kandungan HA yang tinggi, khasiat dari serum ini juga sebagai pelembap pada kulit.

Produk ini juga memberikan kenyamanan serta ketenangan pada kulit wajah. Tekstur dari serum ini adalah kental dan lengket. Ketika diaplikasikan di kulit wajah akan cepat meresapnya. Serum yang cocok untuk semua jenis kulit ini dipatok dengan harga Rp150-280 ribuan.

10. Pond’s Age Miracle

serum yang bagus untuk usia 30
femaledaily

Sesuai dengan klaim yang diberikannya, serum ini adalah salah satu serum terbaik untuk mengurangi kerutan, noda hitam, serta garis halus pada wajah selama pemakaian 7 hari. Itu karena serum ini mengandung konsentrasi anti aging sebanyak 20 kali yang cocok digunakan untuk Sedulur yang memiliki usia 30 tahun keatas.

Selain itu, Ponds Age Miracle juga membantu untuk meregenerasi kulit sehingga wajah akan menjadi lebih bersinar dan juga cerah. Serum yang cocok untuk kulit sensitif ini dibandrol dengan harga Rp200 ribuan.

11. Ovale Essential Vitamin Face Rejuvenation

serum terbaik untuk remaja
lazada

Jika Sedulur mencari serum pemutih wajah yang bagus dan murah, Ovale Essential Vitamin Face Rejuvenation adalah solusinya. Serum yang berbentuk kapsul ini mempunyai kadar kehigienisan yang tinggi karena kapsulnya adalah kapsul sekali pakai. Serum wajah lokal terbaik dibawah 50 ribu ini juga memiliki kandungan yang beragam, yaitu vitamin C, A, E, dan K yang mempunyai khasiat untuk mencerahkan kulit wajah.

Serum dari Ovale ini mempunyai 6 butir kapsul dalam satu kemasannya, dan harganya pun sangat murah, yaitu 15 ribuan saja, jadi serum ini bisa menjadi serum terbaik untuk remaja karena harganya tidak membuat dompet menipis.

BACA JUGA: 12 Penyebab Rambut Rontok Ini Perlu Kamu Waspadai

12. Wardah Serum White Secret Intense Brightening Essence

manfaat serum wajah
ladiestory

Serum perawatan kulit wajah dari brand lokal ini mempunyai fungsi mencerahkan, melembapkan, serta memperbaiki tekstur pada kulit wajah. Salah satu rekomendasi serum terbaik ini juga diklaim mampu untuk menyamarkan noda dan bintik hitam dan membuat wajah menjadi semakin kenyal karena adanya kandungan Silver Vine Extract.

Selain itu, serum ini juga mempunyai khasiat untuk menutrisi kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat. Wardah Serum White Secret Intense Brightening Essence ini dibanderol dengan harga Rp90 ribuan saja.

13. Mineral Botanica Brightening Face Serum

serum pencerah wajah
shopee

Serum dari Mineral Botanica ini mempunyai khasiat membantu mencerahkan sekaligus mengenyalkan kulit wajah sehingga menjadi lebih sehat. Salah satu serum terbaik dari Mineral Botanica ini memiliki beberapa kandungan seperti Aloe Vera Extract, Adansonia Extract, serta Arbutin yang mampu untuk menutrisi serta membuat wajah menjadi lebih lembab dan halus. Mempunyai daya serap yang cepat di wajah, serum ini cocok dan aman untuk digunakan sehari-hari agar wajah tampak cerah serta bersinar. Harga dari serum ini adalah Rp100 ribuan.

14. Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum

serum pemutih wajah di apotik
shopee

Kandungan dari produk ini adalah sesuai dengan klaim Niacinamide yang mampu membuat kulit tampak maksimal cerahnya. Selain itu, salah satu serum terbaik dari produk lokal ini juga mempunyai khasiat untuk memperkuat skin barrier, mengurangi kemerahan, meminimalkan kerusakan pada kulit dan mengembalikan kekenyalan pada wajah.

Tak berhenti di situ, menyamarkan noda hitam, hiperpigmentasi, serta mengatasi jerawat yang membandel adalah hasil yang bisa didapat. Dengan banyaknya klaim yang ditawarkan pada serum ini, harga yang ditawarkan cukup terjangkau hanya Rp150 ribuan.

BACA JUGA: 12 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah & Cara Pakainya

15. Avoskin Miraculous Refining Serum

serum terbaik avoskin
windriani

Rekomendasi serum terbaik selanjutnya adalah Avoskin Miraculous Refining Serum. Serum ini mempunyai berbagai macam manfaat di antaranya adalah mengatasi komedo, menyamarkan noda hitam atau hiperpigmentasi, dan mengatasi kulit kusam dan tidak merata.

Serum ini juga membuat pori-pori menjadi mengecil serta mengatasi jerawat pada wajah. Avoskin Miraculous Refining Serum ini juga bisa digunakan sebagai eksfoliator pada kulit karena mengandung 10% AHA dan 3% PHA yang merupakan chemical peeling. Serum yang cocok digunakan untuk berbagai tipe kulit ini mempunyai harga Rp200 ribuan.

16.  Pixy White Aqua Concentrated Brightening Serum

serum terbaik Pixy White Aqua Concentrated Brightening Serum
Bukapalak

Salah satu serum terbaik yang dikeluarkan oleh brand Pixy ini mempunyai formula yang berbahan dasar air. Selain itu, serum ini juga mengandung Skin Bright Activator yang digunakan untuk melembapkan serta mencerahkan wajah.

Selain itu, kandungan Intensive Hydra Active dalam serum ini membantu untuk menghidrasi kulit pada malam hari. Vitamin C dan E yang juga terkandung dalam serum dari Pixy ini digunakan sebagai antioksidan untuk membuat wajah menjadi lebih sehat. Serum yang mempunyai klaim free alcohol & clinically tested ini mempunyai harga Rp85 ribuan saja sebotol.

17. Garnier Light Complete Whitespeed Vitamin C Booster Serum

serum terbaik garnier
shopee

Serum dari Garnier ini punya cukup banyak komposisi. Di antaranya adalah Talc, Silica, Triethoxycaprylylsilane, Nylon-12, Boron nitride, Ethylexyl palmitate, Yellow iron oxide (CI 77492), Phonexyethanol, 1,2-Hexanediol, Red iron oxide (CI77491), Black iron oxide (77499) dan Ethylhexylglycerin. Salah satu rekomendasi serum terbaik ini mempunyai tekstur yang ringan sehingga mudah meresap ke dalam lapisan kulit.

Khasiat yang ditawarkan cukup beragam. Mulai dari menyamarkan bekas jerawat dan mencerahkan noda hitam pada kulit wajah. Kulit juga akan tampak lebih cerah jika pemakaiannya rutin. Garnier Light Complete Whitespeed Vitamin C booster Serum ini dibanderol dengan harga 80 ribuan. Cara memakainya cukup gampang, yaitu dengan mengoleskan secukupnya ketika sehabis cuci muka dan usap di wajah secara merata. Usahakan untuk rajin memakainya, ya!

18. Wardah Hydrating Facial Serum

serum terbaik wardah
femaledaily

Satu lagi rekomendasi serum terbaik dari Wardah, yaitu Hydrating Facial Serum. Serum lokal ini mengandung ekstrak Aloe Vera yang berfungsi untuk melembabkan kulit wajah, dan juga Hyaluronic Acid yang juga berfungsi untuk menghidrasi kulit. Selain itu, ada juga kandungan dari vitamin E yang berfungsi melindungi kulit dari radikal, sehingga kulit akan menjadi lebih kenyal juga lemba.

Untuk hasil yang maksimal, gunakan serum ini sebelum menggunakan Hydrating Moisturizer Cream atau Essential Intensive Night Cream yang juga produk dari Wardah. Cara memakaikannya pun cukup gampang. Oleskan secukupnya serum ini ke wajah, ratakan, kemudian pijat dengan lembut. Serum ini dipatok dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp50 ribuan saja per bijinya. 

19. Scarlett Brightly Ever After Serum

serum terbaik Scarlett Brightly Ever After Serum
Lazada

Scarlett produk skincare lokal yang sedang populer saat ini. Salah satu rekomendasi serum terbaik dari brand ini yang bisa Sedulur coba ialah Scarlett Brightly Ever After Serum. Serum ini memiliki kandungan yang cukup beragam. Ada yaitu Glutathione, vitamin C, lavender water, serta niacinamide yang memiliki khasiat yang berbeda pula.

Khasiat dari berbagai komposisi tersebut diantaranya adalah untuk membantu menutrisi serta melembapkan, membuat kulit menjadi tenang dan rileks, mempunyai antioksidan sebagai anti-pollution. Selain itu, klaim yang tak kalah memukai adalah memudarkan bekas noda di wajah yang disebabkan oleh hiperpigmentasi, bekas jerawat, bekas luka, serta flek hitam.

Serum lokal ini juga membantu mengecilkan pori-pori, menghaluskan kerutan di kulit serta garisnya, serta membantu untuk mengontrol minyak berlebih di dalam kulit. Dengan banyaknya klaim yang ada, serum ini hanya dibanderol kurang dari Rp100 ribu.

20. L’oreal Paris White Perfect Clinical Derm White Essence

serum terbaik L’oreal Paris White Perfect Clinical Derm White Essence
Shopee

Rekomendasi terakhir adalah dari L’oreal Paris, dengan serum bernama White Perfect Clinical Derm White Essence. Serum ini memiliki klaim untuk mencerahkan wajah, menipiskan noda hitam, serta Derm White Technology. Produk dari Loreal Paris ini mampu memperbaiki noda hitam pada wajah dengan tiga dimensi yaitu ukuran, jumlah, dan juga warna dari macam noda hitam.

Serum ini mempunyai kandungan tiga bahan aktif, yaitu Actyl C, Fiberastyl, dan juga Adenosine. Cara pakainya cukup mudah nih Sedulur, tinggal menggunakannya setiap hari pada wajah yang telah bersih dan pakaikan serum ini sebelum menggunakan pelembap. 

Setelah mengetahui banyak rekomendasi serum terbaik dari berbagai brand skincare lokal maupun internasional, tentunya Sedulur juga harus memperhatikan apakah serum itu sudah diawasi oleh BPOM atau belum. Ada beberapa serum wajah yang berbahaya yang mempunyai ciri kulit akan menjadi merah dan iritasi, mengalami perubahan warna kulit dalam waktu yang cenderung sangat singkat, warna dari tekstur serum itu juga cenderung mencolok, dan juga mempunyai aroma yang sangat menyengat.

Beberapa serum pemutih wajah di apotik juga harus diperhatikan kandungan yang ada di dalamnya dan jangan asal untuk membelinya karena dapat membahayakan kulit wajah. Jadi, perhatikan setiap komposisi yang ada dalam serum sebelum membeli serum tersebut agar tidak menyebabkan berbagai permasalahan pada kulit wajah kalian, ya, Sedulur! Karena wajah adalah salah satu aset dalam tubuh yang wajib dijaga.

Selain mencoba rekomendasi serum dari berbagai merek di atas, Sedulur juga bisa lho belanja kebutuhan sehari-hari mulai dari beras, minyak, kopi, cemilan, dan berbagai produk perawatan tubuh di Aplikasi Super. Banyak sekali pilihan yang bisa dibeli dan caranya pun cukup mudah. Segera di download, yuk!