Setiap orang pasti menginginkan rumahnya aman dan terhindar dari segala bentuk kejahatan. Itulah kenapa saat ini kebutuhan akan kamera CCTV atau kamera pengawas semakin meningkat. Apalagi penggunaan merk CCTV wireless terbaik juga bisa mendukung keamanan dari tempat yang jauh.

Tidak hanya dipasang di tempat-tempat pribadi, tapi kamera CCTV juga bisa ditemukan dengan mudah di jalanan kota. Hal itu tentu saja dilakukan untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan, serta mengurangi tindak kejahatan.

BACA JUGA: 30 Inspirasi Pagar Kebun yang Murah Tapi Tetap Menawan

Kebutuhan CCTV Makin Penting

kamera CCTV terbaik
Unsplash

Apalagi akhir-akhir ini banyak sekali berita kriminalitas yang membuat beberapa orang merasa cemas akan kondisi keamanan rumah atau lingkungan mereka. Jadi gak heran jika perangkat kamera keamanan berukuran kecil ini sangat membantu untuk menelisik pelaku dan memberikan titik terang detail ketika terjadi kejahatan.

-->

Keberadaan kamera CCTV sebagai pemantau keamanan juga bisa menjadi barang bukti saat kamu harus melaporkan suatu kejadian kepada pihak berwajib.

Selain untuk merekam beragam hal di luar rumah, alat perekam ini juga bisa dipasang di dalam rumah untuk memantau kegiatan anak. Kamu bisa memantau kegiatan, tumbuh kembang, dan keamanan si kecil sepanjang waktu selama tidak di rumah dengan tenang.

Jika saat ini kamu sedang mencari referensi merk CCTV wireless terbaik dengan harga terjangkau, kamu berada di artikel yang tepat. Pasalnya, merek-merek di bawah ini ada yang global dan lokal, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

BACA JUGA: 27 Desain Rumah Mewah yang Estetik, Jadi Rumah Sultan!

Rekomendasi CCTV Wireless Terbaik untuk Kamu!

Pinterest

Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak sekali merk CCTV wireless terbaik di pasaran. mungkin tak sedikit dari kamu yang cukup bingung dalam memilih mana yang terbaik. Untuk itu, langsung saja simak penjabarannya di bawah ini sampai akhir ya.

1. Xiaomi Mi Home Smart Security IP CAM Mijia PTZ

Jenis CCTV kamera wifi ini memiliki resolusi kamera 2 MP dengan kualitas gambar Full HD 1080P. Sudut pandangnya 360 derajat dan jarak pandang bisa mencapai 75 meter. Tentu CCTV ini bisa menjadi pilihan menarik. Apalagi ada fitur tambahan night vision dan bisa terhubung ke smartphone.

Produk dari Xiaomi ini cocok untuk kamu yang membutuhkan CCTV dengan jarak pandang yang luas. Pasalnya Xiaomi Mi Home Smart Security IP CAM Mijia PTZ ini memiliki gambar yang jernih dengan resolusi Full HD. Fitur night version juga akn mambuat kamu bisa menikmati gambar bagus meskipun di ruang yang minim cahaya atau di malam hari.

2. Xiaomi Mijia Da Fang 1080

Masih dari produk Xiaomi, kali ini ada Xiaomi Mijia Da Fang 1080. Untuk kamu yang sedang mencari kamera CCTV wifi dengan mode penyimpanan yang mudah, produk ini sangat cocok. Pasalnya, CCTV yang satu ini memiliki 2 metode penyimpanan, yakni menggunakan USB Flashdisk dan SD card.

Xiaomi Mijia Da Fang 1080 memiliki kamera yang mampu merekam dengan resolusi 1080p sehingga kamu akan mendapatkan hasil gambar yang bagus. Kamu juga tetap akan mendapatkan hasil gambar yang bagus di keadaan malam atau gelap dengan fitur night visionnya.

Resolusi kamera CCTV ini juga tergolong bagus yaitu 2 MP dengan kualitas gambar Full HD 1080P dan sudut pandang 360 derajat. Sehingga bisa memberikan hasil visual yang tajam dan baik.

3. Smart Onvif Mini Wireless IP CCTV Camera

Smart Onvif Mini Wireless IP CCTV Camera bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk kamu yang sedang mencari kamera CCTV wireless terbaik. Produk yang satu ini memiliki banyak fitur canggih namun dibandrol dengan harga yang bersahabat.

Kamera CCTV yang satu ini dilengkapi dengan fitur optical filter switcher yang memiliki kualitas HD 1080P sehingga gambar tangkapan akan semakin tajam. Tak hanya itu, masih ada fitur tambahan lainnya seperti two way audio, night vision, dan intelligent alert smart detection.

Produk yang satu ini sudah berstandar IP666 sehingga bisa digunakan untuk mengawasi kondisi kolam renang ataupun halaman rumah karena tahan terhadap air. Resolusi kameranya 2 MP dengan sudut pandang 360 derajat.

4. Sony IP Camera CCTV

Selanjutnya, ada kamera CCTV wifi terbaik yang bisa kamu coba, yaitu IP Camera CCTV dari Sony. Produk yang satu ini didesain lebih stylish dengan bentuk yang minimalis. Kelebihan CCTV yang satu ini sudah dilengkapi dengan teknologi canggih EXMOR dan sensor CMOS yang memungkinkan kamu melihat hasil rekaman CCTV dengan gambar yang lebih jelas.

Selain itu, kamera CCTV yang satu ini juga bisa mengikuti gerakan benda meskipun berada di ruangan yang gelap. Resolusi kameranya 1,3 MP dengan kualitas gambar HD702p dan sudut pandang 90 derajat.

Kemudian IP Camera CCTV ini juga dilengkapi dengan fitur Open Network Video Interface Forum (ONVIF) compliance, motion detection, dan tempering alarm detection.

5. Video Surveillance System

Untuk kamu yang sedang mencari merk CCTV wireless terbaik untuk keamanan menyeluruh, kamu bisa mencoba produk ANRAN video surveillance system. Kamera CCTV ini sangat praktis penggunaannya dengan resolusi kamera 2 MP dan kualitas gambar Full HD 1080P.

Kamera CCTV yang satu ini sudah dilengkapi dengan LED inframerah yang membuat kualitas video tetap terjaga meskipun pada malam hari. Kamu juga bisa memantau rekaman CCTV yang satu ini melalui smartphone kamu.

Produk ini memiliki sudut pandang 85 derajat, jarak pandang 30 meter, dan ingress protection ip66. Fitur tambahan lainnya ada audio camera, remote access, dan email alarm.

6. Bardi Smart Indoor PTZ IP

Untuk kamu yang membutuhkan kamera CCTV dengan memori maksimal, Bardi Smart IP Camera bisa menjadi salah satu solusinya. Pasalnya, kamera CCTV yang satu ini sudah dilengkapi dengan slot SD Card maksimal 128 GB.

Kelebihan lainnya, CCTV yang satu ini memiliki fitur two way audio yang memungkinkan penggunanya berinteraksi melalui kamera. Jadi, pengguna juga bisa dengan mudah pergerakan sekitar sekaligus berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh.

Lebih menarik lagi, CCTV Bardi Smart IP Camera bisa diputar 360 derajat sehingga kamu bisa mengawasi rumah secara keseluruhan. Kemudian untuk resolusi kamerana 2 MP dengan kualitas gambar Full HD 1080P dan ingress protection ip66. Ada juga fitur tambahan seperti two way audio, night vision, dan intelligent alert smart detection.

7. 360⁰ VR Panoramic Camera Bulb

Rekomendasi merk CCTV wireless terbaik selanjutnya ada 360⁰ VR Panoramic Camera Bulb. Produk ini tidak berbentuk kamera pada umumnya. Bentuknya seperti bohlam sehingga membuat pencuri tak sadar bahwa kejahatannya akan terekam. Kualitas gambarnya sudah Full HD 1080p dan sudut pandang 360 derajat.

Dengan harga yang cukup terjangkau, kamera CCTV wireless yang satu ini bisa berfungsi seperti bohlam pada umumnya. Ruanganmu pun akan lebih terang dengan menggunakan 360⁰ VR Panoramic Camera Bulb. Belum lagi ada fitur tambahan motion detection alarm. Tentu bisa menjadi pilihan terbaikmu.

8. Avtech DG103

Rekomendasi CCTV wireless selanjutnya adalah Avtech DG105A. Kamera CCTV yang satu ini merupakan kamera indoor dengan gambar Full HD. Dengan kamera beresolusi 2 MP yang membuat tangkapan gambar lebih jernih. Sudut pandang kameranya 116 derajat dengan ingress protection ip66.

Selain itu, hasil dari video rekamannya bisa dilihat dengan 1080p yang artinya kamu bisa melihat video dengan kualitas gambar terbaik. Sehingga, kamu bisa mengawasi ruangan di dalam rumah dengan jelas. Kemudian ada fitur tambahan lain yaitu, day and night 24 hour, low light sensitivity, dan camera parameters adjustable.

9. Infinity Camera CCTV TS-63

Selanjutnya, rekomendasi CCTV wireless terbaik yang bisa kamu coba adalah Infinity Camera CCTV TS-63. Produk dengan resolusi kamera 2 MP ini memiliki bentuk yang lonjong yang mampu menangkap gambar Full HD 1080P hingga jarak terjauh 20 meter dengan sudut pandang 116 derajat.

Selain itu, kelebihan lainnya memiliki chipset kualitas tinggi keluaran Sony yakni Super HAD2 yang resolusinya mencapai 800 TVL. CCTV infinity juga terbuat dari material tahan air yang bisa digunakan di luar sehingga aman meski cuaca sedang hujan.

Fitur sinar inframerahnya memungkinkan kamera CCTV yang satu ini tetap bekerja maksimal meskipun dalam kondisi gelap. Selain itu sudah dilengkapi ingress protection ip66 dan fitur tambahan white balance.

10. Panasonic Dome Fix CV-CFN103L

Untuk kamu yang sedang mencari kamera CCTV wireless terbaik untuk kebutuhan rumah atau kantor, rekomendasinya ada CCTV Panasonic Dome. Pasalnya, menggunakan kamera CCTV dengan resolusi kamera 2 MP dan kualitas gambar Full HD 720P, kamu bisa melihat gambar hingga 30 meter.

Bukan hanya jangkauannya saja yang luas, CCTV yang satu ini juga memungkinkan kamu bisa melihat gambar kecil seperti plat nomor dengan detail dan memiliki sudut pandang 116 derajat.

Uniknya, kamu masih bisa melihat gambar dengan jelas meski di malam hari atau tempat yang minim cahaya karena dilengkapi dengan teknologi 2D DNR. Produk ini sudah ingress protection ip66 dengan fitur tambahan ICR Infrared (Inframerah).

11. 3MP FULL HD Outdoor Wifi CCTV IP Camera

Makin leluasa memantau kondisi di luar rumah, produk merk CCTV wireless terbaik ini bisa menjadi pilihan. 3MP FULL HD Outdoor Wifi CCTV IP Camera merupakan salah satu kamera CCTV terbaik untuk rumah dengan pekarangan yang luas.

PTZ camera dari UPUPIN ini dapat diubah arahnya sesuai kebutuhan. Area luar rumah yang dapat dijangkaunya pun lebih luas dengan jarak pandang 50 meter. Selain itu, produk ini sudah waterproof karena didesain untuk pengaplikasian outdoor.

Tak hanya itu saja, produk ini masih memiliki keunggulan lainnya seperti P2P, komunikasi 2 arah, kamera IP yang dilengkapi dengan mic dan apeaker dapat digunakan secara real time, dilengkapi dengan lampu malam, tahan air, tahan panas, tahan petir hingga ponsel dapat mengikat 64 kamera jaringan.

Produk ini juga memiliki satu kamera IP dapat mengakses hingga 3 ponsel. Kapasitas maksimum kartu SD slot adalah 128 GB. Fitur tambahannya ada alarm suara, deteksi gerakan, dan pelacakan humanoid.

12. Bullet 2C

Konstruksi tangguh untuk menghadapi cuaca apa pun, Bullet 2C bisa menjadi merk wifi terbaik selanjutnya. Kamera CCTV ini juga cocok untuk outdoor. Jadi kamu tidak perlu khawatir kamera akan rusak terkena hujan. Bullet camera dari Imou ini memiliki IP rating yang tinggi sehingga dapat berfungsi dengan baik saat hujan deras.

Keunggulan lainnya, produk ini memiliki multiple lens sehingga dapat memantau berbagai jarak. Pertama, Lensa 2,8 mm berjarak pandang 38,6 meter dengan FOV 120°. Kedua, lensa 3,6 mm berjarak pandang 55,2 meter dengan FOV 108°. Terakhir, lensa 6 mm berjarak pandang 82,8 meter dengan FOV 60°.

13. Tapo C200

Tapo C200 menawarkan beragam kemudahan di satu aplikasi. Bila kamu mencari kamera CCTV dengan pengoperasian yang mudah, pilihlah produk ini. Pasalnya, produk ini dilengkapi aplikasi Tapo Camera dengan beragam fitur. Fitur-fiturnya tersebut akan memudahkan kamu mengatur TP-Link Tapo C200.

Selain dapat mengecek rekaman sebelumnya, kamu bisa mengatur jadwal produk ini untuk merekam sesuai dengan angle yang diinginkan. Tidak hanya itu, aplikasinya juga memungkinkan kamu mengawasi beberapa kamera sekaligus. Bahkan, aplikasinya mendukung hingga 32 kamera CCTV.

BACA JUGA: 12 Merek Kamera CCTV Terbaik untuk Keamanan Rumahmu di 2023!

Jenis CCTV Wireless yang Terbaru dan Populer

merk cctv wireless terbaik
Unsplash

Jika dilihat dari bentuk dan sistem yang digunakan, ada beberapa jenis CCTV yang tersedia di pasaran. Tentunya sebelum membeli, penting untuk kamu mengetahuinya. Pasalnya, setiap jenis memiliki fungsi dan keunggulan yang berbeda-beda.

Beberapa di antaranya adalah bullet camera, dome camera sampai IP camera. Apa perbedaannya? Simak di bawah ini.

  • Bullet camera

Jenis ini lebih cocok untuk dipasang di luar ruangan. Sesuai namanya, bullet camera berbentuk bulat memanjang. Bullet camera menjadi jenis kamera CCTV yang sering ditemukan di area outdoor dan semi-indoor. Jenis ini juga bisa diaplikasikan di tempat umum, seperti mal, toko, atau kompleks perumahan.

Karena dipasang di luar ruangan, bullet camera umumnya weatherproof sehingga aman saat terpapar hujan atau panas. Konstruksinya juga lebih kokoh dari jenis kamera CCTV lainnya. Akan tetapi, bullet camera menggunakan lensa fix sehingga terus merekam area yang sama. Produknya pun tidak mempunyai fitur tilt, pan, atau zoom.

  • Dome camera

Bentuknya lebih simpel dan memiliki fleksibilitas tinggi. Dome camera didesain untuk pengaplikasian di ruangan tertutup (indoor). Hal ini karena dome camera umumnya tidak tahan terhadap cuaca. Meski demikian, produknya dilengkapi fitur menarik, seperti resolusi yang tinggi, night vision, hingga two-way audio.

  • PTZ camera

Jenis ini bisa diarahkan dan zooming sesuai keinginan. PTZ merupakan kependekan dari pan, tilt, zoom. Bisa dibilang jenis ini memiliki bentuk yang mirip dengan dome camera. Perbedaannya, PTZ camera dapat bergerak ke kiri-kanan, atas-bawah, bahkan zooming beberapa kali lipat.

Beberapa PTZ camera juga mampu memutar kameranya secara otomatis mengikuti gerak objek tertentu. Jenis kamera ini biasanya dipasang di area yang luas, seperti halaman, parkiran outdoor, hingga pusat perbelanjaan.

  • CCTV mini

Ukurannya yang kecil memudahkan untuk dipindah-pindahkan. Bahkan, ukuran produknya bisa sekecil 5 cm x 4,5 cm x 4,5 cm saja. Dimensinya yang mini membuat fleksibilitas jenis ini lebih tinggi. Kamu bisa menempatkan dan memindahkannya sesuai kebutuhan dengan mudah. Untuk meningkatkan fleksibilitasnya, beberapa kamera CCTV mini menggunakan daya baterai.

  • IP camera

Jenis ini dibekali fitur-fitur yang canggih. IP camera adalah jenis kamera CCTV yang terhubung dengan jaringan internet. Produknya dapat terhubung ke ponsel melalui aplikasi khusus. Dengan begitu, kamu bisa memantau kondisi rumah secara real time dari mana saja.

Ada juga IP camera yang menggunakan sistem penyimpanan cloud. Saat kapasitas memory card penuh, kamu dapat menggunakan cloud sebagai memori cadangan. Sebagai informasi, sistem IP camera biasanya dipasang di beragam jenis kamera CCTV. Kamu bisa menemukannya pada dome camera, bullet camera, PTZ camera, dan mini camera.

BACA JUGA: Prinsip Desain Interior Nyaman untuk Ruangan Idamanmu

Tips Memilih dan Merawat Kamera CCTV

kamera CCTV terbaik
Housing

Setelah mengetahui berbagai merk CCTV wireless terbaik dan jenis-jenisnya, kali ini kamu juga perlu tahu bagaimana cara memilihnya. Tentunya hal ini akan memudahkan kamu saat membeli. Dengan begitu kamu bisa memiliki kamera CCTV sesuai dengan kebutuhan. Saat membeli, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Cek performa kamera CCTV untuk kenyamanan pengguna seperti resolusi dan area yang mampu dijangkau. 
  • Cek jarak pandang kamera CCTV. Umumnya 10–30 meter. Untuk dalam ruangan, jarak pandang 10–20 meter. Sementara luar ruangan 30 meter direkomendasikan.
  • Perhatikan field of view (FoV) dari kamera CCTV. FoV adalah besaran area yang mampu dijangkau oleh lensa kamera CCTV. Makin besar angkanya, makin luas area yang mampu ditangkap.
  • Cek apakah ada angle adjustment. Fitur berfungsi menggerakkan dan mengarahkan kamera ke area yang kamu mau. Bila kamu memilih kamera
  • CCTV dengan FoV kecil, pertimbangkan produk dengan angle adjustment.
  • Perhatikan fitur yang ditawarkan kamera CCTV. Contohnya, night vision (menangkap objek dengan jelas di malam hari), two-way audio (komunikasi dua arah), dan motion detection (peringatan saat ada objek mencurigakan). 
  • Periksa tingkat ketahanan CCTV yang akan dipasang di luar ruangan. Untuk outdoor biasanya dibekali fitur weatherproof sehingga tahan hujan dan angin.
  • Jangan lupa kamu bisa melihat IP rating. Semakin tinggi nilai IP rating, artinya konstruksi kamera CCTV semakin kuat dan kokoh untuk menghadapi beragam kondisi. 
  • Untuk penggunaan di luar ruangan, baiknya memilih produk dengan IP rating IP66 atau IP67. Kamera CCTV dengan IP rating tersebut mampu bekerja dengan baik meski turun hujan.

Tak lupa, agar fungsi kamera CCTV tetap optimal dalam memberikan pengawasan, kamu perlu melakukan beberapa perawatan sederhana. Dengan begini kualitas kamera pengawas kamu tetap bagus dan tentunya awet. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan di rumah.

  • Membersihkan komponen secara teratur; mulai dari bagian lensa, drive unit, housing, DVR, dan monitor.
  • Melakukan pengaturan kamera CCTV, seperti mengatur kualitas rekaman, menyesuaikan mode kamera, dan penyimpanan hasil rekaman.
  • Memperhatikan akurasi fungsi CCTV sebelum pemasangan, mulai dari akurasi pengaturan waktu, indikator, dan pengendalian telemetri.
  • Melakukan backup hasil rekaman secara berkala, optimalkan fungsi penyimpanan agar memori tidak penuh untuk melakukan pengawasan yang akurat.
  • Melakukan update firmware DVR secara berkala untuk konfigurasi video rekaman yang optimal

Itulah tadi berbagai merk CCTV wireless terbaik yang bisa menjadi pilihan. Penggunaan Closed Circuit Television atau CCTV tentunya akan meningkatkan keamanan rumah dan lingkungan tempat kamu tinggal. Ada banyak jenis kamera pengawas yang tersedia di pasaran yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

Di samping itu, jenis kamera pengawas tanpa kabel atau wireless memang kerap jadi pilihan utama. Pasalnya, dinilai lebih praktis dan membuat rumah tampak lebih rapi. Sebab, kamu tak perlu membongkar dinding rumah untuk memasang kabel CCTV.

Oleh karena itu, keamanan rumah atau tempat tinggal bisa ditingkatkan dengan kamera CCTV. Kamera CCTV bermanfaat untuk memantau situasi dan kondisi dari tempat di mana kamera CCTV ditempatkan. Dengan menggunakan kamera pengawas ini, bisa mengurangi resiko kedatangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jika terjadi sesuatu hal yang mencurigakan kamu bisa memantau langsung dengan kamera CCTV.

Kini tersedia macam-macam jenis CCTV dengan harga yang beragam sesuai dengan spesifikasinya. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam memilih produk terbaik dan sesuai dengan kebutuhanmu ya.