menu buka puasa dan sahur selama 30 hari

Di Bulan Suci Ramadhan yang penuh berkah ini, kegiatan buka puasa serta sahur memang menjadi momen berkumpul bersama keluarga yang selalu saja dinantikan. Dengan menu buka puasa dan sahur selama 30 hari, tentu saja mampu menjadikan momen tersebut terasa semakin meriah.

Menu hidangan yang selalu bervariasi selama 30 hari, dijamin akan membuat kegiatan buka puasa dan sahur terasa menyenangkan. Selain itu, Sedulur tidak perlu khawatir akan kehabisan ide dalam menyajikan menu selama bulan puasa di tahun 2024 ini.

Untuk itu, langsung saja berikut ini ada resep menu buka puasa dan sahur selama 30 hari yang bisa Sedulur coba. Simak dan ikuti dengan beberapa resep yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 30+ Resep Menu Sahur Sehat yang Enak dan Praktis

-->

1. Teh manis panas, tumis tahu tempe, dan udang goreng

menu buka puasa dan sahur selama 30 hari
Pexels/Timur Weber

Kita awali menu buka puasa dan sahur selama 30 hari dengan teh manis panas, tumis tahu tempe, dan udang goreng. Setelah berpuasa sepanjang hari, tubuh membutuhkan makanan yang mudah dicerna dan memberikan energi.

Teh manis panas memiliki rasa yang menyegarkan tanpa memberatkan perut. Sementara tumis tahu tempe merupakan hidangan yang kaya protein untuk membangun jaringan otot setelah seharian berpuasa. Kemudian untuk udang goreng akan menjadi variasi rasa dan tekstur yang nikmat dan berbeda.

2. Sirup dengan nata de coco, nasi goreng gila, dan perkedel jagung

Sirup dengan nata de coco merupakan minuman yang manis dan menyegarkan yang dapat membantu mengembalikan energi setelah berpuasa seharian. Untuk nasi goreng gila yang kaya karbohidrat, menjadi sumber energi utama bagi tubuh.

Sedangkan perkedel jagung juga merupakan sumber karbohidrat, serta telur dan tepung sebagai sumber protein dan lemak. Kombinasi ini memberikan rasa kenyang yang tahan lama dan memberikan energi untuk menjalani aktivitas setelah berbuka puasa.

3. Es teh manis, ayam kecap, tempe goreng dan sambal terasi

Es teh manis memberikan rasa segar dan melembutkan lidah setelah berpuasa, sementara ayam kecap memberikan rasa gurih dan manis yang lezat. Tempe goreng memberikan rasa gurih dan renyah, sementara sambal terasi memberikan tambahan rasa pedas dan sedikit asam yang menyegarkan.

Nah, ayam kecap menyediakan protein yang penting untuk memperbaiki dan membangun jaringan otot, tempe goreng memberikan protein nabati yang tinggi serta serat yang baik untuk pencernaan, dan sambal terasi dari bahan-bahan seperti cabai, tomat, dan terasi, memberikan antioksidan dan nutrisi penting lain.

4. Air kelapa, bakso, tahu bakso, tumis pare, dan gorengan

Air kelapa adalah minuman yang menyegarkan dan menghidrasi, lalu bada akso dan tahu bakso yang  menyediakan protein yang penting untuk memperbaiki dan membangun jaringan otot. Tumis pare memberikan serat dan nutrisi dari sayuran, serta gorengan memberikan tambahan energi dari karbohidrat.

Kombinasi antara air kelapa yang segar, bakso yang kenyal, tahu bakso yang lembut, tumis pare yang renyah, dan gorengan yang garing memberikan variasi tekstur dan rasa yang menarik selama makan. Selain itu, makanan-makanan ini sangat cocok dengan selera da kebiasaan masyarakat Indonesia.

5. Jus buah, sate ayam campur, dan lontong atau nasi

Berikutnya ada jus buah yang menyediakan vitamin, mineral, serta cairan yang penting untuk menghidrasi tubuh setelah berpuasa seharian. Sate ayam campur memberikan protein dari daging ayam, sedangkan lontong atau nasi memberikan karbohidrat yang memberi energi.

Jus buah memberikan rasa manis dan segar, sementara sate ayam campur memberikan rasa gurih dan pedas dari bumbu kacang. Lontong atau nasi memberikan rasa yang netral dan menjadi pelengkap yang cocok untuk sate ayam.

BACA JUGA: Resep Soun Kuah, Menu Segar untuk Buka Puasa

6. Teh manis hangat, soto padang, tumis kol wortel telur sosis, nasi atau lontong

menu buka puasa dan sahur selama 30 hari
Pexels/Nadin Sh

Teh manis hangat memberikan rasa yang hangat dan menyegarkan, sementara soto Padang memberikan rasa gurih dan rempah khasnya. Tumis kol wortel telur sosis memberikan rasa gurih dengan sedikit rasa manis dari kol dan wortel, serta tekstur yang renyah dari telur dan sosis.

Di samping itu, pilihan nasi atau lontong memberikan variasi karbohidrat yang cocok dengan hidangan tersebut. Ya, kombinasi hidangan tersebut menghadirkan kombinasi nutrisi yang lengkap, mulai dari karbohidrat, serat, protein, dan tentu saja hidrasi.

7. Es teh manis, rica ayam, tahu bayam saus tiram, dan telur dadar

Es teh manis akan terasa menyegarkan, sementara rica ayam memberikan rasa pedas dan gurih yang khas. Tahu bayam saus tiram memberikan kombinasi rasa manis dan gurih dari saus tiram serta tekstur lembut dari tahu dan bayam. Telur dadar memberikan rasa gurih dan lembut yang melengkapi hidangan.

Nah, rica ayam menyediakan protein dari daging ayam, es teh manis memberikan cairan dan sedikit energi dari gula, tahu bayam saus tiram memberikan protein nabati dari tahu dan nutrisi dari bayam, serta telur dadar memberikan protein tambahan dari telur. Kombinasi ini tentu memberikan nutrisi yang seimbang.

8. Es sagu pelangi, katsu ayam, sayur tumis labu, dan nasi

Es sagu pelangi memberikan rasa segar dan manis dengan variasi warna yang menarik, sementara katsu ayam memberikan rasa gurih dan renyah dari daging ayam yang digoreng. Sayur tumis labu memberikan rasa gurih dari tumisan labu yang lembut, serta tekstur yang renyah dari sayuran lainnya.

Kemudian nasi memberikan rasa yang netral dan menjadi pelengkap yang cocok untuk hidangan tersebut. Katsu ayam menyediakan protein daging ayam, tumis labu memberikan serat dan nutrisi, es sagu pelangi memberikan hidrasi, dan nasi memberikan karbohidrat yang memberi energi.

9. Kolak pisang dan labu kuning, sayur lodeh nangka muda, empal gepuk, rempeyek udang, dan kerupuk

Kolak pisang dan labu kuning dapat menjadi sumber karbohidrat dan gula alami dari buah-buahan, serta nutrisi dari santan dan biji-bijian. Sajian ini juga memberikan rasa manis yang khas. Kemudian sayur lodeh nangka muda memberikan serat, vitamin, dan mineral dari sayuran, serta protein.

Sementara untuk empal gepuk, menyediakan protein dari daging serta lemak yang memberikan energi. Ditambah lagi dengan rempeyek udang dan kerupuk yang dapat memberikan rasa gurih dan renyah sebagai pelengkap hidangan.

10. Es kelapa jeruk, rawon daging, tumis sayur ceria, dan tahu goreng

Hari ke-10 dalam menu buka puasa dan sahur selama 30 hari ini, menyajikan es kelapa jeruk yang memberikan hidrasi dan nutrisi. Kemudian ada rawon daging yang menyajikan protein dan zat besi dari daging, serta energi dari bumbu-bumbu rempah.

Tumis sayur ceria memberikan serat, vitamin, dan mineral dari berbagai sayuran, serta protein dari bahan tambahan seperti tahu atau tempe. Dilengkapi lagi dengan tahu goreng yang memberikan protein nabati dari tahu, serta energi dari minyak goreng.

BACA JUGA: Anti Mainstream, Ini 15 Ide Menu Takjil Kekinian yang Enak!

11. Es teh manis, ayam goreng, nasi, tumis kangkung, dan sambal ijo

Pexels/Karolina Grabowska

Es teh manis memberikan kesegaran setelah berpuasa seharian, sementara ayam goreng mengandung protein dan lezat dengan rasa kriuk pada kulitnya. Kemudian ada nasi memberikan karbohidrat yang memberi energi, dan tumis kangkung memberikan serat serta nutrisi dari sayuran.

Sebagai pelengkap, ada sambal ijo dengan citarasa pedas dan segar yang menyertai hidangan tersebut. Kombinasi antara es teh manis yang segar, ayam goreng yang gurih, nasi yang lembut, tumis kangkung yang renyah, dan sambal ijo yang pedas, memberikan variasi rasa dan tekstur yang memuaskan.

12. Es buah, ayam bakar kecap, nasi, tempe bacem dan sayuran kukus

Es buah menjadi sumber hidrasi dan vitamin dari buah-buahan, ayam bakar kecap memberikan protein yang penting, nasi sebagai sumber karbohidrat dan energi, serta tempe bacem memberikan protein nabati dan sayuran kukus memberikan serat dan nutrisi dari berbagai jenis sayuran.

Dengan kombinasi hidangan ini, Sedulur bisa mendapatkan rasa segar dan manis dari buah-buahan, rasa manis dan gurih dari ayam bakar kecap, rasa manis yang khas dari tempe bacem, serta citarasa alami dan gurih dari sayuran kukus.

13. Biji salak, sup tomat, sayuran dan telur, nasi, dan kerupuk putih

Biji salak yang terbuat dari ubi jalar dan sagu, dapat menjadi sumber karbohidrat yang memberi energi. Sup tomat memberikan vitamin C dan nutrisi lainnya dari tomat, sementara sayuran dan telur memberikan protein dan serat.

Nah, untuk nasi bisa dijadikan sebagai tambahan karbohidrat, sementara kerupuk putih memberikan tekstur renyah sebagai pelengkap. Biji salak dan sup tomat memiliki kandungan air yang tinggi, yang membantu dalam menjaga hidrasi tubuh setelah seharian berpuasa.

14. Teh rempah hangat, candil ubi ungu, sup bakso sayuran, dan perkedel kentang daging

Teh rempah hangat memberikan hidrasi dan aroma rempah yang menyegarkan. Candil ubi ungu memberikan karbohidrat dari ubi serta rasa manis yang lezat. Sup bakso sayuran memberikan protein dari bakso dan nutrisi dari berbagai sayuran.

Kemudian untuk perkedel kentang daging dapat memberikan protein dari daging serta karbohidrat dari kentang. Bukan hanya menyehatkan, kombinasi menu ini akan menghadirkan kelezatan selama sahur dan buka puasa.

15. Teh manis hangat, lalapan, sambal, ayam goreng tepung, sayur bening bayam, dan nasi

Teh manis dapat menghidrasi tubuh, sedangkan nasi menjadi sumber karbohidrat dan energi. Sayur bening bayam memberikan serat, vitamin, dan mineral, sementara lalapan memberikan asupan serat tambahan. Ayam goreng tepung menjadi sumber protein, dan sambal memberi rasa pedas yang menyegarkan.

Kombinasi yang satu ini menghadirkan nutrisi yang cukup untuk memulihkan energi setelah seharian berpuasa, sementara keberadaan sambal sebagai sumber rasa pedas juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

16. Air madu hangat, buncis, lumpia isi bihun, dan nasi ayam hainam

Unsplash/Jennifer Kim

Air madu hangat dapat menghidrasi dan memberi sedikit energi dari gula alami madu, sementara nasi ayam Hainam berperan sebagai sumber karbohidrat dan energi. Buncis memberikan serat, vitamin, dan mineral, sedangkan lumpia isi bihun memberikan karbohidrat tambahan dan protein dari bihun dan sayuran.

Kemudahan Persiapan: Air madu hangat adalah minuman yang mudah disiapkan dan memberikan rasa yang nyaman. Buncis, lumpia isi bihun, dan nasi ayam Hainam juga dapat disiapkan dengan relatif mudah, terutama jika bahan-bahannya telah dipersiapkan sebelumnya.

17. Es Blewah, cah kangkung, sambal goreng, dan tempe mendoan

Es blewah menjadi sumber asupan cairan utama yang penting setelah berpuasa seharian dan memberikan rasa segar yang menyegarkan. Cah kangkung melengkapi serat, vitamin, dan mineral dari sayuran, sementara sambal goreng memberikan protein dari bahan yang digunakan.

Kombinasi ini mencakup minuman segar, sayuran hijau, lauk kering, dan camilan gurih, menyajikan variasi rasa dan tekstur yang memuaskan selama berbuka puasa. Es blewah cukup mudah disiapkan, begitupun juga dengan cah kangkung, sambal goreng, dan juga tempe mendoan.

18. Es blewah, nasi goreng kimchi, martabak mie, dan brokoli saus tiram

Es blewah bisa jadi sumber hidrasi dan kesegaran, nasi goreng kimchi adalah karbohidrat dan nutrisi, martabak mie memberikan protein dan karbohidrat, kemudian brokoli saus tiram memberikan serat, vitamin, dan mineral dari brokoli serta protein dan rasa gurih dari saus tiram.

Kombinasi menu ini menyediakan variasi rasa dan tekstur yang kaya. Es blewah memberikan rasa manis dan segar, nasi goreng kimchi memberikan rasa pedas dan asam, martabak mie memberikan rasa gurih dan renyah, dan brokoli saus tiram memberikan rasa gurih dan sedikit manis dari saus tiram.

19. Es jeruk peras, sup ikan patin, kerupuk, tempe penyet, dan kangkung belacan

Es jeruk peras mampu menghidrasi setelah seharian berpuasa, sementara sup ikan patin memberikan protein dan nutrisi dari ikan dan sayuran yang digunakan. Kerupuk memberikan karbohidrat cepat dan renyah sebagai camilan, sementara tempe penyet memberikan protein nabati.

Kangkung belacan memberikan serat, vitamin, dan mineral, serta rasa pedas dan gurih dari belacan. Menu ini juga memberikan variasi rasa dan tekstur yang kaya. Dengan begitu, maka sahur dan buka puasa akan terasa nikmat.

20. Es pisang Ijo, nasi tim, cah brokoli wortel, dan semur tahu

Es pisang ijo, nasi tim, cah brokoli wortel, dan semur tahu bisa menjadi kombinasi menu yang tepat. Menu ini mampu memberikan hidrasi dan kesegaran, karbohidrat, serat, vitamin, mineral. dan juga protein nabati yang sangat baik untuk tubuh.

Selain itu, kombinasi menu ini juga memberikan variasi rasa dan tekstur yang kaya. Es pisang ijo memberikan rasa manis dan segar, nasi tim memberikan rasa lembut, cah brokoli wortel memberikan rasa gurih dari tumisan sayuran, dan semur tahu memberikan rasa gurih dan manis dari bumbu rempah.

BACA JUGA: 10 Resep Ikan Tombro untuk Menu Sahur dan Buka Puasa

21. Kolak ubi ungu, bubur ayam, sate telur puyuh, bakwan jagung, dan kerupuk

menu buka puasa dan sahur selama 30 hari
Pexels/Chan Walrus

Kombinasi menu buka puasa selama 30 hari ini mencakup makanan penutup, hidangan utama, lauk sampingan, dan camilan, sehingga memberikan variasi rasa dan tekstur yang memuaskan. Kolak ubi ungu memberikan energi dari karbohidrat serta nutrisi dari ubi ungu.

Bubur ayam memberikan protein dari daging ayam dan karbohidrat dari bubur. Sate telur puyuh memberikan protein, lemak, dan energi, sementara bakwan jagung memberikan karbohidrat, serat, dan nutrisi dari jagung. Kerupuk memberikan camilan yang renyah dan menyenangkan.

22. Teh manis hangat, kolak ubi singkong, bakmi ayam bakso, pangsit dan pakis tumis terasi

Teh manis hangat dapat menghidrasi, sementara kolak ubi singkong memberikan karbohidrat dari ubi singkong dan gula kelapa. Bakmi ayam bakso menjadi sumber protein serta karbohidrat, lalu pangsit memberikan tambahan protein dari daging cincang di dalamnya.

Terakhir, pakis tumis terasi menyediakan serat, vitamin, dan mineral. Kombinasi ini menyajikan berbagai rasa dan tekstur yang beragam.

23. Es campur, semur ayam kecap, terong balado, nasi putih atau nasi merah dan tahu isi

Es campur dapat memberikan kesegaran setelah seharian berpuasa. Selain itu, es campur juga mengandung buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral. Semur ayam kecap mengandung protein dari daging ayam yang membantu memperbaiki jaringan otot yang mungkin rusak selama berpuasa.

Terong balado adalah hidangan pedas yang cocok untuk menambahkan sensasi rasa yang kuat dan memuaskan. Terong juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Nasi putih atau nasi merah penting untuk mengembalikan energi setelah berpuasa, dan tahu isi memberi tambahan protein.

24. Es degan, ikan bakar madu, telur dadar padang, sayur daun singkong, nasi, dan sambal terasi

Es degan mampu memberikan kelembapan dan kesegaran setelah berpuasa seharian. Degan juga kaya akan elektrolit alami yang membantu mengembalikan keseimbangan cairan dalam tubuh. Ikan adalah sumber protein yang kaya dan rendah lemak jenuh.

Dengan bumbu khasnya, telur dadar Padang akan memberikan rasa yang kaya dan lezat pada hidangan. Sayuran hijau seperti daun singkong mengandung serat yang tinggi dan banyak nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, dan zat besi. Ini merupakan tambahan yang sehat dan menyegarkan pada hidangan.

25. Es kuwut, ayam panggang dabu-dabu, dan tumis toge sawi putih

Es Kuwut adalah minuman tradisional Bali yang menyegarkan. Saat sahur, minuman segar ini membantu mempertahankan hidrasi dan memberikan energi untuk menahan lapar dan haus selama puasa. Kemudian ayam panggang menjadi sumber protein yang baik dan rendah lemak, cocok memenuhi kebutuhan nutrisi.

Dilengkapi dengan sambal dabu-dabu, toge dan sawi putih menjadi sumber serat, vitamin, dan mineral. Tumis toge sawi putih dengan sedikit bumbu dapat menjadi tambahan yang sehat dan ringan pada menu sahur. Serat dalam sayuran juga membantu menjaga kenyang lebih lama selama puasa.

26. Es semangka, tumis pakcoy, ikan bakar madu, tahu isi, dan sambal terasi

menu buka puasa dan sahur selama 30 hari
Unsplash/Lee Myungseong

Es semangka merupakan minuman yang menyegarkan, cocok untuk menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa. Semangka juga mengandung banyak air dan elektrolit alami yang membantu memulihkan cairan dan menjaga keseimbangan tubuh.

Lalu tumis pakcoi, memberikan rasa yang segar dan menyehatkan, serta memberikan tambahan serat untuk membantu menjaga kenyang selama puasa. Sedangkan ikan, tahu isi, dan sambal terasi bisa menjadi lauk yang membuat hidangan terasa jauh lebih lengkap.

27. Es blewah, tumis sawi tauge, nila acar kuning, bakwan jagung, nasi, dan oseng kikil

Es blewah mengandung banyak air dan elektrolit alami, yang membantu menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa. Buah blewah juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin C dan serat.

Sementara Tumis sawi tauge juga memberikan rasa yang segar dan memberikan tambahan serat untuk membantu menjaga kenyang selama puasa. Nila sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan protein selama puasa, dengan acar yang kuning memberikan rasa asam yang menyegarkan.

Ditambah oseng kikil dan bakwan, menu sahur dan buka puasa akan terasa semakin lengkap.

28. Teh manis hangat, kurma, sayur asem, ikan asin, tahu dan tempe goreng

Teh hangat adalah minuman yang cocok untuk memulai dan mengakhiri puasa. Kehangatannya teh membantu meredakan lapar dan haus. Nah, kurma adalah makanan sunnah untuk berbuka puasa, dan sangat cocok untuk menyediakan energi cepat setelah seharian berpuasa.

Kemudian untuk Sayur asem, menjadi hidangan yang menyegarkan dan mengandung berbagai macam sayuran yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Untuk lauknya, Sedulur bisa memilih atau memadukan antara ikan asin, tahu, dan tempe goreng.

29. Es jeruk, lapek sikoci, tumis bayam jagung tahu, sate padang, kerupuk kulit, dan lontong

Es jeruk mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minuman dingin ini juga membantu memperbaiki keseimbangan cairan dalam tubuh setelah seharian berpuasa. Lapek sikoci menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk memberikan energi yang tahan lama selama puasa.

Selain itu, tumis bayam jagung tahu merupakan hidangan yang kaya serat dan protein nabati. Sate Padang yang kaya rempah, bisa menjadi sumber protein hewani yang tidak hanya baik, namun juga nikmat. Apalagi jika dilengkapi dengan kerupuk kulit.

30. Jeruk hangat, singkong goreng dengan sambal terasi, ayam kemangi, tumis bayam labu siam, dan nasi putih

Minuman jeruk hangat dapat membantu meredakan tenggorokan, serta mengandung vitamin C yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Lalu singkong goreng adalah sumber karbohidrat yang baik, memberikan energi yang tahan lama.

Sambal terasi memberikan rasa pedas dan gurih yang meningkatkan selera makan. Kombinasi ini cocok untuk memberikan sensasi makanan yang nikmat. Ditambah lagi ayam kemangi dan tumis bayam labu siam, dijamin setiap anggota keluarga akan merasa puas.

Nah, itulah variasi menu buka puasa dan sahur selama 30 hari yang bisa dijadikan sebagai referensi. Semoga dengan menu-menu tersebut, Sedulur akan lebih mudah dalam merencanakan menu untuk bulan Ramadhan dengan lebih bervariasi!