Melakukan meditasi bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh dan mental. Yuk simak daftar manfaatnya dan sedikit tips cara melakukannya.

Mungkin sebagian dari Sedulur ada yang bertanya apa itu meditasi? Meditasi merupakan sebuah latihan untuk menciptakan ketenangan pikiran dan tubuh yang rileks. Terdapat beberapa cara bermeditasi dan beberapa latihan meditasi yang bisa dilakukan. Kelebihan dari teknik meditasi atau terapi meditasi yaitu sangat simpel dan bisa dilakukan kapan saja.

Hal tersebut dikarenakan untuk melakukan meditasi untuk kesehatan tidak memerlukan peralatan sama sekali, yang penting adalah suasana tenang. Terdapat beberapa tujuan dari bermeditasi, selain untuk mendapatkan kesehatan, terdapat juga meditasi penyembuhan.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas beberapa manfaat dari meditasi dengan sedikit membahas cara konsentrasi meditasi dan posisi meditasi. Terdapat beberapa cara dalam bermeditasi, mulai dari cara meditasi islam, bagaimana cara memusatkan pikiran, dan cara membuat diri tenang. Bagi Sedulur kesulitan dalam bermeditasi, Sedulur bisa menggunakan musik meditasi ketenangan agar bisa memasuki ketenangan dengan cepat.

-->

Seperti apa saja manfaat yang bisa diberikan oleh tubuh dengan bermeditasi? Yuk, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini, jangan lupa juga ada sedikit pembahasan tentang cara melakukan meditasi yang baik.

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

Daftar Manfaat Meditasi yang Wajib Sedulur Ketahui

1. Mengurangi Stress

1. Mengurangi Stress
helpguide.org

Manfaat pertama yaitu dapat mengurangi stress. Saat stress muncul, kadar hormon kortisol di dalam tubuh akan meningkat dan tubuh akan melepaskan bahan kimia yang dapat merangsang peradangan yang disebut dengan sitokin. Sitokin yang diproduksi oleh tubuh tersebut dapat mengganggu tidur, meningkatkan tekanan darah, membuat depresi dan kecemasan.

Kondisi tersebut juga bisa menjadi penyebab utama dari berbagai penyakit yang bisa Sedulur derita. Sedulur bisa mencegah hal tersebut dengan melakukan perenungan atau bermeditasi.

2. Melawan Depresi

2. Melawan Depresi
alodokter.com

Manfaat selanjutnya adalah dapat melawan depresi, depresi merupakan stress yang terjadi dalam jangka panjang yang tidak mendapatkan perawatan. Untuk mengatasi dan melawan depresi, Sedulur bisa dengan rutin melatih ketenangan dan kenyamanan. Karena dua hal tersebut merupakan cara ampuh untuk melawan depresi.

Dalam sebuah penelitian ilmiah yang dilakukan untuk meneliti terkait depresi, penelitian yang dilakukan oleh Rutgers University tersebut mengamati 55 orang wanita dan 22 orang pria yang memiliki gangguan depresi. Mereka diminta untuk mengikuti kegiatan dan program bermeditasi selama 30 menit, lalu dilanjutkan dengan latihan aerobik. Hasil yang didapatkan sangat luar biasa, gejala depresi dapat berkurang secara signifikan, yaitu sekitar 40 persen.

3. Mengontrol Rasa Cemas

3. Mengontrol Rasa Cemas
detik.com

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan adalah mengontrol rasa cemas. Selain stres dan depresi, masalah lain yang berkaitan dengan kesehatan mental adalah kecemasan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat mengontrol rasa cemas, salah satu cara ampuh yang dapat dilakukan adalah bermeditasi.

Beberapa kegiatan bermeditasi, seperti yoga misalkan, dapat memberikan manfaat untuk dapat mengontrol kecemasan yang dialami. Cemas lebih dapat dikendalikan dan bahkan dapat dicegah agar tidak bisa menimbulkan kemungkinan buruk lainnya.

Baca Juga: 6 Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

4. Meningkatkan Kualitas Tidur
liputan6.com

Manfaat selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kualitas tidur. Sedulur yang mengalami gangguan tidur bisa melakukan cara ini sebagai salah satu ikhtiar untuk mengatasi gangguan tidur. Salah satu penyebab kesulitan tidur atau kualitas tidur yang buruk adalah stres, depresi dan kecemasan.

Walaupun untuk dapat tidur sebenarnya bisa diatasi dengan meminum obat tidur, tapi hal tersebut malah akan memberikan resiko buruk lainnya bagi tubuh. Salah satu hal penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik adalah ketenangan dan kenyamanan yang merupakan inti dari bermeditasi.

5. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

5. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh
lifebuoy.co.id

Hal ini bisa didapatkan dengan berolahraga dan mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan juga adalah dengan melakukan kegiatan bermediatasi, agar sistem kekebalan tubuh dapat semakin kuat dalam menangkal bakteri dan virus.

Sebagaimana yang Sedulur ketahui, bahwa di tengah pandemi Covid-19 saat ini, memiliki imunitas tubuh yang tinggi dan kuat merupakan hal yang wajib agar tidak tertular virus corona dan juga mempercepat selesainya pandemi virus corona.

6. Melawan Kecanduan

6. Melawan Kecanduan
idntimes.com

Manfaat selanjutnya adalah untuk melawan kecanduan dan menghentikannya. Bagi Sedulur yang kesulitan untuk berhenti minum alkohol atau kesulitan untuk berhenti merokok, bermeditasi adalah cara yang tepat untuk dilakukan. Hal ini disebabkan oleh sikap disiplin yang terbentuk.

Melawan kecanduan dan keluar dari kecanduan merupakan hal yang wajib Sedulur lakukan, karena dengan terlepas dari kecanduan alkohol dan nikotin dapat membuat pikiran menjadi lebih jernih dan setiap kegiatan bisa dijalankan secara optimal tanpa ada kesalahan sedikit pun.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
kompas.com

Manfaat selanjutnya yaitu dapat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Hal tersebut dapat memberikan kerusakan pada jantung dan terkena berbagai penyakit jantung. Salah satunya yaitu penyempitan arteri jantung. Untuk menurunkan ketegangan tekanan darah, dan agar dapat menyehatkan jantung, Sedulur bisa bermeditasi secara rutin.

8. Memperkuat Daya Ingat

8. Memperkuat Daya Ingat
halodoc.com

Manfaat yang sangat penting selanjutnya adalah dapat memperkuat daya ingat. Semakin berumur, semakin berkurang fungsi otak, salah satunya berkurangnya konsentrasi dan daya ingat. Bermeditasi sangat efektif untuk dapat memperkuat daya ingat dan juga menjaga konsentrasi pada lansia. Lalu pertanyaan, bagaimana cara melakukan meditasi yang baik dan benar? Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Bermeditasi yang Baik dan Benar

Cara Bermeditasi yang Baik dan Benar
medcom.id

Terdapat beberapa cara dan langkah yang bisa Sedulur lakukan agar dapat bermeditasi dengan baik dan benar. Setiap jenis dan teknik meditasi juga harus memiliki beberapa elemen umum yaitu:

  • Memfokuskan Pikiran: Membebaskan pikiran dari segala hal yang menganggu konsentrasi dan menjadi sumber penyebab kekhawatiran dan stres. Pikiran dapat dialihkan untuk berpikir hal lain yang lebih positif.
  • Bernapas Perlahan: Menarik napas secara dalam dan perlahan menggunakan to diafragma dapat melebarkan paru-paru, dan dapat mendatangkan lebih banyak oksigen ke dalam paru-paru.
  • Duduk Tenang:Bisa duduk tenang merupakan hal penting dalam bermeditasi, terutama bagi pemula. Agar terhindar dari suara bising kendaran, suara alat elektronik dan gangguan suara lainnya.

Salah satu hal penting adalah segera melakukannya dan memulainya secara perlahan. Ketenangan dan kenyamanan adalah tujuan utamanya. Manfaat yang didapatkan oleh tubuh dan pikiran merupakan sebuah bonus yang bisa dirasakan oleh bermeditasi. Nikmati prosesnya dan jangan terburu-buru.

Agar menunjang kegiatan bermeditasi Sedulur, Sedulur juga harus tetap menjaga asupan gizi dan nutrisi. Sedulur bisa mendapatkannya dengan membeli berbagai kebutuhan makanan dan minuman di Aplikasi Super. Banyak barang kebutuhan sehari-hari berkualitas tinggi dengan harga yang super murah.

Sedulur bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super agar kemudahan dalam berbelanja bisa Sedulur lakukan kapanpun dan di mana pun.