Kenapa sangat penting untuk saling memaafkan? Simak ulasannya di bawah ini, agar Sedulur tersadar betapa pentingnya kata maaf itu sendiri.

Memaafkan adalah sebuah tindakan yang sangat terpuji dan bijaksana. Wajar belaka demikian, karena tidak mudah memberikan maaf, terutama kepada seseorang yang telah melakukan kesalahan yang membuat hidup kita tersiksa dan bersedih. Namun, dengan memaafkan kesalahan orang lain akan menghindarkan diri dari sikap dendam dan pikiran negatif.

Maka dari itu meminta maaf dan memberi maaf sangat penting untuk dilakukan. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar alasan penting kenapa Sedulur wajib memberi maaf. Namun sebelum masuk pada pembahasan alasan penting yang dimaksud, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu dalil dalam Islam terkait meminta atau memberi maaf di bawah ini.

Baca Juga: 12 Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri, Sudahkah Kamu Jalani?

-->

Dalil Terkait Saling Memaafkan

Dalil Terkait Saling Memaafkan
kompas.com

hukum meminta maaf dalam Islam disampaikan langsung oleh Allah SWT dalam ayat suci Al-Quran, hal tersebut menunjukan betapa pentingnya saling memaafkan. Allah SWT berfirman dalam Surat As-Syura ayat 43:

وَلَمَنْ صَبَرَ وَغَفَرَ إِنَّ ذَٰلِكَ لَمِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ

Artinya: ”Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.” (QS: Asy-Syuura; 43).

Rasulullah SAW sebagai tauladan umat Islam juga menyanpaikan langsung tentang petingnya saling meminta dan memberi maaf

نْ أَبِي إِسْحَقَ قَال سَمِعْتُ أَبَا عَبْدِ اللَّهِ الْجَدَلِيَّ يَقُولُ سَأَلْتُ عَائِشَةَ عَنْ خُلُقِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ لَمْ يَكُنْ فَاحِشًا وَلَا مُتَفَحِّشًا وَلَا صَخَّابًا فِي الْأَسْوَاقِ وَلَا يَجْزِي بِالسَّيِّئَةِ السَّيِّئَةَ وَلَكِنْ يَعْفُو وَيَصْفَحُ

Artinya: ”Orang yang hebat bukanlah orang yang menang dalam pergulatan. Sesungguhnya orang yang hebat adalah orang yang (mampu) mengendalikan nafsunya ketika marah.  Memaafkan  dan mengampuni juga merupakan perbuatan yang diperintahkan Sang Khalik kepada umatnya.”

Dari ayat Al-Quran dan juga Sabda Rasulullah di atas telah jelas dan sangat terang mengapa saling meminta dan memberi maaf menjadi sangat penting untuk dilakukan. Lantas, apa saja alasan penting lainnya yang wajib membuat kita harus memberi maaf, bahkan kepada seseorang yang telah sangat bersalah dalam hidup kita. Simak ulasannya di bawah ini.

Alasan Penting Kenapa Memberi Maaf Sangat Wajib Dilakukan!

1. Tidak Ada Manusia yang Tidak Pernah Melakukan Kesalahan

1. Tidak Ada Manusia yang Tidak Pernah Melakukan Kesalahan
merdeka.com

Hal pertama yang paling penting yang wajib Sedulur sadari ketika hendak memaafkan kesalahan orang lain adalah bahwa tidak ada manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan, termasuk Sedulur sendiri. Sudah menjadi hakikat dan kodrat manusia sebagai makhluk yang penuh dengan kesalahan.

Oleh karena itu saling memaafkan menjadi penting sebagai media untuk memperbaiki diri agar lebih baik lagi kedepannya. Menjadi pribadi yang lebih dewasa dan bijaksana, memahami setiap kesalahan sebagai bagian dari proses dalam menjalankan hidup.

2. Menyimpan Amarah Membuat Hidup Terbebani

2. Menyimpan Amarah Membuat Hidup Terbebani
detik.com

Kedua, kenapa Sedulur wajib memaafkan orang lain adalah karena dengan tidak memberi maaf, Sedulur akan menyimpan amarah selama menjalani hidup, dan hal tersebut akan terus membuat Sedulur terbebani. Beban dalam menjalani hidup itu sendiri sudah sangat berat, apalagi dengan menyimpan amarah dan tidak memberikan maaf.

Beban hidup Sedulur akan bertambah dan akan mempengaruhi kehidupan Sedulur. Kehidupan tenang dan damai akan sulit dicapai karena ada satu hal yang mengganjal, yaitu amarah dan ego dalam diri yang enggan memberikan maaf pada orang lain.

Baca Juga: 50+ Inspirasi Ucapan Maaf Menyambut Ramadhan Terbaru 2021

3. Tidak Memaafkan Selalu Diliputi Rasa Dendam dan Pikiran Negatif

3. Tidak Memaafkan Selalu Diliputi Rasa Dendam dan Pikiran Negatif
idntimes.com

Tindakan mengakui kesalahan dan minta maaf merupakan sebuah tindakan yang dewasa dan berani, oleh karena itu Sedulur wajib memaafkan setiap kesalahan orang lain kepada Sedulur ketika ada yang meminta maaf. Karena ada sebuah usaha dan tindakan yang harus Sedulur hargai.

Selain itu, jika Sedulur tidak memberikan maaf, pikiran dan perasaan Sedulur akan terus diliputi oleh rasa dendam dan pikiran negatif, terutama kepada seseorang yang telah berbuat salah kepada Sedulur. Untuk melepaskan hal tersebut, Sedulur bisa memberikan maaf yang sangat ikhlas dan tulus agar mendapatkan kehidupan yang lebih baik untuk kedua belah pihak.

4. Memaafkan Akan Membuka Pintu Silaturahmi

4. Memaafkan Akan Membuka Pintu Silaturahmi
kumparan.com

Cara meminta maaf kepada teman yang marah adalah dengan menunggu amarah teman Sedulur reda terlebih dahulu, lalu selanjutnya Sedulur menyampaikan maaf agar teman Sedulur memaafkan kesalahan yang telah Sedulur perbuah, karena jika tidak begitu, pikiran teman Sedulur akan terus dilingkupi perasaan marah dan tidak ingin membuka pintu maafnya.

Karena, dengan memaafkan pintu silaturahmi antara Sedulur dan teman Sedulur akan kembali terbuka, dengan terbukanya pintu silaturahmi maka akan terbuka juga pintu rezeki.

5. Kesehatan Fisik dan Mental Akan Lebih Baik

5. Kesehatan Fisik dan Mental Akan Lebih Baik
pijarpsikologi.org

Saling memaafkan juga dapat memberikan dampak besar, yaitu dapat memberikan dampak bagi kesehatan fisik dan kesehatan mental. Dengan memberi maaf, Sedulur akan mendapatkan ketenangan hati dan pikiran, hal tersebut juga akan berdampak baik pada kesehatan tubuh dan fisik Sedulur. Sedulur akan menjadi lebih sehat, secara fisik dan mental. Hal tersebut menunjukan kepada memberi maaf sangat penting dilakukan.

6. Hidup Akan Menjadi Termotivasi untuk Berprestasi

6. Hidup Akan Menjadi Termotivasi untuk Berprestasi
okezone.com

Pertanyaan terkait kapan minta maaf dilakukan? Jawaban yang tepat tentu saja secepatnya. Namun, Sedulur juga perlu mempertimbangkan waktu yang pas untuk meminta maaf atau memaafkan. Karena dengan waktu yang tepat dan pas, baik dalam meminta maaf atau memberi maaf, Sedulur akan memiliki hidup yang lebih termotivasi.

Terutama hidup yang termotivasi untuk berprestasi dan mendapatkan segala tujuan yang dapat mengubah kehidupan Sedulur dari kehidupan sebelumnya. Tentu saja, hal ini menjadi sangat penting dilakukan.

7. Tidak Ingin Menyakiti Perasaan Orang Lain

7. Tidak Ingin Menyakiti Perasaan Orang Lain
merdeka.com

Dengan memaafkan, Sedulur akan lebih berhati-hati dalam setiap ucapan dan tindakan Sedulur, yang bertujuan agar tidak menyakiti hati dan perasaan orang lain. Sebagai orang yang pernah melakukan kesalahan dan mendapatkan maaf dari orang yang bersangkutan, juga sebagai orang yang memberi maaf, Sedulur akan menjadi lebih dewasa dan bijak perihal perasaan orang lain dan berhenti menyakiti perasaan orang tersebut. Terutama orang yang berbuat salah terhadap Sedulur.

8. Menghargai Perasaan Orang Lain

8. Menghargai Perasaan Orang Lain
kompasiana.com

Dengan mengetahui arti memaafkan, Sedulur akan dapat menghargai perasaan orang lain, dan akan mengerti perasaan yang dirasakan oleh orang lain. Terutama bagi orang yang bersalah. Dengan begitu, Sedulur akan lebih mudah untuk memberi maaf dan juga tidak akan mengulangi kesalahan yang sama sebelumnya, yaitu menyimpan dendam dan iri hati.

9. Mengetahui Arti Bahagia

9. Mengetahui Arti Bahagia
liputan6.com

Salah satu alasan terpenting kepada Sedulur harus saling memaafkan, karena dengan memaafkan kesalahan orang lain yang telah menyakiti perasaan Sedulur, Sedulur akan mengerti arti dari kebahagiaan dalam hidup. Hal ini merupakan tujuan utama setiap orang dalam menjalankan hidup, ingin bahagia. Oleh karena itu, kenapa memaafkan menjadi sangat penting.

Terlebih lagi, dalam beberapa hari ini kita akan memasuki bulan suci ramadhan, dan salah satu hal yang wajib dilakukan adalah saling memberi maaf. Karena, Allah SWT tidak akan memaafkan seorang hambaNya, jika orang yang disakiti tidak memberi maaf  dan mengikhlaskan terlebih dahulu.

Sebelum artikel ini disudahi, dan juga menjelang memasuki bulan ramadhan, Sedulur wajib untuk memenuhi setiap kebutuhan harian Sedulur. Selain juga saling memberi maaf merupakan hal penting yang perlu dilakukan menjelang bulan ramadhan. Namun, jangan khawatir. Sedulur bisa mendapatkan kebutuhan harian selama bulan ramadhan dengan mudah melalui Aplikasi Super.

Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Sedulur akan mendapatkan setiap kebutuhan harian dengan cara yang super mudah dan harga sangat murah. Tentu saja hal tersebut hanya bisa didapatkan dengan menggunakan Aplikasi Super.