Untuk dapat ketenangan, salah satunya adalah dengan cara mencintai diri sendiri. Simak langkah bagaimana cara mencintai diri sendiri di bawah ini.

Dalam dunia psikologi atau kejiwaan, mencintai diri sendiri adalah suatu hal yang baik untuk beberapa hal, dan di sisi lain juga mencintai diri sendiri yang berlebih dalam memberikan dampak buruk. Dalam dunia psikologi terdapat tips mencintai diri sendiri agar dapat berdampak baik, tentu saja dengan belajar mencintai diri sendiri pada batas tertentu.

Bukan hanya dalam dunia psikologi secara klinis, namun juga terdapat cara mencintai diri sendiri menurut Islam. Untuk dapat melihat karakter dan berbagai respon dari manusia dengan berbagai cara berkomunikasi, cara memahami diri sendiri menjadi penting dalam konteks ini.

Sayangi diri sendiri dengan cara menjadi diri sendiri akan dapat membuat kita menerima segala kemungkinan, termasuk mengatasi efek minder atau kurang percaya diri. Bagaimana cara menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri, akan turut membantu kita mengetahui kelebihan diri sendiri dan belajar menghargai diri sendiri.

Superapp.id kali ini akan menjelaskan bagaimana cara mencintai diri sendiri, agar bisa menghargai dan mendapatkan efek positif dari segala kemungkinan buruk yang mempengaruhi kejiwaan kita. Yuk, mari langsung saja kita simak cara mencintai diri sendiri dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 12 Manfaat Menulis, Baik Untuk Kesehatan Mental?

Daftar Cara Mencintai Diri Sendiri yang Wajib Sedulur Lakukan

1. Meluangkan Waktu

1. Meluangkan Waktu
kompas.com

Langkah pertama dalam cara mencintai diri sendiri adalah dengan meluangkan waktu dengan baik. Terutama bagi Sedulur yang memiliki sifat pekerja keras dan tidak memiliki waktu untuk berlibur. Untuk mengatasi stres dan depresi yang kemungkinan besar akan menimpa diri Sedulur, salah satunya adalah dengan cara mencintai diri sendiri.

Meluangkan waktu untuk istirahat, baik untuk tidur, menonton film, menikmati musik atau bahkan dengan tidak melakukan apapun adalah yang penting dilakukan di tengah hiruk pikuk tanggung jawab dan pekerjaan. Cara mencintai diri sendiri ini merupakan hal yang paling mudah, ketika waktu untuk berlibur dan bepergian sangat sulit didapat.

2. Mengasah Hobi dan Bakat

2. Mengasah Hobi dan Bakat
kompas.com

Cara mencintai diri sendiri selanjutnya adalah dengan mengasah hobi dan mencari kegiatan sesuai bakat. Ketika Sedulur melakukan hobi dan kegiatan yang sesuai dengan bakat Sedulur, artinya Sedulur sedang melakukan suatu kegiatan yang sangat Sedulur cintai, hal ini dapat membantu Sedulur untuk mencintai diri sendiri.

Hal ini akan memberikan kesadaran bagi Sedulur bahwa betapa berharganya diri Sedulur terlepas dari segala kesibukan yang Sedulur alami. Hal ini akan menyadarkan Sedulur akan pentingnya melakukan berbagai kegiatan yang membuat Sedulur tenang dan rileks, sebagai salah satu cara untuk keluar dari kepenatan yang dialami.

3. Berhenti Menjadi Orang Lain

3. Berhenti Menjadi Orang Lain
sayaajarkan.com

Entah itu karena tuntutan pekerjaan, seringkali kita diminta untuk menjadi orang lain. Atau karena melihat kehidupan orang lain sepertinya lebih baik dari kita, kita menjadi terobsesi menjadi orang tersebut. Hal tersebut sangat buruk bagi kejiwaan kita. Bukannya melakukan cara mencintai diri sendiri, kita malah melakukan hal yang tidak kita sukai.

Sedulur harus menyadari bahwa kehidupan ini berjalan sangat adil, ada bagian dan porsinya masing-masing. Kita dengan porsi yang kita dapatkan, dan orang lain dengan bagiannya. Tidak ada alasan untuk kita untuk menjadi orang lain yang justru akan membuat kita semakin menderita.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Yoga, Manfaat dan Macam Gerakannya

4. Melakukan Hal yang Disukai

4. Melakukan Hal yang Disukai
kompas.com

Bahkan jika kita menyukai tidak melakukan hal apapun, hal tersebut sangat baik dalam cara mencintai diri sendiri. Sama dengan mengasah hobi dan bakat, melakukan hal yang kita sukai merupakan salah satu cara untuk lebih memahami diri sendiri untuk lebih menghargai dan mencintai diri sendiri.

Namun, lakukan beberapa hal yang disukai dengan batas kewajaran, jangan terlalu berlebihan. Karena ada tanggung jawab dan pekerjaan yang juga harus dipikirkan. Melakukan hal yang disukai secara berlebihan hanya akan membuat kita lari dari tanggung jawab yang harus kita lakukan.

5. Buang Jauh Perasaan Gengsi

5. Buang Jauh Perasaan Gengsi
bebaspedia.com

Langkah dan cara mencintai diri sendiri adalah membuat jauh perasaan gengsi. Hidup dibawah tekanan gengsi tidak akan pernah menyelamatkan Sedulur. Bukannya dapat mencintai diri sendiri, Sedulur jadi akan semakin sulit memahami diri sendiri dan terus mengikuti ego diri sendiri agar tidak gengsi.

Satu hal yang paling penting adalah dengan mengikuti gengsi, Sedulur akan terus hidup dibawah bayang-bayang orang lain dan standar keharusan orang lain yang bisa membuat Sedulur semakin tertekan.

6. Sayangi Tubuh Kita

6. Sayangi Tubuh Kita
studiilmu.com

Tubuh dan jiwa merupakan suatu kesatuan yang harus diperhatikan dan dipikirkan secara berkesinambungan. Selain memikirkan kesehatan jiwa, kita juga wajib memikirkan kesehatan tubuh dan menyayangi setiap bagian tubuh.  Salah satu cara mencintai diri sendiri yang paling real adalah dengan menyayangi tubuh kita.

Jangan terlalu terbawa perasaan dengan ucapan orang lain terkait bentuk tubuh kita, Sedulur hanya perlu mengusahakan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh agar tetap bisa fit dan lancar dalam menjalani kegiatan. Jauhkan perasaan minder karena bentuk tubuh, kita harus bisa menerima segala apa yang ada dalam tubuh dan mulai mencintainya. Abaikan segala penilaian orang lain akan tubuh kita.

7. Perhatikan Kebutuhan Diri Sendiri

7. Perhatikan Kebutuhan Diri Sendiri
tribunnews.com

Sebelum Sedulur memenuhi kebutuhan orang lain, harap diperhatikan terlebih dahulu kebutuhan diri sendiri. Salah satu cara mencintai diri sendiri adalah dengan memperhatikan kebutuhan diri sendiri. Lakukan mulai dari hal yang sangat sederhana, seperti menikmati makanan yang disukai, membeli barang sederhana yang disukai dan lain sebagainya. Baru kemudian Sedulur bisa memenuhi kebutuhan orang lain yang Sedulur sayangi.

8. Perluas Pertemanan

8. Perluas Pertemanan
idntimes.com

Dengan memperluas pertemanan juga salah satu cara efektif untuk mencintai diri sendiri. Kita bisa mendapat lingkungan pertemanan baru yang membuat kita menyadari betapa bersyukurnya kita memiliki teman dan sahabat yang bisa membuat kita sadar bahwa mencintai diri sendiri dan lingkungan itu merupakan hal yang penting. Jangan sia-siakan teman atau sahabat yang sangat menyayangi kita.

9. Keluar Dari Zona Nyaman

9. Keluar Dari Zona Nyaman
nusabali.com

Berada dalam zona nyaman bisa jadi membuat kita semakin jauh dari mencintai diri sendiri. Biasanya, berada dalam kondisi yang sangat nyaman bisa membuat kita tidak pekat terhadap sesuatu. Mencintai diri sendiri bukan juga berarti harus memanjakan diri dengan berada di zona nyaman.

Justru dengan berada di zona nyaman kita akan kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan hal itu sangat buruk jika memang kita harus dan dituntut untuk menghadapi zona yang baru.

10. Jadi Pribadi yang Berbeda

10. Jadi Pribadi yang Berbeda
sites.dartmouth.edu

Menjadi pribadi yang sama dari waktu ke waktu bukan hal yang menyenangkan. Selain kebosanan yang sangat rawan menimpa, hal tersebut akan membuat kita kesulitan mengetahui apa yang kita inginkan. Kita tidak akan tahu apa yang akan kita dapatkan dengan mencoba menjadi pribadi yang berbeda dan menghadapi sesuatu hal yang baru.

11. Memaafkan Diri Sendiri

11. Memaafkan Diri Sendiri
kompasiana.com

Hal ini merupakan cara mencintai diri sendiri yang bisa kita coba. Dengan memaafkan semua kesalahan yang pernah kita alami, kita bisa menjadi diri kita sendiri dan lebih menghargai yang kita miliki. Jangan memandang bahwa memaafkan adalah hal yang mudah, justru bagi sebagian pribadi yang keras, memaafkan adalah hal yang sulit dilakukan. Bahkan banyak yang menolak kesalahan yang dilakukan. Hal ini tentu tidak baik untuk diri kita sendiri.

12. Bersyukur

12. Bersyukur
bola.com

Dengan dapat memaafkan diri sendiri, kita juga bisa dapat lebih bersyukur dengan apa yang telah kita miliki. Salah satu cara yang sangat ampuh agar bisa membuat kita mencintai diri sendiri adalah dengan bersyukur. Selain itu, kita juga bisa dapat dengan mudah mendapatkan ketenangan hati dengan bersyukur.

Semoga daftar penjelasan cara mencintai diri sendiri di atas bisa membantu Sedulur untuk dapat lebih mencintai diri sendiri. Salah satu cara ampuh lainnya adalah dengan menikmati berbagai makanan atau camilan yang kita sukai agar Sedulur bisa menyayangi diri sendiri lebih baik lagi.

Sedulur bisa membeli berbagai camilan dan makanan yang disukai di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk melihat kelengkapan barang yang dimiliki, Sedulur juga bisa melakukan pembelian dengan menggunakan smartphone dengan cara download terlebih dahulu aplikasinya dengan klik di sini. Selamat mencoba!