material grc

Berbagai variasi material konstruksi makin lama kian menarik untuk ditelusuri. Adanya kemajuan di bidang teknologi, dunia properti akan terus membuat berbagai inovasi dalam hal bahan bangunan rumah, salah satunya adalah material GRC. GRC adalah singkatan dari Glass Reinforced Concrete.

GRC sendiri terdiri dari beberapa bahan seperti semen, pasir halus, air, akrilik, dan serat kaca tahan alkali yang dikenal memiliki kekuatan tinggi. Dalam teknologi bahan bangunan, ini termasuk sebuah inovasi beton yang diperkuat serat. Ingin tahu lebih lanjut mengenai material GRC beserta kekurangan, kelebihan, dan cara pengaplikasiannya? Yuk, ikuti informasinya di sini.

BACA JUGA:Arsitek: Pengertian, Tanggung Jawab & Skill yang Dibutuhkan

1. Pengertian GRC

kepanjangan grc board
Rumah123

Kepanjangan GRC Board adalah Glass Reinforced Concrete atau disebut juga GFRC yang (Glass Fiber Reinforced Concrete) alias beton bertulang glass fiber. Bahan bangunan ini terdiri dari berbagai komponen seperti semen, pasir halus, air, polimer akrilik, dan serat kaca tahan alkali yang terkenal dengan kekuatannya yang tinggi. Bahan ini juga merupakan sejenis beton yang diperkuat dengan serat. 

-->

Meskipun tampak luarnya terlihat berat, sebenarnya bahan bangunan ini termasuk berbobot ringan apabila dibandingkan dengan yang sejenisnya. Ada banyak orang yang memilih untuk menggunakannya karena mempunyai daya tahan ekstra terhadap air dan api.

Bahan bangunan ini pertama kali dikembangkan pada 1960-an sebagai salah satu alternatif dari beton dan diperkuat dengan material baja atau Steel Reinforced Concrete. Pada mulanya, bahan bangunan ini diproduksi sebagai bahan pelapis eksterior yang dapat diolah menjadi berbagai bentuk dan variasi yang kompleks sebagai bahan dari komponen profil serta arsitektur bangunan.

Sekarang, Glass Fiber Reinforced Concrete menjadi salah satu yang favorit pada bidang arsitektur ataupun properti. Alasannya adalah cocok digunakan untuk bahan bangunan hunian modern yang membutuhkan karakter ringan dalam ukuran panelnya.

2. Jenis dinding GRC

jenis dinding grc
Pinhome

Pada dasarnya, Glassfibre Reinforced Cement memiliki dua jenis, yaitu sebagai berikut:

  • Panel produksi pabrikan. Jenis ini memiliki bentuk lembaran-lembaran dengan ukuran GRC 1,20 x 2,40 m2
  • Cetak. Jenis ini bisa dibentuk sesuai dengan desain yang terdapat pada moulding. Contohnya adalah profil bergaya timur tengah, mandala, ornamen dekorasi, dan lain sebagainya. Apabila sudah dicetak, jenis ini bisa dipasang pada rangka yang biasanya berupa besi siku. Pemasangannya adalah pada rangka yang sudah dibuat sebelumnya. Alasannya adalah untuk mempercepat dan mempermudah pelaksanaan pekerjaannya. Pemasangannya sudah banyak digunakan untuk cover elemen bangunan, seperti kolom dan dinding. Bisa juga dibuat untuk bagian dari sebuah bangunan seperti kubah dan menara.

3. Fungsi GRC untuk eksterior

fungsi eksterior
Dekoruma

GRC Board memiliki berbagai macam fungsi baik untuk hunian pribadi maupun gedung tempat umum. Berikut adalah fungsinya dalam hal eksterior:

a. SunscreenPada arsitektur modern, sunscreen digunakan untuk memastikan cahaya matahari serta udara supaya bisa masuk pada setiap sudut ruangan. Material yang biasanya digunakan adalah GRC, karena pemasangannya mudah dibentuk. Bentuk dari ornamennya pun cukup beragam, sehingga bisa menambah nilai estetika dalam sebuah bangunan.

b. Cladding exterior. Dinding bangunan atau cladding exterior biasanya memiliki kegunaan untuk memfiltrasi efek cuaca dengan tetap mempertimbanhkan nilai estetika. Ketebalannya adalah antara 8mm sampai 12mm. Namun, tidak menutup kemungkinan apabila Sedulur mempunyai permintaan khusus untuk ketebalannya. Jenis ini juga tersedia dalam berbagai bentuk, seperti ornamen ataupun polos. Sehingga, Sedulur bisa memilihnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

c. Pagar rumah. Selain digunakan untuk dinding bangunan, jenis lainnya juga bisa dimanfaatkan untuk pagar rumah. Umumnya, bentuk pagar dari bahan bangunan ini yang menjadi populer adalah bermotif mirip kayu dan dibingkai menggunakan besi.

d. Lisplang. Lisplang atau tepi atap bangunan merupakan jenis yang berfungsi untuk menyembunyikan struktur atap atau menambah nilai estetika pada suatu bangunan. Lisplang yang memiliki bahan GRC bersifat anti cuaca, kuat, dan ringan. Umumnya, lisplang dibuat dengan desain yang sederhana untuk hunian bergaya modern.

e. Kubah atau dome. GRC sering digunakan untuk membuat kubah dan bisa menggantikan material beton bertulang yang yang dulunya dimanfaatkan untuk membuat kubah. Pada sisi bentuk, kubah yang terbuat dari bahan bangunan ini dikenal lebih presisi karena memiliki proses pembuatan dengan cara mencetak.

BACA JUGA: Ornamen: Pengertian, Fungsi, & Contoh Motifnya

4. Fungsi GRC untuk interior

fungsi interior
Suara

Sementara itu, material GRC juga memiliki fungsi dalam hal interior, di antaranya adalah:

a. Dinding bangunan. GRC bisa dimanfaatkan untuk membuat dinding bangunan dan umumnya memiliki berbagai macam ketebalan yang digunakan. Sebagai dinding bangunan, bahan ini tahan terhadap benturan serta kedap suara. Apabila terjadi kerusakan, Sedulur bisa menggantinya dengan mudah dan cukup membongkar bagian yang rusak.

b. Partisi. GRC juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan partisi dan Sedulur bisa memilihnya sesuai dengan bentuk ornamen yang diinginkan. Apabila dipadukan dengan balok kayu yang berguna sebagai penopang, maka Sedulur bisa dengan mudah membuat partisi antara ruang keluarga dan ruang tamu.

c. Plafon. Di antara banyak jenis bahan bangunan, GRC plafon merupakan salah satu yang sering dipakai untuk membuat langit-langit rumah. Kelebihan utamanya adalah tahan akan air serta memiliki bahan mudah dibentuk. Sehingga, banyak arsitek yang menggunakan material ini sebagai plafon. Tentu saja, penggunaannya sebagai plafon bisa membuat ruangan terlihat lebih menarik dan indah. 

d. Cubicle toilet. Sedulur pasti tidak menyangka bahwa bahan bangunan ini bisa digunakan untuk cubicle toilet. Alasannya adalah karena bahan tersebut memiliki sifat yang tahan akan lembab. Sehingga, bisa diaplikasikan sebagai partisi untuk cubicle toilet.

e. Lubang angin dengan bahan bangunan ini bisa dibentuk menjadi beberapa motif dan pola karena dibuat menggunakan mesin. Sedulur juga bisa memilih motif dan pola yang sesuai dengan keinginan.

f. Penutup lantai. Salah satu bahan yang digunakan sebagai penutup lantai adalah GRC motif kayu. Tak hanya bisa membuat pemasangan lantai menjadi lebih efisien dan praktis, bahan ini juga mempunyai permukaan halus, bebas asbestos, dan tahan akan rayap. Sehingga, aman dan nyaman ketika digunakan. Untuk tahapan akhirnya, Sedulur bisa menggunakan keramik, vinyl, karpet, atau parket.

5. Keunggulan GRC

keunggulan grc board
Tribun Jual Beli

Apabila dibandingkan dengan yang lainnya, material GRC mempunyai sejumlah fitur yang membuatnya menjadi unggul. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kuat. Walaupun tidak sekuat beton, bahan bangunan ini termasuk kuat serta memiliki kemampuan yang terbukti bisa menahan angin badai dan gempa.
  • Ringan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahan bangunan ini mempunyai berat yang ringan yaitu sekitar 80 sampai 90 persen dari beton padat. Inilah yang membuatnya menjadi lebih mudah dipasang serta ringan. Beratnya yang ringan juga menjadikan bahan bangunan ini mudah didesain sesuai keinginan dan tidak memerlukan tambahan biaya lainnya. 
  • Harga terjangkau. Jika dibandingkan dengan yang lainnya, harga dari bahan ini cukup terjangkau. Untuk satuan ukuran 1.2 x 2,4 meter dengan ketebalan 4mm, kisaran harganya adalah sekitar 55 ribuan. Bobotnya yang ringan adalah alasan utama harga terjangkau karena tidak perlu lagi untuk mengeluarkan biaya penanganan, transportasi, dan pendirian panel.
  • Menambah estetika rumah. GRC memiliki bahan yang mudah didesain sesuai keinginan. Sehingga, bisa mendukung gaya rumah serta keindahannya. Selain itu, bahan ini juga bisa memberikan tampilan dengan nuansa kayu, terakota, batu alam, panel halus, serta beton pracetak arsitektur.
  • Aman. Dari segi keamanannya, bahan ini tergolong sebagai material yang aman untuk kesehatan para penghuni rumah. Alasannya karena struktur pembuatannya tidak menggunakan asbestos.
  • Tidak mudah terbakar. Kelebihan dari bahan bangunan ini adalah sifatnya yang tidak mudah terbakar. Bahan ini terbuat dari mineral, jadi akan tahan meskipun ada panas tinggi. Bahan ini bisa melindungi bahan belakangnya dari api panas yang suhunya mencapai 140 derajat. Inilah yang membuatnya sesuai untuk bahan bangunan karena tahan terhadap erosi cuaca dan bencana alam.

6. Kelemahan GRC

kekurangan grc
Harga Cuan

Selain kelebihan, ternyata material GRC juga mempunyai kelemahan yang harus diperhatikan. Adapun beberapa kekurangannya adalah sebagai berikut:

  • Harus dipesan dalam jumlah tertentu serta memiliki ukuran yang tidak bisa di custom
  • Susah dibuat secara manual karena pembuatannya harus melalui pabrik
  • Jika dibanding dengan beton pada umumnya, harganya sedikit lebih mahal
  • Kurang cocok bila digunakan sebagai elemen struktural dalam sebuah bangunan. Contohnya adalah sebagai dinding penahan, bahan atap, serta bagian yang harus menahan beban tertentu

BACA JUGA: 16 Model Atap Rumah Minimalis Agar Hunian Semakin Cantik

7. Harga GRC

harga grc
Auto Bild

Biasanya. harga GRC per lembar dijual dalam bentuk satuan. Harganya pun sangat beragam, tergantung pada merek, ketebalan, motif, dan dimensi yang digunakan. Misalnya adalah harga papan ukuran 1,2 m x 2,4 m x 4 mm adalah sekitar 70 ribuan per lembar. Jika dipesan melalui internet atau berada di luar kota, maka harga tersebut belum termasuk dengan ongkos kirim.

8. Tips mengaplikasikan GRC

tips
Lamudi

Ketika mengaplikasikannya pada bangunan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dihindari. Berikut adalah tips mengaplikasikan GRC.

a. GRC board retak? Jangan khawatir. Apabila partisinya rusak, maka Sedulur bisa menggantinya dengan cara merubah satu panel baru. Akan tetapi, jika sambungan dari GRC board mengalami keretakan, maka Sedulur perlu menggunakan compound Z+B, yaitu komposisi material yang terdiri atas tepung gypsum yang dicampur dengan lem kayu.

b. Ingin custom? pesan lebih dahulu! Ketika sedang memilih bahan bangunan ini, kebanyakan yang tersedia di pasaran adalah ukuran dan desain yang standar. Apabila Sedulur ingin membuatnya secara custom, maka harus memesan dengan jumlah tertentu.

c. Diperlukan kehati-hatian. Walaupun mudah untuk dipasang, belum tentu Sedulur akan mudah untuk mengaplikasikannya. Contohnya adalah jenis untuk plafon yang terkenal mudah retak untuk setiap koneksinya. Untuk mengatasinya, gunakan rangka metal hollow square yang lurus dan diketam.

Itu dia berbagai informasi mengenai material GRC, mulai dari keunggulan, kelemahan, harga, serta tips untuk mengaplikasikannya. Bahan bangunan yang satu ini selain awet dan kokoh, juga bisa menampilkan detail yang indah dan menawan. Oleh karena itu, banyak arsitek dan perancang berlomba-lomba untuk membuat kreasi darinya. Semoga bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!