Manfaat Zinc untuk Kesehatan Tubuh

Tubuh sangat rentan terkena penyakit. Terlebih saat ini, beragam virus mulai muncul salah satunya Covid-19 varian Omicron. Varian omicron dianggap berbahaya, karena gejalanya hampir menyerupai  flu biasa. Maka dari itu, tubuh perlu asupan zinc. Manfaat vitamin zinc begitu banyak salah satunya adalah memperkuat daya tahan tubuh dari serangan penyakit

Mencukupi kebutuhan asupan zinc sehari-hari juga bisa membantu dalam meredakan masalah peradangan serta mempercepat penyembuhan luka. Jadi mineral satu ini memang sangat bermanfaat ya. Supaya Sedulur paham semakin dalam mengenai manfaat vit zinc selain untuk kesehatan. Yuk simak ulasan di bawah ini!

BACA JUGA: 20 Khasiat & Manfaat Pisang Untuk Kesehatan & Kecantikan

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

detik

Cuaca yang tak menentu seperti saat ini, seperti hujan dan panas silih berganti, membuat orang akan mudah terserang penyakit. Tak tanggung-tanggung masalah seperti flu, demam hingga terserang Covid-19 akan sangat mudah menyerang tubuh. Untuk mengatasi atau meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit, tak ada salahnya mengonsumsi zinc.

-->

Manfaat vit zinc mempunyai fungsi dalam mengaktifkan sel darah putih dan biasa dinamakan dengan limfosit sel T. Dengan mencukupinya unsur zinc, maka kekebalan tubuh dalam melawan dan menetralnya patogen yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih baik. Seperti melawan bakteri, virus, dan jamur. Tidak hanya itu, kamu bisa menekan resiko penyakit tertentu. Untuk kamu yang ingin mencari supleme zinc, bisa membeli suplemen zinc di apotik terdekat.

2. Mengatasi peradangan

manfaat vit zinc
detik

Selain berguna dalam meningkatkan kekebalan tubuh, manfaat zinc untuk wanita adalah mengatasi masalah peradangan. Zinc berguna pula dalam meredakan stres oksidatif, sehingga masalah peradangan di tubuh dapat mereda dengan cepat. Sehingga pada akhirnya, bisa menurunkan resiko kamu mengalami penyakit kronis.

Penyakit kronis ini di antaranya adalah penyakit jantung, kanker, pneumonia dan degenerasi makula yang berkaitan dengan masalah usia. Untuk kamu yang ingin merasakan manfaat vit zinc, bisa membeli produk zinc dalam bentuk suplemen zinc di apotik. Pencegahan dini akan lebih baik, supaya menekan resiko penyakit yang lebih serius.

Konon katanya manfaat zinc untuk lambung yang mengalami peradangan juga ada. Namun, hal ini masih simpang siur dan jadi perdebatan oleh beberapa ilmuwan.

3. Mempercepat sembuhnya luka

manfaat vit zinc
 suara

Tak hanya berguna dalam mengurangi peradangan, manfaat zinc untuk kulit adalah mengobati masalah luka. Zinc dinilai bisa mempercepat penyembuhan luka. Sebab, mineral ini mempunyai peran dalam memproduksi zat kolagen. Ya, semacam serat protein yang memberikan kekuatan dan tekstur elastis pada kulit. Nah, bilamana produksi kolagen maksimal, maka luka dapat menyusut dan menutup luka bis lebih cepat.

Karena manfaat luar biasa dari zinc bisa mengatasi masalah kulit seperti bisul, luka bakar dan luka lainnya, membuat banyak orang mencari zat ini. Biasanya zat ini berbentuk pil zinc zinc tablet serta bisa juga dalam bentuk suplemen zinc. Namun apapun bentuknya, zinc sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA: Ketahui Manfaat & Bahaya Ikan Mujair Untuk Kesehatan Tubuh

4. Mengobati fertilitas pria

manfaat vit zinc
suaramerdeka

Manfaat vit zinc selanjutnya adalah dapat mengobati masalah infertilitas atau masalah kesuburan yang terjadi pada pria. Vitamin zinc untuk dewasa khusunya pria, bisa membantu dalam meningkatkan produksi hormon seks pria yaitu hormon testoteron. Selain berguna dalam meningkatkan hormon testoteron, manfaat vit zinc, bisa berfungsi dalam mengatasi masalah disfungsi ereksi dan bisa meningkatkan kualitas dari sperma. Jadi tak ada alasan lain, munculnya masalah ereksi pada pria tak bisa diobati. Seperti masalah ejakulasi, hingga hormon testoteron terganggu. Sebab, zinc tablet, bisa mengatasi masalah yang diderita para pria.

5. Mengatasi masalah jerawat

manfaat vit zinc
medkes

Jerawat sangat mudah menyerang siapa saja. Biasanya, masalah jerawat kerap dikaitkan dengan telah memasuki usia dewasa. Penjelasan ini, sebenarnya tak salah dan saat beranjak dewasa, akan muncul masalah jerawat. Meski begitu, munculnya jerawat, kerap membuat orang merasa tak percaya diri. Sebab, kulit menjadi gatal, panas hingga perih. Bahkan tak jarang, bisa menjadi bahan olok-olok teman. Meski demikian, masalah ini, bukan berarti tak dapat diatasi. Sebab, ada unsur bernama zinc yang bisa dipakai dalam mengatasi masalah ini.

Manfaat zinc untuk kulit adalah menghambat bakteri Propionibacterium acnes dan berguna dalam menekan aktivitas kelenjar minyak. Semua masalah ini, pada akhirnya dapat membantu mencegah dan mengobati jerawat. Maka dari itu, kamu bisa mencari suplemen zinc di apotik dalam bentuk tablet zinc atau cair. Keduanya mempunyai fungsi dalam mengatasi masalah jerawat yang muncul di wajah kalian. Alhasil, kamu tak akan lagi merasa rendah diri, atau mengalami rasa kurang percaya diri. Sebab, zinc bisa mengatasi persoalan mu salah satunya jerawat yang timbul mengganggu.

BACA JUGA: Kenali Isu Kesehatan Mental, Jenis dan Cara Menjaganya

6. Mendukung pertumbuhan anak

manfaat vit zinc
halodoc

Selain manfaat zinc untuk wanita, namun nyatanya manfaat vit zinc berguna pula untuk diterapkan pada anak-anak kamu. Ya, tablet zinc berguna dalam mendukung tumbuh kembang anak. Penjelasan ini dikuatkan setelah adanya peneltian sebelumnya yang menjelaskan bahwa mencukupi kebutuhan zinc pada seorang anak bisa membantu mereka dalam urusan tinggi badan dan berat badan ideal.

Namun sebaliknya, jika seorang anak malah mengalami kekurangan asupan gizi seperti unsur zinc, maka yang terjadi adalah pertumbuhan anak bisa terganggu. Tidak hanya mengalami kekurangan gizi, dan pertumbuhan terhambat. Kurangnya asupan zinc bisa mempengaruhi sel motorik dan keterlambatan kognitif. Maka, jika ingin tumbuh kembang anak bisa maksimal dan tak mengalami masalah keterlambatan, dapat diberikan unsur zinc.

7. Mengatasi diare

halodoc

Diare merupakan penyakit yang kerap diderita banyak orang. Mulai dari kalangan dewasa, anak-anak bahkan bayi pun bisa mengalami masalah ini. Diare biasanya terjadi akibat  masalah di pencernaan terganggu. Ya, pencernaan terganggu, akibat dari salah mengonsumsi makanan, minuman dan kurangnya menjaga kebersihan. Diare bukan penyakit sepele. Sebab, penyakit ini bisa menimbulkan kematian bila tak diatasi dengan baik dan tepat. Penjelasan ini bukan tanpa alasan. Sebab, sudah ada data terkait mengenai kematian  akibat  diare.

Menurut badan kesehatan dunia, WHO menjelasakan, setiap tahun diare bisa membunuh  tak kurang 1,6 juta anak di bawah usia 5 tahun di seluruh dunia. Tidak hanya menurut WHO, data lainnya menurut PloS Medicine menjelaskan, diare bisa diatasi jika penangananya tepat. Salah satu obat yang bisa mengatasi diare adalah mengonsumsi tablet zinc. Plos Medicine menjelaskan, mengonsumsi tablet zinc selama 10 hari, maka efektif dalam mengobati diare.

Tak hanya mengobati diare, keberadaan zinc bisa dipakai dalam mencegah serangan penyakit di masa depan. Sehingga manfaat zinc untuk diare sangat besar sekali manfaatnya. Maka, jika merasa mengalami diare, maka tak ada salahnya mencari suplemen zinc di apotik terdekat kalian Sedulur.

8. Meningkatkan memori dan nafsu belajar

beritasatu

Tak hanya melulu mengatasi penyakit kronis seperti diare, peradangan dan sebagainya. Namun nyatanya, manfaat vitamin zinc untuk dewasa adalah bisa meningkatkan memori dan nafsu belajar seseorang. Penjelasan ini dikuatkan lagi menurut penelitian di Universitas Toronto. Peneliti di Universitas Toronto menjelaskan, bahwa zinc punya peran besar dalam mengatur tentang kadar neuron berkomunikasi antara satu dengan yang lain.

Selain itu, bahwa tablet zinc berguna dalam mempengaruhi bagaimana ingatan terbentuk dan bagaimana pula proses belajarnya. Manfaat vit zinc juga baik dalam meningkatkan nafsu belajar Sedulur.

9. Berperan dalam kesehatan sel mata

alodokter

Selain berguna dalam mengatas masalah pencernaan. Zinc table berguna pula dalam menjaga kesehatan mata. Ya, unsur zinc membantu dalam melepaskan Vitamin A yang disimpan untuk nantinya dijadikan zat aktif vitamin A. Vitamin A akan digunakan oleh mata dan menjadi pelindung membran sel sistem pernafasan dan reproduksi. Dengan terpenuhinya unsur zinc ini, maka secara tak langsung menunjang berbagai fungsi dalam tubuh kamu.

Lantas vitamin zinc yang bagus merk apa, untuk mencerahkan area mata? Kamu bisa memilih Puritan’s Pride Zinc for Acne.  Zinc ini kaya akan vitamin A dan vitamin E. Sehingga tak hanya menyehatkan mata, namun menjaga kulit tetap halus dan lembut. Untuk kamu yang ingin memakai produk ini, maka siapkan biaya sebesar Rp 160.000- Rp. 210.000.

Demikian ulasan mengenai manfaat vit zinc tablet yang bisa kamu rasakan. Untuk kamu yang mencari kebutuhan zinc, maka bisa memesannya di sini!