Garam himalaya mengandung segudang manfaat untuk tubuh dan wajah. Simak daftarnya di bawah ini!

Jika Sedulur bertanya apakah ada jenis garam yang paling murni di dunia ini? Jawabannya adalah iya. Garam himalaya merupakan garam paling murni yang ada di dunia, dengan tekstur yang kasar dan memilik warna agak pink. Berasal dari Khewra Salt Mine yang terletak di kaki gunung Himalaya, di daerah Pakistan.

Jika Sedulur bertanya garam himalaya untuk apa? Sama seperti garam lainnya, garam himalaya bisa digunakan sebagai bumbu dapur dan mengandung segudang manfaat. Manfaat garam himalaya terlebih dapat dirasakan untuk kesehatan tubuh dan wajah. Maka dari itu, dalam kesempatan ini akan dibahas daftar khasiat garam himalaya.

Segudang manfaat tersebut didapat dari kandungan garam himalaya yaitu 98 persen natrium klorida dan kalium, kalsium, magnesium, sulfur dan zat besi. Kandungan di atas juga yang menyebabkan garam himalaya memiliki warna pink. Namun, terdapat juga keburukan garam himalaya jika digunakan berlebihan. Yuk, mari kita langsung saja simak daftar khasiat dari garam himalaya di bawah ini!

-->

Baca Juga: Perbedaan Garam Dapur dan Garam Laut, Anda Wajib Tau

Daftar Manfaat Garam Himalaya untuk Tubuh dan Wajah!

1. Mencegah Hipotermia

1. Mencegah Hipotermia
grid.id

Manfaat pertama dari garam himalaya dapat mencegah hipotermia, atau kondisi suhu tubuh yang menurun hingga di bawah 35 derajat celsius. Biasanya, hipotermia dialami saat berada di tempat dingin, seperti di kutub atau di puncak gunung. Salah satu cara efektif untuk mencegah hipotermia bisa Sedulur dapatkan dengan mengkonsumsi garam dari himalaya ini.

Hal tersebut dikarenakan garam khas himalaya ini mengandung natrium yang tinggi yang dapat secara efektif mencegah hipotermia. Para pendaki gunung himalaya juga banyak yang mengkonsumsi garam ini untuk mencegah kedinginan ketika mendaki gunung himalaya.

2. Bermanfaat untuk Diet

2. Bermanfaat untuk Diet
liputan6.com

Bagi Sedulur yang sedang diet, Sedulur bisa mengganti penggunaan garam biasa dengan garam himalaya. Namun, konsumsi garam selama diet harus mulai dibatasi. Karena bisa menimbulkan efek samping yang lumayan bagi tubuh, bahkan paling parah diet Sedulur akan gagal dan menyebabkan obesitas. Kandungan dari garam ini lebih aman untuk digunakan sebagai panganan diet, karena dapat membuat Sedulur merasa kenyang lebih lama. Namun, perihal ini harus diteliti lebih lanjut lagi.

3. Dapat Mengontrol Gula Darah

3. Dapat Mengontrol Gula Darah
alodokter.com

Garam himalaya juga bisa secara efektif untuk mengontrol gula darah. Karena dapat memulihkan elektrolit yang ada di dalam tubuh. Elektrolit yang cukup dalam tubuh dapat membuat aliran cairan yang ada dalam tubuh bekerja lebih baik, termasuk mengontrol gula darah. Garam ini juga bisa menjaga keseimbangan mineral dan hormon dalam tubuh, sehingga bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah terjadinya lonjakan gula darah secara tiba-tiba.

Baca Juga: 6 Manfaat Garam Untuk Wajah. Bisa Bikin Jerawat Pudar!

4. Mempertahankan Hidrasi Tubuh

4. Mempertahankan Hidrasi Tubuh
detik.com

Tubuh mengandung sejumlah cairan elektrolit untuk mempertahankan cairan tubuh. Garam ini dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan juga menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. Garam ini juga dapat melancarkan komunikasi sinyal saraf dan fungsi otot-otot tubuh. Sehingga Sedulur bisa terhindar dari berbagai penyakit lainnya.

5. Menghilangkan Racun dalam Tubuh

5. Menghilangkan Racun dalam Tubuh
pikiran-rakyat.com

Dalam setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi, terdapat potensi kandungan racun yang berbahaya bagi tubuh. Organ bagian dalam tubuh, terutama ginjal, akan bekerja keras untuk menyaring racun-racun yang membahayakan tubuh. Dengan campuran air hangat dan garam dari himalaya, dapat secara efektif membantu organ tubuh untuk mengeluarkan racun.

Selain itu, garam ini juga dapat secara efektif menarik racun keluar dari kulit dan jaringan lemak. Racun yang terdapat dari kulit dan jaringan lemak, merupakan racun yang sulit dikeluarkan dan seringkali menyebabkan berbagai penyakit. Dengan mengkonsumsi garam ini, Sedulur bisa memiliki tubuh yang lebih sehat dan lebih segar.

6. Mendukung Fungsi Organ

6. Mendukung Fungsi Organ
liputan6.com

Manfaat selanjutnya dari garam himalaya adalah dapat mendukung fungsi organ. Kemampuan organ dan tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan akan lebih meningkat. Selain itu, garam ini juga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah, kekuatan tulang, fungsi saluran pernafasan, ginjal dan kantong empedu. Bagi Sedulur yang menginginkan fungsi organ tubuh bekerja lebih optimal, Sedulur bisa mulai mengkonsumsi garam dari himalaya ini.

7. Detoks Kulit

7. Detoks Kulit
idntimes.com

Sedulur bisa mencampurkan garam dari himalaya dengan garam dan digunakan sebagai detoks kulit. Di setiap salon kecantikan, salah satu bahan untuk perawatan kulit adalah menggunakan air garam, hal tersebut disebabkan oleh berbagai kandungan yang terdapat di dalam garam itu sendiri.

Pertama dapat membuat kulit menjadi lembab, kedua dapat menghilangkan bakteri dan menutupi pori-pori kulit yang melebar, dapat sebagai pelindung kulit agar kulit tetap sehat dan segar. Sedulur bisa melakukannya dengan mencampurkan garam ke bak mandi yang telah diisi air hangat. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

8. Air Garam Berfungsi Sebagai Toner

8. Air Garam Berfungsi Sebagai Toner
jglow.id

Garam himalaya dengan campuran air juga bisa digunakan sebagai toner wajah. Selain berfungsi untuk detoks kulit, air garam juga dapat bermanfaat dan berfungsi sebagai toner wajah. Caranya sangat mudah, Sedulur tinggal mencampurkan garam dengan air hangat dan simpan dalam wadah dengan menggunakan semprotan, lalu siram wajah dengan air garam. Tepuk-tepuk wajah agar air garam meresap pada pori-pori kulit.

9. Meredakan Jerawat

9. Meredakan Jerawat
liputan6.com

Memiliki jerawat yang mengganggu? Tidak usah khawatir, Sedulur bisa menyembuhkannya dengan menggunakan garam dari himalaya. Tidak usah heboh dan repot membeli skin care, menggunakan garam dan memanfaatkannya secara optimal dapat membuat jerawat pada wajah kita hilang.

Jerawat memang seringkali membuat kita tidak percaya diri, karena sangat mengganggu jika dilihat oleh orang lain. Semprotkan air garam hangat pada wajah setiap sebelum tidur, dan biarkan selama kita tertidur. Ketika bangun, semprotkan kembali lalu kemudian bilas dengan air hangat.

10. Mengobati Bibir Pecah

10. Mengobati Bibir Pecah
tribunnews.com

Garam himalaya juga bisa secara efektif digunakan untuk mengobati bibir pecah-pecah. Memiliki bibir kering dan pecah-pecah merupakan hal yang sangat mengganggu dan menyebalkan. Menggunakan garam bisa menjadi alternatif untuk menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah. Manfaat garam satu ini akan lebih optimal jika dicampurkan dengan krim untuk bibir.

Campurkan krim untuk bibir dengan tiga sendok garam, aduk hingga rata dan oleskan pada bibir. Tunggu sebentar hingga kulit kering mengelupas dan bibir pecah pun akan sehat kembali dan memiliki bentuk yang sempurna.

11. Menghilangkan Mata Bengkak

11. Menghilangkan Mata Bengkak
kompas.com

Banyak yang mengatakan bahwa mengkonsumsi garam dapat menyebabkan kegemukan, namun jika digunakan sebagai bahan kecantikan garam dapat membuat wajah menjadi lebih bersinar dan lebih terlihat segar.

Salah satunya yaitu manfaat garam untuk menghilangkan mata bengkak. Mata bengkak sering dialami ketika Sedulur terlalu sering begadang atau kekurangan tidur. Oleskan air garam di sekitar mata dan kantung mata. Maka mata bengkak dan kantung mata yang menggantung akan hilang dengan sendirinya.

12. Menyembuhkan Infeksi Pada Kaki

12. Menyembuhkan Infeksi Pada Kaki
tribunnews.com

Sedulur pernah mengalami infeksi setelah melakukan perawatan kaki? Jika iya, sebelum memutuskan untuk periksa ke dokter, Sedulur bisa mencoba ramuan alami untuk menghilangkan infeksi pada kaki dengan bahan dasar garam. Caranya cukup dengan memasukkan secangkir garam pada air hangat, oleskan air garam tersebut pada kaki yang terinfeksi dan jika bisa endam kaki yang terinfeksi dan tunggu hingga beberapa menit. Karena garam sangat ampuh untuk mengobati luka dan infeksi.

13. Sebagai Cairan Kumur

13. Sebagai Cairan Kumur
detik.com

Manfaat terakhir dari garam himalaya dapat digunakan sebagai cairan kumur. Cairan kumur dapat efektif menghilangkan bakteri dan kuman yang terdapat pada mulut yang menyebabkan bau mulut. Dengan air garam, bakteri sisa makanan dan gusi yang infeksi akan menghilang dan sembuh dengan sendirinya. Aroma bau mulut Sedulur pun akan hilang, dan Sedulur akan memiliki aroma mulut yang menyegarkan.

Semoga daftar manfaat dari garam yang telah dijelaskan di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur dan dapat membantu Sedulur memanfaatkan garam dengan baik. Jika Sedulur bertanya garam himalaya asli dibeli dimana? Jawabannya adalah di Aplikasi Super. Bukan hanya garam, tersedia banyak bahan kebutuhan sehari-hari dan sembako berkualitas di Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Gunakan Aplikasi Super untuk memenuhi berbagai kebutuhan harian Sedulur. Sediakan berbagai kebutuhan harian dengan kualitas yang tinggi dan harga yang terjangkau, Aplikasi Super merupakan solusi tepat untuk mendapatkan hal tersebut.