Sudah tahu manfaat alpukat yang unik untuk kesehatan tubuh? Jika belum, Sedulur wajib simak penjelasannya di bawah ini.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan daftar manfaat buah alpukat bagi kesehatan dan juga manfaat buah alpukat untuk pengobatan. Kandungan alpukat memiliki peran yang sangat baik untuk kesehatan dan juga pengobatan bagian tubuh yang sedang sakit.

Salah satu khasiat buah alpukat yang paling dikenal adalah dapat membuat kulit lebih cerah dan lebih lembut. Hal tersebut disebabkan karena alpukat mengandung vitamin C yang baik untuk kulit. Bukan hanya itu, kandungan gizi buah alpukat lainnya juga efektif untuk menyehatkan bagian tubuh lainnya.

Yuk, mari kita langsung saja simak daftar manfaat alpukat, baik didapatkan melalui manfaat minum jus alpukat atau dengan cara lainnya. Simak ulasannya dalam penjelasan di bawah ini secara tuntas.

Baca Juga: 6 Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

Daftar Manfaat Alpukat yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

1. Meningkatkan Kesehatan Mata
amazonnews.com

Manfaat alpukat yang pertama adalah baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan lutein dan zeaksantin yang terdapat pada alpukat. Kedua kandungan tersebut berfungsi untuk meminimalkan kerusakan mata, terutama yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

Dengan mengkonsumsi buah alpukat secara rutin, Sedulur dapat mengurangi risiko gangguan penglihatan dan sekaligus dapat meningkatkan kesehatan mata. Selain itu, Sedulur juga dapat mencegah faktor kerusakan mata yang disebabkan oleh faktor penuaan.

2. Memberikan Efek Kenyang Lebih Lama

2. Memberikan Efek Kenyang Lebih Lama
beritakiri.com

Manfaat alpukat yang kedua adalah dapat memberikan efek kenyang lebih lama, hal tersebut membuat alpukat sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan diet. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan lemak yang terdapat dalam alpukat, yang ketika dikonsumsi dan masuk dalam tubuh akan berubah menjadi lemak sehat.

Lemak tersebut yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Bukan hanya untuk diet, bagi Sedulur yang ingin mempertahankan berat badan ideal, dapat mengkonsumsi alpukat secara teratur dan rutin. Sedulur juga bisa mengolah dengan menjadikan alpukat sebagai jus atau juga sebagai es buah.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

3. Menjaga Kesehatan Jantung
klikdokter.com

Jantung merupakan bagian sangat penting dan sangat vital bagi tubuh kita, manfaat alpukat selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung agar tetap dapat bekerja dengan baik. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan beta-sitosterol, yang merupakan kelompok sterol yang terdapat di dalam alpukat.

Kadar kolesterol jahat yang berlebih, dapat mengancam kesehatan jantung. Beta-sitosterol memiliki struktur kimia kebalikan dari kolesterol yang berfungsi untuk menjaga kadar kolesterol sehat yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Mencegah Osteoporosis

4. Mencegah Osteoporosis
liputan6.com

Semakin bertambahnya usia, kekuatan tubuh akan semakin berkurang. Beberapa penyakit usia senja muncul diakibatkan melemahnya tubuh. Salah satu penyakit usia senja yaitu penyakit osteoporosis, yang merupakan penyakit tulang belakang. Selain karena usia senja, penyebab lain yaitu kekurangan asupan gizi dan nutrisi.

Alpukat mengandung kalsium, vitamin D dan vitamin K yang dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Ketiga nutrisi tersebut dapat menjaga kepadatan tulang sehingga mampu menangkal osteoporosis di hari tua nantinya.

Baca Juga: Ternyata Ini 6 Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan

5. Memaksimalkan Pengobatan Kanker

5. Memaksimalkan Pengobatan Kanker
alodokter.com

Manfaat alpukat selanjutnya dapat memaksimalkan pengobatan kanker, bahkan juga bisa mencegahnya. Bukan hanya mengandung lemak sehat, alpukat juga dapat menjadi asupan folat yang baik. Hal tersebut dapat melindungi tubuh dari kanker usus, kanker lambung, kanker pankreas, hingga kanker serviks.

Folat juga dapat melindungi tubuh dari mutasi DNA yang tidak diinginkan. Bahkan, alpukat juga dapat berperan dalam pengobatan kanker. Fitokimia yang diambil dari alpukat, dapat menghambat pertumbuhan sel prakanker dan sel kanker secara bersamaan, sekaligus juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

6. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
kumparan.com

Bagi Ibu Super yang tengah hamil, mengkonsumsi alpukat dapat memberikan efek yang baik bagi kesehatan Ibu Super dan juga janan. Karena, manfaat alpukat selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan kesehatan janin. Kandungan serat dalam alpukat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

Ibu hamil biasanya selalu mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit dan wasir yang disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi. Hal tersebut bisa dicegah dan dikurangi dengan mengkonsumsi alpukat, karena kandungan seratnya dapat memberikan manfaat alpukat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan ibu hamil.

7. Menurunkan Risiko Depresi

7. Menurunkan Risiko Depresi
tempo.co

Manfaat alpukat selanjutnya yaitu dapat menurunkan risiko depresi. Alpukat mengandung folat yang tinggi, yang berfungsi untuk mengurangi risiko depresi. Hal tersebut dikarenakan folat dapat mencegah penumpukan homosistein, yaitu zat yang dapat mengganggu sirkulasi dan transportasi nutrisi ke otak.

Seseorang dengan kelebihan homosistein dalam tubuh dapat mengalami gangguan produksi serotonin, dopamin, norepinefrin yang berfungsi untuk mengatur suasana hati, kondisi tidur dan juga nafsu makan. Jika terjadi gangguan dalam produksi kandungan tersebut, risiko depresi akan tinggi. Namun Sedulur dapat mencegahnya melalui manfaat alpukat satu ini.

8. Detoksifikasi Tubuh

8. Detoksifikasi Tubuh
kompasiana.com

Kandungan antimikroba, terutama escherichia coli, yang merupakan bakteri yang sering menyebabkan keracunan makanan. Alpukat mengandung kandungan antimikroba tersebut, namun yang memiliki manfaat alpukat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Atau yang saat ini dikenal dengan istilah detoksifikasi tubuh.

Selain itu, alpukat yang mengandung serat tinggi juga dapat meningkatkan pergerakan usus sehingga dapat membantu pembuangan racun yang dilakukan setiap hari, melalui empedu dan feses. Dampaknya, dengan detoksifikasi tubuh yang terjadi, tubuh akan semakin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan terhindar dari peradangan.

9. Meningkatkan Kesehatan Otak

9. Meningkatkan Kesehatan Otak
kompas.com

Kandungan vitamin E dalam alpukat dapat memberikan manfaat alpukat untuk meningkatkan kesehatan otak. Selain itu, vitamin E yang cukup juga dapat melindungi diri dari penyakit Alzheimer di masa tua nanti. Selain vitamin E, manfaat alpukat satu ini juga dapat meningkatkan kesehatan otak.

Hal tersebut diperoleh dari kandungan antioksidan yang terdapat di dalam vitamin E dan dapat mencegah kerusakan sel yang terjadi akibat paparan polusi dan radiasi sinar matahari.

10. Mencegah Berbagai Penyakit Kronis

10. Mencegah Berbagai Penyakit Kronis
liputan6.com

Selanjutnya manfaat alpukat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah dapat mencegah penyakit kronis menyerang tubuh. Hal tersebut disebabkan oleh asupan serat yang sangat tinggi dari alpukat yang dapat mencegah berbagai penyakit seperti penyakit jantung koroner, stroke, hipertensi dan diabetes. Menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit kronis merupakan keinginan setiap manusia untuk tetap sehat.

11. Mencerahkan Kulit

11. Mencerahkan Kulit
nova.grid.id

Bagi para perempuan, memiliki kulit yang cerah dan sehat merupakan sebuah dambaan. Untuk kaum pria pun tidak ada salahnya memiliki kulit yang cerah. Selain dikonsumsi, manfaat alpukat satu ini bisa didapat dengan digunakan sebagai masker. Baik untuk masker wajah, atau juga sebagai bahan untuk luluran.

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam alpukat dapat mempercepat regenerasi kulit dan juga dapat mengangkat sel kulit mati yang disebabkan oleh jerawat atau juga polusi. Gunakan alpukat sebagai masker atau lulur secara rutin, maka kulit wajah dan kulit tubuh akan cerah dan membuat percaya diri.

12. Kaya Akan Nutrisi

12. Kaya Akan Nutrisi
tirto.id

Semua manfaat unik yang terdapat dalam alpukat tersebut dikarenakan alpukat mengandung nutrisi yang sangat kaya. Berdasarkan penelitian ilmiah yang hasilnya telah dipublikasikan, dalam 40 gram alpukat mengandung:

  • 64 kalori
  • 6 gram lemak
  • 3,4 gram karbohidrat
  • Kurang dari 1 gram gula
  • 3 gram serat

Selain itu, alpukat juga merupakan sumber utama dari vitamin C, E, K, dan B-6 yang baik, serta riboflavin, niasin, folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Dari semua kandungan vitamin dan nutrisi tersebut, beberapa manfaat alpukat yang telah dijelaskan di atas bisa Sedulur nikmati dan rasakan khasiatnya.

Semoga penjelasan tentang manfaat alpukat di atas bisa menambah wawasan Sedulur dan juga menambah pengetahuan terkait kandungan setiap bahan makanan, termasuk buah alpukat. Agar Sedulur dapat merasakan berbagai khasiat dari alpukat, Sedulur wajib membeli alpukat sebagai persediaan.

Sedulur bisa mendapatkannya dengan cara yang super mudah dan harga yang sangat murah dengan membeli di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk melihat langsung daftar buah-buahan yang terdapat di Aplikasi Super, termasuk buah alpukat. Jika ingin lebih mudah lagi, Sedulur tinggal gunakan Aplikasi Super di smartphone. Klik di sini bagi Sedulur yang ingin download Aplikasi Super. Selamat mencoba!