manfaat lompat tali di sore hari

Banyak sekali jenis olahraga yang bisa Sedulur pilih untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari lari, bersepedah, hingga gym. Namun, ada juga olahraga yang dahulu juga digunakan sebagai salah satu permainan masa kecil anak-anak bernama lompat tali. Walaupun terlihat mudah, ternyata manfaat lompat tali di sore hari untuk kesehatan sangatlah besar.

Belakangan ini, olahraga lompat tali memang semakin populer karena bisa dilakukan dimana saja dengan alat yang sederhana. Sedulur mungkin juga sudah familiar dengan olahraga yang juga dikenal dengan nama skipping ini. Olahraga lompat tali memiliki banyak gerakan yang baik bagi kesehatan tubuh, beberapa diantaranya adalah menyilang, maju dan mundur, hingga lompatan satu kaki yang berguna untuk menjaga kekuatan otot kaki dan pinggang.

Jika Sedulur panasaran apa saja manfaat lompat tali di sore hari yang baik bagi tubuh. Coba simak ulasan lengkapnya berikut ini ya!

BACA JUGA: 12 Inspirasi Outfit Jogging Hijab, Tetap Stylish Saat Olahraga

1. Baik untuk menjaga kesehatan jantung

manfaat lompat tali di sore hari
iStock

Manfaat dari olahraga lompat tali di sore hari yang sudah diakui dan teruji klinis adalah menjaga kesehatan jantung. Para pakar kesehatan dan olahraga sepakat, jika gerakan melompat ketika skipping  itu setara dengan latihan kardio berlevel sedang. Dimana, gerakan skipping mengutamakan aktivitas fisik yang bisa meningkatkan denyut jantung.

Selain itu olahraga yang berbasis kardio bisa menguji kemampuan paru-paru untuk menyerap oksigen dan mengetahui efesiensi jantung saat memasok darah ke semua otot yang sedang bekerja. Nah, dengan rutin melakukan olahraga lompat tali di sore hari akan membuat Sedulur untuk menjaga kesehatan jantung, lho.

2. Meningkatkan sirkulasi pernapasan

manfaat lompat tali di sore hari
iStock

Selain meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung lompat tali juga sangat baik untuk meningkatkan efesiensi pernapasan Sedulur. Ini akan sangat berguna bagi Sedulur dalam melakukan aktifitas sehari-hari agar tidak mudah kehabisan napas.

3. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

manfaat lompat tali di sore hari
iStock

Melakukan lompat tali secara teratur saat sore hari juga sangat dianjurkan karena bisa menyehatkan paru paru dan juga organ jantung secara menyeluruh. Sedulur dapat melakukan lompat tali di sore hari sebanyak 3 hingga 5 kali seminggu selama 12 hingga 20 menit setiap kali latihan.

4. Menguatkan massa otot

manfaat lompat tali di sore hari
iStock

Dengan rutin melakukan olahraga lompat tali secara rutin, Sedulur dapat meningkatkan dan menguatkan masa otot dan juga akan meningkatkan fungsi otot secara menyeluruh.

Hal ini disebabkan karena gerakan ketika melakukan lompat tali sangat bergantung pada otot tubuh bagian bawah, seperti otot bokong, paha dan juga betis. Sedangkan untuk bagian atas akan membentuk bahu, bisep, serta otot perut,

5. Menguatkan bagian bawah tubuh untuk menghindari cedera

manfaat lompat tali di sore hari
iStock

Terdapat banyak sekali manfaat dari olahraga lompat tali bagi kesehatan yang akan Sedulur dapatkan jika dilakukan secara rutin. Lompat tali yang dilakukan ketika sore hari akan sangat bermanfaat sebagai pondasi bagi Sedulur yang aktif dalam olahraga lain.

Untuk Sedulur yang aktif dalam beberapa olahraga yang berporos pada kaki, seperti basket, futsal, badminton atau jenis olahraga lainnya yang sering mengalami cedara atau masalah pada kaki. Dengan melakukan olahraga lompat tali secara rutin akan mengurangi kemungkinan cedara yang terjadi.

BACA JUGA: Cocok Untuk Orang Mager, Ini Cara Diet Tanpa Olahraga!

6. Meningkatkan koordinasi

manfaat lompat tali di sore hari
iStock

Lompat tali sangat baik dilakukan untuk meningkatkan koordinasi dengan cara membuat Sedulur selalu fokus pada kaki sehingga otak akan menyadari apa saja yang dilakukan kaki sebab banyak manfaat olahraga ini untuk otak.

Latihan ini juga sangat baik untuk meringankan kaki Sedulur sehingga sering dimasukkan dalam lomba rintangan sehingga membuat seseorang semakin sadar dan terkoordinasi dengan baik.

7. Meningkatkan kepadatan tulang

iStock

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor di uiversitas Colorado. Diketahui bahwa para atlit dan lansia melakukan banyak olahraga untuk meningkatkan kepadatan tulang, salah satunya adalah olahraga lompat tali.

Cukup dengan melakukan lompatan, kekuatan dan kepadatan tulang Sedulur dapat bertambah sehingga bisa mencegah masalah pada tulang.

8. Membakar kalori

iStock

Jika dibandingkan dengan jogging selama 30 menit di sore hari, lompat tali sebenarnya bisa membakar lebih banyak kalori. Latihan yang termasuk jenis kardio ini bisa membakar kalori hingga 1300kal/jam dengan aktivitas yang kuat dapat diakumulasikan sekitar 0.1kal perlompatan.

Jadi dalam 10 menit lompat tali yang dilakukan sore hari setara dengan jogging selama 8 mil per menitnya. Sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh Sedulur dengan cepat.

9. Memberikan ketenangan dan kualitas tidur

iStock

Manfaat olahraga lompat tali selanjutnya bisa memberikan Sedulur ketenangan lebih banyak. Olahraga lompat tali akan memicu dengan otak dan tubuh secara bersamaan seperti, hal itu akan membuat Sedulur merasa jauh lebih tenang secara menyeluruh.Lompat tali akan menghubungkan perspektif biomekanik dengan gabungan gerakan melingkar dan momentum sudut.

Melakukan lompat tali akan membuat tubuh dan pikiran menjadi selaras sehingga membantu Sedulur lebih tenang dan akhirnya akan memperbaiki kualitas tidur Sedulur.

10. Meningkatkan kerja otak

iStock

Olahraga skipping atau lompat tali di sore hari tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan fisik, namun ternyata juga bisa membuat kerja otak Sedulur lebih baik.

Lompat tali bisa membantu perkembangan otak kiri dan kanan sehingga bisa meningkatkan kesadaran spasial, meningkatkan keterampilan dalam membaca dan juga menjaga kekuatan otot dan saraf.

11. Meningkatkan keseimbangan tubuh

iStock

Saat melakukan olahraga lompat tali, keseimbangan sangatlah dibutuhkan. Jika otak dan tubuh Sedulur tidak berkoordinasi dengan baik, maka akan lebih sering terjatuh. Dengan rutin melakukan olahraga ini, bisa membantu Sedulur untuk belajar menyeimbangkan tubuh.

12. Menambah tinggi badan

iStock

Bagi Sedulur yang ingin mendapatkan tinggi badan yang ideal namun tidak mahir dalam berenang, maka lompat tali adalah pilihan dan alternatif yang sangat tepat untuk menambah tinggi badan. Hal ini disebabkan karenaa gerakan lompat dapat memicut pertumbuhan tulang Sedulur.

Untuk itu, lompat tali di sore hari ini sangat dianjurkan bagi anak-anak dan juga remaja yang masih ada dalam masa pertumbuhan.

13. Menjadi penghilang toksin

iStock

Berolahraga lompat tali secara rutin di sore hari  akan membantu pori pori untuk mengeluarkan keringat lebih banyak. Hal ini tentu saja sangat baik untuk mengeluarkan racun dalam tubuh yang bisa dibuang lebih banyak.

Manfaat dari detoksifikasi ini juga pada akhirnya bisa mencegah berbagai penyakit yang terjadi karena dampak polutan dan zat berbahaya dari lingkungan dan makanan yang Sedulur konsumsi sehari hari.

BACA JUGA: Ketahui Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Olahraga

14. Menjaga energi dalam tubuh

iStock

Saat melakukan olahraga lompat tali tubuh bergeran secara aktif. Lompat tali juga bisa membuat tubuh semakin terbiasa untuk memanfaatkan sumber energi. Hal ini sangatlah penting dilakukan untuk Sedukur yang sudah berusia lebih tua dimana energi tubuh nantinya tidak terlalu banyak terbuang dan hilang.

15. Membakar lemak pada perut

iStock

Lompat tali dapat membantu membakar kelebihan lemak di dalam perut, terlebih jika Sedulur rutin melakukan skipping untuk melangsingkan tubuh. Hal Ini dikarenakan lompat tali termasuk ke dalam latihan dengan intensitas tinggi. Skipping juga cocok dijadikan olahraga selingan untuk membantu mempertahankan berat badan.

Nah, itulah beberapa manfaat lompat tali di sore hari bagi kesehatan tubuh Sedulur. Olahraga ini juga bisa Sedulur lakukan kapan saja, termasuk di sore hari. Lompat tali juga bisa menjadi pilihan olahraga praktis yang bisa dilakukan dimana saja, tanpa harus ke pusat kebugaran.