Ada banyak manfaat buah jika dikonsumsi setiap hari, karena di dalam buah terkandung beragam nutrisi seperti serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Pisang menjadi buah yang paling direkomendasikan untuk rutin dikonsumsi tiap hari. Apalagi manfaat konsumsi pisang tiap hari bisa memberikan dampak positif untuk kesehatan pencernaan hingga terpenuhinya nutrisi dan kalori harian.

Pisang sendiri menjadi buah yang murah dan mudah dijumpai kapanpun. Sehingga jadi salah satu buah favorit bagi banyak orang. Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas secara lengkap apa saja sih manfaat mengkonsumsi pisang tiap hari dan bahayanya jika berlebihan. Penasaran dengan ulasan lengkapnya? Mari kita simak bersama ddi bawah ini ya!

BACA JUGA: 12 Manfaat Jantung Pisang & Kandungan Nutrisi yang Luar Biasa

1. Menjaga jantung tetap sehat

Krishi Jagran

Manfaat konsumsi pisang tiap hari yang pertama yaitu dapat menjaga jantung tetap sehat. Hal ini karena di dalam pisang terkandung potasium, yaitu elektrolit mineral yang membuat listrik mengalir ke seluruh tubuh dan diperlukan dalam menjaga detak jantung Sedulur.

-->

 Kandungan potasium dan sodium yang tinggi dari pisang juga dapat membantu melindungi sistem kardiovaskular Sedulur terhadap tekanan darah tinggi. Bagi Sedulur yang ingin memiliki jantung sehat, tentu Sedulur harus mulai rutin mengkonsumsi pisang mulai dari saat ini ya!

2. Terhindar dari stres dan depresi

The Epoch Times

Selanjutnya tentang manfaat konsumsi pisang tiap hari yaitu dari membuat Sedulur terhindar dari stress dan depresi. Buah pisang dapat membantu mengatasi stress dan depresi karena kandungan kadar tryptophan yang tinggi dan diubah oleh tubuh menjadi serotonin.

Hal ini dapat membuat neurotransmiter otak meningkatkan suasana hati menjadi lebih rileks sehingga bisa menghindarikan stres dan depresi. Ditambah kandungan vitamin B6 yang dapat membuat Sedulur lebih nyenyak tidur.

Belum lagi kandungan magnesium akan membantu mengendurkan otot. Sehingga, Sedulur pun akan terhindar dari stres dan depresi.

3. Menurunkan berat badan

manfaat konsumsi pisang tiap hari
Eat This Not That

Pisang kaya akan serat yang bisa membantu melancarkan buang air besar (BAB). Satu buah pisang dapat menyediakan hampir 10 persen kebutuhan serat harian Sedulur. Vitamin B6 di dalam pisang juga dapat membantu penurunan berat badan.

Secara umum, pisang adalah makanan penurun berat badan yang baik, karena rasanya manis dan mengenyangkan. Sehingga, pisang dapat membantu Sedulur mengekang rasa lapar. Bagi Sedulur yang tengah diet dan fokus menurunkan berat badan, tentu rutin konsumsi pisang wajib Sedulur lakukan.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Unsplash

Para peneliti dan para ahli juga menemukan bahwa pati resisten dalam pisang dapat mendukung kesehatan usus dan mengontrol gula darah. Ditambah dengan kandungan serat yang tinggi, hal tersebut membuat pisang dapat melancarkan sistem pencernaan.

Dengan mengkonsumsi pisang secara rutin, dapat membuat Sedulur memiliki sistem pencernaan yang sehat dan lancar. Terdapat salah satu jenis serat yang ada di dalam buah pisang yaitu prebiotik. Serat tersebut biasanya menjadi makanan untuk bakteri yang bagus untuk usus . Untuk itu, Sedulur bisa mengkonsumsi buah pisang setiap harus agar sistem pencernaan lancar. 

5. Meningkatkan gula darah

Pinterest

Buah pisang diyakini bisa meningkatkan gula darah di dalam tubuh. Karena pisang mengandung serat yang bisa mendemoderasi kadar gula darah sesudah makan. Tidak hanya itu, pisang juga bisa membantu mengelola nafsu makan dengan menghambat pengosongan perut.

Walaupun mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, buah berwarna kuning cerah ini tidak mengakibatkan lonjakan yang tinggi untuk gula darah pada seseorang yang masih sehat. Lalu, untuk penderita diabetes masih dapat menikmati pisang, tetapi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

6. Melawan radikal bebas

manfaat konsumsi pisang tiap hari
Eat This Not That

Salah satu manfaat pisang yang penting bagi tubuh yaitu dapat melawan radikal bebas. Manfaat ini sangat penting untuk membuat tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Manfaat ini didapatkan dari kandungan antioksidan dalam buah pisang yang tinggi.

Kandungan seperti amina dan flavonoid di dalam pisang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan tersebut bermanfaat guna melawan berbagai macam radikal bebas yang berbahaya untuk kesehatan. Untuk Sedulur yang tidak alergi dengan buah pisang, maka Sedulur bisa mengkonsumsi nya untuk melawan radikal bebas.

7. Menjaga fungsi ginjal

Healthline

Kandungan potasium dalam pisang berperan penting dalam mengontrol tekanan darah dan fungsi ginjal agar tetap sehat. Sebagai salah satu sumber makanan kalium yang baik, tentu saja buah berwarna kuning ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal.

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, mengungkapkan bahwa buah makan pisang 2 sampai 3 kali per minggu, kemungkinan untuk terkena penyakit ginjal lebih kecil 33% lebih kecil. Dalam penelitian yang lain, mencatat jika orang yang makan pisang 4 sampai 6 kali seminggu hampir 50% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami gagal ginjal.

8. Memproduksi kolagen untuk kulit

Freepik

Pisang mengandung mangan yang dipercaya baik bagi kesehatan kulit. Mangan ini, akan membantu tubuh dalam memproduksi kolagen serta melindungi kulit dan sel yang lain dari radikal bebas. Selain itu, kulit pisang juga dapat dimanfaatkan untuk pelembab, lho. Sedulur hanya perlu mengoleskan kulit pisang pada bekas jerawat, maka bekas tersebut akan memudar dengan lebih cepat.

Ada lagi manfaat buah pisang lain, yakni untuk mengobati psoriasis. Manfaat ini bisa Sedulur rasakan dengan mengoleskan kulit pisang ke bagian psoriasis dengan tujuan untuk melembabkan dan menghilangkan rasa gatal.

9. Mengobati anemia

Verywell Family

Khusus untuk pisang ambon, ternyata jenis pisang yang satu ini mampu mengobati anemia. Bagi Sedulur yang belum tahu, anemia merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menyebabkan para penderitanya merasa lemas dan lesu hampir setiap saat. Hal ini terjadi karena jumlah sel darah merah yang ada di dalam tubuh di bawah normal.

Manfaat pisang ambon ini, didapatkan dari kandungan zat besi atau Fe yang cukup tinggi. Kedua zat tersebut sangat baik untuk membantu mengatasi gejala gangguan anemia, yakni dengan meningkatkan sel darah merah di dalam tubuh.

10. Mengatasi sembelit

HealthShots

Pergerakan usus yang lebih lambat, bisa mengakibatkan proses pencernaan menjadi lebih lambat dan akhirnya menyebabkan sembelit. Untuk mengatasi masalah tersebut, Sedulur hanya perlu mengonsumsi buah pisang. Kandungan serat dalam buah pisang yang tinggi, bisa membantu melancarkan pencernaan.

Tidak hanya itu, serat juga bisa membantu tubuh untuk mengontrol gula darah, lemak, serta kolesterol. Di sisi lain, pisang yang kulitnya berwarna kuning dan sudah benar-benar matang, mengandung jumlah serat total dan pati resisten yang lebih rendah.

BACA JUGA: 14 Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil. Ibu Super Wajib Catat!

11. Terhindar dari penyakit kanker

manfaat konsumsi pisang tiap hari
Insider

Manfaat konsumsi pisang tiap hari selanjutnya yaitu dapat membuat Sedulur terhindar dari penyakit kanker. Beberapa bukti menunjukkan bahwa konsumsi pisang secara konsisten dapat melindungi Sedulur dari kanker ginjal.

Hal tersebut ditunjukan dari sebuah penelitian dan studi yang dilakukan oleh para ahli di Swedia pada tahun 2005. Para ahli menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari 75 porsi buah dan sayuran mengurangi risiko kanker ginjal hingga 40 persen.

Penelitian di atas juga menunjukan bahwa buah pisang menjadi buah yang bekerja sangat efektif di dalam tubuh. Dari penelitian yang sama juga dikatakan bahwa wanita yang mengonsumsi 4 hingga 6 buah pisang dalam sepekan bisa mengurangi separuh risiko terkena kanker ginjal.

Hal ini dapat terjadi karena tingginya kadar senyawa fenolik antioksidan dalam buah berwarna kuning dengan rasa yang menyegarkan. Maka dari itu, Sedulur wajib mencoba konsumsi buah yang satu ini.

12. Mencegah diabetes

Medical News Today

Manfaat konsumsi pisang tiap hari yaitu dapat membuat Sedulur terhindari dari diabetes. Salah satu pemicu utama dari penyakit diabetes selain dari turunan genetik adalah permasalahan tidur. Kurang tidur dapat memberikan kontribusi pada diabetes gestasional.

Pisan dapat membantu tubuh terhindari dari risiko gangguan kesehatan yang dijelaskan di atas, hal tersebut disebabkan oleh kandungan magnesium dan tryptophan pada pisang dapat membantu Sedulur memastikan istirahat malam yang baik, sehingga terhindar dari risiko tersebut.

Efek samping konsumsi pisang berlebihan

manfaat konsumsi pisang tiap hari
Recipe to Cook

Jika dikonsumsi setiap hari, pisang memang memberikan manfaat yang tinggi. Namun hati-hati jika Sedulur mengkonsumsi pisang secara berlebihan. Sebab, makan pisang secara berlebihan ternyata dapat memicu sakit kepala dan rasa kantuk.

Sakit kepala setelah makan pisang terlalu banyak bisa disebabkan oleh asam amino pada pisang yang bekerja melebarkan pembuluh darah. Apalagi bila yang dimakan adalah pisang yang terlalu matang, yang mengandung lebih banyak asam amino daripada pisang lainnya.

Pisang juga dapat menyebabkan rasa kantuk karena jika dikonsumsi berlebihan terdapat kandungan tryptophan yang tinggi di dalamnya. Terakhir, zat kalium yang terdapat dalam pisang juga sebaiknya Sedulur waspadai.

Karena konsumsi berlebihan kalium ternyata dapat menyebabkan hiperkalemia, yang ditandai oleh kelemahan otot, kelumpuhan sementara dan detak jantung yang tidak teratur.

Nah itulah tadi penjelasan terkait manfaat konsumsi pisang tiap hari, kini Sedulur telah mengetahui manfaatnya. Sehingga Sedulur bisa lebih rajin lagi mengonsumsi pisang dan buah serta sayuran lainnya. Tentu saja tujuannya agar Sedulur memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Jangan lupa juga Sedulur harus menyertai konsumsi buah dan makanan sehat dengan olahraga rutin dan menerapkan pola hidup sehat. Agar tubuh Sedulur bisa lebih bugar lagi!