manfaat kelapa merah

Apakah Sedulur tahu bahwa manfaat kelapa merah dapat digunakan sebagai obat? Tidak kalah berkhasiat seperti kelapa muda, kelapa merah atau kelapa wulung memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Namun, tidak semudah menemukan kelapa muda, kelapa merah sulit didapatkan.

Warna merah muda pada serabutnya merupakan ciri khas dan cara membedakannya dengan kelapa hijau atau kelapa muda. Hal tersebut juga yang membuatnya disebuat kelapa merah atau kelapa wulung. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama daftar manfaat kelapa merah yang bisa didapatkan untuk tubuh. Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Manfaat Ikan Lele yang Tinggi Protein untuk Ibu Hamil  

1. Mencegah penuaan dini

manfaat kelapa merah
iStock

Siapa pun tentu saja ingin tampak selalu muda dan terhindari dari penuaan. Ciri-ciri Sedulur mengalami penuaan dini yaitu dengan munculnya kerutan pada wajah dan juga kulit wajah yang mulai keriput dan tidak kencang.

-->

Sedulur bisa mendapatkan manfaat satu ini dari air kelapa merah. Di samping Sedulur menggunakan perawatan menggunakan skincare, Sedulur bisa secara teratur mengkonsumsi air kelapa merah untuk mendukung perawatan wajah.

Manfaat ini disebabkan oleh kandungan yang terdapat dalam air kelapa merah, yang mampu merangsang regenerasi sel-sel di dalam tubuh lebih cepat lagi. Hasilnya dapat mengatasi wajah keriput. Sedulur hanya perlu rutin mengkonsumsi air kelapa merah secara teratur.

2. Membuat kulit lebih kencang

iStock

Setelah penuaan dini dapat diatasi, wajah Sedulur juga dapat terlihat lebih kencang dari manfaat dari air kelapa merah. Kelapa merah dapat memberikan manfaat dalam hal kecantikan wajah. SSalah satu yang dibutuhkan yaitu wajah yang terlihat kencang.

Kekencangan kulit bisa dijaga dan membuat penampilan menjadi lebih segar. Sedulur bisa rutin mengonsumsi air kelapa wulung sebagai perawatan alami.

3. Mencerahkan wajah

manfaat kelapa merah
iStock

Bukan hanya efektif untuk mencegah penuaan dini dan membuat kulit lebih kencang, manfaat kelapa merah juga dapat mencerahkan wajah, sehingga wajah terjaga kebersihan dan kesegarannya. Manfaat ini juga tentu dapat mendukung kulit lebih terlihat kencang dan tampak awet muda.

Di dalam air kelapa wulung menyimpan asam amino yang baik untuk menyegarkan kulit. Akan lebih baik kalau kamu menyeimbangkan dengan mengonsumsi buah-buahan dan asupan sehat lainnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Mengatasi keracunan dalam tubuh

iStock

Khasiat atau manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu untuk mengatasi keracunan yang terjadi dalam tubuh. Keracunan bisa terjadi akibat banyak hal, mulai dari makanan atau minuman yang dikonsumsi hingga faktor lainnya.

Untuk mengatasi tubuh yang keracunan, air kelapa merah bisa dikonsumsi sebagai obat. Dalam air kelapa merah mengandung tanin yang memiliki kadar lebih tinggi dibandingkan air kelapa hijau atau kelapa muda. Kandungan tanin dapat mengatasi keracunan dalam tubuh.

5. Menjaga pH tubuh seimbang

manfaat kelapa merah
iStock

Air kelapa merah merupakan sumber cairan yang baik untuk tubuh. Dengan mengonsumsinya, Sedi;ir bisa menghindarkan tubuh dari dehidrasi yang dapat mengakibatkan lemas. Hal ini dikarenakan kandungan air kelapa wulung dapat membuat pH tubuh menjadi seimbang.

Sedulur juga perlu mengetahui, ketika pH tubuh seimbang, maka bisa memberikan manfaat untuk melindungi tubuh dari serangan virus. Secara otomatis, pH tubuh yang seimbang dapat membuat imunitas tubuh meningkat sehingga menangkal serangan virus dan bakteri.

6. Menurunkan kadar kolesterol

iStock

Manfaat selanjutnya yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol menjadi salah satu gangguan kesehatan yang menyerang banyak orang. Ada banyak faktor penyebab kolesterol, salah satunya pola makan yang kurang baik.

Salah satu cara alami untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi air kelapa merah. Sebab, di dalamnya terdapat kandungan berupa protein dan serat yang lebih tinggi dibandingkan kelapa muda biasa.  

Kandungan yang tersimpan di dalam kelapa merah dapat membasmi lemak-lemak jahat yang bisa memicu timbulnya berbagai penyakit, seperti halnya penyakit jantung. Sehingga, Sedulur pun akan terjaga dari risiko beragam penyakit.

7. Berfungsi sebagai diuretik

manfaat kelapa merah
iStock

Manfaat kelapa tampuk merah lainnya yang tidak kalah penting adalah dapat melancarkan buang air kecil sehingga berbagai zat sisa dan racun dapat dikeluarkan dengan lancar dari dalam tubuh. Hal ini didukung oleh sifat diuretik yang terdapat pada kelapa tampuk merah.

Tidak hanya itu saja, air kelapa wulung juga ampuh dalam membersihkan ginjal serta melancarkan urine. Dengan begitu, Sedulur pun akan terhindar dari berbagai risiko penyakit yang mengganggu organ ginjal.

Sedulur pun dapat menjalani hidup lebih sehat dengan fungsi organ dalam yang bekerja dengan baik. Kesehatan organ dalam tubuh, terutama ginjal, turut mempengaruhi kondisi fisik itu sendiri. Sehingga fisik bisa menjadi lebih baik lagi.

8. Menurunkan berat badan

iStock

Manfaat kelapa merah selanjutnya yaitu dapat membantu tubuh menurunkan berat badan. Hal tersebut disebabkan karena kandungan protein dan serat yang tinggi yang terdapat di dalamnya. Sedulur bisa rutin mengkonsumsi air kelapa merah karena dapat membantu menurunkan lemak jahat.

Rasa manis alami yang terdapat dalam air kelapa merah juga dapat memberikan kesegaran bagi tubuh. Ditambah lagi kandungan gula alami yang membuat aman dikonsumsi dan tidak akan membuat berat badan tubuh bertambah.

9. Mendukung program diet

manfaat kelapa merah
iStock

Setelah efektif menurunkan berat badan, Sedulur bisa langsung menjalankan program diet. Manfaat kelapa merah juga sangat dapat mendukung program diet yang Sedulur lakukan. Rasanya yang sudah manis, membuatmu tidak perlu menambahkan gula lagi.

Sedulur hanya perlu mengonsumsi kelapa merah sebelum melakukan aktivitas dan hal ini bisa untuk mengurangi kadar lemak di dalam tubuh. Penggunaan gula berlebihan juga dapat membuat berat badan meningkat secara efektif. Kadar gula dalam darah pun akan meningkat.

Dalam kelapa merah, rasa manis yang dihasilkan merupakan rasa manis alami yang sangat aman untuk dikonsumsi. Bahkah dapat mendukung diet yang dilakukan karena fungsi yang efektif menurunkan berat badan.

BACA JUGA: 15 Manfaat Rebusan Daun Salam & Kayu Manis Bagi Kesehatan

10. Mengatasi sakit kepala

iStock

Manfaat kelapa merah terakhir yaitu dapat mengetasi sakit kepala. Sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak faktor salah satunya kekurangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Untuk mengatasinya dianjurkan untuk mengonsumsi air kelapa tampuk  merah karena selain memberi asupan cairan yang mengandung elektrolit juga mengandung magnesium untuk mencukupkan kebutuhan mineral tubuh (terutama pada kasus dimana penderita sakit kepala atau migrain memiliki kadar magnesium yang rendah).

Karena seperti diketahui manfaat magnesium sangat diperlukan untuk menunjang berbagai fungsi tubuh.

Nah itulah tadi segudan manfaat kelapa merah untuk tubuh, bukan hanya efektif sebagai obat, namun juga dapat mencegah berbagai kondisi tubuh yang kurang sehat. Manfaatnya untuk kesehatan kulit pun turut berperan mempengaruhi penampilan Sedulur agar lebih baik lagi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.