Sedulur sudah tahu manfaat kacang panjang? Jika belum, yuk langsung saja simak penjelasan manfaat kacang panjang dalam penjelasan di bawah ini.

Kacang panjang adalah salah satu jenis sayuran yang sudah sangat akrab oleh masyarakat Indonesia. Banyak olahan makanan yang terbuat dari kacang panjang. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas beberapa manfaat kacang panjang untuk menjawab pertanyaan terkait apa manfaat kacang panjang.

Kandungan kacang panjang yang beragam tidak hanya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, namun juga untuk kecantikan kaum perempuan. Berbagai olahan sayuran kacang panjang dibuat untuk mendapatkan manfaat kacang panjang. Namun juga, Sedulur bisa mendapat manfaat kacang panjang mentah, dengan syarat kacang panjang telah bersih.

Yuk, mari kita langsung saja simak pembahasan mengenai manfaat kacang panjang yang baik untuk kesehatan tubuh yang bisa Sedulur rasakan.

-->

Baca Juga: 14 Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil. Ibu Super Wajib Catat!

Daftar Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan Tubuh, Sedulur Wajib Tahu!

1. Menyehatkan dan Mencerahkan Kulit

1. Menyehatkan dan Mencerahkan Kulit
nova.grid.id

Mengkonsumsi sayur kacang panjang atau kacang sayur lainnya sangat baik untuk kesehatan dan kecerahan kulit. Karena salah satu manfaat kacang panjang yang pertama adalah dapat menyehatkan sekaligus mencerahkan kulit. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi dalam kacang panjang. Konsumsi vitamin C dalam dosis tinggi akan ampung mengurangi permasalahan kulit keriput dan persoalan kulit lainnya.

2. Meringankan Nyeri Haid

2. Meringankan Nyeri Haid
idntimes.com

Manfaat kacang panjang selanjutnya dapat dirasakan oleh kaum perempuan dan para Ibu Super. Karena, kacang panjang dapat meringankan nyeri haid. Kandungan zat mangan dalam kacang panjang dapat memperbaiki frekuensi dan tingkat keparahan kram, juga baik untuk memperbaiki mood dan suasana hati saat masa haid.

Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa saat haid atau menstruasi memberikan rasa nyeri yang luar biasa yang dapat mempengaruhi aktivitas dan juga mood suasana hati. Saking terkenalnya, kondisi perempuan saat haid, merupakan kondisi yang wajib diwaspadai, terutama bagi lawan jenis.

3. Baik Untuk Kesehatan Jantung

3. Baik Untuk Kesehatan Jantung
klikdokter.com

Kandungan serat larut yang terdapat pada kacang panjang dapat membantu menekan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat membahayakan kesehatan jantung. Oleh karena itu, manfaat kacang panjang selanjutnya adalah dapat memberikan efek yang bisa menjaga kesehatan jantung, karena kandungan serat larut yang dapat menekan kolesterol jahat.

Selain itu, kandungan dari kacang panjang juga terbukti dapat mengurangi peradangan dan tensi darah yang akan sangat baik untuk kesehatan jantung. Satu porsi kacang panjang, sekitar 100 gram, dapat memenuhi kebutuhan harian serat hingga 12 persen.

Baca Juga: 10+ Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan, Kamu Wajib Catat!

4. Mencegah Kanker

4. Mencegah Kanker
alodokter.com

Manfaat kacang panjang selanjutnya yaitu dapat mencegah kanker karena kandungan antioksidan nabati yang terdapat pada kacang panjang. Meliputi flavonoid, riboflavin dan lainnya. Sel kanker usus dan kanker payudara secara ilmiah telah dibuktikan dapat mengurangi pertumbuhannya dalam oleh kandungan kacang panjang.

Selain itu, kandungan tinggi asam folat dalam kacang panjang dapat menurunkan risiko terkena kanker serviks, kanker usus besar, payudara, serviks, kanker paru-paru dan kanker otak. Asupan 900 mcg asam folat setiap harinya dapat menurunkan risiko kanker usus hingga 30 persen.

5. Menangkal Radikal Bebas

5. Menangkal Radikal Bebas
ygi.or.id

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam kacang panjang dapat bekerja sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Bukan hanya menangkal, namun juga bisa mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, polusi, dan bahan kimia beracun lainnya. Penumpukan radikal bebas bisa menyebabkan sejumlah penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan arthritis. Peradangan sendi salah satunya, yang jika tidak dicegah dapat berujung pada komplikasi asam urat.

6. Menurunkan Kadar Glukosa

6. Menurunkan Kadar Glukosa
kompas.com

Manfaat dari kacang panjang lainnya yaitu dapat menurunkan kadar glukosa. Hal tersebut dikarenakan kacang panjang mengandung sifat antihiperglikemik dan analgesik. Uji tes toleransi glukosa secara oral menunjukan adanya efek pengurangan kadar glukosa darah.

Tidak selesai dengan beberapa manfaat yang telah dijelaskan di atas, masih banyak lagi manfaat dari kacang panjang yang bisa berguna untuk tubuh. Kegunaan kacang panjang telah disadari sejak dari zaman dulu oleh nenek moyang kita, oleh karena itu, selalu ada olahan kacang panjang di rumah karena tradisi dan kesadaran akan manfaat dari kacang panjang.

Sedulur wajib membeli persediaan kacang panjang untuk kebutuhan sehari-hari, dan juga untuk dipadukan dengan berbagai resep masakan lainnya. Karena segudang manfaat dari kacang panjang yang telah dijelaskan di atas, salah satu sayuran yang wajib Sedulur sediakan adalah kacang panjang.

Sedulur bisa beli kacang panjang sebagai persediaan di Aplikasi Super. Sedulur bisa langsung klik di sini, untuk melihat kelengkapan bahan makanan yang dimiliki oleh Aplikasi Super dalam SuperEats. Jangan lupa juga untuk download Aplikasi Super, bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk mendownloadnya.