Selain lezat dan nikmat, terong ungu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Yuk, simak apa saja manfaat terong ungu untuk tubuh dalam penjelasan di bawah ini.

Kandungan terong ungu ternyata dapat bermanfaat bagi tubuh untuk dapat membuat kita tetap sehat. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas berbagai manfaat terong ungu bagi kesehatan, baik itu manfaat terong ungu untuk pria, manfaat terong ungu untuk wanita dan manfaat terong ungu untuk ibu hamil.

Dengan manfaat makan terong, tubuh Sedulur akan tetap sehat dengan berbagai olahan terong ungu. Mulai dari sayur terong, sambal terong ungu atau tumis terong, cara memasak terong ungu bisa Sedulur lakukan dengan bebas berkreasi. Karena terong termasuk keluarga tumbuhan nightshade yang digunakan oleh berbagai olahan makanan di seluruh dunia.

Tidak hanya lezat dan nikmat di lidah, terong ungu juga memiliki segudang manfaat. Yuk, tanpa harus berlama-lama, mari kita langsung simak saja manfaat terong ungu dalam penjelasan di bawah ini.

-->

Baca Juga: Ternyata Ini 10 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut, Bikin Sehat!

Daftar Manfaat Terong untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Sedulur Ketahui

1. Kaya Zat Besi dan Kalsium

1. Kaya Zat Besi dan Kalsium
realitarakyat.com

Terong mengandung zat besi dan kalsium yang sangat tinggi. Hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan anak. Karena pertumbuhan anak sangat tergantung pada asupan zat besi dan kalsium. Oleh karena itu, setiap Ibu pasti sering memasak terong untuk pertumbuhan anak-anaknya.

Karena manfaat terong ungu satu ini sangat dibutuhkan, terutama pada pertumbuhan tulang dan gigi. Pertumbuhan tulang dan gigi sangat membutuhkan asupan zat besi dan kalsium yang sangat tinggi. Oleh karena itu, bagi Sedulur yang memiliki anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, mengkonsumsi terong merupakan hal yang sangat wajib.

2. Mengandung Nutrisi untuk Otak

2. Mengandung Nutrisi untuk Otak
goldokter.com

Manfaat terong ungu yang kedua adalah mengandung nutrisi yang sangat baik dan dibutuhkan oleh otak. Tidak hanya pertumbuhan tulang dan gigi yang membutuhkan asupan zat besi, perkembangan otak juga sangat penting dalam masa pertumbuhan. Bukan dalam masa pertumbuhan saja, orang dewasa juga sangat membutuhkan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak.

Hal yang paling penting juga, bahwa mineral dalam kandungan terong sangat baik untuk membuat kulit menjadi lebih mulus dan berkilau. Hal ini yang membuat terong sangat dibutuhkan oleh kesehatan tubuh.

3. Mengandung Serat Alami

3. Mengandung Serat Alami
lagizi.com

Kandungan yang terdapat dalam terong juga adalah serat alami. Terong dengan kandungan serat alami yang tinggi dapat melindungi organ pencernaan dari risiko kanker dan penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Seperti diare, maag dan lainnya. Selain itu, mengkonsumsi terong ungu juga sangat aman, karena berbagai kandungannya yang dapat memungkinkan tubuh menjadi lebih sehat lagi.

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

4. Rendah Kalori

4. Rendah Kalori
ayobandung.com

Manfaat terong ungu selanjutnya yaitu mengandung kalori yang rendah. Walaupun kalori sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat melakukan aktivitas fisik, namun jika mengkonsumsi kalori terlalu berlebihan dapat membuat tubuh kelebihan kalori yang berujung pada terjadi obesitas dini pada tubuh.

Hal tersebut yang membuat terong merupakan makanan yang sehat karena kandungannya yang sangat rendah kalori. Bukan hanya rendah kalori, terong juga mengandung lemak yang rendah, dan kaya akan serat. Bagi Sedulur yang sedang diet, mengkonsumsi terong dapat sangat membantu. Karena mengkonsumsi terong dapat membuat kita cepat kenyang tanpa harus banyak makan.

5. Tinggi akan Antioksidan

5. Tinggi akan Antioksidan
atmago.com

Selain mengandung berbagai vitamin dan mineral, terong juga mengandung anti oksidan yang tinggi. Antioksidan merupakan zat yang dapat membantu tubuh untuk melindungi tubuh agar tidak terjadi kerusakan yang disebabkan oleh zat berbahaya, terutama zat yang bernama radikal bebas. Antioksidan sangat efektif dalam menangkal radikal bebas yang bisa merusak sistem kesehatan yang ada di dalam tubuh.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
klikdoker.com

Karena kandungan antioksidan yang sangat tinggi, manfaat terong ungu selanjutnya yaitu dapat membantu tubuh untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Kadar kolesterol LDL dan trigliserida yang terdapat dalam tubuh dapat menjadi penyebab utama peningkatan risiko penyakit jantung. Terong secara efektif dapat memberikan efek perlindungan pada jantung agar terhindar dari risiko terkena penyakit jantung.

7. Mengontrol Gula Darah

7. Mengontrol Gula Darah
kompas.com

Manfaat terong ungu selanjutnya sangat bagi bagi penderita diabetes atau keturunan yang menderita diabetes. Karena, terong ungu dapat membantu tubuh untuk mengendalikan gula darah. Hal tersebut disebabkan oleh terong yang mengandung serat yang tinggi, yang dapat melewati sistem pencernaan secara utuh.

Serat dapat secara efektif menurunkan gula darah dengan memperlambat laju pencernaan dan penyerapan gula dalam tubuh. Penyerapan yang berjalan lamban ini juga dapat secara efektif membuat kadar gula darah stabil dan mencegah lonjakan dan kerusakan.

8. Menurunkan Berat Badan

8. Menurunkan Berat Badan
anlene.com

Karena kandungan seratnya yang tinggi, terong ungu juga sangat efektif dalam membantu tubuh untuk dapat menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan terong yang rendah kalori juga membuat terong sangat efektif dikonsumsi dan tidak akan berisiko untuk menambah berat badan.

Serat memiliki jalur pergerakan melalui saluran pencernaan secara perlahan dan dapat meningkatkan rasa kenyang yang lebih cepat tanpa harus mengkonsumsi banyak makanan, dan serat yang tinggi juga dapat menekan jumlah asupan kalori. Setiap cangkir (82 gram) terong mentah mengandung 3 gram serat dan hanya 20 kalori.

9. Membuat Kulit Mulus

9. Membuat Kulit Mulus
nova.grid.id

Kandungan mineral yang tinggi pada terong dapat secara efektif memberikan kesehatan yang baik bagi kulit tubuh. Hal tersebut membuat salah satu manfaat terong ungu adalah dapat membuat kulit mulus dan cerah. Banyak ibu hamil yang rajin mengkonsumsi terong ungu, yang bertujuan agar sang bayi memiliki kulit yang sehat. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah. Namun, manfaat terong ungu terhadap ibu hamil juga sangat baik. Terutama sebagai asupan rendah kalori.

10. Menjaga Kesehatan Mata

10. Menjaga Kesehatan Mata
koran.id

Terong mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin. Lutein dapat berperan bagi kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula terkait usia. Hal tersebut yang selalu menjadi penyebab utama katarak di usia senja bahkan menjadi penyebab utama kehilangan penglihatan. Konsumsi secara rutin terong ungu dengan berbagai olahan yang merangsang nafsu makan.

11. Dipercaya Dapat Mencegah Kanker

11. Dipercaya Dapat Mencegah Kanker
alodokter.com

Terong ungu memiliki zat polifenol yang dipercaya memiliki efek antikanker. Selain itu, senyawa lain dalam terong juga dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Tidak mengherankan jika salah satu manfaat penting dari terong ungu adalah mencegah pertumbuhan sel tumor dan memutus penyebaran sel kanker.

Semoga penjelasan terkait manfaat terong ungu di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur terkait dengan manfaat dan kegunaan dari bahan olahan makanan. Jangan lupa, Sedulur harus mulai menyediakan terong ungu sebagai persediaan, mengingat manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Sedulur bisa membeli terong ungu di Aplikasi Super. Sedulur bisa membuat berbagai olahan terong ungu, setelah Sedulur memiliki cukup persediaan terong ungu. Aplikasi Super, melalui Super Eats menyediakan berbagai macam kebutuhan masak yang sangat lengkap. Mulai dari daging, buah-buahan, dan tentu saja sayuran dan berbagai macam bumbu.

Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super. Jangan lupa juga pantengin terus Aplikasi Super karena selalu ada program menarik dan juga bonus yang akan sangat menguntungkan Sedulur Super. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super.