Sedulur sudah tahu manfaat cuka apel untuk kesehatan? Jika belum, Sedulur wajib menyimak penjelasannya di bawah ini. Belum banyak yang tahu tentang manfaat dari cuka apel.

Sedulur mungkin sudah tidak asing lagi dengan cuka apel? Salah satu bahan untuk melengkapi sebuah masakan. Namun, belum banyak yang tahu tentang manfaat cuka apel. Mulai dari manfaat cuka apel untuk jantung, manfaat cuka apel dan madu, hingga belum banyak yang tahu juga manfaat dan efek samping cuka apel untuk wajah.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas beberapa manfaat cuka apel yang dihasilkan dari kandungan cuka apel itu sendiri. Terdapat manfaat cuka apel untuk diabetes dan juga tata cara mengkonsumsi cuka apel untuk diet. Namun, dibalik semua tujuan mendapatkan manfaatnya, Sedulur juga wajib tahu jenis cuka apel, fungsi cuka apel, cara minum cuka apel, dan cara menyimpan cuka apel agar Sedulur dapat minum cuka apel sesuai ketentuan.

Salah satu jenis cuka apel yang terkenal adalah cuka apel tahesta, namun sebenarnya Sedulur bisa membuat cuka apel atau sari apel sendiri dengan syarat mengetahui cara membuat cuka apel alami. Sebelum itu, yuk mending langsung saja simak daftar manfaat cuka apel yang jarang diketahui banyak orang dalam penjelasan di bawah ini!

-->

Baca: 6 Manfaat Jus Wortel Untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

Daftar Manfaat Cuka Apel yang Jarang Diketahui Orang Banyak!

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

1. Menurunkan Kadar Gula Darah
alodokter.com

Cuka apel dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin bagi para penderita diabetes. Hal tersebut dapat membantu dan menjaga kadar gula dara agar tetap dalam batas normal. Bagi para penderita diabetes, memiliki kadar gula normal yang sesuai batas merupakan suatu kewajiban, dan hal tersebut bisa didapat melalui cuka apel.

Sedulur bisa menambahkan cuka apel pada setiap makanan yang akan dikonsumsi, kadar gula dalam makanan akan menurun dan menjadi rendah. Selain karena manfaat cuka apel, cuka apel juga dapat secara efektif memperlambat penyerapan gula ke dalam darah. Namun, jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter untuk penggunaan cuka apel, ya!

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
emc.id

Manfaat cuka apel satu ini dipercaya karena kandungan cuka apel dapat menurunkan kadang kolesterol jahat (LDL) yang terdapat dalam tubuh. LDL tersebut merupakan penyebab utama meningkatnya risiko penyakit jantung dan juga stroke. Setiap orang yang memiliki kebiasaan memakan salad dengan menggunakan cuka apel dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Hal tersebut disebabkan oleh kandungan cuka apel yang memiliki senyawa asam linoleat alfa, yang juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Namun, tentu saja perlu diingat, untuk mendapatkan manfaat cuka apel satu ini. Perlu juga diimbangi dengan gaya hidup sehat, seperti berolahraga dan lain sebagainya.

3. Membunuh Bakteri dalam Tubuh

3. Membunuh Bakteri dalam Tubuh
titiknol.co.id

Jika ditelusuri dari jejak sejarah dan arkeologi kuno, penggunaan cuka apel untuk kesehatan telah dilakukan sejak zaman Hippocrates pada masa Yunani-Romawi kuno. Hal tersebut digunakan untuk mencegah perkembangan bakteri. Terutama jika cuka apel dicampur dengan madu, dan digunakan untuk kulit.

Hal tersebut dapat menangkal bakteri luar masuk ke dalam tubuh melalui kulit. Selain itu, sejak dari dulu juga cuka apel digunakan sebagai bahan untuk mengawetkan makanan, karena fungsinya yang sangat efektif untuk membunuh bakteri, termasuk pada makanan.

Baca Juga: 14 Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil. Ibu Super Wajib Catat!

4. Menurunkan Berat Badan

4. Menurunkan Berat Badan
infia.co

Cuka apel juga dapat secara efektif menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan kandungan asam asetat pada cuka apel yang dapat membantu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Serta, dapat juga menekan nafsu makan. Sedulur bisa mengkonsumsi cuka apel sebanyak 1-2 sdm setiap hari selama 12 minggu. Berat badan pun akan turun secara signifikan. Hal tersebut dapat terjadi dengan syarat pola makan yang teratur dan seimbang.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

5. Menjaga Kesehatan Kulit
nova.grid.id

Manfaat cuka apel selanjutnya dapat menjaga kesehatan kulit. Cuka apel sudah sejak lama digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat kosmetik atau obat untuk perawatan kulit wajah. Kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang terdapat dalam cuka apel sangat baik untuk kesehatan kulit.

Kandungan dalam cuka apel tersebut dapat menekan sekaligus mendorong pembentukan sel kulit yang baru dan membantu mengecilkan pori-pori wajah. Selain itu, manfaat cuka apel untuk wajah juga dapat secara efektif mengecilkan pori-pori wajah bekas luka jerawat, dan juga menghilangkan flek hitam sisa jerawat.

6. Menyehatkan Pencernaan

6. Menyehatkan Pencernaan
harapanrakyat.com

Jika Sedulur mengalami gejala gangguan sistem pencernaan seperti mual, mulas, kembung bahkan hingga diare, hal tersebut menunjukkan terjadinya salah satu gangguan dalam sistem pencernaan Sedulur. Permasalahan gangguan sistem pencernaan tersebut bisa dicegah dengan mengkonsumsi cuka apel.

Salah satu manfaat cuka apel yaitu dapat mengatasi rasa mulas, kembung, dan sekaligus meningkatkan fungsi saluran pencernaan secara keseluruhan. Hal tersebut disebabkan oleh asam alami yang terdapat pada cuka apel yang dapat membantu memecah makanan dalam saluran pencernaan, dan membuat sistem pencernaan menjadi lebih mudah bekerja.

7. Menurunkan Risiko Kanker

7. Menurunkan Risiko Kanker
alodokter.com

Beberapa kandungan yang terdapat pada cuka apel dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker yang terdapat dalam tubuh. Bahkan ada yang berpendapat bahwa sari buah apel dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor ganas yang terdapat dalam tubuh. Berkaitan dengan manfaat satu ini, masih dibutuhkan pembuktian secara ilmiah dan penelitian lebih kompleks lagi untuk membuktikan efektivitas manfaatnya.

8. Mengurangi Peradangan

8. Mengurangi Peradangan
alodokter.com

Manfaat cuka apel selanjutnya yaitu dapat mengurangi peradangan baik di dalam tubuh maupun di luar tubuh. Hal tersebut dikarenakan beberapa kandungan dalam cuka apel dapat memperbaiki gejala peradangan secara efektif. Bagi Sedulur yang sering mengalami peradangan, bisa rutin mengkonsumsi cuka apel sesuai takaran.

9. Memudarkan Keriput pada Wajah

9. Memudarkan Keriput pada Wajah
kompas.com

Bagi Sedulur yang mengalami penuaan dini, atau telah masuk usia senja dengan memiliki keriput pada wajah, tidak usah khawatir. Karena cuka apel dapat memudarkan keriput pada wajah, walaupun mustahil menghilangkannya. Namun memudarkan lebih baik.

Sedulur bisa menjadikan cuka apel sebagai toner wajah. Caranya, campurkan cuka apel dengan air dengan perbandingan 1:2. Jika kulit Sedulur adalah kulit sensitif, perbanyak lagi jumlah airnya. Oleskan toner pada wajah, diamkan selama lima menit, lalu bilas dengan air hangat. Toner cuka apel bisa menghilangkan zat berbahaya yang terdapat pada wajah yang membuat wajah menjadi keriput lagi.

Semoga penjelasan mengenai manfaat cuka apel yang telah dijelaskan di atas bisa menambah wawasan Sedulur tentang khasiat dan manfaat dari sejumlah bahan makanan. Salah satunya cuka apel. Dengan manfaat yang banyak tersebut, Sedulur wajib memiliki cuka apel di rumah. Selain sebagai bumbu pelengkap masak, juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan.

Sedulur bisa membeli cuka apel di Aplikasi Super. Barang dan bahan kebutuhan dapur sangat lengkap di Aplikasi Super, Sedulur bisa cek kelengkapan barang di Aplikasi Super dengan klik di sini. Selain itu, Sedulur juga bisa cek dan belanja di Aplikasi Super melalui smartphone dengan download Aplikasi Super terlebih dahulu dan klik di sini untuk mendownloadnya!