jeruk purut

Jeruk purut seringkali menjadi pelengkap untuk hidangan seperti siomay, baso aci, atau sop kaki kambing. Rasa kuah sop kaki dan baso aci yang pedas akan makin nikmat dan segar dengan tambahan perasan jenis jeruk satu ini. Tak heran, jeruk ini selalu dihidangkan bersamaan dengan beberapa masakan-masakan khas Indonesia yang berkuah.

Varian jeruk memang ada banyak macamnya. Mulai dari jeruk limau, jeruk nipis, dan ada jeruk purut. Ketiganya tentu memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda. Namun di artikel kali ini, yuk kita bahas tentang tentang jeruk purut. Mulai dari kandungannya hingga apa saja manfaatnya bagi tubuh.

Ciri khas jeruk purut

jeruk purut
Greedy Gourmet

Tampilan jeruk ini bisa dibilang paling terlihat berbeda jika dibandingkan dengan jeruk nipis dan jeruk limau. Jeruk ini memiliki tampilan kulit yang kasar dan keriput. Serta kadang bentuknya tak selalu bulat sempurna seperti jeruk nipis.

Jika dibelah, akan terlihat jeruk purut memiliki biji yang kecil dan daging buah yang lebih padat dibandingkan jeruk limau dan jeruk nipis. Selain buah, yang paling menjadi ciri khas adalah daun jeruk purut. Bentuknya daunnya kecil dan lonjong. Biasanya dua daun akan terikat dalam satu batang. Dan daun jeruk ini umum sekali digunakan sebagai bumbu masakan. Mulai dari soto, rawon, dan masih banyak lagi.

-->

Kandungan gizi

jeruk purut
Times

Jeruk yang memiliki nama latin Citrus hystrix  ini juga sering dikenal dengan sebutan kaffir lime. Manfaat yang dikandung kaffir lime bagi tubuh ini tak lepas dari sejumlah kandungan di dalamnya. Bahkan tak hanya buahnya, kandungan gizi juga terdapat pada kulit dan daunnya. Dilansir dari Halodoc, dalam satu buah jeruk purut, inilah kira-kira kandungan gizinya:

  • 20 kalori,
  • 7 gram karbohidrat,
  • 0,5 gram protein,
  • 1,9 gram serat.
  • Vitamin C yang bisa memenuhi 22 persen dari rekomendasi harian.
  • Vitamin B6 sebanyak 2 persen dari rekomendasi harian.
  • Sedikit zat besi, kalsium, dan potasium.

Selain kandungan di atas, jeruk ini juga memiliki kandungan berupa alkaloid, sitrolenol, limonene, nerol. Senyawa ini bersifat antioksidan dan antibakteri.

Manfaat Jeruk Purut

Setelah mengetahui sejumlah kandungan gizi dalam jeruk purut, kali ini akan dijabarkan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh. Jeruk purut ternyata tak hanya berfungsi sebagai bumbu masakan dan pelengkap hidangan saja lho. Kira-kira apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh? 

1. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

jeruk purut
Unsplash

Buah jeruk pada umumnya terkenal denngan kandungan vitamin C. Begitu pula dengan kaffir lime ini. Senyawa bioaktif seperti citronellol, serta kandungan vitamin C dalam jeruk ini dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Senyawa yang terkandung ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh karena bersifat antioksidan dan antibakteri yang dapat melawan radikal bebas dan kuman. Itulah mengapa mengonsumsi jeruk pada umumnya, dan jeruk purut khususnya bisa membuat tubuh Sedulur lebih tahan banting dalam menghadapi serangan penyakit. Sementara itu, dalam budaya Asia, jeruk juga seringkali menjadi salah satu bahan obat tradisional untuk mengatasi penyakit seperti flu, batuk, atau pilek.

2. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

jeruk purut
Unsplash

Sifat antibakteri dan antioksidan pada jeruk purut tak hanya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Sedulur. Ternyata juga bisa untuk membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun bukan dari buahnya, manfaat ini didapat dari daun jeruk purut.

Sedulur bisa mencoba mengoleskan daun jeruk ini di bagian gusi. Cara ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan mulut dan menghilangkan bakteri berbahaya yang menempel pada mulut. Tak hanya itu, dilansir dari Halodoc, minyak esensi dari jeruk purut juga bisa menjadi bahan campuran pasta gigi atau obat kumur untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Unsplash

Jika Sedulur memiliki masalah sembelit atau pencernaan lainnya, mengonsumsi olahan jeruk ini bisa menjadi salah satu solusi. Jeruk ini mengandung berbagai senyawa obat, termasuk limonene, nerol, dan citronellol yang bersifat anti-inflamasi dan dapat merangsang sistem pencernaan.

Untuk mengatasi masalah pencernaan, Sedulur bisa meminum rebusan air jeruk agar sistem pencernaan kembali membaik dan usus lebih sehat. Tak hanya itu, mengonsumsi air rebusan jeruk purut juga dipercaya mencegah penyakit pencernaan kronis lainnya seperti wasir, kanker kolorekteral, serta tukak lambung. Sayangnya, hal ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Menekan risiko terkena penyakit kanker

Unsplash

Mengonsumsi jeruk ini secara rutin juga dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit kanker, sebuah momok penyakit bagi kebanyakan orang Indonesia. Konsumsi jeruk ini dipercaya dapat menekan pertumbuhan dan penyebaran beberapa sel kanker. Antara lain kanker usus besar, kanker pankreas, kanker tenggorokan, dan kanker payudara.

Namun meski begitu, pengobatan dengan jeruk ini sifatnya hanyalah sebagai pengobatan penunjang. Sedulur tetap harus menjalani pengobatan medis jika menderita penyakit kanker.

5. Membantu penyerapan zat besi

jeruk purut
Unsplash

Jika selama ini Sedulur sudah mengonsumsi makanan-makanan yang tinggi zat besi namun dari hasil pemeriksaan masih kekurangan zat besi, maka mungkin penyerapan tubuh kurang baik. Untuk membantu penyerapan tubuh terhadap zat besi semakin optimal, Sedulur bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi seperti jeruk purut. Vitamin ini dipercaya mampu membantu tubuh meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan.

6. Melindungi kesehatan jantung

Unsplash

Sifat anti-inflamasi pada kaffir lime ini ternyata bermanfaat di banyak tempat. Tak hanya berguna untuk kesehatan pencernaan, anti-inflamasi pada jeruk ini juga bermanfaat untuk melindungi kesehatan jantung. Sifat anti-inflamasi yang berasal dari senyawa bioaktif dipercaya mampu melindungi jantung dan pembuluh darah dari peradangan.

Kandungan jeruk juga terbukti mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dan mengontrol tekanan darah. Sehingga mengurangi risiko strok atau serangan jantung.

7. Menjaga kesehatan kulit

Jeruk purut
Unsplash

Tak banyak yang tahu, manfaat jeruk purut untuk kulit ternyata cukup banyak. Senyawa antioksidan dari jeruk ini dapat membantu melindungi kulit Sedulur dari kerusakan akibat radikal bebas jika sering terlalu lama terpapar sinar matahari.

Jeruk purut untuk wajah juga bisa bermanfaat sebagai anti aging. Yakni memperlambat tanda penuaan dini seperti keriput, noda hitam, atau bahkan jerawat. Tak heran jeruk ini seringkali diambil ekstraknya untuk dijadikan salah satu bahan skincare dan sejumlah produk pembersih kulit.

Namun meski memiliki banyak manfaat, Sedulur juga harus hati-hati dengan efek samping jeruk purut untuk wajah. Jika Sedulur memiliki bekas jerawat pada wajah, mengoleskan produk yang mengandung jeruk akan menimbulkan rasa perih. Selain itu, penggunaan pada kulit yang sensitif bisa membuat wajah kemerahan, kering, dan iritasi. Hal ini karena kandungan asam pada jeruk purut.

8. Menjaga membersihkan darah

Unsplash

Jeruk purut bisa diekstrasi menjadi minyak yang kemudian dijadikan bahan campuran sejumlah obat herbal yang berfungsi mengatasi sejumlah penyakit darah kronis. Kandungan senyawa volatile jeruk ini bisa membantu menghilangkan patogen yang bisa ditularkan melalui darah serta sekaligus membantu membersihkan darah.

Senyawa ini juga membantu proses detoksifikasi sistem limfatik dan hati. Sehingga kesehatan tubuh Sedulur tetap terjaga dengan baik.

9. Mengurangi risiko kebotakan

Unsplash

Tak hanya bagi kesehatan secara umum, ada pula manfaat jeruk purut untuk pria. Dilansir dari Katadata, Journal of Complementary and Integrative Medicine menuliskan bahwa jeruk ini memiliki manfaat pada pria untuk memperlambat timbulnya pola kebotakan dan memperkuat folikel rambut.

Caranya Sedulur tinggal mengoleskan ramuan penguat akar rambut yang memiliki kandungan jeruk purut ke kulit kepala secara rutin. Hal ini akan membantu mengurangi kerontokan pada rambut serta mengurangi gatal karena ketombe.

10. Meredakan stress

Unsplash

Salah satu manfaat jeruk purut untuk mandi adalah dapat mereduksi stress. Caranya Sedulur bisa berendam dengan air hangat yang sudah ditambahan minyak essensial jeruk purut. Tak hanya itu, jeruk ini juga bisa digunakan sebagai terapi pernafasan, karena aroma yang dikeluarkan membuat orang lebih rileks, segar, dan bersih.

Itu dia sejumlah manfaat jeruk yang sering disebut kaffir lime yang perlu Sedulur ketahui. Jika Sedulur ingin rutin mengonsumsi, Sedulur bisa menjajal manfaat jeruk purut dan madu. Caranya adalah dengan mencampur air hangat dengan tetesan jeruk ini dan madu dengan takaran sesuai selera.

Namun di balik paparan manfaatnya untuk kesehatan, banyak juga yang penasaran tentang khasiat mistik jeruk purut. Konon, jeruk ini dapat digunakan sebagai saran santet. Bisa digunakan sebagai saran santet dekat ataupun jauh. Tak hanya itu, seringkali jeruk ini juga digunakan sebagai sarana pelet. Benar atau tidaknya, kembali kepada kepercayaan masing-masing ya Sedulur.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.
 
Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.