Manfaat jalan kaki

Jalan kaki merupakan salah satu aktivitas fisik yang bisa memberkan manfaat untuk tubuh. Bagi Sedulur yang sering berjalan kaki namun belum mengetahui manfaat jalan kaki untuk tubuh, tentu Sedulur harus segera mengetahuinya agar kesehatan tubuh tetap terawat.

Selain itu, banyak yang menganggap jalan kaki sebagai kegiatan yang sepele akibat belum mengetahui manfaat jalan kaki itu sendiri. Padahal jalan kaki sama dengan aktivitas joging dan bersepeda. Sederhananya, jika Sedulur rutin berjalan kaki selama 30 menit sehari, dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Minyak Sayur yang Baik untuk Kesehatan

Manfaat jalan kaki bagi tubuh

manfaat jalan kaki
iStock

Jalan kaki merupakan olah raga yang mudah dan murah untuk dilakukan. Berjalan kaki membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol serta memperlancar sirkulasi darah.

Dengan menerapkan jalan kaki secara rutin ditambah dengan gaya hidup yang sehat, dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Sehingga jalan kaki bisa optimal dilakukan dan memberikan manfaat yang baik. Adapun daftar manfaat jalan kaki yang dimaksud yaitu:

1. Melancarkan sistem pencernaan

manfaat jalan kaki
iStock

Manfaat pertama yaitu dapat melancarkan sistem pencernaan. Setelah mengonsumsi makanan, Sedulur disarankan melakukan aktivitas fisik ringan untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Salah satunya yaitu dengan berjalan santai sekitar 20-30 menit.

Dengan bergerak dan berjalan kaki, kalori yang terdapat di dalam makanan juga bisa langsung diolah menjadi energi dan tidak akan menumpuk menjadi lemak dan mencegah berat badan bertambah.

2. Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah

manfaat jalan kaki
iStock

Manfaat selanjutnya yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol tubuh. Bukan hanya kesehatan sistem pencernaan saja yang dapat terjaga dengan berjalan kaki, namun jga dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh sehingga tekanan darah bisa stabil.

Dengan berjalan kaki, Sedulu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kestabilan tekanan darah. Tentu hal ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

3. Mencegah diabetes tipe 2

manfaat jalan kaki
iStock

Dengan berjalan kaki, Sedulur juga dapat mencegah terkena penyakit diabetes, terutama diabetes tipe 2. Dengan malakukan olahraga apapun, Sedulur dapat menurunkan risiko terkena penyaki diabetes tipe 2 hingga 60%.

Hal ini karena jalan kaki dan olahraga lainnya dapat memicu kerja otot sehingga mampu meningkatkan penyerapan glukosa. Maka penting untuk melakukan diabetes tipe 2 dengan berjalan kaki.

4. Menurunkan berat badan

manfaat jalan kaki
iStock

Dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, Sedulur bisa membakar setidaknya 150 kalori. Semakin cepat langkah kaki Sedulur, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar.

Hal tersebut dapat membantu Sedulur untuk dapat mengontrol berat badan, sehingga menjadikan tubuh lebih sehat. Olahraga ini bahkan aman dan dapat dilakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Namun, berjalan kaki saja tidak cukup.

Sedulur perlu mengimbanginya dengan pola makan yang sehat dan rutin berolahraga sesederhana berjalan kaki, lebih baik jika diusahakan berolahraga.

Asupan makanan dan minuman yang mengandung gizi perlu diperhatikan dan dicukupi, terutama saat Sedulur telah berolahraga dan berjalan kaki. Usahakan Sedulur mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi setelah 45 menit berolahraga. Hindari mengkonsumsi karbohidrat.

Biasakan untuk mengkonsumsi makanan dengan tinggi protein agar dapat menganti energi yang hilang selama bulan puasa dan melakukan olahraga. Olahraga dengan perut kosong mungkin efektif untuk orang yang ingin membakar lebih banyak lemak. Sangat efektif bagi Sedulur yang ingin menurunkan berat badan.

5. Memperkuat daya tahan tubuh

iStock

Jalan kaki secara rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit infeksi. Sebuah studi yang dilakukan para ahli telah menunjukkan bahwa seseorang yang berjalan kaki selama 30–45 menit setiap harinya, akan lebih jarang sakit dibandingkan dengan mereka yang tidak olahraga.

Di tengah cuaca yang tidak menentu, ditambah lagi ada pandemi Covid-19 yang mengharuskan daya tahan tubuh yang kuat, maka penting untuk berolahraga minimal dengan berjalan kaki secara rutin. Jika bisa berolahraga berat sesekali, akan lebih baik bagi daya tahan tubuh.

6. Mengurangi stres

iStock

Rutin berjalan kaki dapat mengurangi dan mencegah stres. Ketika berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik lainnya, tubuh melepaskan hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati serta mengurangi rasa cemas dan depresi. Selain itu, jalan kaki juga membuat tidur jadi lebih nyenyak.

Namun perhatikan juga waktu istirahat agar tubuh tetap bugar dan tetap sehat. Maka paling pertama harus diperhatikan adalah waktu tidur yang harus cukup. Setiap usia memiliki kebutuhan yang berbeda untuk waktu tidur.

Orang dewasa biasanya membutuhkan waktu tidur sekitar 7-9 jam setiap harinya. Tidur yang kurang akan mempengaruhi kinerja tubuh. Agar tepat prima melakukan aktivitas dan berolahraga, maka waktu istirahat juga harus tetap diperhatikan.

BACA JUGA: Pilihan Jenis Makanan Sehat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

7. Mencegah osteoporosis

iStock

Manfaat jalan kaki selanjutnya yaitu mencegah osteoporosis. Penyebab osteoporosis sendiri karena adanya penipisan tulang, sehingga tulang menjadi mudah keropos, rapuh dan menjadi sangat mudah patah. Maka dari itu, osteoporosis harus dicegah.

Salah satu cara mencegahnya yaitu dengan berjalan kaki secara rutin setiap harinya. Manfaat jalan kaki untuk kesehatan tulang ini juga bisa Sedulur kombinasikan dengan aktivitas lain, seperti hiking dan joging.

Selain itu, masih ada beragam manfaat jalan kaki lainnya, seperti meredakan nyeri sendi, meningkatkan energi, serta menguatkan otot. Oleh karena itu, jangan malas untuk berjalan kaki agar kesehatan tubuh Sedulur tetap terjaga.

8. Mengontrol gula darah

iStock

Manfaat jalan kaki secara rutin berikutnya adalah mengontrol gula darah. Jalan kaki selama beberapa menit setelah makan diketahui dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil sehingga dapat menurunkan risiko penyakit diabetes.

Kadar gula darah yang tidak seimbang bisa

9. Menjaga kesehatan jantung

iStock

Salah satu alasan manfaat berjalan kaki yaitu menjaga kesehatan jantung. Jalan kaki yang dilakukan secara rutin mampu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh serta membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, sehingga dapat mencegah terjadinya serangan jantung akibat penyakit jantung koroner.

Menurut penelitian tahun 2009 dalam European Journal Epidemiology, berjalan kaki yang dilakukan kurang lebih selama 30 menit dalam 5 kali seminggu mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner sebesar 19%. Persentase penurunan risiko tersebut dapat bertambah apabila Sedulur meningkatkan durasi serta jarak jalan kaki.

10. Meningkatkan suasana hati

iStock

Tidak hanya untuk kesehatan fisik, manfaat jalan kaki juga berpengaruh terhadap kesehatan mental. Jalan kaki diketahui mampu meningkatkan suasana hati karena dapat menurunkan pelepasan hormon stres, yaitu hormon kortisol dari dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, cobalah berjalan kaki di pagi hari. Pasalnya, menghirup udara segar di pagi hari dapat memberikan efek relaksasi. Inilah yang membuat manfaat jalan kaki di pagi hari bisa meningkatkan suasana hati dan produktivitas Sedulur selama satu hari penuh.

Nah itulah daftar manfaat berjalan kaki yang bisa Sedulur dapatkan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Berjalan kaki bisa jadi aktivitas fisik bagi Sedulur yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Setelah Sedulur mengetahui manfaatnya, yuk usahakan berjalan kaki secara rutin agar tubuh tetap sehat.