Ingin sehat dan cantik sekaligus? Yuk, simak manfaat bengkoang di bawah ini.

Bengkuang atau bengkoang merupakan jenis umbi-umbian yang dapat memberikan kesegaran saat memakannya. Banyak kandungan air yang terdapat di dalam bengkoang, dan juga terdapat kandungan gula alami yang membuat bengkoang memiliki rasa yang manis.

Manfaat makan bengkoang setiap hari dapat memberikan efek yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan manfaat bengkoang untuk kesehatan, manfaat mengkonsumsi bengkoang, manfaat bengkuang untuk kulit, manfaat buah bengkoang untuk kecantikan, manfaat bengkoang untuk asam lambung, manfaat buah bengkoang untuk ibu hamil dan banyak lagi.

Sedulur bisa mengkonsumsi bengkoang langsung atau memakannya dengan bumbu rujak, atau juga melakukan cara membuat jus bengkoang. Konsumsi bengkoang dengan cara apapun tetap dapat memberikan kesehatan dan kecantikan untuk tubuh. Yuk, kita langsung saja simak penjelasan manfaat bengkoang di bawah ini.

-->

Baca Juga: 10 Manfaat Tanaman Lidah Mertua & Cara Merawatnya

Daftar Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan, Sedulur Wajib Tahu!

1. Mencegah Berbagai Penyakit

1. Mencegah Berbagai Penyakit
kompas.com

Manfaat bengkoang yang pertama adalah dapat mencegah dari berbagai penyakit. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan bengkoang yang mengandung banyak antioksidan yang dapat mencegah tubuh terhindar dari kerusakan sel. Satu cangkir atau 130 gram bengkoang mengandung hampir setengah dari jumlah kebutuhan vitamin antioksidan.

Bengkoang juga mengandung vitamin C dan vitamin E, selain itu terdapat juga selenium dan beta karoten dalam bengkoang yang efektif menangkal radikal bebas, yang merupakan molekul berbahaya yang menyebabkan stress oksidatif. Stress oksidatif sangat erat kaitannya sebagai pemicu berbagai penyakit kronis, salah satunya adalah kanker.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung
detik.com

Selanjutnya manfaat bengkoang adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Bengkoang memiliki banyak nutrisi yang memberikan manfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Serat makanan larut juga terkandung dalam bengkoang yang dapat membantu tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol dengan mencegah empedu diserap kembali di usus dan mencegah hati memproduksi lebih banyak kolesterol.

3. Melancarkan Pencernaan

3. Melancarkan Pencernaan
harapanrakyat.com

Manfaat bengkoang selanjutnya yaitu dapat melancarkan pencernaan yang disebabkan oleh kandungan serat yang tinggi yang terdapat dalam bengkoang. Serat yang terkandung dalam bengkoang dapat melancarkan proses mencerna makanan dalam usus.

Serat juga dapat membuat tinja atau kotoran menjadi lebih lunak dan mudah bergerak melalui saluran pencernaan. Kandungan air yang tinggi dalam bengkoang juga membuat sistem pencernaan dalam tubuh dapat menjadi lebih baik dan lebih optimal lagi dalam bekerja.

Baca Juga: 10+ Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan, Kamu Wajib Catat!

4. Baik untuk Bakteri di Usus

4. Baik untuk Bakteri di Usus
bobo.grid.id

Bengkoang juga mengandung banyak inulin yang merupakan serat probiotik. Probiotik merupakan zat yang dapat digunakan oleh bakteri baik di dalam tubuh dan memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Walaupun sistem pencernaan tidak dapat mencerna atau menyerap probiotik seperti inulin, namun bakteri baik yang terdapat dalam usus dapat memfermentasi mereka dan memberikan kesehatan pada tubuh, terutama pada kerja sistem pencernaan.

5. Mencegah Dehidrasi

5. Mencegah Dehidrasi
tribunnews.com

Dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh kekurangan cairan dan menyebabkan tubuh lemas dan tidak bisa bergerak lama. Kondisi dehidrasi ini dapat sangat berbahaya untuk tubuh jika dibiarkan, sebenarnya dehidrasi dapat sembuh dengan sendirinya dengan tinggal mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang banyak.

Namun, untuk mencegahnya Sedulur tinggal rutin mengkonsumsi buah bengkoang yang mengandung banyak air di dalamnya. Beberapa buah yang mengandung air yang banyak dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Kadar air yang terkandung dalam bengkoang sekitar 86-90 persen. Sangat tinggi untuk membuat tubuh terhindar dari dehidrasi.

6. Mengurangi Risiko Kanker

6. Mengurangi Risiko Kanker
alodokter.com

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam tubuh serta kandungan vitamin C, E, selenium dan beta karoten dapat membuat tubuh terhindar dari risiko penyakit kronis, salah satunya adalah penyakit kanker. Selain itu, bengkoang juga mengandung serat makanan yang tinggi, serat makanan yang tinggi dapat memberikan efek perlindungan yang baik agar terhindar dari penyakit kanker usus.

Probiotik seperti inulin juga terkandung dalam bengkoang yang dapat meningkatkan bakteri baik dalam usus, hal tersebut juga dapat meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek pelindung dan meningkatkan respon imun. Sedulur dapat terhindar dari kemungkinan terkenat penyakit kanker.

7. Dapat Menurunkan Berat Badan

7. Dapat Menurunkan Berat Badan
infia.co

Manfaat bengkoang selanjutnya yaitu dapat menurunkan berat badan. Seperti yang Sedulur ketahui, bagi yang tengah diet dan ingin mendapatkan berat badan yang ideal, manfaat bengkoang satu ini sangat penting sekali. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan nutrisi bengkoang yang rendah kalori. Dan kandungan serat dan air yang tinggi dalam bengkoang juga dapat membuat Sedulur merasa kenyang lebih lama.

Salah satu menu makanan yang cocok dikonsumsi dalam masa diet dan juga makan sehat, adalah bengkoang. Sedulur bisa membuat jus dari bengkoang atau mengkonsumsinya langsung. Manfaat bengkoang untuk menurunkan berat badan sangat efektif.

8. Menjaga Kadar Gula Tetap Stabil

8. Menjaga Kadar Gula Tetap Stabil
alodokter.com

Indeks glikemik rendah dan serat yang tinggi dalam bengkoang membuktikan bahwa bengkoang sangat bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Bagi para penderita diabetes yang mendapatkan lonjakan gula darah dalam tubuh, dapat dicegah dan dinetralkan dengan mengkonsumsi bengkoang. Namun, sewajarnya saja dalam mengkonsumsi bengkoang, karena apapun itu jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan efek samping yang buruk.

9. Meningkatkan Fungsi Otak

9. Meningkatkan Fungsi Otak
indozone.com

Manfaat bengkoang yang terakhir adalah dapat meningkatkan fungsi otak. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan vitamin B6 dalam bengkoang yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak dan saraf. Vitamin B6 juga dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan mengubah protein menjadi energi.

Kandungan serat dan karbohidrat kompleks dari bengkoang juga baik untuk menjaga kelancaran aliran darah pada otak. Hal tersebut dapat membuat otak memiliki fungsi yang lebih baik lagi.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat bengkoang yang dapat memberikan efek positif bagi kesehatan, terutama bagi kecantikan. Semoga penjelasan terkait manfaat bengkoang di atas bisa menambah wawasan Sedulur agar mengetahui setiap manfaat dan kandungan yang terdapat dalam sebuah makanan.

Sedulur bisa membeli bengkoang sebagai persediaan agar bisa merasakan manfaat dan tetap menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah bengkoang secara rutin. Sedulur bisa mendapatkan buah bengkoang dengan membelinya di Aplikasi Super.

Aplikasi Super menyediakan berbagai sayuran dan buah-buahan agar hidup Sedulur bisa lebih sehat lagi. Sedulur bisa klik di sini untuk melihat langsung kelengkapan barang yang ada di Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super di smartphone, Sedulur bisa klik di sini untuk download terlebih dahulu.

Belanja kebutuhan sehari-hari menggunakan smartphone akan membuat hidup Sedulur menjadi super mudah dan lebih praktis lagi. Sedulur tidak perlu repot keluar rumah dan menghabiskan banyak waktu untuk membeli kebutuhan sehari-hari, cukup gunakan Aplikasi Super, dan tunggu pesanan tiba di rumah Sedulur.