mandalika dimana

Masih ingatkah Sedulur dengan kegiatan balapan Mandalika MotoGP di Indonesia pada tanggal 18 hingga 20 Maret 2022 lalu? Pasti Sedulur sudah tidak asing dengan sirkuit yang digunakan yaitu Sirkuit Mandalika. Banyak yang bertanya mengenai mirkuit Mandalika dimana, apakah Sedulur mengetahuinya?

Mandalika circuit mulai dibangun pada 2018 dengan melibatkan arsitek asal Amerika Serikat, Populous. Nama mandalika adalah nama putri raja yang dipilih berdasarkan legenda di wilayah Lombok yaitu Putri Mandalika. Sirkuit ini diresmikan pada 12 November 2021 oleh Presiden Joko Widodo yang kemudian digunakan untuk melakukan World Superbike (WSBK). Pada Februari 2022, Sirkuit Mandalika mulai digunakan sebagai bagian dari tes pramusim MotoGP 2022.

Apakah Sedulur masih ingin tahu Mandalika MotoGP dimana? Yuk, langsung simak informasinya pada artikel berikut!

BACA JUGA: Pengertian Diplopia Beserta Penyebab dan Cara Mengobatinya

-->

Lokasi Sirkuit Mandalika dimana?

sirkuit mandalika dimana
iStock

Jika ada yang bertanya sirkuit Mandalika dimana? Maka jawabannya adalah berlokasi di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang terletak di kawasan wisata Mandalika. Lebih lanjut, sirkuit tersebut berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Lokasi trek yang berada di sisi pantai membuat Sirkuit Mandalika memiliki nilai tambah karena pembalap maupun kru akan secara otomatis mendapatkan pemandangan yang indah karena menghadap langsung ke Samudera Hindia.

Luas wilayah Sirkuit Mandalika

sirkuit mandalika
iStock

Sirkuit Mandalika berapa km? Jawabannya adalah Sirkuit Mandalika memiliki luas wilayah keseluruhan yang mencapai 1.035,67 hektar dengan panjang sirkuit sepanjang 4,3 kilometer atau 4.310 meter. Sirkuit ini memiliki 17 titik tikungan dengan 11 titik mengarah ke kanan dan 6 lainnya mengarah ke kiri dengan tipe searah jarum jam atau clockwise. Dalam rancangan awal, Sirkuit Mandalika sempat direncanakan memiliki panjang 4,32 km dengan 19 tikungan.

Biaya pembuatan 

sirkuit mandalika dimana
iStock

Dalam pembangunan suatu objek, tentunya membutuhkan biaya. Diketahui bersama bahwa pembangunan Sirkuit Mandalika menelan biaya hingga mencapai Rp 1,1 triliun. Biaya tersebut digunakan untuk pekerjaan dasar dan pembangunan sirkuit. 

Melansir dari situs Sekretariat Kabinet, sirkuit ini dibangun dengan teknologi aspal terbaru yaitu stone mastic asphalt (SMA). Partikel aspal ini tidak terlalu rapat atau terlalu panjang yang membuat hasil akhir pada permukaannya sangat rata. Meskipun aspal sudah berusia lebih dari lima tahun, tidak perlu dilakukan pelapisan ulang karena kondisi yang masih terjaga. 

BACA JUGA: 20 Game Offline Seru Terbaik untuk iOS dan Android

Garasi 

iStock

Sirkuit Mandalika tidak hanya berisi jalur trek atau lintasan balap saja. Namun, sirkuit ini juga memiliki 40 garasi pada area paddock atau garasi untuk tim balap. Garasi-garasi ini dibangun secara permanen, di mana pada bagian atas garasi terdapat ruang pers dan liputan. Pinggiran sirkuit ini juga dibatasi dengan pagar pembatas yang berisi angin dan langsung didatangkan dari Jerman.

Kapasitas penonton

iStock

Kurang lengkap rasanya jika terdapat pertandingan balap tanpa satupun penonton yang menyaksikan. Oleh karena itu, Sirkuit Mandalika juga memiliki tribun yang mampu menampung ratusan ribu penonton.

Grandstand Seating Street Sirkuit Mandalika mempunyai lebih dari 50.000 tempat duduk. Sementara itu, Non-Seated Area atau tribun berdiri mampu menampung setidaknya 138.000 orang. Tidak hanya itu, penonton juga dapat menonton perhelatan MotoGP di Hospitality Suites yang direncanakan memiliki kapasitas 7.700 penonton. Meskipun memiliki kapasitas penonton yang banyak, namun selama pandemi Covid-19, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) hanya menyediakan 65.534 lembar tiket per hari balapan.

BACA JUGA: Penasaran dengan Harga Helm MotoGP? Harganya Fantastis!

Kawasan Ekonomi Khusus

Sirkuit Mandalika mulai dibangun pada tahun 2018 lalu. Sirkuit ini terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau dikenal sebagai Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). 

ITDC merupakan bagian dari InJourney yaitu sebuah holding badan usaha milik negara (BUMN) pariwisata dan pendukung yang resmi beroperasi dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 104 Tahun 2021 tanggal 6 Oktober 2021.

Sekian informasi mengenai Sirkuit Mandalika beserta fakta lokasi, luas, biaya pembuatan, hingga kapasitas penontonnya. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Sedulur yang masih ingin tahu dengan acara Moto GP yang sudah terlaksana pada bulan Maret 2022 lalu.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.