makanan tahan lama tanpa kulkas

Jika ingin makanan awet, tentu saja harus disimpan di kulkas. Namun tidak semua makanan harus disimpan di kulkas. Ada beberapa makanan tahan lama tanpa kulkas. Tanpa perlu disimpan di kulkas, beberapa makanan bisa awet dan bertahan lama.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama rekomendasi makanan tahan lama tanpa kulkas. Apa saja makanannya? Yuk kita simak!

BACA JUGA: 30 Menu Masakan Sehari-hari untuk Keluarga, Enak dan Mudah!

1. Sayur-sayuran

menu mpasi 6 bulan
Pexels

Rekomendasi makanan tahan lama tanpa kulkas adalah sayur-sayuran. Sayur-sayuran seperti tomat, kentang, dan kemangi tidak perlu disimpan dalam kulkas. Tomat mengandung enzim yang bereaksi terhadap suhu dingin sehingga menjadi lembek dan bertepung jika disimpan dalam kulkas.

2. Kue

Menyimpan kue di kulkas menghilangkan semua kelembapannya dan mengeraskan frosting. Meskipun ada beberapa pengecualian, sebagian besar kue akan terasa lebih enak jika disimpan pada suhu ruangan.

3. Teri kacang

olahan teri kacang juga menjadi salah satu makanan yang bisa disimpan tanpa kulkas. untuk anak kos, ini akan sangat membantu dalam mengatasi permasalahan setiap hari, yaitu menentukan menu makan. saat ini, ada banyak variasi rasa teri kacang yang bisa dijadikan stok makanan, mulai dari rasa asin, pedas, gurih, hingga manis.

4. Kering kentang

Kentang memang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Salah satu menu yang sangat nikmat adalah kering kentang. Rasanya yang gurih dan renyah sangat cocok disajikan dengan nasi panas. Kelebihan lain dari kering kentang adalah bisa menjadi makanan yang tahan lama meskipun tidak disimpan dalam kulkas.

5. Mi instan

Pernah tidak, Sedulur cek tanggal kedaluwarsa pada kemasan mi instan? Menurut perusahaan yang memproduksi mi instan, masa kedaluwarsa mi instan kemasan hanya sekitar 8 bulan saja setelah produksi.

6. Abon

makanan tahan lama tanpa kulkas
Fimela

Makanan olahan daging yang disuwir kemudian diberi bumbu ini juga bisa disimpan tanpa kulkas, lho. Abon yang disimpan dalam wadah tertutup dan kedap udara di suhu ruang bisa bertahan hingga 1 minggu.

7. Telur Asin

Produk makanan yang dibuat dengan metode merendam telur menggunakan campuran garam ini punya banyak manfaat kesehatan. Sejumlah nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan seperti membantu regenerasi sel, mencegah anemia, meningkatkan fungsi penglihatan, kaya antioksidan, memperlancar peredaran darah, dan meningkatkan fungsi otak.

8. Roti

Hampir semua orang menyimpan roti di kulkas untuk membuatnya tetap segar lebih lama. Ternyata, anggapan ini salah! Menyimpan roti di suhu yang sejuk (bukan beku) menyebabkan pati mengkristal sehingga menyebabkan roti lebih cepat basi.

9. Sereal

Bagi Sedulur yang suka makan sereal sebagai menu sarapan, sudah tahu belum jika makanan ini sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas? Udara kulkas yang sejuk dan lembap akan berbaur dengan sereal dan membuatnya lembek dan basi. Sereal juga punya daya simpan yang cukup lama jadi tidak perlu disimpan di kulkas.

10. Madu

Menyimpan madu di kulkas mempercepat proses kristalisasi. Madu juga sama sekali tidak perlu disimpan dalam kulkas karena sifatnya yang cukup asam dengan kadar air yang rendah membuatnya tahan terhadap pertumbuhan bakteri.

BACA JUGA: 12 Manfaat Facial Detox Wajah untuk Kulit Lebih Sehat

11. Kornet

Pexels

Produk yang diolah dengan cara diawetkan dalam air garam (brine) dan dimasak dengan cara simmering ini juga bisa disimpan tanpa kulkas. kornet bahkan bisa lebih awet dan tidak gampang rusak jika disimpan di tempat yang kering.

12. Sarden

Banyak orang menyimpan sarden kalengan karena makanan ini bisa langsung dikonsumsi setelah dipanaskan atau diberi tambahan bahan-bahan lain sebagai penyedap. selain enak dan murah, sarden juga bisa disimpan tanpa kulkas.

13. Sambal instan

Sambal memang salah satu makanan khas indonesia yang banyak sekali penggemarnya. sambal bisa menjadi pelengkap makan agar terasa lebih nikmat. saat ini, sudah banyak sambal yang dijual dalam bentuk kemasan instan. selain lebih praktis untuk dibawa dan disimpan, sambal instan juga lebih awet.

14. Kering tempe

Selain kering kentang, ada pula kering tempe yang tidak kalah nikmat. Tentu masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan olahan tempe. Harganya yang bersahabat serta rasanya yang lezat membuat tempe banyak disukai masyarakat.

15. Serundeng

Bentuknya mirip dengan abon, tapi makanan ini terbuat dari parutan kelapa yang digoreng dan dicampurkan dengan berbagai rempah mulai dari bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar, gula, dan lain-lain. Semua bumbu itu membuat serundeng kaya akan rasa dan sangat lezat.

16. Ikan kaleng

Ikan kaleng
Food & Wine

Rekomendasi terakhir makanan tahan lama tanpa kulkas adalah ikan kaleng. Ikan dalam kemasan kaleng yang biasa dijual di supermarket ini bisa tahan hingga bertahun-tahun lho! Proses pengalengan ini menggunakan teknologi sterilisasi yang membuat bakteri mati dan lauk bisa tahan lama di suhu ruangan.

Nah itulah daftar rekomendasi makanan tahan lama tanpa kulkas yang bisa jadi pilihan Sedulur. Semoga penjelasan di atas menambah pengetahuan dan wawasan Sedulur, terutama terkait bahan makanan yang menjadi bahan dasar olahan dapur.