Apa saja sih makanan khas Malang yang legendaris dan wajib kita coba ketika berkunjung ke Malang? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya.

Sedulur pernah berkunjung ke Malang? Atau justru sedang berada di Malang? Jika iya, Sedulur wajib sekali mengetahui makanan khas Malang. Karena, setiap kota dan daerah, memiliki kuliner atau makanan khas, sebagai identitas dan kebanggaan kota tersebut.

Salah satunya Malang, sebagai kota yang terkenal dengan kesejukannya, memiliki daftar makanan khas yang wajib dicicipi ketika sedang berada di Malang. Mulai dari makanan khas Batu, Malang, hingga makanan khas Malang tempo dulu dan juga makanan khas Malang yang terkenal, wajib diketahui ketika berkunjung ke kota Malang.

Artikel kali ini akan membahas makanan khas kota Malang, berikut oleh oleh makanan khas Malang dan  makanan ringan khas Malang yang wajib dicoba dan dibeli. Apa saja daftar makanan khas Malang yang dimaksud? Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya.

Baca Juga: Makanan Khas Surabaya Yang Enak Banget dan Wajib Coba

Daftar Makanan Khas Malang yang Legendaris, Enak dan Bikin Nagih

1. Cwie Mie

Cwie Mie

Makanan khas Malang pertama adalah Cwie Mie, makanan yang berasal dari etnis Tionghoa yang berada di Malang. Jika Sedulur lihat secara sekilas, makanan khas Malang satu ini terlihat seperti mie ayam biasa atau mie bakso pada umumnya.

Namun, nyatanya cwie mie sangat jauh berbeda dengan mie ayam ataupun mie bakso. Cwie mie merupakan makanan dengan mie sebagai hidangan utamanya, dengan campuran daging ayam yang telah sangat halus dan sudah dicampur dengan acar, kuah dan taburan bawang goreng yang menggugah selera makan.

Sedulur yang sedang berada di Malang wajib mencicipi cwie mie, karena cwie mie juga merupakan makanan identitas Malang. Belum berkunjung ke Malang, jika belum mencicipi Cwie Mie.

2. Bakso Malang

Bakso Malang

Makanan khas Malang yang satu ini sudah sangat terkenal di kota mana pun yang ada di Indonesia. Karena sudah banyak penjual bakso Malang yang merantau dan berjualan di kota-kota lain yang ada di Indonesia.

Bakso Malang memiliki perbedaan dengan bakso pada umumnya. Bukan hanya bakso yang disajikan, namun juga bersama pentol, tahu bakso, dan juga pangsit goreng, ditambah dengan bihun, tauge dan mie kuning, membuat bakso Malang memiliki cita rasa yang berbeda dengan sajian bakso pada umumnya.

3. Orem-Orem

Orem-Orem

Orem-orem merupakan kuliner khas Malang yang sudah ada sejak tahun 80-an. Orem-orem merupakan makanan berkuah yang menyajikan irisan tempe goreng yang sudah dibumbui bersama ayam goreng yang disiram dengan kuah santan.

Melihat tekstur orem-orem, sekilas tampak seperti mirip dengan sayur lodeh. Namun, kuah dari orem-orem merupakan kuah kaldu ayam yang telah diolah dan ditambahkan santan, sehingga memiliki citarasa yang gurih dan juga kental.

Biasanya orem-orem dijual sebagai hidangan sarapan. Karena porsinya yang sedang, cocok untuk makan pagi yang tidak terlalu mengenyangkan dan juga tidak sedikit yang masih membuat lapar. Sangat pas sebagai hidangan sarapan.

4. Bakso Bakar

Bakso Bakar

Sedulur juga sudah tidak aneh dengan kuliner bakso bakar. Makanan khas Malang ini telah dijual sejak lama, Sebelum daerah lain mulai menjual bakso yang disajikan secara dibakar. Bumbu bakar dari bakso bakar Malang sangat khas dan berbeda dengan yang kita jumpai di daerah masing-masing.

Bumbu bakso bakar Malang menggunakan sasu, kecap dan rempah-rempah. Rempah tersebut yang memunculkan aroma khas dari bakso bakar Malang satu ini. Selain itu, ketika dibakar, aroma dari rempah dan bumbu bakarnya akan menggoda dan membangkitkan selera makan Sedulur yang menciumnya.

Baca Juga: 10 Manfaat Daging Sapi untuk Kesehatan dan Stamina Tubuh

5. Es Angsle

Es Angsle

Bukan hanya makanan saja, minuman juga tersedia sebagai kuliner khas Malang. Angsle merupakan minuman khas Malang yang serupa dengan wedang yang akan memberikan kehangatan kepada setiap orang yang meminumnya.

Es Angsle berisikan roti, kacang tanah, dan kacang hijau. Dengan komposisi tersebut, es angsle sangat cocok untuk dimakan saat pagi, siang maupun malam. Karena komposisi bahannya bisa dikonsumsi dan dicerna oleh perut kita kapan pun itu.

6. Es Durian Dempo

Es Durian Dempo

Minuman lainnya yang menjadi kuliner khas Malang adalah Es Durian. Durian yang dicampur dengan susu kental, siru, dan es batu ini memiliki rasa yang nikmat dan menggelegar. Ketika cuaca terik pada siang hari, es durian dampo sangat cocok menjadi hidangan utama.

Walaupun Malang terkenal dengan buah apelnya, namun minuman berbahan dasar durian ini juga menjadi ciri khas kuliner Malang, yang juga tidak akan dijumpai di kota atau daerah lainnya. Karena memiliki cita rasa yang khas kota Malang.

7. Nasi Goreng Mawut

Nasi Goreng Mawut

Jika Sedulur telah mengenal nasi gila, olahan lain dari jenis nasi goreng, di kota Malang terdapat olahan nasi goreng mawut. Nasi goreng mawut merupakan salah satu makanan khas Malang yang memiliki citarasa khas.

Makanan yang terbuat dari nasi yang digoreng dan dicampur dengan mie goreng ini sangat cocok menjadi santapan ketika lapar menerjang. Karena porsi nasi goreng mawut dijamin bisa membuat perut lapar kita kekenyangan. Selain kenyang, rasa nikmat nasi goreng satu ini juga sangat layak untuk dicoba.

8. Tahu Lontong Lonceng

Tahu Lontong Lonceng

Makanan khas Malan satu ini telah ada sejak tahun 1935 dan bertahan hingga saat ini. Selain itu, tahu lontong lonceng juga telah menjadi salah satu kuliner legendaris di Kota Malang, yang juga telah menjadi identitas dan ikon dari kota Malang.

Kuliner lontong dengan siraman bumbu kacang yang memiliki kandungan rasa manis dari kecap kecap, rasa gurih dari kacang, dan rasa pedas dari sambal petis yang menyatu sempurna. Disertai dengan tahu dan telur yang digoreng menggunakan tingkat kematangan yang pas.

Ciri khas lain makanan ini adalah  dalam satu piring tahu lontong disertakan toge dalam jumlah lebih banyak, mentimun, kerupuk dan disajikan tanpa kentang. Sangat cocok menjadi santapan ketika lapar tiba, karena komposisinya yang akan sangat mampu membuat Sedulur kenyang.

9. Rujak Cingur

Rujak Cingur

Salah satu kuliner yang khas Malang selanjutnya adalah Rujak Cingur. Belum sah dan sempurna berkunjung ke Malang jika tidak mencicipi Rujak Cingur, karena identiknya dengan Malang setiap masyarakat yang berkunjung ke Surabaya harus mencicipi Rujak Cingur.

Rasanya sebagaimana rujak yang terdiri dari buah-buahan dengan bumbu khusus dan khas yang hanya dapat Sedulur Super rasakan dalam Rujak Cingur. Oleh karena itu, Rujak Cingur masuk dalam daftar makanan khas Malang.

Selain kota Malang, kota di Jawa Timur lainnya yang memiliki makanan khas Ruja Cingur adalah kota Surabaya. Rujak Cingur menjadi Kuliner khas Jawa Timur yang wajid dicoba. Baik ketika sedang berada di Malang, ataupun di Surabaya.

10. Rawon

Rawon

Rawon menjadi salah satu makanan khas Malang yang berkuah dan paling dicari. Kekhasan warna dan rasa menjadi alasannya. Selain itu, di daerah lain yang memiliki kuliner serupa dengan rawon menggunakan bahan yang berbeda sehingga rasanya pun otomatis berbeda.

Kuah hitamnya yang khas dengan daging empuk adalah menu andalan yang biasa disantap warga Surabaya maupun wisatawan yang datang ke Malang. Sedulur Super jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi Rawon sebagai makan khas Malang satu ini.

Berkat rasanya yang enak, beragam jenis rawon kini dijual oleh pedagang-pedagang di seluruh penjuru Indonesia dengan varian yang berbeda-beda. Namun, bagi Sedulur Super yang sedang merencanakan untuk datang ke Surabaya tidak ada salahnya jika mencoba rawon ini di tempat asalnya.

Sama seperti rujak cingur, rawon juga menjadi makanan khas Surabaya. Bukan hanya Malang, Surabaya juga menjadikan rawon sebagai kuliner khasnya.

11. Sate Kelinci

Sate Kelinci

Sate kelinci banyak dijual di daerah Batu, Malang. Makanan ini merupakan makanan yang memiliki bahan dasar daging kelinci. Dengan menggunakan bumbu-bumbu tradisional, sehingga memiliki cita rasa yang nikmat. Daging kelinci mempunyai tekstur yang empuk seperti daging ayam.

Selain enak, daging kelinci juga dipercaya memiliki khasiat dapat menyembuhkan penyakit asma. Cuaca Batu, Malang, yang sejuk dan adem, sangat cocok menjadi daerah untuk menyantap sate kelinci yang dapat memberikan kehangatan tubuh.

12. Tempe Mendol

Tempe Mendol

Nama makanan khas Malang satu ini adalah Mendol, namun karena bahan dasar utama membuat makanan khas ini adalah tempe, banyak orang mengenalnya dengan nama tempe mendol. Mendol sendiri berarti bulat atau blok, bentuk dari makanan khas Malang satu ini.

Tempe mendol biasa disajikan sebagai lauk ataupun dapat dimakan langsung tanpa menggunakan nasi. Teksur tempe yang padat, dan memiliki rasa yang nikmat, sangat cocok sebagai lauk makan. Di warung nasi pecel yang ada di Malang, kita bisa menjumpai tempe mendol sebagai salah satu menu hidangan.

13. Soto Geprak

Soto Geprak

Salah satu daya tarik kuliner kota Malang adalah soto geprak Mbah Djo. Menggunakan racikan bumbu-bumbu tradisional yang berkualitas, soto geprak memili rasa yang khas dan dapat memberikan rasa puas ketika dicicipi.

Soto geprak Mbah Djo merupakan kuliner malam yang ada di Malang, namun sayangnya karena rasanya yang nikmat, seringkali soto geprak tidak dapat bertahan hingga malam hari. Karena di sore hari, biasanya soto geprak sudah habis diburu oleh pembeli

14. Nasi Bakmoy

Nasi Bakmoy

Nasi Bakmoy adalah makanan yang terdiri dari nasi yang disiram dengan kuah cokelat yang terbuat dari kaldu ayam dan ditaburi dengan potongan daging ayam dan daun bawang goreng. Sehingga membuat kuliner satu ini memiliki cita rasa yang sangat lezat dan wajib untuk dicoba saat berkunjung ke Kota Malang.

Nasi bakmoy menjadi salah satu makanan khas Malang yang telah menjadi identitas kota Malang itu sendiri. Para wisatawan kuliner pasti memasukan nasi bakmoy sebagai salah satu kuliner khas yang wajib dicoba ketika berada di Malang.

15. Nasi Jagung

Nasi Jagung

Makanan khas Malang terakhir adalah nasi jagung. Makanan ini merupakan campuran beras dengan jagung giling yang ditanak bersama. Dan kemudian disajikan bersama urap-urapan, sambal goreng tahu, ikan asin goreng, dan bakwan jagung, sehingga sangat pas dinikmati untuk menu sarapan pagi.

Semoga daftar kuliner khas Malang di atas dapat membantu memberikan rekomendasi makanan yang wajib dicoba ketika sedang berada di kota Malang. Jangan lupa juga untuk menggunakan Aplikasi Super untuk kebutuhan sehari-hari ketika berada di Malang.

Karena kota Malang merupakan kota besar yang menjadi basis bergeraknya Aplikasi Super. Aplikasi Super akan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan menemani hidup Sedulur menjadi lebih mudah lagi. Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mengenal lebih jauh terkait Aplikasi Super.

Jangan lupa juga download Aplikasi Super dan gunakan Aplikasi Super sebagai partner menjalani kegiatan sehari-hari Sedulur sekalian.