Agar tumbuh kembang anak lebih baik lagi, berikan makanan 4 sehat 5 sempurna kepada anak. Simak daftar menunya di bawah ini.

Apa yang dimaksud dengan makanan 4 sehat 5 sempurna adalah menu makan yang lengkap dan mengandung zat gigi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Makan 4 sehat 5 sempurna adalah asupan wajib bagi setiap orang, terutama anak-anak.

Anak-anak sangat membutuhkan makanan 4 sehat 5 sempurna, hal tersebut disebabkan menu 4 sehat 5 sempurna dapat memberikan segudang manfaat bagi anak. Dilihat dari gambar 4 sehat 5 sempurna, asupannya sangat benar-benar dibutuhkan untuk berkembang.

Seperti yang sudah disinggung bahwa makanan 4 sehat 5 sempurna terdiri dari protein, karbohidrat dan lain sebagainya, maka tuliskan makanan 4 sehat 5 sempurna adalah wajib, agar tetap terpenuhi setiap harinya. Baik itu dalam menu makan pagi siang malam 4 sehat 5 sempurna.

-->

Apa saja daftar menu makanan 4 sehat 5 sempurna dalam seminggu yang bisa diberikan kepada anak? Superapp.id akan menjelasakannya dalam kesempatan kali ini. Yuk langsung saja kita simak jenis makanan 4 sehat 5 sempurna dan apa saja menu 4 sehat 5 sempurna untuk anak dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Mengenal Pakcoy, Sayuran yang Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

Daftar Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna untuk Anak

1. Makanan Pokok

1. Makanan Pokok
okezone.com

Menu pertama adalah makanan pokok, apa saja contoh makanan 4 sehat 5 sempurna yang simple dan termasuk kategori makanan pokok? Beberapa makanan yang dimaksud adalah:

  • Nasi
  • Jagung
  • Sagu
  • Singkong, kentang dan umbi-umbian
  • Gandum

Kelima jenis makanan di atas merupakan makanan pokok yang sangat dibutuhkan tubuh dan merupakan bagian dari menu 4 sehat 5 sempurna. Makanan pokok juga merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu dalam setiap hidangan, diwajibkan ada salah satu makanan pokok.

Di Indonesia, makanan pokok yang dimakan adalah nasi. Nasi merupakan makanan pokok bagi setiap masyarakat Indonesia. Apapun lauknya, tidak lengkap jika tidak memakan nasi.

2. Lauk Pauk

2. Lauk Pauk
grid.id

Agar pola makan 4 sehat 5 sempurna komplit, tentu saja harus disertai dan dilengkapi dengan lauk pauk. Beberapa jenis makanan yang masuk dalam kategori lauk pauk adalah:

  • Daging Ayam
  • Daging Sapi
  • Daging Ikan
  • Daging Bebek

Segala jenis sumber makanan hewani merupakan kategori lauk pauk. Lauk pauk ini merupakan sumber makan yang akan memberikan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun terdapat beberapa jenis lauk pauk lainnya yang mengandung protein selain protein hewani, yaitu telur dan tahu tempat. Merupakan sumber protein nabati yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia.

Sumber protein terdiri dari protein hewani dan protein nabati, namun masyarakat Indonesia lebih menyukai protein hewani yaitu daging ayam dan daging ikan. Tempe dan tahu juga merupakan favorit orang Indonesia yang sering menjadi lauk utama saat makan.

Baca Juga: 12 Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi, Bikin Sehat!

3. Sayur-sayuran

3. Sayur-sayuran
tribunnews.com

Makanan selanjutnya yang masuk dalam 4 sehat 5 sempurna adalah sayur-sayuran. Terdapat beberapa jenis sayuran yang umum dimasak di Indonesia dan juga menjadi salah satu makanan yang wajib dikonsumsi untuk anak, di antaranya adalah:

  • Sawi
  • Sayur Kol
  • Brokoli
  • Wortel

Sawi merupakan sayuran yang mengandung zat hijau yang dapat menyehatkan tulang, dan mendukung pertumbuhan tulang anak. Sedangkan sayur kol mengandung flavonoid yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Begitu juga wortel yang begitu banyak mengandung vitamin A yang baik untuk perkembangan dan kesehatan mata anak.

Hal tersebut menjadikan sayuran merupakan makanan pokok yang dapat memberikan asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang, dan setiap dari bagian tubuh anak yang selalu membutuhkan asupan gizi yang cukup.

4. Buah-buahan

4. Buah-buahan
grid.id

Sumber makanan 4 sehat 5 sempurna selanjutnya adalah buah-buahan. Buah buahan 4 sehat 5 sempurna yang bisa Sedulur beli dan berikan kepada anak untuk kebutuhan gizinya adalah:

  • Jeruk
  • Apel
  • Manggis
  • Sirsak
  • Anggur
  • Alpukat

Sebenarnya masih banyak lagi jenis buah-buahan yang bisa digunakan untuk memenuhi asupan gizi anak. Namun buah-buahan di atas merupakan buah-buahan yang mudah ditemui dan tidak bergantung pada musim. Kandungan seperti mineral dan antioksidan sangat tinggi terkandung dalam buah-buahan. Hal tersebut dapat membuat tubuh anak-anak bisa berkembang dengan baik.

5. Susu

5. Susu
halodoc.com

Pelengkap makanan 4 sehat 5 sempurna adalah susu. Susu juga terdapat dua jenis, susu yang bersumber protein hewani, dan susu yang bersumber protein nabati. Susu yang baik untuk tubuh, terutama untuk pertumbuhan tulang dan juga meningkatkan energi. Berikut ini beberapa jenis susu yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak:

  • Susu almond yang terbuat dari kacang almond
  • Susu kedelai yang terbuat dari kacang kedelai
  • Susu kambing
  • Susu sapi

Susu juga mengandung kalori yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk perkembangan anak. Seperti misalnya susu sapi yang memiliki kalori sekitar 80-150 kalori. Menurut para ahli, usahakan dalam satu piring dibagi menjadi beberapa persen.

Dalam satu piring yang dikonsumsi, idealnya terdiri dari 4 porsi karbohidrat (grains) 30%, sayuran 40%, protein 20%, buah 10% dan didampingi dengan segelas susu atau yogurt. Hal tersebut sangat baik dan akan berdampak pada tumbuh kembang anak, terutama secara fisik.

Lantas setelah mengetahui daftar makanan 4 sehat 5 sempurna, apa saja manfaatnya untuk perkembangan tubuh anak. Yuk, mending Sedulur dan Ibu Super simak penjelasan di bawah ini agar mengetahui fakta terkait pentingnya makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna.

Manfaat Memberikan Anak Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

1. Mencegah Anak Kekurangan Gizi

1. Mencegah Anak Kekurangan Gizi
alodokter.com

Manfaat pertama sudah jelas, mencegah anak kekurangan gizi. Karena daftar makanan di atas penuh dengan kandungan gizi yang dapat mendukung tumbuh kembang anak. Selain itu, salah satu masalah yang sering dihadapi oleh orangtua dan anak adalah masalah pemenuhan gizi. Hal ini masih terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

Akan semakin berbahaya jika hal tersebut dibiarkan, karena dapat menjadi ancaman serius bagi pertumbuhan akan jika secara jasmani asupan gizinya tidak terpenuhi.

2. Mendukung Pertumbuhan Tubuh dan Tulang Anak

2. Mendukung Pertumbuhan Tubuh dan Tulang Anak
detik.com

Manfaat selanjutnya yaitu dapat mendukung pertumbuhan fisik anak, seperti pertumbuhan tulang, gigi dan bagian tubuh lainnya. Hal tersebut dikarenakan dukungan nutrisi dan gizi dari daftar makanan di atas yang dapat memenuhinya. Kandungan mineral, protein dan juga kalsium sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Selain itu, hal lain yang tidak kalah penting manfaatnya yaitu dapat mencegah anak menderita obesitas karena kekurangan gizi. Kekurangan gizi bukan hanya dapat menyebabkan kurus, namun juga dapat menyebabkan obesitas.

3. Mendukung Pertumbuhan Otak Anak

3. Mendukung Pertumbuhan Otak Anak
suara.com

Hal ini sangat penting, agar perkembangan fisik tubuh anak bisa diimbangi dengan perkembangan otak dan intelektualitas anak. Hal tersebut bisa membuat pertumbuhan anak menjadi lebih seimbang. Anak akan bisa mendapatkan prestasi, baik yang berkaitan dengan fisik atau juga yang berkaitan dengan intelektual. Perkembangan otak anak yang baik juga dapat mempengaruhi anak dalam proses belajar.

Penjelasan di atas terkait daftar menu makanan 4 sehat 5 sempurna berikut juga dengan penjelasan mengenai manfaatnya bagi anak, semoga bisa menjadi tambahan wawasan bagi Sedulur dan Ibu Super. Semoga juga bisa menjadi panduan agar Sedulur dan Ibu Super lebih peduli terhadap tumbuh kembang anak.

Sedulur dan Ibu Super juga bisa mendapatkan daftar makanan di atas dengan membelinya di Aplikasi Super. Bukan hanya makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna saja, namun bahan makanan lainnya pun tersedia. Silakan klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super. Selamat mencoba dan selamat berbelanja!