Sedulur wajib tahu apa saja makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Agar Sedulur dapat menghitung jumlah asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh!

Karbohidrat adalah sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sumber karbohidrat bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan. Karbohidrat dapat dibagi menjadi tiga jenis kategori, yaitu  gula, pati dan serat makanan. Makanan karbohidrat yang diolah dan dikonsumsi pasti terdiri dari tiga kategori di atas.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas contoh makanan karbohidrat yang wajib Sedulur ketahui. Beberapa dari jenis makanannya, mungkin telah Sedulur ketahui. Daftar jenis makanan karbohidrat terdiri dari beberapa jenis, ada dari jenis sayuran hingga buah yang mengandung karbohidrat.

Biasanya, sayuran yang mengandung karbohidrat menjadi pilihan utama, karena juga mengandung serat tinggi. Lalu, apa saja jenis makanan karbohidrat tinggi yang dimaksud? Yuk, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: Mulailah Kebiasaan Hidup Sehat dengan 8 Cara Unik Ini

Daftar Jenis Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi!

1. Ubi Jalar

1. Ubi Jalar
panennews.com

Daftar makanan karbohidrat yang pertama adalah ubi jalar. Ubi jalar merupakan jenis umbi-umbian yang bisa digunakan sebagai bahan makanan. Bisa diolah menjadi berbagai camilan manis atau juga lauk makan. Ubi jalar juga dapat diolah menjadi tepung, yang merupakan bahan dasar dari berbagai olahan makanan.

Ubi jalar merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, kandungan karbohidrat di dalam ubi jalar sekitar 18-21 %. Bukan hanya itu, ubi jalar juga merupakan bahan makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang tinggi. Seperti provitamin A, vitamin C dan juga kalium.

2. Jagung

2. Jagung
kompas.com

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi selanjutnya adalah jagung. Jagung merupakan salah satu bahan makanan favorit orang Indonesia, hal tersebut dapat dilihat dari munculnya berbagai jenis olahan makanan yang menggunakan jagung sebagai bahan utamanya.

Jagung merupakan makanan yang mengandung karbohidrat dengan persentase kandungan karbohidrat dalam jagung yang mencapai hingga 25%. Selain itu, jagung juga merupakan makanan yang mengandung kandungan gizi vitamin C. Selain penuh dengan kandungan baik, mengkonsumsi jagung juga bisa membuat tubuh Sedulur sehat.

Baca Juga: Kaya Akan Manfaat, Berapa Kandungan Kalori Daging Sapi?

3. Oatmeal

3. Oatmeal
freepik.com

Makanan yang mengandung karbohidrat selanjutnya adalah oatmeal, walaupun bukan merupakan makanan yang dikenal oleh masyarakat Indonesia karena oatmeal berasal dari luar negeri. Namun saat ini, oatmeal telah dapat dikonsumsi karena sudah tersedia di pasaran.

Selain sebagai makanan yang mengandung karbohidrat, oatmeal juga merupakan makanan yang menyehatkan. Dalam oatmeal bukan hanya terkandung karbohidrat, namun juga terkandung serat dan protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, oatmeal juga merupakan bahan makanan yang dapat menyehatkan jantung.

4. Beras Merah

4. Beras Merah
liputan6.com

Makanan yang juga mengandung karbohidrat yang sangat tinggi adalah beras merah. Beras merah juga merupakan makanan pokok yang mengandung gula lebih sedikit. Oleh karenanya, beras merah sering menjadi makanan pokok wajib bagi setiap penderita diabetes yang dilarang konsumsi beras putih.

5. Kacang Merah

5. Kacang Merah
kumparan.com

Jenis biji-bijian yang juga mengandung karbohidrat tinggi adalah kacang merah. Dalam kacang merah, terkandung sekitar 22% karbohidrat yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain itu, kacang merah matang juga dapat mencegah kita untuk mengalami risiko keracunan makanan. Salah satu sumber makanan yang sangat menyehatkan.

6. Pisang

6. Pisang
sinarharian.com

Selanjutnya adalah pisang, makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dari jenis buah-buahan. Pisang juga merupakan buah yang tersedia banyak di Indonesia, termasuk salah satu buah-buahan yang disukai oleh masyarakat Indonesia yang terlihat dari banyaknya olahan makanan yang terbuat dari pisang.

Dalam satu buah pisang, terkandung sekitar 23% karbohidrat yang merupakan nutrisi yang sangat penting. Selain itu, pisang juga mengandung nutrisi seperti kalium, vitamin B6 dan juga vitamin C. Hal tersebut membuat pisang sangat cocok dikonsumsi, terutama bagi Sedulur yang hendak melakukan olahraga, konsumsi pisang sangat disarankan untuk memperlancar metabolisme tubuh.

7. Mangga

7. Mangga
kompas.com

Buah-buahan selanjutnya yang merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi adalah buah mangga. Bagi kita yang tinggal di Indonesia, sungguh sebuah keberuntungan tinggal di negara tripis yang terdapat buah-buahan yang melimpah, termasuk juga buah mangga. Mangga merupakan buah-buahan musiman.

Dalam satu gelas takaran mangga yang telah dipotong-potong, kurang lebih sekitar 250 ml, terkandung kurang lebih 24 gram karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya karbohidrat, mangga juga mengandung banyak nutrisi dan gizi, yaitu mengandung banyak vitamin A dan vitamin C. Hal tersebut yang membuat mangga memiliki warna kuning kemerahan.

8. Buah Bit

8. Buah Bit
tribunnews.com

Buah-buahan selanjutnya yang merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi adalah buah bit, walaupun tidak seterkenal pisang atau mangga, namun buah bit sangat menyehatkan dengan kandungan yang ada di dalamnya. Selain sangat mudah diolah menjadi jus, sup buah dan juga salad, buah bit juga mengandung vitamin dan juga antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam satu buah bit, kurang lebih terkandung karbohidrat sebesar 8-10% yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, buah bit juga mengandung mineral yang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh.

9. Jeruk

9. Jeruk
womantalk.com

Jeruk merupakan buah-buahan yang sangat umum kita konsumsi. Buah jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi dan juga kandungan serat yang baik untuk tubuh. Bukan hanya, itu buah jeruk juga ternyata merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Dalam satu buah jeruk, terkandung karbohidrat sekitar 11.8% dan sangat baik untuk tubuh. Bukan hanya karbohidrat, vitamin C, dan serat. Buah jeruk juga vitamin B dan kalium, yang dapat membuat tubuh kita tetap terjaga kesehatannya dan juga asupan gizinya.

10. Apel

10. Apel
idntimes.com

Buah-buahan lainnya yang merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi adalah buah apel. Tekstur dari aple yang sangat renyah dan juga memiliki rasa manis alami, membuat buah apel menjadi asupan sehat yang wajib dikonsumsi. Banyak orang yang melakukan diet ketat, menjadi apel sebagai asupan wajib.

Hal tersebut dikarenakan apel mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, sekitar 13-15% karbohidrat dalam setiap satu buah apel. Hal tersebut membuat setiap orang yang sedang diet akan merasa kenyang dan cukup. Bukan hanya itu, apel juga mengandung buah-buahan dan juga serat yang tinggi.

11. Kismis

11. Kismis
alodokter.com

Kismis juga merupakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, dalam satu cangkir kismis terkandung sekitar 129,58 gram karbohidrat. Hal ini yang menjadikan kismis salah satu jenis biji-bijian yang mengandung karbohidrat tinggi dan membuatnya sangat diminati.

Hal tersebut juga didukung dengan kandungan lainnya yang terdapat dalam kismis, seperti mineral, kalium, magnesium, fosfor dan kalsium. Menjadikan kismis sebagai buah-buahan yang sangat disukai karena kandungannya yang sangat baik dan dapat bermanfaat untuk tubuh kita.

12. Quinoa

12. Quinoa

Jenis biji-bijian ini mungkin terdengar asing bagi telinga orang Indonesia. Walaupun terdengar asing, bukan berarti rasanya tidak sesuai dengan lidah orang Indonesia. Quinoa merupakan jenis biji-bijian yang mengandung karbohidrat yang tinggi, sekitar 21,3% karbohidrat terkandung dalam quinoa.

Hal tersebut yang membuat quinoa menjadi biji-bijian yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Selain karbohidrat, quinoa juga mengandung serat, protein dan mineral yang tinggi. Menjadikan quinoa sebagai salah satu asupan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang wajib dikonsumsi.

Semoga daftar makanan yang mengandung karbohidrat yang dijelaskan oleh Superapp.id kali ini dapat memberikan rekomendasi bagi Sedulur. Sedulur bisa mencoba daftar makanan yang diulas di atas dengan membelinya di Aplikasi Super. Tersedia lengkap berbagai bahan makanan di Aplikasi Super, termasuk daftar makanan yang diulas di atas.

Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super, gunakan Aplikasi Super untuk memenuhi setiap kebutuhan harian Sedulur. Permudah aktivitas Sedulur dengan segudang manfaat dan juga keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi Super, selamat mencoba!