Lomba agustus ibu ibu

Perayaan 17 Agustus akan semakin meriah dengan diadakannya banyak perlombaan. Salah satu yang sudah sering kali viral dan heboh adalah perayaan lomba Agustusan ibu ibu. Hal ini tak lepas dari karakter ibu-ibu yang memang lebih banyak berbicara dan berteriak karena gemas dengan lomba 17 Agustus.

Bagi Sedulur yang tertarik untuk menggelar lomba Agustusan khusus untuk para ibu-ibu agar suasana makin semarak, kami sudah menyiapkan beberapa ide perlombaan yang menarik. Kira-kira apa saja lomba Agustusan ibu ibu yang bisa dilakukan? Mari langsung simak daftarnya berikut ini!

BACA JUGA: 12 Lomba 17 Agustusan Anak Paud yang Mendidik dan Seru

Rekomendasi lomba Agustusan ibu-ibu

lomba agustusan ibu ibu
IDN Times

Di antara banyak lomba agustusan ibu ibu, ada beberapa yang unik dan menarik yang bisa diperlombakan. Nah, berikut ini beberapa rekomendasinya. Yuk mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini: 

1. Lomba gendong tenggok nyunggi tampah

Lomba gendong tenggok nyunggi tampah adalah salah satu lomba 17 Agustus yang cocok untuk ibu-ibu. Adapun peraturannya, tenggok digendong dengan posisi terbalik atau menghadap ke bawah, selendang tidak boleh dimegarkan.

Lalu, peserta lomba menyunggi tampah dan berjalan sampai finish. Pemenangnya adalah yang berhasil sampai finish dengan tenggok dan tampah yang masih utuh tidak jatuh. Perlombaan ini tentu asing bagi Sedulur kan? Menarik untuk dicoba!

2. Menangkap belut

Selanjutnya, lomba 17 Agustus ibu-ibu yakni menangkap belut. Meski terlihat sederhana, lomba menangkap belut ini sebenarnya cukup sulit. Pasalnya, setiap peserta lomba harus menangkap belut yang sangat licin kemudian membawanya ke ember masing-masing.

Tak jarang peserta yang sudah berhasil menangkap belut harus kehilangan tangkapannya di tengah jalan karena tubuh belut yang licin, sehingga sulit untuk dipegang.

3. Estafet tepung

Lomba estafet tepung adalah salah satu lomba 17 Agustus ibu-ibu yang dilakukan secara berkelompok, masing-masing berjumlah lima hingga tujuh peserta. Semua anggota kelompok  duduk berbaris ke belakang.

Kemudian, peserta paling depan akan menuangkan tepung ke piring yang dipegang oleh peserta di belakangnya. Uniknya, peserta menuangkan tepung tanpa balik badan.   Jadi, muka peserta tak luput dari guyuran tepung yang tumpah dari piring. Pemenangnya adalah kelompok yang berhasil menuangkan tepung paling banyak.

4. Estafet air

Selain estafet tepung, salah satu lomba 17 Agustus untuk ibu-ibu adalah estafet air. Aturan main esftafet air serupa dengan estafet tepung, yaitu dilakukan secara berkelompok.  Masing-masing kelompok bisa berjumlah lima hingga tujuh peserta.

Semua anggota kelompok duduk berbaris ke belakang. Kemudian, peserta paling depan akan menuangkan air ke baskom yang dipegang oleh peserta di belakangnya.  Uniknya, peserta menuangkan air tanpa balik badan.

Jadi, para peserta tentunya tak luput dari guyuran air yang tumpah dari baskom.Pemenangnya adalah kelompok yang berhasil menuangkan air paling banyak di baskom terakhir.

5. Menangkap bebek dengan mata tertutup

Menangkap bebek dengan mata tertutup juga menjadi salah satu lomba 17 Agustus ibu-ibu yang seru untuk dilakukan. Lomba menangkap bebek ini diikuti oleh lima hingga delapan peserta. Mereka harus menangkap bebek dalam keadaan mata tertutup.

Bebek yang dilepas di arena perlombaan hanya ada satu ekor, sehingga setiap peserta harus berlomba menangkap bebek tersebut dengan cepat.

6. Merias wajah dengan mata tertutup

Lomba 17 Agustus lainnya yakni merias wajah dengan mata tertutup biasanya diikuti oleh perempuan baik ibu-ibu maupun remaja. Setiap kelompok terdiri dari dua orang.  Satu orang sebagai perias dengan mata tertutup, sementara satu orang lainnya dirias.

Permainan ini cukup seru karena hasil riasan biasanya belepotan alias tidak rapi.  Adapun pemenangnya adalah kelompok dengan hasil riasan paling rapi.

 7. Bakiak

Bakiak merupakan salah satu permainan tradisional Indonesia yang juga bisa dijadikan sebagai lomba 17 Agustus ibu-ibu. Bakiak umumnya terbuat dari kayu bertali karet.  Sepasang bakiak minimal memiliki tiga pasang sandal sehingga dimainkan oleh tiga orang.

Setiap kelompok berjalan menggunakan bakiak tersebut pada lintasan yang sudah ditentukan.  Pemenangnya adalah kelompok yang pertama kali mencapai garis finish. Karenanya, dibutuhkan ketangkasan, kekompakan, dan strategi.

Tentu semua itu bertujua agar anggota kelompok dapat melangkah bersama menggunakan bakiak tanpa terjatuh. Perlombaan ini memang terlihat mudah namun sulit jika dilakukan dan dilaksanakan. Sedulur juga pernah memainkan lomba ini kan?

8. Sepak bola daster

Nah, sepak bola daster adalah salah satu lomba 17 Agustus yang bisa diikuti oleh kelompok ibu-ibu maupun bapak-bapak. Keunikan dari permainan ini adalah para peserta menggunakan daster.  Agar lebih seru, tiap pemain dapat memakai pelengkap lain.

Perlengkap lain yang dimaksud seperti jilbab yang biasa digunakan ibu-ibu berdaster. Aturan permainan ini mirip sepak bola pada umumnya, hanya saja jumlah tim tidak harus 11 orang. Hal ini tentu membuat perlombaan menjadi semakin meriah

9. Tarik tambang

Tarik tambang merupakan salah satu ikon perayaan lomba 17 Agustus. Meski cara bermainnya sederhana, namun lomba ini sangat seru.  Peserta terdiri dari dua tim yang beranggotakan lima hingga sepuluh orang.

Kemudian, kedua tim saling berhadapan untuk menarik tambang.  Pemenangnya adalah tim yang berhasil menarik tambang dan membuat lawannya terjatuh. Tak hanya kekuatan fisik, lomba ini juga membutuhkan kerja sama dan kekompakan.

BACA JUGA: Daftar Lomba Menulis Gratis Agustus 2021 Berhadiah Jutaan

10. Balap karung

Lomba agustus ibu ibu
Liputan6

Lomba balap karung merupakan lomba 17 Agustus yang paling sering ditemui. Setiap peserta berlomba mencapai garis finish menggunakan karung. Agar lomba balap karung makin seru, biasanya panitia lomba menambahkan aksesori, seperti helm.

Lomba balap karung merupakan lomba yang sangat lumrah dimainkan saat perayaan hari kemerdekaan, namun akan berbeda jika perlombaan ini dimainkan oleh ibu-ibu yang khusus terlibat untuk merayakan ulang tahun.

11. Joget balon

Lomba joget balon adalah salah satu lomba 17 Agustus yang bisa diikuti secara berpasangan bapak-ibu atau hanya ibu-ibu saja.  Peserta lomba terdiri dari dua orang setiap kelompok.  Setiap pasangan kelompok mengapit sebuah balon agar tidak jatuh atau lepas.

Kemudian, semua peserta harus berjoget mengikuti musik. Peserta yang menang adalah mereka yang berhasil menjaga balonnya agar tidak jatuh, selama berjoget mengikuti musik.

12. Lomba merias suami

Nah lomba agustusan untuk ibu ibu ini akan sangat menarik dan akan menggundang banyak tawa penonton lomba. Biasanya yang merias diri di rumah adalah ibu-ibu, kini yang dirias adalah suami. Tentu dengan peralatan make up menor.

Akan lebih menarik jika lomba merias suami ini dilakukan oleh ibu-ibu dengan mata tertutup. Pasti para suami akan memiliki wajah merah meroda yang cantik.

13. Joget TikTok

Rekomendasi perlombaan lain adalah joget TikTok, TikTok merupakan aplikasi media sosial yang kini heboh dan ramai digunakan. Ibu ibu merupakan salah satu pengguna TikTok paling royal. Agar agustusan semakin meriah, kenapa tidak menjadikan Joget TikTok sebagai perlombaan.

14. Lomba kostum

Rekomendasi selanjutnya adalah dengan membuat lomba kostum khusus ibu ibu. Pemenang dari lomba ini bisa dilihat dari kostum yang dihasilkan, kostum yang menarik dan kreatif atau kostum yang unik sekalipun.

15. Lomba membuat vlog memasak

Ibu ibu yang terlibat lomba bisa membuat vlog memasak. Vlog yang paling bagus merupakan pemenangnya. Nah, ide lomba ini bisa jadi referensi sekaligus rekomendasi untuk memeriahkan 17 Agustus atau hari kemerdekaan.

BACA JUGA: 17 Agustus, Inilah Barang yang Biasa Dicari untuk Lomba

Rekomendasi lomba agustusan ibu ibu

lomba agustusan ibu ibu
IDN Times

Selain perlombaan di atas, terdapat rekomendasi lomba agustusan ibu ibu lainnya yang bisa jadi referensi Sedulur. Berikut ini daftar perlombaannya:

  1. Lomba makan kerupuk
  2. Lomba memindahkan kelereng pakai sendok
  3. Lomba memasukkan paku ke dalam botol
  4. Lomba estafet sarung
  5. Lomba gigit koin dari buah
  6. Lomba sepak bola terong
  7. Lomba kata berantai
  8. Lomba lomba balon ular
  9. Lomba mengikuti instruksi (kiri-kanan, maju-mundur), tapi gerakannya dibalik
  10. Lomba memindahkan bola dengan kepala (2 orang)
  11. Lomba balap bakiak
  12. Lomba estafet karet menggunakan sedotan
  13. Lomba jalan bolak-balik dengan tampah di kepala
  14. Lomba melipat pakaian paling cepat dan rapi
  15. Lomba karaoke
  16. Lomba membuat tumpeng bertema kemerdekaan
  17. Lomba memindahkan spons pakai spatula
  18. Lomba lari pakai sandal terapi rematik
  19. Lomba memasukkan benang ke dalam jarum
  20. Lomba tahan air mata sambil mengiris bawang merah
  21. Lomba mengupas apel
  22. Lomba tanding futsal dangdut

Nah itulah daftar lomba agustusan ibu ibu yang bisa Sedulur gelar untuk memeriahkan 17 Agustus sekaligus untuk membuat keakraban di antara rukun tetangga dan rukun warga. Agar semakin tercipta masyarakat yang harmonis dan sejahtera.