laptop gaming murah

Bagi para pelajar, mahasiswa, karyawan, sampai pebisnis, laptop menjadi salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan. Walaupun fungsi utamanya bukan untuk bermain game, namun laptop gaming murah masih menjadi perangkat yang dicari-cari.

Ya, seperti yang kita tahu, ada banyak sekali laptop gaming murah 10 jutaan yang bisa Sedulur temukan saat ini. Akan tetapi, bagi sebagian orang harga tersebut masih relatif mahal. Jadi kebanyakan dari mereka memilih untuk mengurungkan niat membeli laptop baru.

Sebenarnya tidak ada masalah jika Sedulur membeli laptop bekas. Akan tetapi, pemilihan laptop bekas harus benar-benar hati-hati, karena kita tidak tahu secara pasti riwayat dari laptop tersebut. Jadi membeli laptop dalam kondisi yang masih baru memang lebih disarankan ketimbang laptop bekas.

BACA JUGA: 5 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop dan PC

-->

Rekomendasi laptop gaming murah

laptop gaming murah
Infokomputer

Nah, tahukah Sedulur, jika ternyata ada beberapa laptop gaming murah dibawah 10 juta yang direkomendasikan. Nah, bagi Sedulur yang penasaran merek dan seri laptop apa saja yang dimaksud, langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini.

1. HP 14s-DK0007AU

laptop gaming murah
Laptophia

Rekomendasi yang pertama ada HP 14s-DK0007AU. Ini adalah laptop gaming murah 5 jutaan yang hadir dengan membawa desain elegan dan juga stylish. Dengan desainnya tersebut, tentu saja ini akan mendukung penampilan Sedulur agar terlihat lebih sempurna.

Bukan hanya dari tampilannya saja, namun performa yang dihadirkan oleh laptop ini juga patut untuk dipertimbangkan. Hal ini karena HP 14s-DK0007AU telah dibekali dengan prosesor Ryzen 3 yang siap untuk bersaing dengan para kompetitornya.

Kemudian untuk RAM bawaan, HP membekali seri 14s-DK0007AU ini dengan RAM sebesar 4 GB. Namun jika Sedulur merasa kapasitas RAM 4 GB masih kurang, maka ada opsi untuk melakukan updgrade RAM sampai 8 GB.

2. Lenovo S145

laptop gaming murah
Lenovo

Bagi Sedulur yang sedang mencari laptop gaming murah dengan spesifikasi mumpuni, bisa menjadikan Lenovo S145 sebagai salah satu opsi. Pasalnya laptop yang satu ini telah dibekali dengan prosesor Ryzen 3 3200U, yang mampu menghadirkan kemampuan komputasi tinggi.

Terlebih lagi, kecepatan prosesornya yang mampu mencatatkan angka 3,5 GHz, membuat laptop yang satu ini mampu digunakan untuk menjalankan berbagai game berat dengan pengaturan grafis standar atau medium tanpa adanya kendala apapun.

Kelebihan lain yang dihadirkan laptop ini, yaitu mampu menjalankan kegiatan multitasking atau membuka beberapa aplikasi secara bersamaan dengan sangat baik.

3. Lenovo V14 IIL

laptop gaming murah
Laptophia

Bisa dibilang bahwa Lenovo V14 IIL menjadi salah satu laptop gaming standar yang sangat cocok digunakan oleh kalangan pelajar ataupun mahasiswa. Pasalnya laptop ini memiliki desain kekinian, yang terlihat sangat keren.

Selain dari segi tampilan, spesifikasi yang dibawa oleh Lenovo V4 IIL juga cukup menarik. Laptop ini hadir dengan prosesor Core i3 1005G1, sehingga membuatnya mampu menjalankan berbagai macam aktivitas yang dibutuhkan oleh para pelajar dan juga mahasiswa.

Misalnya saja seperti mengolah data, browsing internet, menjalankan aplikasi-aplikasi desain, sampai memainkan game-game kelas menengah. Semua itu bisa dilakukan Lenovo V14 IIL dengan lancar, berkat dukungan RAM yang bisa diupgrade hingga 12 GB.

4. Acer Swift 3 SF314-41

laptop gaming murah
SoftCom

Jika dibandingkan dengan laptop-laptop lain dalam daftar ini, dapat dikatakan jika Acer Swift 3 SF314-41 masih tergolong baru. Maka dari itu, laptop yang satu ini memiliki desain yang terkesan modern dan juga elegan.

Tampilan yang keren tersebut, tentu saja sebanding dengan spesifikasi yang dibawanya. Acer Swift 3 SF314-41 hadir dengan prosesor AMD Athlon serta dukungan RAM sebesar 4 GB. Menariknya, Sedulur bisa meningkatkan kemampuannya dengan mode turbo.

Dalam sebuah percobaan yang pernah dilakukan, kecepatan dari Acer Swift 3 SF314-41 dengan mode turbo mampu mencapai angka 3,3 GHz.

5. Lenovo Ideapad C340-14

laptop gaming murah
Lenovo

Lenovo merupakan salah satu brand terkenal Indonesia yang sudah lama berkecimpung di dunia teknologi. Nah, ternyata mereka juga turut meluncurkan produk laptop dengan spek tinggi namun harganya cukup terjangkau, lho.

Produk yang dimaksud tersebut adalah Lenovo Ideapad C340-14, dan Sedulur bisa menemukannya di pasaran laptop dengan range harga sekitar 5 jutaan Laptop gaming murah ini hadir dengan membawa desain modern yang dapat dilipat.

Jadi, penggunaannya akan terasa lebih simpel dan jauh lebih mudah. Laptop ini hadir dengan Intel Pentium 5450U sebagai prosesornya. Selain itu, laptop ini juga didukung dengan RAM sebesar 4GB serta SSD berkapasitas 256 GB.

6. AVITA LIBER i3-8130u

laptop gaming murah
Laptops Direct

Sebagai salah satu brand laptop yang masih tergolong baru, AVITA juga turut meramaikan pasar laptop gaming murah dengan produk terbarunya yakni AVITA LIBER i3-8130u. Laptop yang satu ini, hadir dengan spesifikasi mumpuni yang tidak kalah dari para pesaing.

Dengan mengandalkan prosesor Intel Core i3 gen 8 serta dukungan RAM 8 GB, membuat AVITA LIBER i3-8130u siap untuk menjalankan berbagai macam tugas komputasi. Tidak hanya itu, penggunaan memori penyimpanan berupa SSD, membuat kecepatannya terasa menjadi lebih kencang.

AVITA LIBER i3-8130u ini siap untuk menjalankan berbagai game berat, namun dalam mode grafis menengah. Jika Sedulur memilih mode grafis tinggi, mungkin masih ada sedikit patah-patah atau lag pada beberapa kesempatan.

7. ASUS X455LJ

laptop gaming murah
Ngonoo

Mungkin ASUS X455LJ bisa menjadi salah satu laptop gaming murah terbaik, yang bisa Sedulur dapatkan dengan harga berkisar 5 jutaan. Pasalnya, laptop ini hadir dengan membawa prosesor Intel Core i3 gen 5 yang terkenal dengan kemampuannya.

Prosesor tersebut juga telah didukung dengan RAM sebesar 4 GB. Belum lagi dengan penggunaan kartu grafis atau VGA Nvidia GeForce GT920M sebesar 2 GB, membuat kecepatan aksesnya terasa jauh lebih kencang lagi.

Jadi baik itu untuk kegiatan desain grafis maupun menjalankan game-game berat, laptop ini mampu menanganinya dengan baik.

8. HP 14 CM0005au

Laptophia

Ketika sedang membahas soal laptop gaming murah, rasanya akan tidak lengkap jika kita tidak memasukkan HP 14 CM0005au ke dalam daftar. Nah, jadi laptop ini menggunakan dapur pacu AMD Ryzen 3 2200U dengan dukungan RAM sebesar 4 GB.

Prosesor dan RAM tersebut, memungkinkan Sedulur untuk memainkan game-game berat dengan grafis medium alias standar. Selain itu, penggunaan HDD dengan kapasitas 1 TB membuat Sedulur bisa menyimpan lebih banyak file dan data tanpa perlu menggunakan bantuan penyimpanan eksternal.

Jadi ketika Sedulur ingin meng-install game-game yang ukurannya besar, tidak perlu repot mengosongkan atau mengurangi file yang ada di dalam HDD terlebih dahulu.

9. ASUS A407UA

Review Laptop ID

Dengan membawa spesifikasi yang mumpuni dan juga desain yang menarik, membuat harga 5 jutaan terasa sepadan untuk ASUS seri A407UA ini. Ya, laptop tersebut hadir dengan dapur pacu Intel Core i3 gen 7 berkecepatan hingga 2 GHz.

Kemudian untuk RAM bawaan, Asus membekalinya dengan RAM sebesar 4 GB. Akan tetapi jika Sedulur merasa kapasitas RAM tersebut masih kurang, tidak perlu khawatir. Sedulur bisa melakukan upgrade sampai 16 GB.

Dengan kapasitas RAM sebesar itu, tentu saja ASUS A407UA ini sangat cocok dan juga nyaman digunakan untuk memainkan berbagai macam game.

10. Acer Aspire E5-475G

Fixmethods

Rekomendasi laptop gaming murah yang berikutnya ada Acer Aspire E5-475G. Perlu untuk Sedulur ketahui, jika Acer Aspire E5-475G termasuk dalam salah satu laptop entry-level terbaik dalam daftar ini.

Bukan hanya dari segi desainnya yang terlihat elegan, namun spesifikasi yang dibawa olehnya juga cukup menarik untuk dicoba. Acer Aspire E5-475G dibekali dengan prosesor Intel Core i3 gen 6 serta dukungan kapasitas RAM 4 GB.

Untuk penyimpanannya sendiri menggunakan jenis HDD berkapasitas 1 TB. Pastikan kapasitas 1 TB tersebut bisa Sedulur manfaatkan untuk menyimpan banyak file dan juga data-data yang dibutuhkan.

11. ASUS Vivobook A412DA

Grid

Kemudian yang berikutnya ada ASUS Vivobook A412DA. Laptop gaming ini hadir dengan desain yang terkesan sleek dan juga compact.

Tidak hanya menjalankan komputasi sehari-hari seperti halnya mengetik dan juga browsing, laptop ini juga mendukung berbagai kegiatan berat seperti mengolah desain dan bermain game. Hal ini bisa terjadi berkat ASUS Vivobook A412DA hadir dengan prosesor AMD Ryzen 3 2200U didukung oleh RAM 4 GB DDR 4.

Tidak hanya itu, penggunaan VGA Radeon Vega 3 Graphics membuatnya mampu menangani berbagai aplikasi yang memerlukan grafik tinggi dengan sangat baik dan juga lancar.

12. Asus A407MA

jakartaNotebook

Yang terakhir ada laptop gaming murah 3 jutaan, yakni Asus A407MA. Ya, walaupun bukan “gaming” seutuhnya, laptop ini bisa menjadi opsi alternatif bagi Sedulur yang kekurangan dana. Laptop ini hadir dengan prosesor Intel N4000 dengan VGA Intel HD Graphic.

Itu adalah sebuah spek minimalis untuk laptop di kelas entry-level. Walau begitu, Asus A407MA ini mampu digunakan untuk berbagai kegiatan komputasi dasar tanpa ada kendala sama sekali.

Jika dilihat dari segi tampilan, Asus A407MA ini mempunyai desain yang hampir sama seperti para pendahulunya yakni A407UB dan A497UA. Dengan balutan warna Stary Grey dan Icecle Gold, membuat nya tampak elegan dan juga berkelas.

Kemudian ada sebuah bezel tipis, yang membuat aspek layar pada laptop ini terlihat menjadi lebih lebar serta imersif. Kesan premium juga akan Sedulur rasakan berkat adanya fitur fingerprint sensor di bagian touchpad. Jadi Sedulur dapat mengunci laptop tanpa perlu menggunakan password atau kata sandi.

BACA JUGA: 13 Cara Mengatasi Laptop Lemot Ampuh, Pasti Berhasil!

Tips memilih laptop baru

Brilio

 

Walaupun sudah diberi rekomendasi beberapa laptop gaming murah seperti di atas, namun Sedulur harus memilihnya dengan hati-hati. Jangan sampai Sedulur kecewa karena merasa laptop yang dipilih itu tidak tepat. Nah, untuk itu, simak beberapa tips yang ada di bawah ini.

1. Ukuran laptop

Hal pertama yang perlu untuk dipertimbangkan adalah ukuran laptop. Ukuran layar tentu saja akan memengaruhi penggunaan dari laptop tersebut. Alangkah baiknya, pilih laptop yang ukurannya paling sesuai dengan kebutuhan Sedulur.

Jika Sedulur butuh portabilitas tinggi, pilihlah laptop dengan layar berukuran kecil. Dengan begitu, maka Sedulur dapat berpindah dengan mudah. Namun bagi Sedulur yang butuh laptop bertenaga tinggi untuk desain atau gaming, pilihlah laptop dengan ukuran layar yang besar.

2. Spesifikasi

Spesifikasi merupakan salah satu faktor terpenting yang perlu dipikirkan sebelum membeli laptop. Paling tidak ada empat hal yang perlu pertimbangkan, yakni tipe prosesor, VGA, RAM, dan juga kapasitas media penyimpanan.

Terdapat dua jenis vendor prosesor yang paling banyak digunakan untuk saat ini, yakni Intel dan AMD. Keduanya pun juga memiliki berbagai varian produk prosesor yang dibanderol dengan harga yang sangat bervariasi.

Nah, setiap jenis prosesor memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. Namun jangan lupa pula untuk mempertimbangkan komponen lain seperti RAM, VGA, dan juga media penyimpanannya, ya.

3. Konektivitas

Di zaman modern seperti saat ini, sudah pasti kebutuhan akan WiFi tidak bisa terelakkan lagi. Oleh karenanya, Sedulur disarankan untuk mencari laptop dengan konektivitas yang lengkap. Tidak hanya dibekali dengan koneksi WiFi saja, namun pastikan laptop yang dipilih punya tiga buah port USB.

Tak kalah penting, pastikan juga laptop tersebut mempunyai port pendukung yang lain seperti LAN dan HDMI/VGA. Seperti yang kita ketahui, perlahan ada beberapa jenis konektivitas esensial yang mulai menghilang. Hal ini disebabkan desain laptop yang menjadi semakin tipis kian hari.

Tips agar laptop awet

Gadgetren

Setelah menemukan satu laptop yang tepat, tentu saja Sedulur harus menjaganya dengan baik agar tetap awet. Nah, di bawah ini ada beberapa tips agar laptop tetap awet yang biasa dianggap remeh, namun manfaatnya sangat terasa.

1. Membersihkan laptop secara rutin

Bisa dibilang jika kebersihan laptop akan menunjang performa, dan membuatnya bisa lebih tahan lama. Hal ini karena debu yang menempel di bagian keyboard maupun port-port kecil pada laptop bisa mempengaruhi kinerja dari laptop tersebut.

Oleh sebab itu, bersihkanlah laptop secara rutin. Sedulur bisa melakukannya dengan menggunakan kain lap yang halus untuk membersihkan layar serta permukaan laptop. Kemudian pada keyboard dan port-port laptop, Sedulur dapat menggunakan kuas kecil untuk membersihkannnya.

2. Jangan meletakkan laptop sembarangan

Jika Sedulur sering membawa laptop bepergian, alangkah baiknya menggunakan tas khusus yang memang didesain untuk laptop. Jangan gunakan sembarang tas yang tidak memiliki bantalan khusus untuk laptop.

Perlu untuk Sedulur ketahui, bahwa tas khusus laptop tersebut dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap laptop, terutama pada saat tas yang berisikan laptop tersebut terjatuh. Selain itu, jangan letakkan tas berisi laptop di sembarang tempat, terutama ketika di tempat umum, ya.

3. Jangan memaksa laptop untuk kerja berat

Seperti yang tadi sudah dikatakan, jika Sedulur harus memilih spesifikasi laptop sesuai dengan kebutuhan. Hal ini karena setiap laptop dibuat dengan tujuan tertentu sesuai dengan spesifikasi yang dihadirkan. Jadi jangan pernah memaksakan laptop untuk mengerjakan tugas yang terlalu berat untuk spesifikasinya.

Karena jika hal ini dilakukan, tentu saja akan mempengaruhi performa laptop Sedulur sehingga akan memperpendek usia laptop tersebut. Gunakan saja laptop sewajarnya atau sesuai dengan kemampuannya.

Jika Sedulur memang membutuhkan tugas-tugas yang berat, maka pilihlah laptop dengan spesifikasi yang tinggi juga. Lagi pula, kineja dari laptop spek standar juga tidak akan maksimal ketika digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas yang terlalu berat.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Laptop Hang dengan Mudah, Dijamin Ampuh

Nah, mungkin hanya itu sedikit pembahasan mengenai laptop gaming murah yang perlu untuk Sedulur ketahui. Silahkan Sedulur pilih merek dan seri laptop mana yang akan digunakan. Jangan lupakan pula beberapa tips di atas, agar laptop yang Sedulur miliki bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Ya, sebenarnya kualitas dari semua merek laptop itu hampir sama. Semua laptop bisa awet dan tahan lama jika Sedulur menggunakannya dengan bear.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.