Sedulur yang sering bermain futsal, apakah tahu berapa ukuran lapangan futsal indoor? Tentu saja jika ditanya hal tersebut, Sedulur akan kebingungan menjawabnya. Karena jika bukan seorang ahli, jarang ada yang tahu secara pasti berapa ukuran lapangan untuk futsal.

Nah, agar Sedulur tidak hanya pandai dalam bermain futsal saja, tapi juga tahu seluk beluk lapangan futsal beserta ukurannya. Dalam kesempatan kali ini kita akan bahas tuntas tentang lapangan futsal itu sendiri. Yuk, mari kita mulai.

BACA JUGA: Jelaskan Perbedaan antara Jalan dan Lari dalam Olahraga

Ukuran lapangan futsal

lapangan futsal
Satuina

Ukuran lapangan futsal 25×15 meter merupakan ukuran standar yang digunakan di Indonesia secara umum. Hal tersebut telah dilakukan penyesuaian dengan segala aspek yang ada di Indonesia. Namun, ukuran tersebut tentu saja berbeda dengan ukuran lapangan futsal mini.

-->

Pada dasarnya, ukuran lapangan yaitu panjang lapang dari 25 hingga 42 meter, sementara lebar dari 15 hingga 25 meter. Secara internasional sendiri, ukuran strandar yaitu panjang 38 sampai 42 meter. Sedangkan lebarnya yaitu 18 sampai 25 meter persegi. Berikut ini ciri-ciri dari lapangan yang perlu Sedulur ketahui, yaitu:

  • Lapangan ini ditandai dengan adanya garis pembatas lapangan. Garis tersebut yaitu garis samping atau touch line dan garis gawang atau goal line.
  • Ketentuan lebar garis pembatas yaitu 8 centimeter.
  • Lapangan ini dibagi jadi dua yang sama luasnya dengan garis tengah.
  • Terdapat titik tengah dengan ditandai titik yang tepat pada tengah-tengah lapangan. Selain itu, terdapat garis melingkar dengan titik pusat berjari-jari 3 meter.

Apa saja hal yang harus ada di lapangan futsal?

Kabar Sport

Sebagaimana dalam setiap lapangan olahraga, pasti terdapat beberapa hal yang harus ada dalam lapangan. Hal tersebut bertujuan untuk menunjang olahraga tersebut.

Begitu pula dengan futsal, di lapangannya terdapat beberapa hal yang harus ada sebagai fasilitas yang dapat mendukung permainan futsal. Fasilitas tersebut dapat memungkinkan setiap orang bermain futsal. Lantas apa saja? Yuk, mari kita simak daftarnya di bawah ini!

1. Area Pinalti

lapangan futsal
Kabar Sport

Area pinalti yang dibuat pada lapangan ini terdapat beberapa ketentuan. Seperti, terdapat dua garis seperempat lingkaran dengan jari-jari 6 meter. Selain itu setiap satu ujung garis seperempat tersebut menempel pada garis gawang. Kedua ujung dari garis tersebut terdapat garis lurus yang menghubungkannya. Panjangnya yaitu 3,16 meter.

2. Gawang

Jersey Printing

Desain lapangan futsal tidak terlepas dari ketentuan pembuatan gawang. Penempatan gawang tersebut haruslah ditempatkan di tengah garis gawang yang sudah tersedia. Untuk ketentuan lebar gawang tersebut didapat dari pengukuran bagian dalam tiang, yaitu 3 meter. Sedangkan tingginya sama juga diukur dari dalam tiang atas gawang yaitu 2 meter ke lantai. Standar bentuk yang diperbolehkan pada bentuk gawang adalah lingkaran dan kotak.

BACA JUGA: 18 Olahraga Kardio yang Banyak Manfaat dan Mudah Dilakukan

Luas lokasi lapangan

lapangan futsal
Percepat

Berdasarkan ukuran lapangan futsal internasional, terdapat beberapa hal berkaitan dengan desain lapangan itu sendiri. Desain lapangan futsal harus disesuaikan dengan standar yang sudah ditentukan. Ukuran lapangan futsal standar yang umum di Indonesia yaitu 15 sampai 25 meter. Jadi, apabila ukuran tersebut digunakan, maka berikut rincian penambahan luasan yang digunakan:

  • Penambahan pada area luar garis lapangan dengan keliling 1 meter yaitu 17 x 27 meter.
  • Area sirkulasi service keliling 1,5 meter adalah 20 x 30 meter.
  • Area tritisan tampias air hujan keliling 1 meter yaitu 22 x 32 meter.
  • Area istirahat, kantin, WC 3 meter yaitu 22 x 35 meter.
  • Area parkir 5 meter yaitu 22 x 40 meter.

Itulah informasi seputar ukuran lapangan futsal yang berdasarkan dengan standar nasional. Ukuran lapangan futsal biasanya berbeda sesuai dengan kategorinya. Sebagaimana yang bisa Sedulur simak dalam penjelasan di atas. Semoga penjelasan di atas membantu dan juga mendorong Sedulur untuk berolahraga dan bermain futsal.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!