Ingin beras awet di dalam rumah? Cari solusinya dengan menyimak cara menghilangkan kutu beras di bawah ini.

Di tengah wabah virus corona seperti saat ini, menyimpan stok makanan sangat disarankan. Apalagi makanan pokok yang pasti dikonsumsi setiap hari seperti beras misalnya. Tapi, tidak sedikit yang dilema ketika menyimpan persediaan beras dalam jumlah banyak.

Menyimpan beras dalam jangka waktu lama bisa mengundang kutu beras untuk bersarang. Namun jika tidak menyimpannya, beras akan semakin jarang dan kita akan malah kesulitan mendapatkan beras.

Jangan khawatir, terdapat beberapa  cara menghilangkan kutu beras yang sangat mudah, sehingga kamu tetap bisa menyetok beras yang masih layak dikonsumsi. Apa saja cara menghilangkan kutu beras yang dimaksud? Yuk, mari kita simak ulasannya.

-->

Baca Juga: Tips Membeli Makanan di Warung Makan Selama Pandemi

Cara Menghilangkan Kutu Beras di Rumah

Kutu beras merupakan hama yang sama sekali tidak ada manfaat kutu beras. Kita harus mengetahui beberapa cara menyimpan beras bebas kutu, karena bahaya kutu beras sangat mengancam. Karena jika tidak, akan terdapat ulat beras dan kita pun harus memikirkan cara menghilangkan ulat beras.

Cara menghilangkan kutu beras atau cara pengendalian kutu beras, bisa dilakukan dengan beberapa langkah di bawah ini.

1. Jemur Beras di Bawah Matahari

Cara paling mudah yang bisa dilakukan dalam cara menghilangkan kutu beras adalah dengan menjemur beras di bawah matahari. Kutu tidak menyukai sinar matahari dan akan mencari tempat yang lembab dan gelap.

Letakkan beras di wadah yang pipih, dan jemur di bawah terik matahari. Kutu beras bisa dengan sendirinya keluar dan meninggalkan beras tempat mereka berkumpul. Sedulur mungkin bingung, dan bertanya kutu beras berasal dari mana?

Ternyata, beras pada dasarnya memiliki serbuk halus yang biasa disebut tepung beras. Jika tepung beras berada terlalu lama di dalam tempat dengan suhu kelembaban stabil, akan melahirkan telur kumbang beras. Kutu beras berasal dari telur kumbang beras yang menetas.

2. Tutup dengan Kain Basah

Cara menghilangkan kutu beras kedua adalah dengan menutup beras dengan kain basah. Hamparkan beras di tampah atau tempat lainnya, dan tutupi dengan lap atau kain yang sudah dibasahi, diamkan beberapa menit.

Selanjutnya kutu akan menempel ke kain tersebut. Karena pada dasarnya, mereka menyukai daerah yang lembab dan basah. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk menyingkirkan kutu-kutu karena sudah menempel pada kain.

Muncul pertanyaan, apakah kutu beras bisa pindah ke rambut? Perlu penelitian lebih lanjut untuk menjawab pertanyaan ini, namun secara umum dipercayai bahwa kutu beras dan kutu rambut merupakan jenis serangga berbeda walaupun memiliki nama yang sama.

3. Menggunakan Kulit Kayu Manis

Menggunakan kayu manis adalah pilihan yang tepat dalam cara menghilangkan kutu beras. Kutu beras sangat tidak menyukai aroma yang dikeluarkan oleh kayu manis. Aroma kulit kayu manis dipercaya sangat ampuh sebagai cara menghilangkan kutu beras.

Ambil beberapa lembar kulit kayu manis, dan masukkan ke dalam penyimpanan beras. Tunggu beberapa saat hingga kutu beras kabur dan menghilang dari tumpukan beras yang kita miliki. Selama aroma kayu manis masih kuat, kutu beras dijamin tidak akan kembali ke tumpukan beras.

4. Menyimpan Bawang Putih di Dalam Beras

Sama halnya dengan kayu manis, kutu beras sangat tidak menyukai aroma dari bawang putih. Menggunakan bawang putih sebagai cara menghilangkan kutu beras adalah hal yang sangat tepat untuk dilakukan.

Caranya adalah kupas dan iris bawang putih, dan letakkan di permukaan beras atau sudut-sudut ruangan tempat beras disimpan. Dengan cara ini, kutu beras akan langsung pindah ke tempat lain. Akibat dari aroma bawang putih yang sangat tidak disukai kutu beras.

5. Simpan Beras di Freezer Selama 4 Hari

Cara menghilangkan kutu beras satu ini memiliki efek serupa dengan menjemur beras di bawah sinar matahari. Hal tersebut dikarenakan, kutu beras tidak tahan dengan suhu yang terlalu dingin. Sedangkan suhu yang sangat rendah pada freezer akan membunuh semua larva yang berada di dalam beras.

Tidak hanya berfungsi untuk menyimpan beras, cara ini juga bisa digunakan jika kita ingin menyimpan bahan-bahan tepung seperti oat, tepung jagung, atau tepung terigu agar terhindar dari gangguan hama seperti larva, ulat dan jenis serangga lainnya.

Baca Juga: Cara Mempertahankan Bisnis di Tengah Krisis

6. Menggunakan Cabai Merah Kering

Jika Sedulur Super memiliki stok cabai merah yang tidak terpakai, Sedulur bisa menjemurnya hingga kering. Manfaat cabai merah kering sebagai cara menghilangkan kutu beras. Karena dengan menggunakan cabai merah kering kutu beras bisa kita usir dari tumpukan beras yang kita miliki.

Caranya sangat mudah, cukup masukkan beberapa cabai merah kering ke dalam tempat penyimpanan, tunggu semalaman hingga kutu menghilang. Lalui kita bisa bersihkan beras dari cabai merah kering yang dimasukkan.

Kutu beras tidak menyukai aroma yang dikeluarkan oleh cabai merah kering, sama seperti kulit kayu manis dan bawang putih.

7. Menggunakan Daun Salam atau Cengkeh

Aroma rempah-rempah seperti cengkeh dan daun salam juga membuat kutu beras bisa kabur. Menggunakan daun salam atau cengkeh adalah pilihan tepat dalam cara menghilangkan kutu beras.

Caranya dengan memasukkan daun salam atau cengkeh  atau bisa juga dimasukkan keduanya ke dalam beras, tunggu beberapa jam hingga kutu beras kabur dan menghilang. Daun salam dan cengkeh tidak perlu dibersihkan.

Karena aroma dari daun salam dan cengkeh juga bisa menambah beras menjadi lebih nikmat ketika diolah menjadi nasi.

8. Menghilangkan Kutu Beras dengan Jeruk Nipis

fresh limes with slice and leaves on dark background

Selain dengan daun salam, cara menghilangkan kutu beras lainnya bisa dengan menggunakan daun jeruk nipis. Hal ini dikarenakan daun jeruk nipis memiliki aroma yang cukup kuat. Aroma tersebut tidak disukai oleh kutu yang ada di beras. Seperi aroma kayu manis, bawang putih, daun salam dan cengkeh.

Dengan begitu, kita bisa melakukan cara menghilangkan kutu beras dengan menggunakan daun jeruk nipis. Cara menghilangkan kutu beras dengan jeruk nipis adalah dengan  meletakkan beberapa lembar daun jeruk nipis pada wadah penyimpanan beras.

Kemudian tunggu beberapa jam hingga kutu pergi dengan sendirinya dari wadah penyimpanan beras tersebut. Cara menghilangkan kutu beras dengan mengandalkan aroma dari rempah-rempah adalah yang paling ampuh sejauh ini.

Semoga daftar cara menghilangkan kutu beras yang telah dijelaskan di atas bisa membantu Sedulur yang sedang kesulitan dalam menghilangkan kutu beras yang sangat mengganggu. Sedulur harus sangat berhati-hati dalam menyimpan beras dan juga harus memilih dalam membeli beras secara teliti.

Sedulur bisa membeli beras di warung atau toko sembako di dekat tempat Sedulur. Kulakan beras biasanya dilakukan dalam jumlah besar, karena beras merupakan kebutuhan sembako utama yang sangat penting.

Atau jika ingin mendapatkan beras dengan harga murah dan dengan cara yang mudah, Sedulur bisa beli beras di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menyediakan berbagai kebutuhan sembako dengan harga murah sekaligus dengan kualitas tinggi.

Hal ini merupakan keuntungan yang bisa Sedulur nikmati. Selain itu juga Aplikasi Super memiliki program bernama Super Agen, yang bisa memberikan pemasukan tambahan bari Sedulur yang membutuhkan.

Aplikasi kulakan ini juga memiliki fitur baru bernama Toko Saya. Fitur Toko Saya dari Aplikasi Super ibarat sebuah aplikasi toko kelontong yang akan memudahkan setiap pengusaha toko kelontong dalam mengelola keuangan dan barang sembako yang dimiliki.

Download Aplikasi Super sekarang juga, gunakan Aplikasi Super mulai dari sekarang agar bisa mendapatkan sembako super dan berbagai keuntungan lainnya. Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari cara daftar Aplikasi Super. Selamat Mencoba!