kurma ajwa

Fakta tentang kurma ajwa yang ajaib dan wajib diketahui manfaatnya.

Kurma merupakan buah-buahan khas Timur Tengah dan memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satu buah kurma yang menjadi primadona adalah buah kurma ajwa. Hal tersebut dikarenakan beberapa fakta yang menyatakan bahwa buah kurma satu ini dapat menangkal sihir dan racun yang ada di dalam tubuh.

Buah kurma yang juga dikenal dengan nama kurma nabi ini juga berkaitan erat dengan Rasulullah SAW. Bukan hanya itu, terdapat beberapa fakta menarik lainnya terkait buah kurma nabi ini. Apa saja faktanya? Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Wisata Petik Kurma Pasuruan, Lokasi + Harga Tiket Masuk 2021

-->

Fakta Seputar Kurma Ajwa yang Wajib Diketahui

1. Ditanam Langsung Oleh Rasulullah SAW

kurma ajwa manfaatnya
detik.com

Fakta pertama terkait kurma ajwa yaitu bahwa pohon dari kurma ini ditanam langsung oleh Rasulullah SAW. Hal ini tercantum dalam buku Lisan al-Arab yang ditulis oleh Ibnu Minzie. Dalam buku tersebut disampaikan bahwa Rasulullah SAW menanam langsung kurma sebanyak 100 pohon di kota Madinah.

100 pohon kurma yang ditanam tersebut, hingga saat ini masih berdiri tegak meskipun sudah berlalu sekitar 14 abad. Merujuk pada hal tersebut, pohon kurma tersebut merupakan salah satu pohon paling tua yang ada di dunia, dengan tingkat pertumbuhan sekitar 30 cm per tahunnya.

2. Kandungan Nutrisi

harga kurma ajwa per kilo
tagar.id

Buah kurma ajwa manfaatnya sangat melimpah, hal tersebut disebabkan oleh kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah kurma ini. Setiap satu butir buah kurma, mengandung karbohidrat, protein, serat pangan dan juga lemak. Kandungan vitamin lainnya seperti vitamin A, C, E, K dan B6.

Tidak selesai sampai disitu, kurma jenis ajwa juga mengandung niacin, filat, thiamine serta roboflavin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini yang membuat harga kurma ajwa dibanderol mahal per kilonya. Kamu wajib berhati-hati karena ada banyak oknum tidak bertanggung jawab yang menjual kurma ajwa palsu. 

3. Penangkal Sihir dan Racun

manfaat kurma ajwa untuk sihir
dream.co.id

Rasulullah SAW bersabda dan menganjurkan umatnya untuk mengkonsumsi 7 butir kurma ini setiap harinya. Hal tersebut guna untuk menangkal sihir dan racun yang terdapat dalam tubuh, serta meningkatkan keberkahan. Terkait manfaat kurma ajwa untuk sihir, berikut yang disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW:

Barangsiapa mengonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Di era modern saat ini, dilakukan penelitan terkait buah kurma jenis ajwa. Dalam setiap 7 butir buah kurma yang dikonsumsi mengandung 120 kkal yang bagus dan normal yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Maka,  penelitian ilmiah seakan membuktikan apa yang disabdakan Rasulullah SAW beberapa abad yang lalu.

4. Citarasa Kurma Ajwa

harga kurma ajwa
telisik.id

Selain berkaitan dengan Rasulullah SAW dan sejumlah manffat yang terkandung dalam buah kurma ini, hal lain yang juga tidak kalah penting dalah cita rasa buah satu ini. Wajar belaka juga harga kurma ajwa lumayan mahal. Rasa manis dalam buah ini cenderung lebih aman dan menyehatkan.

Selain itu, tekstur daging buah kurma ini juga tidak keras, namun juga tidak lembek. Tepatnya memiliki tekstur yang kenyal dengan daging tebal. Dengan bentuk mungil, membuat buah ini sangat menarik untuk dinikmati!

Baca Juga: 12 Buah Penambah Darah Untuk Atasi Anemia, Wajib Konsumsi!

5. Manfaat Bagi Ibu Hamil

kurma ajwa palsu
mamapapa.id

Apapun merk kurma ajwa yang asli, dapat memberikan manfaat satu ini. Yaitu manfaat unuk ibu hamil. Bagi setiap Ibu Super yang tengah hamil, buah ini dapat melancarkan peredaran darah ibu dan janin. Setelah masa hamil, buah ini juga sangat baik dikonsumsi karena dapat meningkatkan produksi air susu ibu.

Bagi pasangan yang sedang berusaha untuk mendapatkan keturunan, buah ini juga merupakan salah satu buah yang bisa dijadikan solusi, karena bisa mengatasi kemandulan. Sangat recommended bagi pasutri, ibu hamil dan ibu menyusui.

6. Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

merk kurma ajwa yang asli
tokopedia.com

Jika para penderita diabetes memiliki larangan untuk mengkonsumsi rasa manis, karena berbahaya bagi penyakit diabetes yang dikonsumsi. Buah kurma ajwa asli, bukan salah satu daftar buah-buahan yang dilarang dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Hal tersebut disebabkan buah kurma ini memiliki rasa manis asli yang sangat aman bagi penderita diabetes.

7. Menyehatkan Jantung

kurma ajwa asli
mediaindonesia.com

Selanjutnya, kurma nabi juga sangat efektif untuk menyehatkan jantung. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan potasium yang tinggi yang ada pada kurma jenis ajwa ini. Dengan asupan potasium yang cukup, dapat menghindari tubuh terhindar dari risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, potasium juga sangat bermanfaat untuk meredakan kecemasan dan juga mencegah kanker perut dan ganggua8n penceranaan lainnya.

8. Menurunkan Berat Badan

kurma ajwa menurunkan Berat Badan
cnnindonesia.com

Fakta terakhir dari kurma ajwa yang mungkin sangat dibutuhkan Sedulur yang sedang diet yaitu fakta bahwa kurma nabi ini dapat menurunkan berat badang. Kurma nabi mengandung zat besi dan flourin, hal tersebut yang dapat membantu penurunan berat badan secara efektif. Sedulur bisa mengkonsumsi kurma ini secara teratur setiap hari dengan jumlah 6 butir buah kurma. Berat badan Sedulur pun akan turun secara efektif.

Sekian beberapa fakta tentang kurma ajwa yang telah dijelaskan di atas, semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait kegunaan buah-buahan dan juga manfaatnya untuk tubuh. Jangan lupa juga untuk memperkuatnya dengan mengkonsumsi makanan bergizi lainnya.

Sedulur bisa mendapatkan makanan bergizi dengan membelinya di Aplikasi Super. Tersedia lengkap makanan bergizi dengan harga super murah dan pelayanan yang akan memudahkan Sedulur. Sedulur tinggal klik di sini dan langsung coba untuk menggunakan Aplikasi Super.