Sering mengalami gejala anemia? Hati-hati kekurangan darah, Sedulur bisa cegah dengan konsumsi buah penambah darah. Simak daftarnya di bawah ini!

Anemia atau kekurangan darah dalam tubuh seringkali kita alami secara tiba-tiba. Paling parah, kita mengalaminya ketika sedang beraktivitas. Hal tersebut tentu saja akan mengganggu aktivitas yang sedang kita lakukan. Jika gejala anemia pernah Sedulur rasakan, hal tersebut pertanda bahwa tubuh Sedulur tengah kekurangan darah.

Banyak cara yang bisa Sedulur lakukan untuk menambah jumlah darah dalam tubuh Sedulur. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan. Dalam kesempatan ini kali ini, akan diulas beberapa daftar buah penambah darah yang bisa dikonsumsi sebagai obat penambah darah. Tanpa berlama-lama, mari kita langsung simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 15+ Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

-->

Daftar Buah Penambah Darah, Sedulur Wajib Tahu!

1. Buah Bit

1. Buah Bit
republika.co.id

Buah penambah darah yang pertama yang bisa Sedulur konsumsi adalah buah bit. Terutama bagi Sedulur yang memiliki gejala anemia, sangat wajib mengkonsumsi buah satu ini. Hal tersebut dikarenakan buah bit mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dan mengaktifkan kembali sel darah merah.

Kandungan lain yang terdapat dalam buat bit adalah potasium, kalsium, sulfur, iodium, dan vitamin. Banyak cara yang bisa Sedulur lakukan untuk mengkonsumsi buah bit, mulai dari direbus, dikukus atau dibuat menjadi salad dan bahkan bisa juga dijus. Kombinasi yang umum digunakan sebagai campuran buah bit adalah jeruk dan wortel.

2. Strawberry

2. Strawberry
wowkeren.com

Strawberry merupakan rekomendasi buah penambah darah selanjutnya. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam strawberry dapat secara efektif meningkatkan kapasitas antioksidan di dalam darah. Buah strawberry juga sangat efektif untuk mengurangi stress oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas juga merupakan salah satu penyebab dari berbagai penyakit kronis yang bisa menggerogoti tubuh.

3. Jeruk

3. Jeruk
liputan6.com

Jeruk merupakan buah penambah darah yang bisa Sedulur konsumsi. Jeruk juga merupakan buah yang mudah ditemukan di pasar atau supermarket. Buah jeruk sangat terkenal dengan kandungan vitamin C yang sangat berlimpah.

Vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk bisa secara efektif mencegah anemia. Vitamin C yang baik untuk imunitas tubuh dapat mendorong produksi sel darah merah dalam tubuh sehingga tubuh terhindar dari penyakit anemia. Selain itu vitamin C juga sangat efektif untuk menangkal kuman dan bakteri dan mencegahnya masuk ke dalam tubuh kita.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Strawberry Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

4. Buah Naga

4. Buah Naga
tokopedia.com

Rekomendasi buah penambah darah selanjutnya adalah buah naga. Buah naga juga merupakan buah untuk penambah darah rendah. Beruntung bagi kita yang hidup di Indonesia, karena bisa menikmati buah naga yang tumbuh berlimpah. Karena buah naga merupakan buah-buahan yang hanya dapat tumbuh di wilayah tropis.

Buah naga juga memiliki rasa yang manis dan daging buah yang empuk. Bentuknya yang eksotis seakan seperti kulit naga, berdasarkan hal tersebut pula buah ini diberi nama buah naga. Buah naga masuk kategori superfood, karena kandungannya yang sangat kaya akan vitamin C dan zat besi, yang ampuh meningkatkan kadar hemoglobin dan eritrosit. Ibu hamil sangat disarankan konsumsi buah ini secara teratur. Karena dapat berperan untuk menjaga kesehatan janin dan kesehatan ibu hamil itu sendiri.

5. Kismis

5. Kismis
alodokter.com

Kismis merupakan buah-buahan kering yang masuk dalam salah satu buah penambah darah. Buah kering biasanya dipenuhi dengan kandungan zat besi dan vitamin B yang tinggi, yang sangat efektif untuk menghilangkan gajala anemia. Selain itu, buah kismis juga mengandung tembaga yang sangat mampu untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

Bukan hanya untuk darah, kismis juga sangat efektif mencegah berbagai macam permasalahan kulit. Seperti mencegah penuaan dini dan memperbaiki jaringan kulit yang telah rusak.

6. Kurma

6. Kurma
kompas.com

Buah penambah darah yang umum kita temui saat bula Ramadan adalah buah kurma. Buah kurma merupakan buah khas dari Timur Tengah. Selain bisa menghilangkan gejala anemia seperti mengantuk dan lesu, buah kurma juga bisa memberikan energi secara cepat bagi tubuh. Hal tersebut yang menjadi penyebab kenapa buah kurma seringkali dijadikan konsumsi saat bulan puasa.

Dalam 100 gram buah kurma, mengandung 14 mg vitamin C. Selain itu, buah kurma juga mengandung zat besi, vitamin B12 dan asam folat yang ampuh meningkatkan hemoglobin agar terhindar dari anemia dan kekurangan darah. Tubuh Sedulur juga akan mendapatkan energi yang berlimpah.

7. Semangka

7. Semangka
tempo.co

Semangka merupakan salah satu buah yang bisa menambah darah. Hal tersebut berasal dari kandungan yang terdapat dalam semangka. Semangka sendiri mengandung 0.4 mg dalam setiap satu gelas semangka. Bukan hanya itu, semangka juga mengandung zat besi dan juga vitamin C yang sangat baik untuk penambahan sel darah merah. Sedulur bisa terhindar dari gejala anemia dan mendapatkan kebutuhan darah yang cukup jika mengkonsumsi semangka secara teratur.

8. Prune

8. Prune
healthline.com

Bagi orang Indonesia, buah penambah darah satu ini mungkin terdengar cukup asing. Buah prune merupakan buah yang terkenal dengan khasiatnya untuk mengatasi masalah konstipasi atau sembelit yang disebabkan oleh sifat alami laxative yang terdapat dalam buah prune. Dalam satu gelas jus prune, 3,02 mg zat besi dan 10,5 mg vitamin C. Hal tersebut yang menjadikan buah prune merupakan salah satu buah yang sangat efektif untuk menambah darah.

9. Apel

9. Apel
kompas.com

Rekomendasi buah penambah darah yang bisa Sedulur konsumsi dan sekaligus memiliki rasa yang manis adalah apel. Bukan hanya untuk menambah darah dalam tubuh, apel juga bisa secara efektif memperkuat imunitas tubuh dan mencegah berbagai penyakit masuk ke dalam tubuh kita.

Hal ini disebabkan oleh kandungan apel yang tinggi akan zat besi, vitamin C, potassium, selenium, dan magnesium yang sangat efektif untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk dalam hal ini mencegah anemia. Selain itu, buah apel juga sangat efektif meningkatkan produksi neurotransmitter  yang dapat menekan kondisi darah tinggi.

10. Pisang

10. Pisang
tirto.id

Biasanya, ibu yang sedang hamil seringkali disarankan untuk mengkonsumsi pisang secara rutin setiap harinya. Hal tersebut dikarenakan pisang merupakan buah penambah darah ibu hamil. Pisang juga bisa Sedulur olah menjadi jus, dan dikonsumsi sebagai minuman penambah darah setiap harinya.

Buah pisang mengandung asam folat yang tinggi serta mengandung vitamin B-12 yang sangat efektif mencegah anemia. Konsumsi pisan juga sangat sederhana, kita tinggal memakannya langsung atau juga bisa diolah menjadi jus dan dicampurkan bahan lain seperti madu contohnya.

11. Buah Delima

11. Buah Delima
tokopedia.com

Buah delima seringkali dikonsumsi sebagai buah penambah darah saat haid. Selain itu, jika Sedulur mengalami wajah pucat karena kekurangan darah, atau lemas karena kekurangan zat besi, buah delima merupakan jawaban dari segala permasalahan yang telah dijelaskan di atas.

Buah delima memiliki khasiat yang mampu untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh dan juga sebagai penangkal atas anemia yang dialami. Selain itu, buah delima juga kaya akan zat besi yang bisa memperkuat energi di dalam tubuh.

12. Buah Zaitun

12. Buah Zaitun
okezone.com

Daftar buah penambah darah yang terakhir adalah buah zaitun. Seperti kita ketahui, buah ini seringkali diambil saripatinya dan dijadikan menjadi minyak. Buah zaitun juga ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk penambahan darah tubuh kita. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan buah zaitun itu sendiri.

Setiap empat buah zaitun yang berukuran kecil, 3,3 mg zat besi dan vitamin penting lainnya seperti omega 3 dan vitamin A, ampuh sebagai buah penambah darah. Maka dari itu, untuk hasil yang optimal Sedulur bisa secara rutin konsumsi 9 buah zaitun setiap harinya. Gejala anemia yang Sedulur rasakan dijamin akan langsung hilang.

Sekian daftar buah penambah darah, semoga dengan mengetahui informasi di atas Sedulur bisa lebih rutin dan disiplin mengkonsumsi buah-buahan di atas untuk menjaga sirkulasi darah dalam tubuh tetap normal. Buah juga mengandung serat yang tinggi, yang akan sangat baik untuk sistem pencernaan.

Sedulur bisa mendapatkan berbagai buah-buahan di atas dengan belanja di Aplikasi Super. Sedulur juga bisa mendapatkan buah-buahan dengan harga murah sementara kualitas buah-buahan sangat terjamin. Klik di sini untuk download Aplikasi Super, terutama bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super.