11 Wisata Kuliner Sidoarjo Paling Enak & Murah. Wajib Kemari!

Yuk simak apa saja daftar kuliner Sidoarjo yang bisa membuat Sedulur betah tinggal di Sidoarjo!

Banyak sekali makanan enak di Sidoarjo, ketika Sedulur berada di kota Sidoarjo, Sedulur dijamin tidak akan kelaparan. Yang ada, Sedulur akan kebingungan menentukan untuk makan apa, karena hampir setiap kuliner di Sidoarjo murah dan enak.

Mulai dari kuliner malam Sidoarjo hingga terdapat pasar kuliner Sidoarjo, bisa Sedulur kunjungi untuk menuntaskan rasa lapar dan juga sekalian berwisata kuliner di kota ini. Berikut ini Superapp.id akan mengulas 11 tempat wisata kuliner Sidoarjo yang sangat legendaris.

Mulai dari rumah makan di Sidoarjo, tempat makan di Sidoarjo yang enak, tempat makan keluarga di Sidoarjo, hingga warung lesehan murah di Sidoarjo akan disampaikan pada artikel kali ini sebagai rekomendasi untuk Sedulur sekalian.

Banyak tempat makan yang bisa Sedulur kunjungi dengan berbagai olahan makanan yang menjadi ciri khas tempat makan masing-masing. Mulai dari makanan dari daging unggas, ikan hingga makanan laut sekalipun menjadi salah satu kuliner khas yang ada di Sidoarjo, Jawa Timur. Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya.

Baca Juga: 12 Kuliner Bakso Enak di Surabaya. Yakin Nggak Mau Coba?

Daftar Wisata Kuliner Sidoarjo yang Paling Enak, Murah dan Recommended!

1. Rawon Gajah Mada

1.   Rawon Gajah Mada

Rawon Gajah Mada merupakan makanan atau kuliner Sidoarjo pertama yang wajib Sedulur datangi ketika berada di Sidoarjo. Seperti yang Sedulur ketahui, bahwa Rawon merupakan makanan khas dan kebanggan masyarakat Jawa Timur.

Diberinama Rawon Gajah Mada, karena tempat makan rawon satu ini beralamat di jalan Gajah Mada, Sidoarjo. Tempat makan satu ini merupakan salah satu kuliner malam yang ada di Sidoarjo. Rawon Gajah Mada mulai beroperasi dari jam 21.30-03.00 WIB.

Alamat: Jalan Gajah Mada, Pekauman, Sidoarjo.

2. Ayam Goreng Gringging Lombok

2.   Ayam Goreng Gringging Lombok

Masyarakat Jawa Timur terkenal dengan olahan ayam atau lele goreng yang disajikan dengan lalapan dan juga sambal yang spesial. Salah satunya adalah ayam goreng. Di Sidoarjo pecel ayam yang terkenal adalah Ayam Goreng Gringging Lombok.

Tempat makan ini selalu ramai dikunjungi oleh pembeli setianya, memiliki daging ayam yang empuk dan bumbu ayam yang meresap hingga ke tulang. Selain itu, sambal dan lalapannya juga menyegarkan. Warung makan ini buka pada pukul 08.30-21.30 WIB.

Ayam goreng di tempat makan ini dilengkapi dengan daun kemangi, timun dan sambal yang menjadikan lalapan dan menu makan menjadi sangat nikmat dan lezat. Luas tempat makan cukup besar sehingga Sedulur bisa mengajak bersama keluarga dengan leluasa menikmati makanan di sana. Sambil berlibur dan menikmati waktu bersama keluarga.

Alamat: Jalan Raya Tropodo No. 12B, Kepuhkiriman, Waru, Sidoarjo.

Baca Juga: 7 Wisata Kuliner Lamongan Paling Enak, Wajib Coba!

3. Depot Langgeng

3.   Depot Langgeng

 Di musim hujan yang memiliki cuaca yang sangat dingin saat ini, memang sangat cocok untuk mengkonsumsi makanan berkuah yang hangat. Salah satu makanan berkuah yang menjadi langganan para wisatawan ketika berkunjung ke Sidoarjo adalah sop buntuk yang ada di tempat makan Depot Langgeng.

Tempatnya yang sederhana, hanya dapat menampung maksimal 40 orang pelanggan, namun berbanding terbalik dengan rasnaya yang megah. Kuahnya yang segar, daging yang empuk, dan aromanya yang wangi, membuat sop buntuk depot langgeng sangat ramai dikunjungi. Para pengunjung siap antri untuk makan di sini.

Alamat: Jalan K.H. Mukmin No. 67, Sidokare, Sidoarjo.

4. Ote-Ote Porong

4.   Ote-Ote Porong

Salah satu makanan khas Sidoarjo selanjutnya dikenal dengan nama ote-ote porong, atau sebagian masyarakat di daerah lain menyebut kuliner Sidoarjo ini dengan nama bakwan, weci atau surabi. Banyak wisatawan yang membeli ote-ote porong untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Ote-ote porong semakin nikmat karena dilengkapi dengan rumput laut dan petis yang sedap dan pedas. Sedulur bisa menemukan ote-ote porong di beberapa tempat di Sidoarjo, salah satu yang menjadi rekomendasi adalah di RM. Putri Sunda.

Alamat: Jalan Raya Porong No. 120, Mindi, Sidoarjo.

5. Resto Anda

5.   Resto Anda

Jika Sedulur ingin menikmati kuliner Sidoarjo lebih intim dan hangat, Sedulur bisa berkunjung ke sebuah tempat makan yang bernama Resto Anda. Rumah makan ini memiliki konsep kolam pemancingan, selain itu tempat makan ini juga menyuguhkan saung-saung kecil yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Menu makan andalan di tempat kuliner Sidoarjo satu ini adalah berbagai olahan ikan dan ayam. Setelah makan, Sedulur juga bisa berfoto ria, hingga menikmati permainan air yang disediakan di tempat makan satu ini. Salah satu tempat makan yang sangat cocok dikunjungi untuk menghabiskan waktu lebih intim bersama keluarga.

Alamat: Jalan Gajah Putih, No. 686, Tambakoso, Sidoarjo.

6. Lontong Kikil Pak Madekan

6.   Lontong Kikil Pak Madekan

Salah satu kuliner yang cocok untuk dinikmati ketika cuaca dingin atau sedang hujan adalah lontong kikil. Lontong kikil merupakan salah satu kuliner Sidoarjo yang menjadi andalan. Lontong kikil yang terkenal di Sidoarjo adalah lontong kikil pak madekan.

Lontong kikil ini mulai beroperasi dan melayani masyarakat dari jam 12.00-22.00. Selain lontong kikil, terdapat juga sup sumsum tulang. Bagi Sedulur yang menyukai kulinar olahan daging, tulang dan lemak sapi, wajib mengunjungi tempat kuliner Sidoarjo satu ini.

Selain lontong, terdapat juga sop kikil di rumah makan pak madekan ini. Memasak kikil merupakan hal yang melelahkan, karena membutuhkan beberapa proses yang harus dilalui agar kikil empuk dan tidak bau amis. Hal tersebut juga yang menjadi keunggulan dari rumah makan ini, kikil empuk, wangi dan nikmat menjadi andalannya.

Alamat: Jalan Raya Sepanjang Tani, No. 2, Sidoarjo.

7. Warung Apung Rahmawati

7.   Warung Apung Rahmawati

Jika Sedulur ingin menikmati kuliner Sidoarjo yang khas dengan suasana tradisional agar semakin dekat dan intim bersama keluarga dan sahabat, Warung Apung Rahmawati merupakan jawabannya. Hampir setiap interior dan dekorasinya menggunakan bahan kayu yang nyaman. Mengingatkan Sedulur dengan suasana kampung halaman.

Salah satu menu makanan yang terkenal dari rumah makan ini adalah ayam bakar yang terkenal dengan bumbu rujak pedas manis yang membuat ketagihan.

Alamat: Jalan H. Sunandar Priyo Sudarmo, No. 20-22, Sidokare, Sidoarjo.

8. Sentra Kupang

8.   Sentra Kupang

Salah satu sajian kuliner yang terbuat dari kerang kecil ini banyak dijual dan bisa Sedulur temui di beberapa tempat di Sidoarjo. Sedulur juga bisa mengunjungi tempat yang paling terkenal yaitu Bursa Kupang yang terdiri dari sekitar 20 penjual kupang lontong.

Berkunjung ke Bursa Kupang akan membuat Sedulur berada di surga kuliner. Karena banyak tersebar penjual kuliner dan juga kupang lontong di tempat ini. Bagi Sedulur yang doyan makan dan sangat menikmati suasa wisata kuliner, salah satu tempat kuliner di Sidoarjo satu ini tidak mungkin Sedulur lewatkan.

Alamat: Jalan Raya Gedangan, Sidoarjo.

9. Ceker Lapindo

9.   Ceker Lapindo

Sedulur pecinta makanan pedas? Daerah sekitar alun-alun Sidoarjo merupakan surga bagi Sedulur, karena Sedulur akan menemukan kuliner Sidoarjo yang hits yang bernama Ceker Lapindo, yang berada di sekitar Alun-Alun Sidoarjo.

Selain rasanya yang enak, gurih dan pedas, ceker lapindo juga memiliki harga yang murah, hanya Rp. 20.000 saja, Sedulur bisa menikmati sebuah kuliner yang kaya akan rempah dan bumbu lainnya. Sedulur dijamin akan berkeringat ketika mencicipi kuliner satu ini.

Alamat: Jalan Dr. Soetomo No, 12, Magersari, Sidoarjo.

10. Mie Gajah Mada

10.   Mie Gajah Mada

Satu lagi tempat kuliner yang berada di sekitar Jalan Gajah Mada Sidoarjo adalah mie ayam. Selain memiliki mie ayam yang enak dan nikmat, Sedulur juga bisa mencicipi variasi lain dari mie ayam di tempat kuliner Sidoarjo satu ini.

Mulai dari mie ayam bakso, mie ayam jamur, mie ayam babat dan mie ayam urat. Harga dari seporsi mie ayam juga relatif murah dan terjangkau, Sedulur akan mendapatkan sepiring mie ayam dengan harga Rp. 10.000 saja.

Alamat: Jalan Gajah Mada, Gg. Pandean I No. 1, Sidoarjo.

11. Kober Bar Mie Setan

11.   Kober Bar Mie Setan

Salah satu kuliner Sidoarjo yang memiliki tempat yang nyaman dan enak, cocok digunakan sebagai tempat makan bersama keluarga adalah kober bar mie setan. Sajian menu utama di tempat makan ini adalah mie setan dan mie iblis yang sangat pedas.

Sebenarnya pelanggan juga bisa memesan beberapa menu khusus yang tidak memiliki rasa yang pedas. Namun, terdapat juga beberapa menu lainnya yang bisa dinikmati yaitu dimsum, sushi dan berbagai macam minuman segar.

Alamat: Jalan Raya Ponti No 8, Magersari, Sidoarjo.

Semoga daftar kuliner Sidoarjo yang telah dijelaskan oleh Superapp.id di atas bisa menambah wawasan Sedulur yang ingin menikmati kuliner nikmat yang ada di Sidoarjo. Bagi Sedulur yang sedang berada di Sidoarjo juga semoga penjelasan yang ada pada artikel ini bisa menjadi panduan untuk berwisata kuliner di Sidoarjo.

Ketika Sedulur sedang berada di Sidoarjo, Sedulur juga bisa menggunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan Sedulur sehari-hari. Sidoarjo merupakan salah satu kota dan daerah yang menjadi tempat Aplikasi Super beroperasi.

Aplikasi Super memiliki beberapa barang kebutuhan sehari-hari yang bisa Sedulur beli, mulai dari kebutuhan rumah tangga, kebutuhan dapur, hingga kebutuhan pembayaran online disediakan oleh Aplikasi Super. Aplikasi Super akan semakin membuat hidup Sedulur lebih mudah dan menguntungkan.

Menggunakan Aplikasi Super bukan hanya memberikan keuntungan dan kemudahan dalam hal belanja sembako, kebutuhan dapur, dan kebutuhan hari-hari lainnya. Dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian.

Aplikasi Super akan memberikan pelayanan yang maksimal dan prima bagi setiap Sedulur Super sekalian. Hal ini dikarenakan Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

Seperti apapun kondisi yang terjadi, Aplikasi Super sebagai sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako selalu siap untuk memberikan pelayanan bagi setiap Sedulur Super, para pelanggan setia Aplikasi Super.

Klik di sini bagi Sedulur yang penasaran dan tertarik ingin mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut lagi. Jangan lupa juga download Aplikasi Super dan gunakan Aplikasi Super mulai dari sekarang, agar hidup Sedulur semakin mudah dan menguntungkan.