Apa saja tempat wisata kuliner Lamongan yang menarik? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Lamongan merupakan sebuah daerah pesisir pantai di timur pulau Jawa, yang memiliki beberapa kuliner khas. Kuliner Lamongan juga merupakan kuliner yang paling banyak penyebarannya di Indonesia, berada di bawah kuliner Minangkabau.

Hal tersebut menunjukan bahwa kuliner Lamongan memiliki rasa yang khas yang disukai oleh setiap masyarakat Indonesia yang berasal dari daerah mana pun. Banyak rumah makan di Lamongan yang menyajikan makanan khas Lamongan, begitu pula rumah makan khas Lamongan yang ada di daerah lain.

Yuk, mari kita langsung simak apa saja daftar kuliner Lamongan yang bisa menjadi objek wisata kuliner ketika kita mengunjungi kota Lamongan. Simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 20 Destinasi Wisata Lamongan Terbaru & Hits 2020

Daftar Wisata Kuliner di Lamongan yang Paling Enak dan Wajib Sedulur Coba

1. Soto Lamongan

1.   Soto Lamongan

Salah satu kuliner yang sangat khas dari Lamongan adalah soto. Mungkin Sedulur ada yang langsung penasaran ketika mendengar nama soto lamongan, jika iya, Sedulur bisa langsung mendatangi soto Lamongan terdekat yang ada di sekitar Sedulur.

Kuliner Jawa Timur bisa menjadi salah satu pilihan wisata kuliner saat sedang berkunjung ke Lamongan. Pastinya banyak sekali penjual soto Lamongan yang bisa Sedulur pilih untuk berwisata kuliner ketika berada di Lamongan.

Yang paling menguntungkan adalah soto Lamongan merupakan salah satu kuliner kuah yang nikmat dengan harga yang sangat terjangkau dan tidak mahal. Kuliner satu ini merupakan kuliner yang identik dengan malam hari.

2. Nasi Baronan Lamongan

2.   Nasi Baronan Lamongan

Nasi baronan merupakan paket nasi yang berisi lauk yaitu urap, tauge, rempeyek, dan lalapan yang dinikmati dengan piring beralaskan daun pisang. Sedulur juga bisa menikmati nasi baronan dengan telur asin atau sate-satean.

Nasi baronan  merupakan salah satu kuliner khas Lamongan yang banyak diburu oleh masyarakat. Biasanya nasi baronan dinikmati sebagai sarapan oleh masyarakat Lamongan. Salah satu lauk dari nasi baronan yang unik bernama empuk. Empuk merupakan gorengan yang terbuat dari campuran gaplek, tepung beras dan tepung goreng. Lalu digoreng kering dengan ditambahkan daun bawang.

Sebagai tambahan lauk, terdapat varian lauk lainnya selain telur asin dan sate-satean, Sedulur bisa mendapatkan lauk seperti tahu, tempe dan telur goreng, sampai ayam goreng hingga bakar. Harga nasi ini cukup terjangkau dan mudah didapatkan di sepanjnag jalan Lamongan.

Baca Juga: Resep Soto Ayam Lamongan Spesial dan Bisa Dibuat di Rumah

3. Asem Bandeng

3.   Asem Bandeng

Kuliner ini memiliki rasa pedas-asam-manis secara bersamaan yang dapat menggugah selera makan. Bahan dasarnya adalah bandeng yang dimasak dengan berbagai bumbu yang kemudian menghasilkan kuah yang lengkap, kental dan gurih. Sehingga membuat banyak wisatawan banyak yang menjadikannya sebagai oleh-oleh.

 Ciri khas asem banding milik adalah rasanya yang khas dengan ikan bandeng yang empuk dan lembut. Harga satu porsi asem bandeng ini cukup murah. Sebagai tambahan, Sedulur bisa menikmati satu porsinya bersamaan dengan sepiring nasi yang hangat.

4. Pecel Lele Lamongan

4.   Pecel Lele Lamongan

Kuliner khas Lamongan satu ini mungkin yang paling umum diketahui oleh masyarakat Indonesia. Karena telah banyak penjual pecel lele di setiap kota-kota besar di Indonesia. Walaupun sebenarnya banyak penjual pecel lele yang berasal dari Lamongan.

Bukan hanya Lamongan, namun pecel lele dari Lamongan menjadi makanan kebanggaan masyarakat Jawa Timur secara umum. Karena rasanya yang enak, dan berbagai menu lauk yang sederhana membuat pecel lele sangat pantas menjadi kebanggaan warga Jawa Timur.

Olahan seperti lele goreng, ayam goreng, dan tahu tempe yang disajikan oleh sambal ini sangat cocok di lidah masyarakat Indonesia secara umum. Oleh karena itu banyak masyarakat Indonesia yang sangat menyukai pecel lele.

5. Tahu Campur Lamongan

5.   Tahu Campur Lamongan

Kuliner Lamongan yang satu ini menjadi makanan yang paling diburu para pecinta kuliner ketika berada di kawasan Lamongan atau di Jawa Timur secara umum. Sedulur juga wajib memburu makanan khas Lamongan satu ini, karena memang memiliki rasa yang sangat nikmat.

Tahu Campur memiliki rasa yang enak dengan sedikit bumbu petis di dalamnya.  Tahu campur terbuat dari bahan-bahan seperti daging sapi, tahu goreng, tauge, selada air dan mie kuning. Semua bahan ini dipotong-potong kemudian disiram kuah yang terbuat dari bumbu-bumbu yang sudah dicampur dengan petis. Semakin menggiurkan dengan tambahan sambal dan kerupuk udang.

6. Wingko Babat

6.   Wingko Babat

Salah satu kuliner atau camilan khas Lamongan yang juga wajib Sedulur cicipi saat berwisata kuliner di Lamongan adalah wingko babat. Saat ini tersedia banyak toko yang menjual wingko babat dengan berbagai kreasi dan varian rasa.

Rasa wingko babat yang paling banyak dicari dan dibeli oleh wisatawan adalah wingko babat rasa nangka, rasa kelapa, dan rasa coklat. Bagi yang belum pernah sama sekali mencicipi wingko babat, wingko babat Lamongan menjadi rekomendasi agar kesan pertama memakan wingko sangat berkesan baik.

7. Ayam Goreng Lamongan

7.   Ayam Goreng Lamongan

Ayam goreng merupakan salah satu olahan makanan favorit masyarakat Indonesia, ayam goreng Lamongan juga menjadi salah satu kuliner jagoan yang dimiliki Lamongan, berbeda dengan ayam goreng yang ada pada menu pecel lele, ayam goreng Lamongan memiliki rasa yang berbeda dengan menggunakan bumbu rahasia.

Semoga kuliner yang telah dijelaskan di atas bisa memberikan rekomendasi bagi Sedulur yang ingin mencicipi wisata kuliner lamongan. Bagi Sedulur yang berada di Lamongan, jangan lupa untuk download Aplikasi Super dan gunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan Sedulur.

Aplikasi Super memberikan pelayanan yang baik untuk setiap kebutuhan masyarakat. Klik di sini bagi Sedulur yang menginginkan informasi lebih lanjut terkait Aplikasi Super. Gunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan sehari-hari Sedulur.