kompor induksi

Kompor induksi merupakan kompor yang menggunakan energi listrik. Kompor jenis ini saat ini tengah menjadi perhatian, karena lebih ramah lingkungan karena menggunakan energi listrik yang merupakan energi terbarukan. Berdasarkan alasan tersebut, membuat kompor ini banyak diminati oleh masyarakat.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas segala hal terkait kompor induksi. Baik itu kelebihan dan kekurangannya, serta juga akan dijelaskan bagaimana cara merawatnya agar bisa bertahan lama. Kita akan mulai pembahasan dengan menyimak penjelasan kompor berenergi listrik terlebih dahulu.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik, Berkualitas & Termurah

Apa itu kompor induksi?

kompor induksi
Content.ID

Kompor induksi adalah kompor berteknologi canggih yang membuat kita masak tanpa menggunakan api, karena menggunakan teknologi dengan energi listrik. Dengan berbagai fitur yang memudahkan, kita hanya perlu menekan tombol untuk mengatur panas kompor, dan mulai memasaknya.

-->

Berbeda dengan kompor biasa, kompor induksi gas menggandalkan panas yang berasal dari energi listrik. Panas tersebut digunakna untuk mematangkan makanan yang dimasak melalui panci atau peralatan masak. Tentu dengan menggunakan kompor listrik, Sedulur juga harus membeli peralatan baru yang cocok dengan kompor listrik.

Reaksi elektromagnetik antara kompor dan alat masak dapat menimbulkan panas yang dapat membuat masakan menjadi masak. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan kompor dengan listrik ini? Berikut penjelasannya.

Kelebihan kompor induksi

Tokopedia

Sebelum mencari rekomendasi kompor induksi, Sedulur harus tahu apa saja kelebihan kompor jenis ini agar Sedulur lebih yakin lagi saat membelinya. Berikut ini daftar kelebihan dari kompor listrik, yaitu:

1. Efektif dan efisien

Kelebihan pertama dari kompor listrika adalah efektif dan efisien. Sedulur bisa memasak menggunakan kompor berenergi listrika akan lebih efisien, karena panas yang dihantarkan lebih cepat dan merata. Dengan begitu, waktu yang diperlukan untuk memasak pun menjadi lebih singkat.

2. Lebih aman

Kompor dengan jenis induksi cenderung lebih aman digunakan karena tidak ada api yang menyala ketika digunakan. Jadi kita bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebocoran gas ataupun luka bakar. Dan karena tidak ada proses pembakaran yang terjadi, maka kadar oksigen di dapur anda tidak akan berkurang, sehingga area dapur menjadi lebih sehat.

3. Lebih praktis

Kompor dengan energi listrik juga lebih praktis. Sedulur  tidak perlu repot-repot membongkar pasang tabung gas. Selain itu, Sedulur juga tidak akan mengalami kejadian kompor mati di tengah proses memasak karena gas yang habis. Karena selama ada aliran listrik, kompor tetap bisa dijalankan

4. Mengatur suhu yang sesuai

Kelebihan yang paling menarik dari kompor jenis ini adalah dapat mengatur suhu panas yang bisa diatur sesuai selera, tidak seperti pada kompor gas yang suhunya hanya bisa dikira-kira sesuai besar api. Pengaturan suhu ini tentunya bisa meminimalisir kegosongan atau over cook pada makanan sehingga anda bisa memasak dengan tingkat kematangan yang diinginkan.

5. Tersedia fitur menarik

Kelebihan lainnya yaitu terdapat fitur menarik yang dapat membuat memasak menjadi lebih mudah. Tersedia banyak fitur canggih yang bisa membantu memudahkan Sedulur saat memasak. Fitur tersebut di antaranya adalah fitur timer, touch control, automatic pan size recognition, child lock, boost, dan automatic safety ahut-off.

Kekurangan kompor induksi

JD.ID

Kekurangan dari kompor ini adalah harga yang cenderung mahal. Kompor induksi berapa watt? Hal tersebut tentu saja berbeda-beda, tergantung jenisnya. Setiap jenis memiliki harga yang berbeda tergantung dari fitur yang diberikan. Ini merupakan salah satu kekurangan yang membuat banyak masyarakat mempertimbangkan ulang membeli kompor dengan listrik.

Baik itu kompor induksi 2 tungku atau kompor induksi portable,  seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa sebagai peralatan dapur tentu memiliki kekurangan. Salah satu yang menjadi kekurangan dari kompor yang menggunakan energi listrik ini adalah daya listrik. Tanpa adanya aliran listrik, kompor tidak akan bisa digunakan.

Biasanya, kompor induksi low watt pun membutuhkan setidaknya 300 watt, dan itu tentu akan menguras biaya lebih untuk tagihan listrik setiap bulannya. Tentu ini patut jadi pertimbangan matang bagi Sedulur yang berencana untuk mengganti kompor listrik.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Panci Enamel Terbaik & Murah 2021

Setelah Sedulur tahu seperti apa kelebihan dan kekurangan kompor jenis induksi. Tentu Sedulur juga harus tahu bagaimana tips merawat kompor induksi itu sendiri. Berikut ini beberapa tips yang bisa Sedulur perhatikan untuk merawat kompor listrik atau induksi:

1. Jangan menggunakan alat pembersih kasar

kompor induksi
Ruang Mom

Tips merawat kompor listrik adalah dengan membersihkan dengan menggunakan alat pembersih yang lembut. Jangan sekali-kali Sedulur membersihkan dengan alat pembersih kasar seperti saat membersihkan kompor gas. Kompor listrik akan mudah rusak jika dibersihkan dengan alat kasar. Ini dikarenakan kompor listrik menggunakan bahan kaca dan keramik yang rawan.

Sedulur bisa menggunakan alat yang lembut dan membersihkannya tiap hari. Tujuannya agar minyak dan kotoran bekas masakan tidak menempel dan berkerak karena dibiarkan terlalu lama. Selain itu, Sedulur juga harus menghindari menggunakan peralatan masak yang berbahan kasar.

2. Bersihkan bagian bawah alat masak

Head Topics

Setiap setelah menggunakannya, Sedulur bisa membersihkan bagian bawah alat masak seperti panci dan sebagainya. Begitu pun ketika akan menggunakannya Apalagi jika bagian bawah panci atau penggorengan sudah mulai menghitam. Sebab, bekas lemak, minyak atau arang yang ada di bagian bawah alat masak bisa meninggalkan noda permanen di atas kompor apalagi jika jarang dibersihkan.

3. Jangan dijadikan sebagai tempat menyimpan

kompor induksi
Dapur Kintamani

Karena kompor listrik menggunakan bahan kaca atau keramik yang rawan, Sedulur tidak boleh menjadikan kompor listrik sebagai tempat penyimpanan. Ini akan membuat permukaan kompor induksi retak atau bahkan pecah. Jika begitu, Sedulur tidak akan bisa menggunakannya lagi.

4. Bersikan sisa masakan

Klik Hijau

Setiap selesai memasak, selalu ada sisa masakan, entah itu tetasan gula atau tetasan karamel, juga sisa bekas lemak atau minyak makanan. Waspadai agar tetesannya tidak mengotori bagian atas kompor.  Gula dan karamel panas bisa meninggalkan noda kekuningan yang susah dibersihkan dan permanen. Ini juga dapat membuat kompor lebih cepat rusak.

Nah itulah penjelasan terkait kompor induksi yang menggunakan energi listrik, berdasarkan penjelasan di atas Sedulur kini tahu apa kelebihan dan kekurangan dari kompor listrik. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur, terutama yang tengah berencana membeli kompor listrik.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.