the royal tailor

The Royal Tailor adalah sebuah film sejarah yang tayang pada 2015 di Busan International Film Festival. Film ini cukup underrated tetapi sebenarnya menarik dan punya banyak sisi unik untuk diulik.

Latarnya adalah dinasti Joseon dengan karakter utamanya, dua penjahit yang bersaing mendapatkan posisi penting di Kerajaan. Belum pernah nonton? Yuk, simak beberapa fakta menariknya berikut sebagai modalmu nonton nanti.

BACA JUGA: Profil Yoon Jong Hoon, Aktor Tampan Korea Mencuri Perhatian

1. Karakter dan cast 

the royal tailor sub indo
IMDb

Sebelum ke plotnya, mari tengok beberapa karakter dan cast utama di film ini. Lakon utamanya adalah penjahit senior Kerajaan bernama Chul Dol Suk yang diperankan Han Suk Kyu dan Kong Jin yang sosoknya dipersonifikasi oleh aktor Ko Soo. Kong Jin adalah penjahit muda yang tak ragu untuk mendobrak aturan dan memunculkan tren-tren fesyen baru. 

-->

Selain kedua aktor tersebut daftar The Royal Tailor pemain juga diisi Park Shin Hye yang berperan sebagai Ratu dan Ma Dong Seok yang memerankan sosok Pan Soo. Siapa Pan Soo dan kontribusinya dalam film ini? Yuk, gulir untuk baca plot berikut ini. 

2. Plot cerita

Plot cerita
View of the Arts

The Royal Tailor berapa episode? Jawabannya hanya satu karena ia dikemas dalam format film dengan durasi 127 menit atau sekitar 2 jam 7 menit. Sinema ini dimulai dengan kemelut di Kerajaan yang terjadi karena kesalahan salah satu dayang yang tak sengaja membakar jubah bersejarah milik Raja. Dol Suk yang sangat idealis dan taat pada tata tertib kerajaan menolak untuk membantu dayang dan Ratu membuat jubah baru. 

Akhirnya sosok Kong Jin pun muncul. Ia menawarkan diri untuk membuat jubah baru tersebut dan tanpa disangka ini membuatnya makin dikenal di kalangan petinggi dan bangsawan yang dekat dengan Kerajaan. Salah satu yang menyukai desainnya adalah sang Ratu sendiri.

Di sini ada secercah bumbu cinta dari sosok Kong Jin yang mengagumi Ratu. Namun, apa daya ia hanyalah orang biasa yang bekerja di Sanguiwon, yaitu departemen khusus yang mengurusi sandang keluarga kerajaan.

Sang ratu meminta Kong Jin mendesain pakaian yang ia pakai untuk menarik hati Raja di sebuah acara. Pakaian tersebut memang beda dari hanbok biasa. Bertolakbelakang dengan hanbok yang dikenakan salah satu selir Kerajaan bernama So Yi. Film pun tak hanya berkutat pada persaingan Kong Jin dan Do Suk, tetapi juga So Yi dan sang Ratu yang ingin mendapatkan perhatian Raja. 

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film Perang Terbaik & Seru, Wajib Tonton!

3. Nilai yang diangkat di film 

Nilai yang diangkat di film
Chlotrudis Society for Independent Film

The Royal Tailor sinopsis ending bakal lebih seru kalau Sedulur tonton sendiri. Film ini sendiri sebenarnya punya banyak sisi unik untuk didiskusikan. Salah satunya perbedaan status dan kelas yang sangat kuat di masa dinasti. Bahkan strata seseorang pun menentukan apa yang bisa dan tidak bisa dipakai. 

Perjuangan kelas juga terlihat dari kisah Kong Jin. Ia adalah rakyat biasa yang perlahan mendapatkan rekognisi karena bakatnya dalam fesyen. Kisah serupa pernah dipopulerkan oleh drama Jewel in the Palace di mana seorang dayang berhasil menjadi koki dan dokter kerajaan perempuan pertama sepanjang sejarah dinasti Joseon. Nilai dan kritik sosial macam ini bisa jadi salah satu alasan kuat buat Sedulur menontonnya di akhir pekan nanti. Membuka wawasan dan melatih empati. 

Hal menarik lainnya adalah fakta bahwa K-movie ini jadi satu dari sedikit film Korea yang tidak hanya menggunakan kostum sebagai pemanis dan hiasan belaka. Melainkan justru membangun plot dari kostum menarik tersebut. 

4. Kisah nyata di balik The Royal Tailor

the royal tailor true story
IMDb

Bisa dipastikan bahwa The Royal Tailor bukan true story. Film ini murni fiksi dengan tokoh-tokoh yang juga fiktif. Jadi bisa dipastikan apa yang terjadi dengan Ratu dan tokoh-tokoh lain di film murni hanya rekaan belaka dan bukan hal yang mungkin atau normal terjadi di Korea pada masa itu. Beda dengan Jang Geum dalam Jewel in the Palace yang memang diambil dari salah satu tokoh legendaris perempuan di Korea. 

5. Di mana bisa nonton? 

streaming
Rakchamp

The Royal Tailor sub Indo tersedia di layanan streaming Amazon Prime, Vidio, dan Viu. Sedulur juga bisa coba tonton di Tubi. Tubi bahkan menyediakannya secara cuma-cuma, tetapi hanya tersedia dengan takarir Bahasa Inggris.

Silakan nih mau streaming atau coba The Royal Tailor download untuk ditonton offline kapan saja. Pokoknya jangan kelewatan. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.