kerajinan dari stik es krim

Punya stik es krim tak terpakai di rumahmu? Benda ini ternyata bisa membawa peluang besar untuk mendapat cuan, lho. Stik yang tak terpakai justru malah bisa disulap menjadi kerajinan tangan dengan nilai estetika tinggi. Selain itu, membuat kerajinan dari stik es krim akan membantu mengurangi sampah yang selama ini membuat lingkungan kurang nyaman untuk dipandang.

Dengan menyulap stik es krim menjadi kerajinan tangan, kamu ikut mengurangi pemanasan global dan turut andil dalam mengurangi sampah. Dewasa kini, banyak orang yang menyulap barang ini menjadi kerajinan tangan yang keren. Seperti mengubahnya menjadi kap lampu tidur, pigura hingga beragam kerajinan lainnya. Penasaran dengan berbagai cara membuat kerajinan dari stik es krim beserta gambarnya? Simak inspirasinya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 +Kerajinan Tangan yang Bisa Jadi Ide Bisnis Kamu!

1. Lampion dari stik es krim

cara membuat kerajinan dari stik es krim beserta gambarnya
pinhome

Kerajinan dari stik es krim simple yang bisa dibuat adalah lampion. Lampion merupakan lampu warna-warni yang biasa menghiasai setiap sudut rumah. Bahkan tak jarang lampion dapat dipakai untuk keperluan acara besar seperti Cap Go Meh selama perayaan Imlek. Jika ingin membuat lampion, kamu bisa membuatnya dari stik es krim saja.

Cara membuat kerajinan lampion terbilang sangat  mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan seperti stik es krim, lem, dan potongan kayu. Selanjutnya, siapkan pola yang akan dibuat dan mulailah tumpuk stik tersebut sambil merekatkannya dengan lem.

2. Tempat HP

kerajinan dari stik es krim tempat hp
rakrumahsakit

Bila hanya punya budget minim untuk membeli tempat HP, maka tak ada salahnya kamu membuat kerajinan dari stik es krim tempat HP. Cara membuatnya  sangat mudah. Kamu perlu menyiapkan peralatan seperti stik es krim bekas dan lem yang berfungsi untuk merekatkan.

Setelah semua bahan terkumpul,  langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memotong ujung dari stik es krim itu dengan ukuran sama sebanyak 11 buah. Kemudian lem dan rekatkan stik es krim yang tadi sudah dipotong.

Jangan lupa juga untuk membuat kerangka tersebut sebanyak 2 buah. Setelah itu, buat tatakan yang bawah dijadikan alas. Bagian alas ini hanya memerlukan 7 buah stik es krim. Lalu potong dan rekatkan seperti halnya yang di atas tadi.

3. Miniatur rumah

kerajinan tangan dari stik es krim
99co

Kerajinan tangan dari stik es krim berikutnya adalah membuat miniatur rumah. Dalam membuat kerajinan tangan yang satu ini, butuh teknik dan skill yang mumpuni karena membutuh ketelitian ekstra. Jika sudah terbiasa membuat kerajinan dari stik es krim, pastinya tidak akan terasa sulit.

4. Pembatas buku lucu

kerajinan dari stik es krim simple
pinhome

Kerajinan tangan dari stik  es krim selanjutnya adalah membuat pembatas buku. Buat yang hobi membaca buku, membuat kerajinan ini tentu akan sangat mengasikan. Tidak hanya itu, membuat kerajinan ini juga akan  membantu kamu ketika sedang membaca komik, novel, bahkan cerpen.

BACA JUGA: Kerajinan Bahan Keras: Contoh, Jenis & Teknik Pembuatannya

5. Keranjang buah

cara membuat kerajinan dari stik es krim
artforia

Stik es krim yang tak terpakai di lingkunganmu bisa disulap menjadi kerajinan tempat buah. Jika bingung ingin meletakkan di  mana setelah membeli buah di pasar atau supermartket, tidak ada salahnya membuat kerajinan tangan dari stik es krim berupa tempat buah.

Cara membuat kerajinan ini sangat  mudah dan gampang. Sebelum membuat kotak buah, siapkan pola yang akan dibuat. Baru selanjutnya susun stik es krim dan rekatkan satu sama lain. Susunlah sampai benar benar kokoh.

6. Vas bunga

vas bunga
pinterest

Kerajinan tangan dari stik es krim tidak hanya berupa bentuk kotak buah. Kamu bisa membuat dalam dalam beragam bentuk untuk dijadukan vas bunga. Hanya dengan menggunakan stik es krim bekas yang ada di sekitar, kamu bisa membuat vas bunga keren. Terlebih saat ini, harga jual vas bunga sangat mahal di pasaran khususnya dari bahan kaca. Maka, tak ada salahnya kamu buat dari stik es krim, ‘kan.

7. Lampu tidur

Lampu tidur
pinterest

Kerajinan dari stik es krim simple berikutnya adalah membuat lampu tidur. Lampu tidur berfungsi agar kualitas tidur menjadi lebih baik dan juga lebih indah saat dipandang mata.

Cara membuat dari stik es krim untuk lampu tidur ini sangat mudah. Langkah pertama yang bisa dilakuan adalah memotong bagian atas dan bawah stik es krim, kemudian rekatkan dengan posis saling membantali. Jangan lupa rekatkan agar bentuknya bisa memutar dan ulangi sampai tinggi  berbentuk dan bagian atasnya berbentu kubah.

8. Gelang

gelang
drsampah

Buat kamu yang ingin tampil trendi dengan fashion kekinian, mungkin bisa membuat kerajinan tangan dari stik es krim berupa gelang. Cara membuatnya pun sangat mudah. Pertama, kamu hanya perlu merebus stik es krim selama kurang lebih 15 menit sampai tekstur kayunya. Kemudian, hanya bentuk bulat dengan gelas ataupun benda dengan bentuk tabung dan sesuaikan ukurannya dengan pergelangan tanganmu.

BACA JUGA: Plastisin Terbuat dari Tepung, Jadi Kerajinan Unik & Bermanfaat

9. Kalung dari stik es krim

Kalung
tribunbali

Kalung merupakan fashion yang tak terpisahkan dalam  kehidupan manusia ditambah dengan gelang. Kerajinan dari stik es krim simple selanjutnya yang bisa dicoba adalah membuatnya menjadi kalung. Cara membuat kalung tadi hampir sama dengan membuat  gelang. Dengan tangan-tangan kreatifmu, kamu  bisa mengubahnya menjadi hal keren, ‘kan.

10. Tempat tisu

Tempat tisu
blogelevenia

Mengalami persoalan tidak memiliki tempat tisu? Tenang, sekarang kamu bisa membuatnya senditi dari stik es krim. Keberadaan tempat tisu sangat penting supaya tisu kamu bisa lebih hemat dan nyaman saat akan mengambil.

Cara membuat kerajinan stik es krim untuk tempat tisu ini sangat mudah. Pertama, potong bagian atas dan bawah dari stik es krim tersebut. Rekatkan  menggunakan lem sampai membentuk wadah kotak.

Sebelumnya, sesuaikan dulu panjang kotaknya dengan ukuran tisu. Sehingga saat sudah jadi, tempat tisunya sesuai dengan ukuran tisu. Praktis, bukan? Selamat mencoba membuatnya di rumah!

11. Pot bunga

Pot bunga
idntimes

Kerajinan tangan stik es krim selanjutnya adalah membuat pot bunga. Bila enggan keluar rumah untuk mencari pot tanaman, tak ada salahnya mencoba membuat kerajinan tangan yang satu ini. Cara membuat kerajinan tangan stik es krim barang ini sangat mudah. Cukup tinggal rekatkan hingga menjadi bentuk bulat dan terakhir memberinya alas.

12. Miniatur jembatan

Miniatur jembatan
revisi

Jika kamu memiliki  jiwa seni yang tinggi, tentu membuat kerajinan tangan dari stik es krim ini  bisa dicoba dan mengubahnya menjadi miniatur jembatan. Membuat miniatur jembatan perlu skill khusus. Pasalnya, dibutuhkan ketelitian dalam setiap merekatkan stik dengan beragam ukuran. Tidak hanya itu, kamu harus memperhitungkan berapa total stik yang harus digunakan. 

Jika kamu sudah ahli dalam membuatnya, miniatur ini tidak akan susah untuk dibuat. Kamu bisa menjadikan miniatur jembatan ini untuk hiasan di dalam kamar. Bahkan sangat mungkin untuk dijadikan sebagai pajangan di ruang tamu.

13. Bunga matahari

kerajinan dari stik es krim dan kain flanel
pinterest

Keberadaan stik es krim di rumah jangan sampai kamu sia-siakan begitu saja. Sebab, ada kerajinan dari stik es krim dan kain flanel yang bisa dibuat menjadi pajangan dinding. Salah satunya adalah pajangan bunga matahari.

Cara merakitnya juga terbilang sangat simple. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari pola untuk bunga matahari dan memotong kain flanelnya. Rekatkan dengan lem lalu pajang di alas yang sudah dilem dengan banyak stik es krim.

14. Kotak pensil

Kotak pensil
antara

Kerajinan tangan dari stik es krim selanjutnya adalah membuat kotak pensil. Kotak pensil berguna saat ingin meletakan alat tulis yang sedang tidak digunakan. Dengan adanya kotak pensil pula,  pensil dan ballpoint dapat tertata rapi dan terhindar dari kehilangan.

Kamu bisa meletakan tempat pensil dari stik ini di ruang belajar maupun meja kerjamu. Selain ekonomis, kotak pensil stik es krim akan  jauh lebih menawan karena terbuat langsung dari barang bekas. 

15. Pigura

kerajinan dari stik es krim hiasan dinding
tribunstyle

Ingin memajang fotomu agar tampak lebih keren? Mungkin tak ada salahnya kamu membuat pigura sendiri. Bahan yang bisa disiapkan juga hanyalah stik es krim dan lem tembak untuk merekatkannya. Selanjutnya, kamu bisa membuat bentuk seperti yang diinginkan. Kerajinan dari stik es krim hiasan dinding pun siap untuk dipajang.

16. Bingkai kata

Bingkai kata
pinhome

Tak jauh beda dengan pigura, membuat bingkai kata juga dengan stik es krim bisa kamu coba buat sendiri. Bingkai kata merupakan kerajinan stik es krim simple dan tidak membutuhkan keterampilan khusus.

17. Tempat pakan burung

Tempat pakan burung
pinhome

Suka memelihara burung namun tak punya tempat pakan yang lucu dan aesthetic? Gampang! Sekarang, kamu bisa membuat kerajinan tangan dari stik es krim untuk menciptakan tempat makan burung ini.

Cara membuatnya tak berbeda jauh dengan lampion dengan menyusun stik es krim satu per satu hingga agak tinggi. Rekatkan dengan lem agar tidak mudah lepas. Kamu bisa menambahkan dekorasi sederhana untuk membuatnya jadi lebih lucu.

Menciptakan banyak benda multifungsi bisa didapatkan dengan memanfaatkan stik es krim bekas yang tidak terpakai. Sangat menarik dan mudah dibuat, bukan? Bila tertarik untuk mengisi waktu luang, jangan ragu untuk mencoba membuat benda di atas, ya.