ide kegiatan bulan puasa kreatif

Di bulan Ramadan biasanya ada beberapa kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan bulan yang penuh dengan keberkahan satu ini. Beberapa kegiatan ramadhan kreatif dilakukan untuk membuat bulan Ramadan semakin meriah.

Di Indonesia sendiri ada banyak kegiatan ramadhan kreatif yang biasa dilakukan. Kegiatan yang dilakukan tentu beraneka ragam. Mulai dari tiap daerah hingga tiap keluarga, biasanya memiliki rutinitas melakukan kegiatan istimewa selama bulan Ramadan.

Nah, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi kegiatan ramadhan kreatif yang bisa jadi referensi Sedulur. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Daftar Makanan Sehat Buka Puasa, Lezat Penuh Nutrisi

-->

1. Sahur on the road

kegiatan ramadhan kreatif
IDN Times

Rekomendasi kegiatan ramadhan kreatif yang seru yaitu sahur on the road. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh anak muda, umumnya para remaja. Biasanya kegiatan dilakukan dengan makan sahur di jalan atau di tempat makan.

Konsep sahur on the road juga bisa diisi dengan membagikan makanan sahur untuk masyarakat yang hidup di jalanan. Namun, kegiatan ini sedikit menimbulkan perkara, karena seringkali menimbulkan kemacetan di jalan dan menganggu lalu lintas jalan. Maka dari itu, bagi Sedulur yang ingin melakukan kegiatan ini, harus terus menaati peraturan jalan serta jika bisa usahakan koordinasi dengan pihak berwajib, ya!

2. Membangunkan sahur

kegiatan ramadhan kreatif
Tempo

Rekomendasi kegiatan Ramadan kreatif selanjutnya masih dengan sahur on the road, yaitu dengan membangunkan sahur. Bersama dengan tetangga dan masyarakat sekitar, bisa menyusun untuk melakukan kegiatan bersama membangunkan sahur.

Namun perlu Sedulur ingat, melakukan kegiatan seru membangunkan sahur, wajib Sedulur lakukan dengan sopan santun. Sedulur bisa melakukan sewajarnya saja, jangan terlalu berlebihan agar tidak menganggu warga.

Sedulur bisa melakukan berbagai kegiatan kreatif ala anak-anak muda. Sopan santu dan sewajarnya merupakan kunci yang perlu Sedulur pegang agar tidak begitu berlebihan melakukannya.

3. Bagi-bagi takjil

kegiatan ramadhan kreatif
Detik

Kegiatan Ramadhan kreatif yang bisa mendapatkan pahala karena melakukannya yaitu dengan bagi-bagi takjil. Selama bulan Ramadan, dianjurkan untuk memperbanyak melakukan sedekah. Hal ini berlandaskan dengan salah satu hadist Rasulullah SAW, yang berbunyi:

Maka barangsiapa memberi makanan pada 36 orang yang berpuasa setiap tahun, maka seakan-akan ia puasa satu taun (karena kebaikan dilipatgandakan pahalanya sepuluh kali). Dan barangsiapa memperbanyak memberi takjil atau makan dan minum orang-orang yang berpuasa atas dasar niat ini, Allah mencatat baginya puasa berabad-abad dan bertahun-tahun”.

Berdasarkan hadist tersebut, salah satunya yaitu dengan melakukan kegiatan bagi-bagi takjil menjelang buka puasa. Sedulur bisa melakukan kegiatan Ramadhan kreatif  ini bersama dengan teman atau keluarga.

4. Pesantren kilat

kegiatan ramadhan kreatif
Kompasiana

Pesantren kilat merupakan salah satu kegiatan Ramadhan kreatif yang bisa Sedulur lakukan. Biasnya dilakukan oleh sekolah untuk siswa-siswa dalam rangka menghidupkan kembali nilai-nilai agama dan mempertebal nuansa dan suasana Ramadan.

Umumnya juga kegiatan ini berlangsung di minggu pertama dan minggu kedua bulan Ramadan. Ada banyak aneka kegiatan yang bisa dilakukan, biasanya disesuaikan dengan kebutuhan. Ada yang langsung mengikuti kegiatan di pondok pesantren atau dilakukan di lingkungan sekolah atau masjid saja.

5. Membuat kartu ucapan Ramadhan

kegiatan ramadhan kreatif
Otosection

Rekomendasi kegiatan Ramadan kreatif selanjutnya yaitu dengan membuat kartu ucapan Ramadan. Sedulur bisa memberikan beberapa ucapan yang berhubungan dengan Ramadan melalui surat-surat atau kartu ucapan dengan desain unik.

Kartu ucapan ini bisa berbentuk apapun berdasarkan kreatifitas Sedulur. Selain memberi ucapan baik di bulan Ramadan, Sedulur juga bisa memanjatkan doa yang dituliskan di dalam kartu. Salah satu rekomendasi kegiatan Ramadan kreatif yang berkah.

6. Buka puasa bersama

kegiatan ramadhan kreatif
Suara

Selain sebagai kegiatan Ramadhan kreatif yang seru, buka puasa juga merupakan momen yang dinantikan selama bulan Ramadan. Selain menjadi ajang berkumpul dan reuni, kegiatan ini juga dapat mempererat silaturahmi.

Bukan hanya dengan kawan atau sahabat lama, Sedulur bisa melakukannya dengan keluarga besar agar silaturahmi dan kedekatan bisa semakin erat antar keluarga. Momen ini menjadi semakin berkah, karena apapun kegiatan baik di bulan Ramadan, mendapatkan bobot pahala untuk setiap umat yang menjalankannya.

7. Ngabuburit

Detik

Tentu saja, rekomendasi kegiatan Ramadhan kreatif dan sangat identik yaitu ngabuburit. Ngabuburit sendiri diambil dari kata dalam bahasa Sunda yang berarti memburu sore. Artinya kegiatan yang dilakukan untuk menghabiskan sore hari menjelang bulan puasa.

Banyak agenda dalam kegiatan Ramadhan kreatif satu ini yang bisa Sedulur lakukan. Mulai dari jalan-jalan keluar mencari takjil untuk berbuka, hingga membuat sebuah kegiatan seru yang diisi dengan berbagai agenda khusus.

Biasanya beberapa perusahaan atau brand makanan dan minuman, sering membuat event ngabuburit khusus yang diisi oleh bintang tamu kenamaan. Umumnya, kegiatan yang dibuat diisi oleh musisi-musisi. Nah Sedulur bisa memanfaatkan momen tersebut dan mengikuti kegiatannya.

8. Bersedekah

Gramedia

Kegiatan Ramadhan kreatif selanjutnya yaitu bersedekah, salah satu contoh kegiatannya yaitu dengan berbagi takjil atau sahur sebagaimana yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya. Namun, Sedulur juga bisa melakukan sedekah lain, terutama kepada orang-orang yang membutuhkan.

Kegiatan ini bisa kita laksanakan agar dalam perayaan Ramadan kita bisa berbagi berkat satu sama lain, tidak hanya kepada keluarga tetapi kepada orang asing.

9. Tafakur alam

Islampos

Tafakur alam merupakan rekomendasi kegiatan Ramadan kreatif selanjutnya. Bagi Sedulur yang senang berpetualang, kegiatan ini cocok Sedulur lakukan. Tafakur alam adalah perbuatan dalam agama Islam bagi orang-orang memiliki pengetahuan di bidang alam.

Contoh kegiatan yang bisa Sedulur lakukan adalah membersihkan sampah di sekitar lingkungan rumah atau kegiatan lain yang berkaitan dengan alam dan lingkungan lainnya.

10. Bazar Ramadan

Kompas

Salah satu rekomendasi kegiatan Ramadan kreatif yang bisa Sedulur datangi yaitu bazar Ramadan. Dalam kegiatan bazar Ramadan biasanya akan banyak promo menarik untuk barang-barang yang dijual. Sedulur bisa memanfaatkan kegiatan ini untuk memburu berbagai kebutuhan lebaran.

Umumnya kegiatan ini juga akan bermunculan menjelang lebaran dengan menawarkan pakaian-pakaian yang berkaitan dengan lebaran. Mulai dari baju baru, sajadah, baju koko, mukena hingga barang-barang yang umum dibeli untuk lebaran lainnya.

BACA JUGA: Catat! Ini Tips dan Trik Berpuasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

11. Membuat minuman segar

Top Wisata

Rekomendasi kegiatan Ramadhan kreatif dan seru yang bisa Sedulur lakukan yaitu dengan membuat minuman segar. Kegiatan ini termasuk kegiatan untuk mengisi waktu menjelang puasa. Sedulur bisa membuat berbagai macam minuman segar seperti es jeruk, cendol, dan lain sebagainya.

Minuman-minuman ini nantinya akan disajikan kepada keluarga, teman, dan saudara-saudara yang sedang berkunjung ke rumah. Atau juga dinikmati sendiri untuk berbuka puasa. Namun, saat membuat minuman segar, Sedulur harus benar-benar menguatkan mental dan jangan tergiur untuk mencicipinya sebelum waktu berbuka, ya!

12. I’tikaf

Umma

Kegiatan Ramadhan kreatif dan produktif dalam mendapatkan pahala yang bisa Sedulur lakukan yaitu dengan menjalankan I’tikaf di malam hari. Biasanya I’tikaf dijalankan ketika memasuki 10 hari terakhir di bulan Ramadan dan dilakukan di masjid dari selesai sholat isya dan tarawih hingga memasuki waktu sahur.

Namun jika Sedulur ingin melakukannya sejak awal bulan puasa juga tidak jadi masalah. Apalagi jika memang Sedulur berniat untuk mendekatkan diri dengan Sang Pencipta di bulan yang berkah ini. Kegiatan I’tikaf di masjid juga dilakukan dengan mengaji Al-Quran serta membangunkan sahur warga.

13. Mengaji bersama (tadarus)

InformaZone

Rekomendasi kegiatan Ramadhan kreatif terakhir yaitu dengan mengaji. Sedulur juga akan mendapatkan pahala dengan menghatamkan Al-Quran. Agar semakin berpahala dan juga mengaji semakin seru, Sedulur bisa melakukan kegiatan mengaji bersama atau tadarus.

Cara kreatifnya adalah dengan membuat grup bersama yang nantinya setiap peserta membaca juz yang telah ditentukan diawal. Intinya adalah setoran bacaan yang telah ditentukan sudah dilakukan. Nanti, diputar setiap harinya untuk jadwal juz yang dibaca.

Dengan begini, Sedulur akan lebih termotivasi karena ada teman yang bersama-sama mendukung serta ada teman untuk melakukan ibadah bersama.

Nah itulah rekomendasi kegiatan Ramadan kreatif yang bisa Sedulur lakukan selama bulan puasa agar bulan puasa Sedulur tidak terlalu berat dilakukan dan bisa membuat Sedulur merasa ringan menjalankan ibadah selama bulan Ramadan.

Ibadah di bulan Ramadan bisa dijalankan tanpa harus meninggalkan kegiatan lainnya. Dengan kegiatan Ramadan kreatif yang seru juga Sedulur bisa menjalani bulan Ramadan dengan ceria dan membahagiakan. Berkah Ramadan pun akan Sedulur rasakan!