kegiatan maulid nabi

Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu perayaan besar bagi umat Islam. Umumnya peringatan ini akan dirayakan dengan menggelar berbagai macam kegiatan baik itu di masjid maupun di rumah. Perayaan ini juga menjadi penghormatan umat muslim kepada Rasulullah yang telah membawa agama Islam dan menyebarkannya. Ada banyak kegiatan Maulid Nabi yang bisa dilakukan, mulai dari pengajian, bakti sosial, hingga acara keagamaan lainnya.

Namun, di Indonesia, peringatan Maulid Nabi tak hanya sekedar menjadi perayaan keagamaan saja. Di beberapa daerah, khususnya di Pulau Jawa, perayaan ini juga sudah bercampur dengan budaya sekitar dan menciptakan tradisi-tradisi baru yang unik namun tetap sesuai dengan syariat Islam. Bila Sedulur ingin membuat acara dan mencari referensi kegiatan Maulid Nabi yang cocok untuk diadakan. Coba simak beberapa ide berikut ini!

BACA JUGA: Serba-serbi Panjat Pinang yang Identik dengan Lomba Kemerdekaan Indonesia

1. Tausiyah

Hukum berbuat riya
Islam Online

Salah satu ide kegiatan Maulid Nabi yang umum dilakukan dan bisa jadi referensi Sedulur adalah tausiyah atau pengajian. Tausiyah merupakan kegiatan siar agama yang biasanya dilakukan dalam skala kecil bersama kerabat atau keluarga. Kegiatan tausiyah bisa menjadi kegiatan yang memiliki manfaat besar untuk menjaga silaturahmi antar sesama dan meningkatkan kekuatan ukhuwah Islamiyah seorang muslim.  Tausiyah juga menjadi sarana untuk mempelajari kisah perjuangan hidup Nabi yang sejatinya merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim.

2. Tabligh akbar

Ide kegiatan Maulid Nabi selanjutnya yang bisa dilaksanakan dan menjadi ide bagi Sedulur adalah Tabligh Akbar. Esensi dari pelaksanaan tabligh akbar sebenarnya sama saja dengan kegiatan tausiyah, namun skala kegiatan tabligh akbar biasanya lebih besar. Melalui kegiatan tabligh akbar, penceramah bisa menyampaikan nasihat-nasihat yang berkaitan dengan perjuangan Nabi. Tema yang dalam tabligh akbar biasanya juga lebih umum agar bisa dipahami dengan mudah oleh berbagai kalangan.

3. Lomba cerdas cermat

Ide kegiatan lainnya adalah menggelar lomba cerdas cermat seputar riwayat kehidupan Nabi Muhammad SAW. Melalui kegiatan ini peserta akan menambah wawasan tentang cara hidup Rasulullah yang menjadi tauladan umat muslim. Kegiatan ini bisa jadi referensi bagi Sedulur untuk mengajak anak-anak agar terlibat dalam perayaan Maulid Nabi, tujuannya agar mereka bisa meneladani dan mengetahui riwayat hidup nabi dengan mempelajarinya.

4. Menyantuni anak yatim

Maulid Nabi pada esensinya merupakan sarana refleksi dan meneladani sifat-sifat Rasulullah. Salah satu ajaran Nabi yang bisa menjadi ide kegiatan adalah menyantuni anak yatim. Kegiatan ini bisa jadi salah satu rekomendasi bagi Sedulur. Bahkan disebutkan bahwa salah satu keutamaan bagi orang yang menyantuni dan memelihara anak yatim akan masuk surga dan berdekatan dengan Rasulullah seperti dekatnya jari telunjuk dan jari tengah.

5. Pertunjukan nasyid

Pertunjukan nasyid adalah salah satu ide kegiatan Maulid Nabi yang cukup menarik untuk dilaksanakan. Syair-syair dalam lagu nasyid bisa menjadi sarana untuk mengingat kisah perjuangan dan keteladanan Rasulullah. Sekaligus bisa menjadi hiburan bagi masyarakat. Salah satu rekomendasi kegiatan yang bisa jadi referensi Sedulur untuk memeriahkan Maulid Nabi.

6. Bakti sosial

kegiatan maulid nabi
Unsplash

Bakti sosial bisa menjadi salah satu ide kegiatan Maulid Nabi untuk memupuk kebersamaan dan sebagai ajang berbagai kepada sesama muslim. Kegiatan bakti sosial bisa dilakukan dengan menggelar donor darah, membantu orang lain yang sedang membutuhkan, hingga gotong royong untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

7. Tumpengan

Ide acara selanjutnya adalah tumpengan. Makan bersama dengan menu nasi tumpeng bisa menjadi salah satu sarana memupuk kebersamaan dan menjaga persaudaraan antar sesama umat muslim seperti yang diajarkan Nabi. Membuat kegiatan tumpengan bisa sebagai salah satu referensi Sedulur, tidak perlu melakukan kegiatan yang besar, tumpengan bisa dilakukan untuk internel keluarga di rumah, maupun untuk kegiatan keluarga besar Sedulur.

8. Pawai

Menggelar pawai Maulid Nabi bisa menjadi salah satu ide kegiatan yang menarik dilakukan. Berjalan iring-iringan sambil membawa spanduk dengan tulisan yang membawa spirit keagamaan bisa menjadi sarana dakwah serta mengingat kisah perjuangan Rasulullah saat mendakwahkan agama Islam.

9. Bedah buku

Bedah buku bisa menjadi ide kegiatan Maulid Nabi karena merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan. Bagi para pecinta buku, kegiatan ini akan sangat seru jika dilakukan bersama teman komunitas atau organisasi. Kegiatan bedah buku yang dilakukan bisa mengangkat tema seputar Maulid Nabi dengan membahas buku-buku sejarah tentang kisah perjuangan Nabi dan para sahabatnya.

10. Lomba menulis kisah nabi

Ide kegiatan Maulid Nabi yang tak kalah menarik untuk dicoba adalah lomba menulis atau lomba story telling dengan mengangkat tema kisah Nabi. Kegiatan ini bisa menjadi stimulus bagi para generasi muda untuk lebih mengenal sosok Nabi Muhammad, serta sebagai ajang menanamkan jiwa kompetitif.

BACA JUGA: 15 Hadiah Lomba Agustusan untuk Anak-Anak yang Bermanfaat

11. Bersedekah pada fakir miskin

kegiatan maulid nabi
Unsplash

Salah satu ajaran Rasulullah adalah berbagi kepada sesama, khususnya bagi yang sedang membutuhkan bantuan. Berbagi sembako kepada Fakir Miskin bisa menjadi salah satu ide kegiatan Maulid Nabi sebagai upaya meneladani sifat Rasulullah. Berbagi sembako kepada fakir miskin juga bisa jadi salah satu kegiatan atau bentuk kegiatan untuk memberikan santunan. Bagi Sedulur yang ingin menjalankan kegiatan santuan, Sedulur bisa melakukan kegiatan satu ini.

12. Shalawat bersama

Inti dari peringatan maulid Nabi adalah untuk mengingat perjuangan Rasulullah selama hidupnya. Menggelar shalawat bersama bisa menjadi salah satu ide kegiatan Maulid Nabi karena shalawat merupakan bentuk kalimat pujian kepada Rasulullah.

13. Lomba qasidah

Selain bersholawat bersama, lomba qasidah dan sholawatan juga bisa menjadi salah satu ide kegiatan Maulid Nabi. Selain mengajarkan tentang kompetisi, para peserta juga secara aktif melantunkan puji-pujian bagi Allah dan Rasulullah.

14. Tebak sholawat

Ada banyak ide kegiatan Maulid Nabi yang dapat dilakukan dengan bersholawat. Selain bersholawat bersama dan lomba sholawatan juga dapat mengadakan lomba tebak sholawat. Caranya panitia menyiapkan sejumlah lantunan sholawat. Selanjutnya peserta kemudian menebak judul atau jenis sholawat yang dilantunkan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan tentang sholawat. Bagi para peserta, kegiatan ini bisa jadi sarana untuk belajar dan mengetahui lebih lanjut terkait sholawat itu sendiri.

15. Galang dana kemanusiaan

Ide kegiatan Maulid Nabi selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menggalang dana. Seperti diketahui, salah satu sifat keteladanan Nabi adalah membantu orang lain yang sedang kesulitan. Melakukan aksi galang dana untuk kemanusiaan bisa menjadi salah satu bentuk meneladani sifat Nabi. Hasil penggalangan nantinya akan diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Salah satu ide kegiatan bakti sosial yang bisa jadi referensi Sedulur

16. Lomba pidato Maulid Nabi

kegiatan maulid nabi
Unsplash

Lomba keagamaan merupakan ide kegiatan Maulid Nabi yang cukup menarik untuk dilakukan. Salah satu lomba keagamaan yang bisa dilakukan yaitu lomba pidato dengan mengangkat tema Maulid Nabi. Kegiatan ini bisa menjadi ajang latihan dakwah bagi para siswa di sekolah atau pesantren. Selain itu, pidato bertema Maulid Nabi juga bisa menjadi pengingat bagi umat muslim yang menyaksikannya.

17. Lomba menghias telur

Salah satu hal yang identik dengan kegiatan Maulid Nabi adalah telur rebus yang diwarnai. Salah satu ide kegiatan Maulid Nabi yang cukup meriah adalah menggelar festival menghias telur Maulid. Telur yang dihias dengan berbagai warna serta dirangkai dengan berbagai bentuk menarik dapat menjadi akan menambah semarak peringatan Maulid Nabi. Kegiatan ini juga dapat merangsang kreativitas anak-anak.

18. Pentas seni bertema Islami

Pentas seni juga bisa menjadi salah satu ide kegiatan Maulid Nabi yang bisa dilakukan di sekolah-sekolah. Pelaksanaan pentas seni dilakukan dengan mengangkat tema Maulid Nabi dengan mempersembahkan pertunjukan seni seperti lagu-lagu nasyid.

19. Diskusi keagamaan

Ide kegiatan yang bisa dilakukan dengan cara sederhana adalah menggelar diskusi keagamaan. Kegiatan ini bisa dilakukan bersama teman-teman di sekolah, di kampus, ataupun teman sesama komunitas. Diskusi keagamaan bisa dilakukan dengan mengangkat tema Maulid Nabi seperti kisah perjuangan serta sifat-sifat terpuji Rasulullah. Kegiatan ini bisa menjadi wadah untuk saling berbagi pengetahuan, serta memperkokoh keimanan.

20. Kajian hadist

Ide kegiatan Maulid Nabi lainnya adalah menggelar kajian hadist. Hal ini untuk memperdalam pengetahuan tentang sebuah hadist. Selain itu, juga dapat mengetahui jenis-jenis hadist yang populer di masyarakat. Agar dapat meluruskan kesalahpahaman tentang sebuah hadist di tengah masyarakat.

21. Nonton bareng film tema Islami

Al Jazeera

Menonton bersama film bertema Islami bisa menjadi salah satu ide acara Maulid Nabi yang bisa dilakukan. Film bertema Islami mengandung banyak pesan-pesan keagamaan serta ajaran Islam yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Salah satu kegiatan untuk maulid yang bersifat hiburan. Menonton film dengan tema islam, terutama yang berkaitan dengan maulid bisa jadi salah satu rekomendasi untuk Sedulur lakukan.

22. Menghias kelas

Ide rekomendasi untuk kegiatan saat Maulid Nabi yang bisa jadi referensi Sedulur, terutama bagi Sedulur yang merayakan Maulid Nabi di sekolah, bisa dengan melakukan perlombaan menghias kelas dengan tema Maulid Nabi. Kegiatan ini bisa membuat anak-anak bersemangat dalam merayakan Maulid Nabi.

23. Khataman Quran

Membaca Al-Qur’an bisa dilakukan sejak beberapa hari sebelum peringatan inti diselenggarakan, sehingga saat peringatan berlangsung, siswa-siswa sudah khatam Al-Qur’an.

24. Membaca puisi tema Maulid Nabi

Kegiatan kesenian yang bisa dijadikan referensi sebagai kegiatan saat perayaan yaitu dengan mengadakan lomba membaca puisi. Bisa dengan tema umum, tema islami atau tema yang spesifik berkaitan dengan Maulid Nabi itu sendiri.

25. Lomba kaligrafi

Terakhir, rekomendasi kegiatan Maulid Nabi yang bisa jad referensi Sedulur adalah lomba kaligrafi. Lomba ini dapat diikuti oleh setiap warga yang ada di sekolah, sehingga semakin semarak dan meriah. Sedulur cukup menetapkan saja media lukis yang akan digunakan, sehingga kompetisi berjalan adil. Hasil dan pemenangnya dapat dipajang pada sudut-sudut sekolah dan tempat strategis sebagai penambah nilai estetika di lingkungan sekolah.

Nah itulah rekomendasi beberapa kegiatan Maulid Nabi yang bisa jadi ide bagi Sedulur untuk menyelenggarakan kegiatan perayaan sebagai penghormatan kepada Muhammad SAW. Semoga dari daftar di atas ada yang cocok dan menginspirasi Sedulur.