panjat pinang

Ada banyak cara yang setiap tahunnya diadakan oleh warga Indonesia untuk memperingati hari kemerdekaan yang jatuh pada 17 Agustus. Salah satu aktivitas yang dilakukan adalah mengadakan banyak perlombaan seru. Lomba panjat pinang juga selalu menjadi kompetisi yang dinantikan keseruannya oleh banyak orang.

Tak banyak yang tahu soal sejarah dari permainan ini. Agar tak ketinggalan, simak informasi yang sudah dirangkum di bawah ini untuk Sedulur!

Cara bermain panjat pinang

cara bermain
kompas.com
  1. Sebuah pohon pinang yang tinggi dibersihkan kulitnya yang tinggi
  2. Batangnya dilumuri pelumas agar licin
  3. Di Bagian atas pohon, digantung berbagai hadiah menarik
  4. Peserta memanjat batang pohon untuk mendapatkan hadiah yang digantung

BACA JUGA: Hadiah Lomba Agustusan untuk Anak-Anak yang Bermanfaat

Sejarah

sejarah panjat pinang
boombastis.com

Perlombaan yang disebut dengan de klimmast ini memiliki arti memanjat tiang dan sudah ada sejak zaman kolonialisme Belanda di Indonesia. Kegiatan ini pada awalnya diadakan setiap 31 Agustus untuk memperingati ulang tahun Ratu Belanda Wilhelmina.

-->

Selain itu, panjat tiang juga diadakan oleh petinggi Belanda saat mengadakan acara besar seperti hajatan dan pernikahan. Peserta yang bisa ikut adalah warga pribumi. Pohon pinang yang sudah dikuliti dilumuri dengan oli. Setelah itu, orang pribumi memperebutkan bahan pokok yang digantung di bagian atasnya. 

Nilai moral

Perlombaan ini masih dikompetisikan hingga saat ini. Kegiatan ini adalah bentuk refleksi yang menunjukkan empati kepada para pejuang yang bersusah payah untuk merebut kekuasaan dan kemerdekaan yang direnggut berabad-abad dari penjajah. Jika dulunya sembako yang dijadikan hadiah, kini yang dipasang di puncak pinang adalah benda yang lebih kekinian dan menarik. Di sisi lain, ada yang kontra dengan diadakannya perlombaan panjat pinang karena di masa kolonialisasi itu. 

Terlepas dari pro dan kontra yang ada, Sedulur tetap berhak untuk mendapatkan banyak kemudahan setelah merdeka dari penjajah. Di untuk memeriahkan hari kemerdekaan ini, kamu bisa ikut menyemarakkan lomba panjat pinang yang diadakan di sekitar tempat tinggalmu. Hitung-hitung bisa sambil mendekatkan diri dengan warga yang jarang bersua di hari biasa, ‘kan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.