Manfaat kayu gaharu

Pohon gaharu adalah salah satu kayu asli Indonesia yang memiliki nilai jual sangat mahal. Bahkan, harga kayu ini kabarnya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Dibalik harganya yang mahal, ternyata kayu gaharu memiliki banyak manfaat lho.

Kayu ini juga sering dijadikan bahan baku untuk membuat kosmetik, dupa, pengawet aksesoris, sampai parfum. Hal ini sendiri tak lepas dari aroma khas kayu gaharu yang menjadi keunikannya. Beberapa negara maju seperti Korea, Cina, Jepang dan Amerika Serikat mencoba untuk mengembangkan kayu ini untuk dijadikan obat.

Lalu, apa saja sih manfaat dari kayu gaharu yang juga sering disebut pohon dari surga ini? Yuk, simak ulasannya.

BACA JUGA: 14 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

-->

Ciri kayu gaharu

Kayu gaharu
Arafuru

Sebelum kita membahas manfaat kayu gaharu, ada beberapa hal yang perlu Sedulur ketahui soal kayu ini, terutama ciri khas dan karakter gaharu. Hal ini lantaran kayu ini sering dipalsukan oleh beberapa orang demi meraup keuntungan secara cepat.

Gaharu sendiri adalah pohon keras yang tumbuh di kawasan tropis seperti Asia Tenggara. Namun,diyakini kayu gaharu berasal dari Indonesia tepatnya di Hutan Kalimantan.

 Ukuran kayu ini cukup besar yakni memiliki diameter 40-60 cm dengan tinggi hingga 40 meter.

Pohon yang memiliki nama latih Auilaria malaccensis ini memiliki 3 ciri khusus yang membedakan dengan kayu lainnya. Berikut ini ciri2 kayu gaharu asli:

  • Batangnya keras dan berat.
  • Memiliki aroma wangi yang unik. Aroma ini berasal dari getah batang gaharu. Biasanya baunya mirip dengan kemenyan.
  • Getahnya licin dan tidak lengket.
  • Memiliki warna cokelat muda dan hitam.
  • Kandungan damarnya tinggi dan akan menempel di tangan bila dipegang.
  • Kayu gaharu tahan dengan paparan cuaca ekstrim

Komoditi furniture eksklusif

Kayu gaharu
Bramblefurniture

Kayu gaharu memang sudah teruji sebagai salah satu kayu yang memiliki kekuatan dan ketahanan tinggi. Tidak heran kayu ini sering dijadikan bahan baku furniture.

Namun, furniture yang dibuat dari kayu ini bukan sembarangan. Hasil kreasi dari kayu ini termasuk dalam kategori furniture eksklusif. Hal ini tak lepas dari nilai ekonomi gaharu yang sangat tinggi di pasar.

Untuk satu gelondongan berdiameter 30-60 cm, kayu gaharu harga sekitar Rp 150 ribu per kilogram. Lalu, jika sudah diolah dalam bentuk kepingan bisa mencapai Rp 400 ribu per kilogram.

Bayangkan jika kayu gaharu diolah dari bahan yang terbaik dan berkualitas tinggi, buka tidak mungkin harganya mencapai ratusan juta rupiah.

Ampuh atasi penyakit hipertensi

Hipertensi
Healio

Selain diolah secara kepingan panjang seperti furniture. Kayu gaharu juga diolah dalam bentuk kepingan kecil. Hal ini tak lepas dari khasiat kayu gaharu yang bisa membantu mengatasi berbagai macam penyakit.

Salah satu manfaat kayu gaharu untuk kesehatan adalah mengatasi penyakit hipertensi. Hipertensi memang dikenal sebagai salah satu penyakit berbahaya karena bisa memicu munculnya serangan jantung.

Kepingan kayu gaharu dipercaya bisa menurunkan tekanan darah dan menghilangkan penyumbatan pada pembuluh darah. Pengobatan ini dilakukan dengan memanfaatkan air seduhan dari kayu gaharu yang direbus. Air rebusan gaharu ini disebut memiliki zat yang membuat hipertensi terkontrol.

Sumber antioksidan

teh kayu gaharu
1Lurer

Kayu gaharu dan daunnya diklaim memiliki kandungan antioksidan yang cukup besar. Hal ini membuatnya bisa menjadi obat anti radikal bebas alami untuk tubuh.

Salah satu cara agar bisa mendapatkan khasiat ini, kayu atau daunnya perlu diseduh seperti teh. Cairan tersebut nantinya akan jadi alat untuk melakukan detokfikasi pada tubuh sehingga racun dan radikal bebas keluar.

Efek ini biasanya disebut sebagai diuretic, yaitu kondisi dimana tubuh mengalami peningkatan intensitas buang air kecil yang jadi tujuan utama detoksifikasi. Selain itu, ada banyak senyawa antioksidan lainnya yang juga dihasilkan dari olahan daun gaharu. Zat-zat tersebut seperti asam fenolik, karoten, vitamin E, bilirubin, dan albumin.

Berdasarkan hasil uji skrining pada serbuk ekstrak daun gaharu diperoleh kandungan flavonoid, glikosida, tannin, dan steroid yang merupakan senyawa aktif antioksidan. Pemanfaatan teh gaharu sendiri menurut sejarah sudah terjadi sejak abad ke-3 di kawasan China.Kala itu, teh sering disajikan dalam ritual penting dan ritual penyembuhan.

BACA JUGA: 8 Manfaat Kayu Bajakah Sebagai Obat Kanker & Penuaan Dini

Menurunkan resiko tumor dan kanker

kayu gaharu
Dailysia

Gaharu juga disebut bisa menjadi penangkal kemunculan tumor pada tubuh. Hal ini tak lepas dari kandungan flavonoid pada kayu gaharu yang bisa menjaga kesehatan sel tubuh.

Zat flavonoid memang diketahui sebagai anti kanker. Dimana zat tersebut akan menghambat sintesis asam nukleat dan menghambat metabolism enerdi dari suatu sel jahat atau bakteri.

Baik menjaga kesehatan pencernaan

kesehatan pencernaan
Newsdaily

Kalau Sedulur penasaran kayu gaharu untuk apa? Kayu gaharu dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Para pakar kesehatan tradisional sering menggunakan olahan kayu gaharu untuk mengatasi masalah seperti masuk angin, kembung, hingga sembelit.

Olahan yang mampu memberikan khasiat untuk penyembuhan di atas adalah minyak atsiri. Selain itu, minyak atsiri dari pohon gaharu bisa membantu meredakan diare.

Bisa melawan bakteri

Manfaat kayu gaharu
Dailysia

Ekstrak daun gaharu juga tak kalah ajaib. Berdasarkan hasul riset yang dilakukan Universitas Atmajaya Yogyakarta, ekstrak daun ini mampu melawan infeksi bakteri.

Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa olahan daun gaharu ternyata memiliki sifat antibakteri yang ampuh. Hal ini tak lepas dari kandungan senyawa seperti methanol, akuades, dan kloroform yang bisa membasmi bakteri seperti Staphylococcus Aureus dan Escherichia Coli.

Selain tiga senyawa di atas, terdapat senyawa penting lainnya yang semakin memastikan efek gaharu untuk melawan bakteri adalah benar. Senyata tersebut adalah alkaloid triterpenoid, flavonoid, saponin, dan tanin.

Salah satu bukti nyata penggunaan daun gaharu ada di Papua. Masyarakat di sana mengugnakan daun gaharu sebagai obat tradisional untuk mengatasi malaria.

Bahan baku parfum

Parfum gaharu
Bayut

Aroma khas yang dimiliki pohon gaharu ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membuat minyak esensial dan parfum. Bagian yang diambil biasanya adalah inti gahari yakni aleoswood, eaglewood, dan agarwood.

Banyak orang yang menyatakan aroma daun gaharu memiliki wangi yang eksotis. Terkadang tercium bau manis, tembakau, dan kayu.

Sejarah parfum gaharu pun sudah ada sejak zaman dahulu kala. Wewangian gaharu terkenal di jazirah Arab dan salah satu parfum yang paling terkenal dari olahan gaharu adalah Oud.

Manfaat kayu gaharu menurut Islam pun jadi sangat penting usai parfum legendaris ini banyak digunakan oleh raja dan bangsawan di Timur Tengah.

BACA JUGA: 10 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan, Kamu Wajib Catat!

Obat penyakit kronis

Obat gaharu
Pikiran Rakyat

Julukan kayu gaharu dari surga memang bukan isapan jempol belaka. Hal ini tak lepas dari manfaat gaharu yang memang bisa meringankan dan mengobati banyak penyakit kronis.

Dikutip dari Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, daun gaharu sering dijadikan sebagai obat herbal. Dimana penyakit seperti diabetes, asam urat, masalah ginjal, kelelahan kronis, sakit kepala, asam lambung, sampai gangguan kulit bisa terobati.

Dalam pengobatan semacam ini, biasanya para praktisi kesehatan tradisional menggunakan daun aharu yang sudah tua atau setengah tua.

Melindungi dari hal gaib

Jin
Sonora

Kekuatan magis dari kayu gaharu tak hanya bisa dilihat dari bidang medis. Banyak orang yang percaya bahwa kayu ini berasal dari surga dan memiliki tuah untuk melindungi dari hal gaib.

Kepercayaan ini tak lepas dari hadis dari Nabi Muhammad SAW dari Abu Hurairah RA yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori. Berikut ini bunyi hadis tersebut:

“Golongan penghuni surga yang pertama kali masuk surga adalah berbentuk rupa bulan pada malam bulan purnama…(sampai ucapan beliau)…nyala perdupaan mereka adalah gaharu.”

Tidak heran jika kayu gaharu dipercaya bisa menangkal sihir, teluh, guna-guna, dan santet.

Menangkal gangguan jin

Santet
Pikiran Rakyat

Gaharu memang memiliki nilai religius yang sangat tinggi. Bagi kelompok masyarakat muslim, gaharu kerap dianggap sebagai hal yang suci.

Tidak heran, beberapa olahan cinderamata atau aksesoris dari gaharu diyakini bisa menangkal gangguan jin atau setan yang hendak berniat jahat.

Serangan jin jahat ini bisa berasal dari kesalahan diri sendiri maupun orang lain yang ingin membuat celaka.

Demikian ulasan tentang manfaat kayu gaharu untuk apa. Kayu ini juga dianggap memiliki kekuatan magis dan suci bagi kaum Muslimin. Selain itu, kayu ini juga memiliki nilai jual yang mahal sehingga cocok untuk dijadikan peluang bisnis. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.