Sedulur belum tahu segudang manfaat kayu manis? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. Baik untuk kesehatan dan kecantikan sekaligus, lho!

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang digunakan sebagai penyedap makanan. Selain itu, kayu manis juga sering digunakan sebagai bahan obat-obatan dan juga kecantikan. Hal tersebut dikarenakan kayu manis mengandung beberapa senyawa yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar manfaat kayu manis untuk kesehatan. Manfaat kayu manis bagi kesehatan sangat tinggi, hal tersebut dikarenakan kandungan kayu manis adalah senyawa yang bermanfaat diantaranya kalori, karbohidrat, protein, lemak, serat, mangan, kalsium, zat besi dan vitamin K.

Sedulur bisa mendapatkan manfaat rebusan kayu manis atau dengan cara lainnya. Tanpa harus berlama-lama, langsung saja kita simak daftar manfaat kayu manis untuk tubuh dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat Daun Singkong Untuk Ibu Hamil

Daftar Manfaat Kayu Manisu untuk Kesehatan yang Wajib Sedulur Ketahui!

1. Melawan Radikal Bebas

1. Melawan Radikal Bebas
merdeka.com

Manfaat kayu manis yang pertama adalah dapat melawan radikal bebas. Kemampuan kayu manis untuk melawan radikal bebas dikarenakan kandungannya yang tinggi antioksidan kuat seperti polifenol. Sementara itu, antioksidan juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang juga disebabkan oleh radikal bebas.

Dikarenakan kandungan kayu manis yang sangat kuat mengandung antioksidan, kayu manis juga bisa digunakan sebagai pengawet makanan alami. Sebelum adanya kulkas yang bisa mempertahankan makanan dalam waktu lama, kayu manis digunakan sebagai pengawet makanan sejak zaman dulu.

2. Membantu Mengatasi Infeksi

2. Membantu Mengatasi Infeksi
orami.co.id

Manfaat kayu manis untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu untuk mengatasi infeksi. Dengan mengkonsumsi kayu manis, tubuh dapat melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan tubuh. Hal tersebut telah diuji secara ilmiah oleh berbagai lembaga penelitian.

Berdasarkan penelitian, kayu manis mengandung antioksidan yang memiliki sifat anti inflamasi yang kuat. Hal tersebut yang memberikan manfaat kayu manis dalam mengatasi infeksi yang terjadi pada tubuh, baik di dalam maupun di luar tubuh.

3. Pelembab Bibir Alami

3. Pelembab Bibir Alami
covesia.com

Selanjutnya dalam manfaat kayu manis yaitu berfungsi sebagai pelembab bibir alami. Bagi Sedulur yang memiliki bibir kering dan pecah-pecah, kayu manis bisa secara efektif mengobatinya. Hal tersebut dikarenakan kandungan kayu manis yang dapat melembabkan bibir yang kering yang disebabkan karena kekurangan cairan.

Sedulur bisa dengan mudah menggunakannya, cukup olesi bubuk kayu manis yang telah dicampur dengan minyak kelapa, dan oleskan pada bibir secara teratur, bibir pecah pun akan sembuh dengan cepat.

Baca Juga: 9 Manfaat Kunyit Putih yang Wajib Kamu Tahu!

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
detik.com

Kayu manis sangat ampuh dikonsumsi untuk mengurangi sakit jantung. Salah satu penyebab kematian yang paling umum adalah penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi kayu manis setiap harinya dapat memberikan efek yang menguntungkan, yaitu mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Bagi Sedulur yang mulai merasakan masalah pada jantung,bisa mencoba untuk mengkonsumsi kayu manis secara berkala.

5. Dapat Melembabkan Kulit

5. Dapat Melembabkan Kulit
liputan6.com

Kayu manis juga dapat digunakan sebagai pelembab kulit alami, terutama untuk melembabkan kulit wajah. Akibat paparan sinar matahari dan juga radikal bebas, kulit wajah seringkali tampak kering dan bersisik. Kedua hal tersebut seringkali membuat kita tidak percaya diri, dan terlebih lagi dapat menyebabkan rasa gatal.

Kayu manis sudah sejak dari zaman dulu digunakan sebagai bahan untuk lulur wajah yang dicampurkan dengan garam laut, minyak dan madu. Dengan menggunakan bahan lulur tersebut, kulit wajah akan kembali lembab dan juga akan terhindar dari kulit kering dan bersisik.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

6. Menurunkan Kadar Gula Darah
alodokter.com

Manfaat kayu manis selanjutnya adalah dapat memberikan efek antidiabetes yang kuat yang berdampak dengan turunnya kadar gula darah dalam tubuh. Kayu manis juga dapat bertindak secara otomatis yang mirip seperti cara kerja insulin. Hormon yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan gula dari aliran darah.

Selain itu, kayu manis juga dapat membantu memperlambat penguraian karbohidrat di usus yang juga dapat sangat berdampak positif untuk mencegah kadar gula darah meningkat setelah makan.

7. Sebagai Masker Jerawat

7. Sebagai Masker Jerawat
sociolla.com

Selanjutnya, kayu manis juga dapat bermanfaat sebagai masker jerawat yang sangat efektif untuk mengobati jerawat. Bukan hanya dapat melembabkan kulit wajah, manfaat kayu manis juga dapat mengobati jerawat secara efektif. Hal tersebut disebabkan oleh kandungannya yang bernama polifenol yang dapat bekerja dan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

Selain itu juga, kayu manis memiliki sifat antimikroba dan antiparasit yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat, dan juga dapat secara efektif menyembuhkan luka yang berguna untuk mengembalikan kebersihan wajah setelah mengalami jerawat.

8. Menyehatkan Otak

8. Menyehatkan Otak
indozone.com

Salah satu permasalahan para lansia adalah mengalami penyakit alzheimer dan parkinson, sebuah penyakit neurodegeneratif yang disebabkan oleh hilangnya struktur atau fungsi sel-sel otak secara progresif. Kandungan yang terdapat pada kayu manis dapat menghambat penumpukan protein di otak yang bisa menyebabkan alzheimer.

Selain itu, kayu manis juga bermanfaat untuk melindungi neuron, yang merupakan unit dasar otak dan sistem saraf agar tidak terjadinya parkinson. Parkinson merupakan penyakit saraf yang bisa saja disebabkan oleh terjadinya permasalahan penerimaan sensorik dari luar.

9. Membuat Kulit Bercahaya

9. Membuat Kulit Bercahaya
tribunnews.com

Manfaat kayu manis selanjutnya bisa digunakan sebagai foundation yang bisa membuat kulit bercahaya. Beberapa bahan untuk merias wajah juga terbuat dari bubuk kayu manis. Sedulur bisa mencampurkan bubuk kayu manis ke dalam foundation atau loose powder dan oleskan pada wajah agar dapat membuat kulit wajah semakin bercahaya dan juga mengeluarkan kecerahannya.

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
kompas.com

Manfaat satu ini sangat dibutuhkan di tengah ancaman virus corona, yang mengharuskan kita benar-benar memperkuat imunitas tubuh. Karena manfaat selanjutnya dari kayu manis yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut disebabkan oleh sifat anti peradangan dari kayu manis yang dapat membantu tubuh meningkatkan sistem imunitas.

Sifat anti peradangan tersebut bisa membantu tubuh melawan infeksi dan juga memperbaiki kerusakan jaringan. Selain itu, kayu manis juga dapat membuat sistem imun kita menangkal bakteri dan juga virus yang dapat membahayakan tubuh. Sangat baik, untuk menangkal virus corona yang sangat mengancam.

Semoga daftar manfaat dari kayu manis yang telah dijelaskan di atas bisa menambah wawasan Sedulur sekaligus juga bisa digunakan oleh Sedulur sebagai panduan untuk mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Sedulur harus menyediakan kayu manis sebagai persediaan.

Baik sebagai bumbu masak atau juga untuk kebutuhan lainnya. Sedulur bisa membeli kayu manis di Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Sedulur juga bisa mengunjungi laman Aplikasi Super, untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut dan mendapatkan informasi yang dapat menguntungkan Sedulur Super.