katun rayon

Katun rayon adalah salah satu jenis kain yang dapat digunakan sebagai bahan pakaian. Setiap jenis kain memiliki fungsi berbeda yang baik digunakan untuk jenis pakaian tertentu. Hal tersebut disebabkan setiap jenis kain memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Dalam kesempatan kali ini, mari membahas bahan jenis kain katun rayon, lengkap dengan karakteristik kain, jenis-jenisnya, hingga apa saja kelebihan dan kekurangan dari kain itu sendiri. Hal ini bertujuan agar Sedulur mengetahui manfaat serta berbagai kegunaan kain untuk jenis pakaian tertentu.

BACA JUGA: 15 Jenis Kain Katun Best Seller, Keunggulan & Karakteristiknya

Apa itu katun rayon?

Ethica Collection

Kain katun rayon adalah kain yang terbuat dari kombinasi antara bahan rayon dan bahan katun. Kombinasi antara kedua bahan itu menghasilkan sebuah kain yang cukup nyaman ketika digunakan dengan harga yang terjangkau.

-->

Bahan katun dan bahan rayon terbuat dari dua bahan yang berbeda. Bahan katun terbuat dari serat kapas, sedangkan bahan rayon terbuat dari serat selulosa tumbuhan. Hal ini membuat katun menjadi pilihan untuk beberapa jenis pakaian tergantung dengan kegunaannya.

Karakteristik kain

katun rayon
Bukabukumu

Katun rayon memiliki karakteristik sebagai ciri khasnya. Tidak berbeda dengan jenis katun lainnya, rayon memiliki karakteristik yang mirip. Berikut ini adalah karakteristiknya.

  • Rayon memiliki tekstur dengan bahan yang cenderung licin dan ringan.
  • Rayon terkesan jatuh saat dipakai, namun sangat ringan digunakan.
  • Kain rayon terasa adem sehingga sangat nyaman digunakan.
  • Mudah menyerap keringat dengan efektif.
  • Retensi kain rayon cenderung sangat rendah sehingga cukup sulit untuk dikembalikan ke bentuk asli jika sudah kusut.

Melihat karakteristik di atas, jelas bahwa banyak keuntungannya. Dari penjelasan di atas, Sedulur bisa menjawab pertanyaan bahwa bahan katun rayon tembus tidak. Rayon yang tipis cenderung tembus, namun masih sangat nyaman digunakan. Terkait harganya, harga katun rayon agak mahal, hal tersebut sesuai dengan keunggulan kainnya.

Jenis-jenis kain

Kaos-Kerah

Berikut ini beberapa jenis katun rayon yang sering kali digunakan sebagai bahan pakaian oleh masyarakat pada umumnya.

  1. Jenis pertama adalah rayon viscose. Katun rayon viscose adalah serat benang yang berasal dari pohon dan dapat terurai alami. Kain ini lebih ramah lingkungan dan memiliki sifat sejuk.
  2. Rayon polyester (PE) merupakan kombinasi dari rayon dan polyester, memiliki karakteristik kain yang agak kasar, kaku, dan mudah sobek.
  3. Rayon jersey yang terbuat dari campuran benang serat rayon dan benang sejar jersey. Kain rayon jersey yang dijual dalam bentuk gulungan besar biasanya disertai informasi mengenai persentase benang jersey yang digunakan.
  4. Rayon spandeks merupakan jenis rayon yang lebih unggul dari jenis lainnya, karena teksturnya yang lebih elastis, lembut, dan nyaman untuk digunakan.
  5. Selanjutnya rayon crinkle, keunikan berupa teksturnya yang tidak rata dan berkerut-kerut menyerupai kulit jeruk. Kendati demikian, teksturnya tetap halus, lembut, dan tidak terlalu tebal.

BACA JUGA: 16 Kerajinan Kain Flanel yang Unik dan Cara Membuatnya

Kegunaan kain

katun rayon
Pustaka Sekolah

Kain katun jenis ini dapat digunakan untuk beberapa jenis pakaian. Kegunaan ini disesuaikan dengan karakeristik dari katun satu ini, sebagaimana yang dijelaskan di atas, kain katun ini memiliki tekstur yang sangat halus. Hal ini memengaruhi kegunaannya. Berikut ini beberapa kegunaan kain yang dimaksud.

1. Rok

Kain katun sangat umum digunakan sebagai bahan rok. Selain dapat digunakan sebagai rok untuk bekerja, rok dengan katun ini juga bisa digunakan kasual juga. Rok yang sering digunakan oleh para wanita ada yang menutupi seluruh bagian bawah mulai dari pinggang hingga mata kaki dan ada pula yang hanya dari pinggang hingga dengkul saja.

2. Gamis

Kain katun sangat cocok digunakan sebagai gamis, di tengah bulan puasa, bagi Sedulur yang ingin mengunakan gamis yang berbeda, bisa membuatnya menggunakan kain katun rayon. Juga bisa jadi pilihan untuk busana di saat lebaran nantinya.

3. Dress

Kegunaan kain katun jenis ini selanjutnya yaitu dapat digunakan sebagai dress. Dress yang digunakan oleh banyak wanita ini menjadi sebuah tren karena model dan warnanya cukup banyak. Bukan hanya itu, dress juga dapat digunakan untuk acara formal dan nonformal, seperti meeting, pernikahan, acara pesta, dan sebagainya.

4. Kemeja atau baju koko

Kain katun rayon polos juga bisa digunakan sebagai kemeja atau baju koko. Menjelang lebaran tahun 2022 ini, bagi Sedulur yang belum menentukan jenis kain untuk dijadikan baju koko, Sedulur bisa menggunakan kain katun jenis ini sebagai pilihan. Dijamin akan sangat nyaman.

5. Blus

Kain katun satu ini sangat berguna untuk digunakan sebagai blus. Terutama jika jenis katun rayon motif, hal ini terjadi seiring dengan berkembangnya fashion blus. Selain itu, kain ini juga sangat halus, membuat perempuan yang menggunakan blus sangat nyaman dan tenang.

Kelebihan kain

Kain

Setiap jenis kain memiliki kelebihan dan kekurangannya. Begitu juga dengan katun rayon, yang secara spesifik memiliki kelebihan. Berikut ini adalah kelebihan dari katun rayon itu sendiri.

1. Warna yang mengkilap

Kelebihan pertama dari katun rayon adalah warnanya yang mengkilap, hal ini membuat katun rayon terlihat lebih indah dari jenis kain lainnya. Kelebihan lainnya yaitu katun rayon memiliki jenis warna cerah yang beragam, hal tersebut membuat Sedulur lebih leluasa memilih warna-warna cerah pada kain satu ini.

2. Tekstur kain yang sangat halus

Kelebihan selanjutnya yaitu tekstur kain yang sangat halus. Karena katun rayon memiliki tekstur yang halus dan licin. Beberapa orang yang menyukai kain ini sering menjulukinya sebagai kain sutera kedua. Kelebihan kain yang halus yaitu dapat mengurangi terjadinya gesekan pada kulit sehingga menghindari terjadinya iritasi.

3. Mampu menyerap keringat

Banyak yang bertanya bahan katun rayon panas atau tidak? Jawabannya tentu saja tidak, karena tekstur kain yang sangat halus dan kemampuannya yang dapat menyerap keringat dengan cepat. Katun rayon merupakan jenis kain yang cocok digunakan untuk pakaian olahraga, karena sangat aman untuk kulit dan tubuh saat digunakan olahraga.

Kekurangan kain

katun rayon
Gramedia

Tidak dapat dipungkuri, katun rayon merupakan kain yang juga memiliki kekurangan di samping kelebihan-kelebihan kain yang telah dijelaskan di atas. Beberapa kekurangan kain satu ini adalah sebagai berikut.

1. Tidak mudah kering

Kekurangan kain satu ini sangat sering dikeluhkan oleh setiap orang, karena ketika selesai dicuci katun ini membutuhkan waktu yang lama untuk kering. Meskipun mudah menyerap keringat, namun ketika dijemur membutuhkan waktu yang lama untuk kering. Maka dari itu, disarankan untuk memeras kain satu ini hingga air cucian benar-benar keluar ketika hendak menjemurnya.

2. Tidak awet

Sayangnya katun rayon adalah kain yang tidak awet. Terlebih lagi, jika sering terkena sinar matahari secara langsung. Bukan hanya dari panas sinar matahari saja, suhu setrika yang terlalu panas dapat menyebabkan bahan katun rayon mudah rusak atau rapuh. Kain katun rayon yang mudah rapuh, maka akan mudah sobek juga. Bahkan, tak sedikit yang akan memunculkan jamur dan bau asam.

3. Mudah terbakar

Ini juga kekuarangan yang membuat orang berpikir keras untuk menggunakan kain satu ini, sebab bahannya yang sangat mudah terbakar membuat banyak orang khawatir menggunakan jenis kain satu ini. Seseorang yang bekerja berdekatan dengan api, sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan kain satu ini.

BACA JUGA: Kain Polyester: Jenis, Kelebihan & Kekurangannya

Kain yang cocok untuk pakaian olahraga

Kumparan

Kain satu ini sangat cocok untuk digunakan saat Sedulur olahraga. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, rayon memiliki keunggulan yang dapat menyerap keringat dengan cepat. Hal ini tentu saja sangat efektif untuk menyerap keringat yang dihasilkan saat berolahraga. Terutama olahraga kardio yang memproduksi keringat berlebih.

Selain itu, karakteristik kain yang lembut dan nyaman digunakan sangat efektif digunakan. Namun, Sedulur bisa menggunakan rayon dengan karateristik yang elastis. Agar setiap gerakan olahraga bisa lebih optimal dilakukan.

Cara merawatnya

Shanen Hijab

Dibalik kabar buruk tentang kekurangan dari kain satu ini, yang menjadi kelebihan selanjutnya yaitu cara merawatnya. Berikut ini beberapa cara yang dapat Sedulur lakukan untuk merawat kain satu ini.

  • Cuci secara manual dengan tangan supaya kain tidak mudah melar. Selain itu, warna pada kain akan lebih awet.
  • Hindari menggunakan pemutih pakaian karena dapat membuat baju cepat sobek.
  • Ketika memeras baju, jangan terlalu kencang agar bentuk asli dari baju tersebut tidak hilang.
  • Ketika menjemur, Sedulur bisa menggunakan gantungan baju agar cepat kering dan bentuk baju tetap terjaga.
  • Setrika bahan kain ini dengan diberikan sedikit air agar tidak terlalu panas.

Itulah penjelasan lengkap terkait kain katun rayon yang perlu Sedulur ketahui. Semoga penjelasan di atas bisa membuat Sedulur lebih memahami jenis-jenis kain dan menyesuaikan jenis kain dengan kebutuhan kegiatan sehari-hari. Hal ini bertujuan agar kegiatan Sedulur dapat ditunjang dengan penggunaan pakaian yang tepat.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!