Apakah Sedulur tahu film Indonesia terbaik? Yuk, simak daftar rekomendasi film Indonesia terbaik di bawah ini. Mana yang sudah ditonton?

Film Indonesia sedang memasuki masa produktif, banyak film dari sineas Indonesia yang dihasilkan dari berbagai genre. Mulai dari horor hingga film aksi. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan daftar film terbaik Indonesia. Beberapa daftar film bioskop Indonesia banyak yang memiliki cerita menarik dan seru.

Beberapa tahun belakangan, film Indonesia mulai kembali menggeliat dan menunjukan kemajuan yang positif. Banyak sineas yang menghasilkan film yang memiliki kualitas cerita yang menarik dan sekaligus memiliki visual dan efek yang tidak kalah kualitasnya dengan film luar negeri.

Kumpulan film Indonesia terbaik sepanjang masa terdiri dari berbagai genre dan dibuat oleh berbagai sineas yang terbaik. Banyak film Indonesia yang bagus yang terdiri dari berbagai cerita menarik, mulai dari horor hingga aksi dan bahkan komedi. Apa saja daftar film Indonesia tersebut? Yuk simah daftar film Indonesia rekomendasinya di bawah ini!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik, Bikin Menguras Emosi!

Daftar Rekomendasi Film Indonesia Terbaik yang Wajib Sedulur Tonton!

1. Dilan 1990

1. Dilan 1990
tribunnews.com

Salah satu film drama Indonesia terbaik ini menceritakan tentang sosok Dilan yang sangat mencintai Milea. Diadaptasi dari Novel yang ditulis oleh Pidi Baiq ini banyak yang menyukainya. Lebih dari 3.122.263 menonton film ini. Terdapat sekuel dari film Dilan 1990, yaitu Milea: Suara dari Dilan. Dalam film Milea, sudut pandang film dari Milea.

2. Dua Garis Biru

2. Dua Garis Biru
detik.com

Kali ini merupakan film Indonesia yang sempat menuai kontroversi, pasalnya film ini membahas tentang hubungan remaja yang kebablasan. Tema remaja, sekolah dan percintaan sebenarnya merupakan sebuah tema yang baik untuk dijadikan sebagai materi pendidikan. Pendidikan seks juga ditonjolkan dalam movies Indonesia satu ini. Sedulur bisa memberikan pendidikan seksual ke anak-anak Sedulur dengan mendampingi nonton film satu ini.

3. Mata Batin

3. Mata Batin
abadkini.com

Rekomendasi film Indonesia selanjutnya adalah Mata Batin. Film yang dibintangi oleh Jessica Mila dan Denny Sumargo ini menceritakan tentang kondisi seseorang yang dibuka mata batinnya. Seseorang tersebut akhirnya menemukan banyak sosok yang meminta pertolongan kepadanya. Kesuksesan Mata Batin pun ditandai dengan rilis sekuel film dengan judul Mata Batin 2.

Baca Juga: 20+ Rekomendasi Film Action Terbaik, Sayang Buat Dilewatkan!

4. Critical Eleven

4. Critical Eleven
detik.com

Film Indonesia terbaik selanjutnya adalah Critical Eleven, disutradarai oleh Monty Tiwa dan Robert Ronny. Film ini diadaptasi dari novel karya Ika Natassa. Selain itu, film ini juga dibintangi oleh aktor papan atas Indonesia, yaitu Reza Rahadian dan Adinia Wirasti. Film ini menceritakan tentang kisah cinta Ale dan Anya yang terjalin da berjalan begitu istimewa.

5. Pengabdi Setan

5. Pengabdi Setan
kompasiana.com

Selanjutnya adalah film berjudul Pengabdi Setan. Film hasil karya tangan dingin Joko Anwar ini menulis ulang dan membuat ulang film horor yang tayang pada tahun 1980 dengan judul yang sama. Dengan jalan cerita yang lebih mutakhir dan keterkaitan antar karakter yang sangat kuat, membuat film ini membangkitkan gairah film horor di Indonesia.

6. Gundala

6. Gundala
alinea.id

Salah satu film superhero kebanggaan Indonesia. Film ini juga digarap oleh tangan dingin dari sineas muda Indonesia, yaitu Joko Anwar. Bagi Sedulur yang menggemari film-film karya Joko Anwar dan juga mengikuti komik Gundala, wajib menonton film satu ini. Ditambah lagi, Gundala merupakan film pertama yang akan membuka semesta superhero asal Indonesia.

7. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

7. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini
theconversation.com

Film Indonesia terbaik selanjutnya berasal dari novel karya Marchella FP yang sukses dengan bukunya berjudul Generasi 90. Film ini menceritakan tentan suasana kakak-beradik yang menyimpan rasa pilu masing-masing. Hingga kemudian masing-masing dari mereka memberontak dan rahasia keluarga pun terungkap. Bagi Sedulur yang penasaran, Sedulur bisa langsung tonton film satu ini.

8. Suzanna

8. Suzanna
idntimes.com

Film Indonesia bergenre horor satu ini rilis pada tahun 2018, Sedulur wajib nonton film ini, karena film ini menceritakan tentang sosok Suzanna, seorang aktor film horor legendaris Indonesia. Sosok Suzanna diperankan oleh Luna Maya dengan beberapa riasan yang membuatnya mirip dengan Suzanna. Bagi Sedulur yang ingin bernostalgia nonton film Suzanna, wajib nonton film satu ini.

9. Guru-Guru Gokil

9. Guru-Guru Gokil
cnnindonesia.com

Selanjutnya adalah film komedi berjudul Guru-Guru Gokil. Film Indonesia terbaik ini dibintangi oleh para aktor yang memiliki jiwa humor yang tinggi. Banyak tingkah lucu yang terjadi dalam film ini. Bagi Sedulur yang ingin tertawa lepas, Sedulur bisa menonton film satu ini sebagai rekomendasi.

10. Sebelum Iblis Menjemput

10. Sebelum Iblis Menjemput
infobaru.id

Film Indonesia terbaik sedang diisi oleh film-film horor, salah satu film horor terbaik adalah Sebelum Iblis Menjemput. Film ini diperankan oleh Pevita Pearce dan Chelsea Islan. Film ini dijamin mampu membuat Sedulur merinding, selain itu film ini ada sekuelnya yang berjudul Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, yang baru tayang tahun 2020 lalu.

11. Rasuk 2

11. Rasuk 2
kompas.com

Rekomendasi film Indonesia terbaik selanjutnya diperankan oleh Nikita Willy yang menceritakan tentang mahasiswa kedokteran yang sering melihat hantu saat praktek otopsi. Film yang berdurasi 95 menit ini bisa membuat bulu kuduk Sedulur merinding, terlebih lagi berdasarkan kejadian nyata yang sering dialami oleh mahasiswa kedokteran saat praktek otopsi.

12. Cek Toko Sebelah

12. Cek Toko Sebelah
kompas.com

Film Indonesia terbaik selanjutnya adalah Cek Toko Sebelah. Film ini diperankan dan disutradarai oleh Ernest Prakasa. Menceritakan tentang bagaimana minoritas etnis Tionghoa yang memiliki keterbatasan dalam kehidupan sosial masyarakat di Indonesia. Film ini sarat dengan kritik yang terbersit. Cocok ditonton bagi kita untuk memperluas pandangan sosial kita.

13. Perempuan Tanah Jahanam

13. Perempuan Tanah Jahanam
detik.com

Rekomendasi film Indonesia terakhir yang wajib Sedulur tonton adalah Perempuan Tanah Jahanam. Film yang diperankan oleh sederet aktor dan aktris papan atas Indonesia ini memiliki jalan cerita yang menyeramkan. Disutradarai oleh Joko Anwar, film ini semakin menegaskan Joko Anwar sebagai filmmaker terbaik yang dimiliki oleh Indonesia.

14. Hit and Run

14. Hit and Run
montasefilm.com

Selanjutnya film Indonesia terbaik diperankan oleh Joe Taslim dan bergenre komedi. Film Indonesia terbaik bercerita tentang seorang polisi yang harus berhadapan dengan gembong narkoba. Sedulur yang rindu melihat aksi laga Joe Taslim, bisa nonton film satu ini. Joe Taslim merupakan salah satu aktor terbaik yang dimiliki oleh Indonesia.

15. Imperfect

15. Imperfect
hipwee.com

Film Indonesia terbaik selanjutnya yaitu Imperfect, film ini menyuguhkan cerita menarik dengan pesan moral yang tinggi. Film ini mengangkat tentang isu body shaming yang saat ini tengah menjadi perhatian. Menjalani hidup dengan bentuk tubuh yang tidak proporsional membuat Rara sejak kecil merasa minder. Namun seketika kehidupan Rara berubah dan bertekad untuk memperbaiki bentuk tubuhnya.

16. Kafir Bersekutu dengan Setan

16. Kafir Bersekutudengan Setan
hipwee.com

Film ini menceritakan tentang sosok ibu dua orang anak yang mulai dihantui dan diteror oleh sosok-sosok misterius dan menyeramkan ketika sang suami meninggal secara tidak wajar. Film ini merupakan rekomendasi film  Indonesia terbaik saat ini kembali mengangkat cerita horor khas tahun 1980-an.

17. Warkop DKI Reborn

17. Warkop DKI Reborn
fimela.com

Film Indonesia terbaik ini mengangkat kembali cerita tentang grup lawak legendaris Indonesia, yaitu Warung Kopi DKI. Film ini diperankan oleh Vino G. Bastian yang memerankan sebagai Kasino, Tora Sudiro yang memerankan Indro, dan Abimana yang memerankan Dono. Komedi khas Warkop Prambors bisa Sedulur saksikan dalam film Indonesia terbaik satu ini.

18. Laskar Pelangi

18. Laskar Pelangi
tribunnews.com

Film Indonesia terbaik selanjutnya berasal dari novel yang ditulis oleh Andrea Hirata, menceritakan tentang sekumpulan anak desa di Pulau Belitung, dengan ekonomi pas-pasan dan memiliki cita-cita tinggi untuk sekolah dan menaklukan dunia. Film Indonesia terbaik ini telah berhasil menarik 4.719.453 penonton.

19. Pocong The Origins

19. Pocong The Origins
detik.com

Siapa yang tidak tahu pocong? Sosok hantu yang legendaris di Indonesia, walaupun tidak semua masyarakat Indonesia pernah melihatnya, sosok pocong merupakan sosok yang menyeramkan. Menceritakan tentang sosok mahluk gaib tersebut, rekomendasi film horor sangat wajib Sedulur tontong yang menginginkan sensasi takut dan rasa tengah yang bikin bulu kuduk berinding.

20. Ada Apa Dengan Cinta 2

20. Ada Apa Dengan Cinta 2
idntimes.com

AADC merupakan film yang mengembalikan geliat perfilman Indonesia di akhir tahun 1990-an. Banyak yang menantikan kelanjutan film AADC dan hal tersebut dijawab oleh Miles Films. Film yang disutradarai oleh Riri Riza ini melanjutkan kisah cinta tentang Rangga dan Cinta yang tertahan puluhan purnama. Sedulur yang tertarik mengetahui kelanjutannya, Sedulur bisa nonton langsung filmnya.

Semoga daftar film Indonesia Terbaik yang telah dipaparkan di atas bisa memberikan rekomendasi list film bagi Sedulur yang ingin menghabiskan hari dengan menonton film. Jangan lupa juga untuk menyiapkan camilan, karena aneh rasanya jika nonton film tanpa ngemil.

Sedulur bisa menyediakan camilan untuk nonton dengan membelinya di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk melihat barang dan camilan yang tersedia di Aplikasi Super. Sedulur juga bisa download Aplikasi Super dengan klik di sini agar bisa melakukan pemesanan dengan mudah melalui smartphone.