karpet lantai

Karpet lantai yang baik akan membuat rumah semakin nyaman. Permukaan lantai pun tidak akan begitu kotor. Terutama ketika musim hujan, lantai akan terasa dingin dan menggigil ketika diinjak. Dalam hal ini, karpet sangat berfungsi untuk membuat kaki dan tubuh kita semakin nyaman.

Berikut ini adalah rekomendasi karpet lantai yang bisa Sedulur pilih dan gunakan di rumah agar rumah Sedulur semakin nyaman dihuni dan waktu istirahat bisa lebih optimal. Langsung simak apa saja rekomendasi berbagai jenis karpet lainnya di bawah ini!

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Sofa Minimalis Terbaik, Cocok untuk di Rumah

1. Delta karpet tile

karpet lantai ruang tamu
Karpet Indah

Rekomendasi karpet lantai pertama dalah karpet tile. Sedulur bisa membeli delta karpet tile ini selain bahannya yang lembut juga pilihan motif dan warnanya yang beragam. Selain itu, bagi yang sering berkunjung ke hotel pasti akan sering melihat karpet jenis ini.

-->

Sedulur bisa menggunakan karpet ini di rumah, terutama bagi yang menggunakan lantai keramik. Karpet ini akan dapat memberikan kenyamanan ekstra. Bukan hanya itu, Kamu juga bisa menggunakan karpet ini di ruang keluarga, ruang baca, atau ruang privasi Sedulur lainnya. Karpet ini bisa Sedulur dapatkan dengan harga Rp900 ribu hingga Rp1 jutaan.

2. Varnesse Floor lantai vinyl

karpet lantai plastik
iStock

Ini adalah rekomendasi karpet lantai kayu yang bisa digunakan. Karpet ini mungkin belum sepopuler karpet lantai bulu atau permadani. Varnesse Floor Lantai Vinyl Full VSTE bisa jadi pilihan. Product VSTE merupakan produk vinyl LVT (Luxury Vinyl Tile) yang memiliki ketebalan 2.00 mm.

Produk ini sudah memiliki wear layer dan nano protection yang akan menjaga warna tetap bagus dan mencegah noda menempel. Sedulur bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp400 ribu untuk beberapa meternya.

3. Artsy Sweden rugs karpet

harga karpet lantai ruang tamu
Blibli

Bagi yang tengah mencari rekomendasi karpet lantai dengan tema Skandinavia, produk karpet satu ini bisa jadi pilihan Sedulur. Karpet ARTSY Sweden Rugs ini hadir dengan desain motif garis simpel dan warna yang tidak mencolok. Desain ini tentunya semakin mempertegas kesan ruangan ala Eropa yang minimalis. Terdapat lima pilihan warna mulai dari hitam, abu-abu, hingga biru. Sedulur bisa mendapatkan karpet ini denga harga Rp100-300 ribu.

4. Ostrich carpet shiva 239

harga karpet lantai permadani
Blibli

Bagi Sedulur yang membutuhkan karpet lantai yang berukuran besar, dengan harga terjangkau dan bahan aman, bisa membeli karpet satu ini. Karena ukurannya yang lebar, karpet ini sangat cocok untuk di rumah Sedulur yang memiliki banyak anggota keluarga. Sedulur bisa mendapatkan karpet ini dengan harga Rp150 ribu saja.

5. ACE Hardware karpet bulu M8

karpet lantai tebal
Rumahpedia

Rekomendasi karpet lantai selanjutnya yaitu ACE Hardware karpet bulu M8. Karpet bulu dari ACE Hardware ini sangat berkualitas dan memiliki keunggulan yang terbuat dari bahan plyester dan anti panas.

Karpet yang satu ini sangat cocok digunakan untuk rebahan karena dijamin super nyaman. Sedulur bisa mendapatkan karpet ini dengan harga Rp150-200 ribu saja. Tentu saja Sedulur bisa mendapatkannya di ACE Hardware terdekat.

6. Karpet modern minimalis crystal BM45

karpet lantai bulu halus
Tokopedia

Karpet Modern Minimalis Crystal BM45 begitu menarik untuk dimiliki. Karpet yang satu ini diimpor dari Turki. Dibuat dari benang pilihan dengan kualitas terbaik sehingga karpetnya tahan lama digunakan. Desainnya elegan dan mewah sehingga bisa membuat ruangan makin menarik.

Karpet ini tidak berumbai dan jahitannya rapi. Bulunya tidak mudah rontok dan mudah dibersihkan. Karpet ini tidak menyerap bau dan tidak akan berjamur. Ukuran karpetnya 160 x 230 cm dengan ketebalan 15 mm. Sedulur bisa mendapatkan karpet lantai ini dengan harga Rp2 juta- Rp5 juta.

7. Maroc carpet BW01

karpet lantai meteran
Shopee

Maroc Carpet BW01 Karpet Lantai merupakan karpet dengan corak minimalis yang terkesan begitu modern. Produk ini bisa memberi kesan simpel namun elegan pada ruangan tempatnya diletakkan.

Kamu bisa memadukannya dengan desain interior apa saja. Ketebalannya pas dan terasa nyaman di kaki saat dipijak. Ukurannya adalah 160 x 210 cm dengan ketebalan 13 mm dan tinggi bulu 7 mm. Harga karpet satu ini yaitu Rp100 ribu hingga Rp400 ribu.

8. Karpet modern minimalis crystal BN72

crystal BN72
Tokopedia

Karpet Modern Minimalis Crystal BN72 ini merupakan rekomendasi selanjutnya. Produk keren ini hadir dengan kualitas yang tinggi karena merupakan karpet impor dari Turki. Dengan desain mewah dan elegan, produk ini cocok untuk setiap interior rumah. Karpetnya tidak berumbai dan mudah dibersihkan. Karpet satu ini dibanderol dengan harga Rp1 juta-8 juta.

9. Lanamora D015 wool karpet

Lanamora D015
Shopee

Rekomendasi karpet lantai selanjutnya adalah LANAMORA D015 Handtuft Premium Wool Modern Karpet. Merupakan produk terakhir rekomendasi kami. Karpet ini hadir dalam ukuran 160 x 230 cm. Terbuat dari bahan wol, karpetnya begitu empuk dan lembut. Seratnya padat dan rapat sehingga tidak mudah rusak. Sedulur bisa mendapatkan karpet ini dengan harga Rp4-13 juta.

10. Fonix karpet busa antiselir

Fonix
Blibli

Harga karpet ini dibanderol sekitar Rp350 ribu. Desainnya bagus, karpet keluaran Malaysia ini juga layak untuk dijadikan kado atau hadiah. Jika Sedulur memiliki saudara yang baru pindah rumah baru atau baru menikah, Sedulur bisa memberikan memberikan karpet ini sebagai hadiah. Mereka pasti akan menerimanya dengan senang hati.

11. Rumi carpet Turki gala karpet permadani

Rumi carpet
Blibli

Sebagaimana namanya, karpet ini berukana karpet dari Turki dan memiliki bentuk permadani. Karpet jenis ini cocok Sedulur gunakan sebagai karpet lantai ruang tamu. Terbuat dari jenis benang polyppropylene, karpetnya halus dan anti selip. Produk ini memiliki ketebalan 10 mm sehingga lebih nyaman digunakan. Ukurannya adalah 160 x 230 cm dengan berat 8 kg.

Harga karpet ini dibanderol mulai dari Rp2 juta hingga Rp6 juta. Harga yang lumayan tinggi, maka dari itu Sedulur bisa menabung terlebih dahulu.

12. Dimora stoensa IKEA Sheep Berber

IKEA Sheep Berber
Blibli

Rekomendasi karpet lantai selanjutnya merupakan keluaran dari IKEA, yaitu karpet dimora stoensa. Karpetnya berbulu tebal dan hangat. Ketebalan bulunya adalah 4 cm. Tidak berdebu dan pastinya tidak bikin kita jadi mudah bersin-bersin. Bulu domba sintetisnya begitu berkualitas tinggi. Ada alas kaki pada produk ini sehingga tidak mudah bergeser.

Ukuran karpetnya besar yakni 250 x 250 cm. Sedulur pun bisa mudah mencucinya. Cukup rendam dengan deterjen cair, kucek sedikit, lalu bilas. Harga karpet lantai permadani sangat terjangkau, yaitu dibanderol dengan harga Rp655 ribu saja.

13. Bluelans Modern Candy Color

Bluelans Modern Candy Color
Blibli

Rekomendasi karpet lantai bulu halus selanjutnya yaitu Bluelans Modern. Karpet ini terbuat dari bahan poliester dengan bagian bawah karpet tersebut dari anti selip sehingga karpet tidak mudah bergesar. Bagi Sedulur yang memiliki ruang tamu atau ruang keluarga yang luas, sangat cocok menggunakan karpet satu ini. Karpet ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp100 ribu hingga Rp400 ribu.

14. Rumi carpet crystal BT71

Rumi carpet crystal BT71
Blibli

Rumi Carpet Crystal BT71 ini merupakan karpet modern yang terbuat dari bahan polypropylene. bisa meletakkannya di mana saja. Karpetnya didesain elegan dan kekinian. Bahannya halus dan lembut jadi lebih nyaman dipijak. Karpet ini hadir dalam ukuran 120 x 170 cm. Ada warna beige cream yang bisa Sedulur miliki. Sedulur bisa mendapatkan karpet lantai ini dengan harga Rp1 juta hingga Rp5 juta.

15. Rumi carpet Leonardo AZ73

Leonardo AZ73
Blibli

Rumi Carpet Leonardo AZ73 juga menjadi rekomendasi karpet modern yang sayang dilewatkan. Produk ini terbuat dari bahan polypropylene. Bahannya empuk, halus, dan lembut. Ini bisa memberi sensasi hangat dan menenangkan saat dipijak. Karpet berukuran 200 x 300 cm ini cocok untuk ruang tamu atau ruang keluarga. Ketebalan karpetnya adalah 14 mm.

Karpet berwarna merah ini memberikan kesan yang elegan. Sedulur bisa mendapatkan karpet lantai meteran ini dengan harga mulai dari Rp1 juta hingga Rp12 juta

Tips memilih karpet lantai

Tips memilih karpet lantai
Decorindo

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum membeli dan memilih karpet. Terdapat beberapa poin penting yang perlu diperhatikan, terutama yang berkaitan dengan keselarasan interior rumah. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih lantai adalah sebagai berikut:

1. Pilih dan gunakan motif yang sesuai. Sebelum membeli karpet, Sedulur pastikan terlebih dahulu bahwa motif yang digunakan sudah sesuai dan cocok dengan desain interior rumah. Jika ingin memberikan kesan yang lebih ramai, maka kamu bisa memilih karpet dengan motif. Namun jika ingin memberi kesan kalem, kamu bisa memilih motif yang polos.

Pastikan juga untuk memilih warna yang tepat. Sedulur bisa memilih warna yang bisa menghubungkan warna dari furnitur dan barang yang ada di ruangan tersebut. Pastikan saja warnanya tidak kontra dengan warna furnitur lain sehingga kesan estetikanya masih bisa dipertahankan.

2. Pilih bahan karpet sesuai suhu tempat tinggal. Saat memilih karpet lantai, Sedulur bisa memperhatikan bahan pembuatannya. Bahan karpet bisa disesuaikan dengan suhu tempat tinggal. Semisal kamu tinggal di area berudara panas, pastikan karpetnya tidak menambah panas udara di sekitar.

Kamu bisa memilih karpet bahan katun yang adem namun tetap bisa menghangatkan saat dibutuhkan. Bahan katun hadir dengan daya serap baik. Selain itu, jika dicuci pun bahan karpetnya lebih cepat kering. Sebaliknya, jika tinggal di area bersuhu udara dingin, sebaiknya kamu memilih karpet yang bisa memberi nuansa hangat.

3. Sesuaikan budget. Saat hendak membeli karpet lantai, sudah seharusnya Sedulur menyesuaikan budget yang dimiliki. Jika memang budget belum memenuhi untuk membeli karpet, Sedulur bisa menyimpan uangnya terlebih dahulu dan membeli karpet hingga uang yang Sedulur milik benar-benar terkumpul.

Jangan lupa juga untuk mencari referensi terlebih dahulu terutama referensi harga karpet. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mempertimbangkan harga dari jenis karpet yang akan dibeli.

4. Sesuaikan karpet dengan ruangan. Sesuaikan karpet yang akan dipasang dengan ruangannya. Setiap ruangan membutuhkan karpet yang berbeda jenisnya. Ini supaya bisa mendukung fungsi ruangan dan juga bisa memaksimalkan fungsi karpet itu sendiri. Jika berniat meletakkan karpet di ruang tamu, pilih tekstur yang berbulu pendek dan padat. Karpet jenis ini membuat kamu jadi lebih mudah untuk membersihkan debu dan juga remahan kue suguhan di ruang tamu.

BACA JUGA: 18 Model Sekat Tembok Ruang Ramu Kecil Minimalis Jadi Luas

Tips membersihkan karpet

Tips membersihkan karpet
Courtina

Bukan hanya mengetahui tips saat membeli karpet, Sedulur juga wajib tahu bagaimana cara membersihkannya. Perlu diakui, membersihkan karpet memang hal yang sangat berat, tidak jarang membuat kita malas melakukannya. Namun bukan hanya malas menjadi faktor utama, juga karena kita tidak tahu cara membersihkannya.

Berikut ini adalah cara membersihkan karpet yang bisa dilakukan. Daripada mengeluarkan uang yang cukup mahal untuk laundry karpet, Sedulur bisa coba membersihkannya sendiri. Yuk, langsung kita simak tipsnya di bawah ini.

1. Gunakan vacuum cleaner. Bagi yang memiliki karpet lantai tebal, Sedulur wajib menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet. Alat ini juga efektif untuk menyedot debu yang menempel. Sebelum membahasi karpet, Sedulur bisa menyedot debunya terlebih dahulu.

Beda bahan, beda juga cara membersihkannya. Bagi yang menggunakan karpet lantai plastik, kamu bisa langsung membasahi karpet tanpa harus menyedotnya menggunakan vacuum cleaner.

2. Cuci dengan teknik menggantung. Tips mencuci karpet lantai kedua adalah dengan menggunakan teknik menggantung. Sedulur bisa menggunakan jemuran atau pagar untuk menggantungnya. Hal ini mempermudah Sedulur dalam mencucinya. Kamu tidak perlu membungkuk untuk mencucinya karena bisa membuat pegal atau nyeri pinggang.

3. Teknik semprot. Kamu juga bisa menggunakan teknik semprot di seluruh bagiannya dengan air menggunakan selang atau pressure washer. Hal ini berguna untuk mengeluarkan partikel atau debu yang terselip di sela-sela. Dengan menyemprotnya akan membantu mendorong kotoran dari sela-sela.

4. Gunakan sabun khusus untuk mencuci karpet. Hal ini disarankan agar cairan pembersih tidak merusak bahan karpet, tidak memudarkan, dan membersihkan kotoran lebih maksimal. Terlebih jika terdapat noda yang membandel. Berbeda dengan deterjen biasa, dikhawatirkan akan merusak serat atau bahan dari karpet. Terlebih jika bahan karpet yang dimiliki adalah karpet bulu. Beda sabun tentu beda bahan, bahan sabun untuk karpet cocok untuk membersihkan karpet.

5. Gunakan baking soda. Jika ada noda membandel pada karpet yang tak hilang menggunakan sabun, Sedulur bisa gunakan baking soda. Kandungan pada baking soda mampu mengangkat kotoran dan noda membandel tanpa merusak bahan atau serat karpet. Saat penggunaannya, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan khusus.

6. Bilas dan gunakan sikat halus. Saat menggunakan sabun atau baking soda, Sedulur bisa gunakan sikat halus untuk menyikat bagian-bagian yang membutuhkan gosokan ekstra. Seperti untuk menghilangkan noda atau kerak pada karpet. Jika masih ada bau yang tidak menyenangkan, kamu bisa segera menambutkan bedak bayi untuk menghilangkan bau tidak sedap tersebut.

7. Jemur di tempat yang berangin dan hindari sinar matahari langsung. Setelah selesai proses mencucinya, kamu perlu mengeringkannya. Jangan biarkan karpet terjemur di bawah sinar matahari langsung. Kamu bisa menjemurnya di tempat yang rindang atau di garasi rumah. Pastikan tempat yang Sedulur gunakan untuk menjemur memiliki banyak angin sehingga karpet bisa kering hingga ke sela-sela. Jika langsung menjemurnya di bawah paparan sinar matahari akan membuat warna karpet memudar.

Itulah tadi rekomendasi karpet lantai yang dapat digunakan untuk membuat rumah Sedulur agar semakin nyaman. Jangan lupa juga sesuaikan warna karpet dengan warna cat rumah dan desain interior rumah Sedulur. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kamu, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!