karakteristik kelinci

Kelinci merupakan hewan vertebrata dan binatang ini biasa dijadikan peliharaan karena penampakannya yang lucu dan menggemaskan. Karakteristik kelinci ada di badannya dipenuhi bulu tebal dan memiliki telinga lebar. Jika dilihat secara seksama, kelinci punya kemiripan dengan kanguru karena jalannya meloncat-loncat. Yang membedakan adalah kelinci tidak memiliki kantong.

Selain cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan, dagingnya enak untuk disantap. Daging kelinci mempunyai gizi cukup baik untuk tubuh karena mengandung protein tinggi dibandingkan daging ayam. Daging hewan vertebrata atau hewan dengan tulang belakang di tubuhnya ini kerap diolah menjadi masakan lezat. Sebut saja tongseng, gulai, dan sate yang peminatnya tak pernah sepi. Penasaran dengan karakteristik, makanan kelinci, dan sifatnya kepada manusia? 

BACA JUGA: 14 Makanan Kelinci yang Sehat Bergizi dan Mudah Didapat

1. Termasuk golongan hewan vertebrata

makanan kelinci adalah
Pexels

Karakteristik kelinci yang pertama adalah termasuk golongan hewan vertebrata yang memiliki tulang belakang di tubuhnya. Bagian tulang belakangnya berfungsi untuk menopang berat badan tubuh, melindungi bagian sumsum tulang belakang, dan menghubungkan ke bagian saraf.

-->

Dengan demikian, susunan tubuh dan sistem kerja di organnya akan jauh lebih baik. Ini adalah tanda yang membuat hewan ini masuk dalam kategori vertebrata:

  • Punya tulang belakang lurus mulai dari kepala hingga ekor
  • Punya kepala, leher, badan, dan ekor
  • Memiliki tengkorak di bagian belakang kepala untuk melindungi otak
  • Punya dua pasang alat gerak pada bagian tubuhnya

2. Vivipar

Vivipar
Pexels

Kelinci termasuk hewan herbivora alias pemakan tumbuhan seperti rumput dan ilalang. Dalam urusan perkembangbiakan, kelinci masuk dalam keluarga vivipar. Vivipar adalah golongan hewan yang berkembang biaknya dengan cara melahirkan. Berikut  ini ciri vivipar pada kelinci:

  • Dilahirkn melalui tubuh induknya
  • Kelinci betina punya kelenjar susu di tubuhnya
  • Kelinci betina menyusui anaknya
  • Tubuhnya tertutupi oleh rambut atau bulu halus
  • Punya daun telinga panjang

3. Herbivora

kelinci termasuk hewan herbivora
Pexels

Klasifikasi hewan berdasarkan jenis makanannya dibedakan menjadi tiga macam. Mulai golongan herbivora, karnivora, hingga omnivora. Herbivora merupakan hewan pemakan tumbuhan, karnivora pemakan daging, dan omnivora pemakan segalanya.

Kelinci termasuk hewan herbivora alias pemakan tumbuhan. Kelinci dapat memakan jenis jenis tumbuhan, mulai wortel, kol, hingga biji-bijian. Dari semua jenis makanan tersebut, makanan kelinci adalah wortel. Sebab wortel menjadi makanan yang disukai hewan pengerat ini.

BACA JUGA: 7 Perbedaan Terwelu dan Kelinci yang Tidak Bisa Disamakan

4. Klasifikasi kelinci

karakteristik
Pexels

Memahami hewan berdaun lebar ini juga diperlukan ilmu tentang klasifikasinya. Simak dan pahami penjelasan di bawah ini:

  • Kerajaan : Animalia
  • Superfilum : Chordata
  • Filum : Vertebrata
  • Kelas : Mammalia
  • Ordo : Lagomorpha
  • Famili : Leporidae

5. Nokturnal

Nokturnal
Pexels

Hewan nokturnal merupakan hewan yang aktif di malam hari dan saat siang tidur. Ini sesuai dengan karakteristik kelinci yang mana mereka cenderung lebih aktif di malam hari. Kelinci punya penglihatan tajam ketika malam hari. Mengingat saat malam hari, cahaya sangat minim dan remang-remang, sehingga mata kelinci lebih tajam.

Mata kelinci sama-sama baik fungsinya mau yang di sisi kiri dan kanan kepala sehingga dengan demikian dapat melihat 360 derajat. Saat dalam keadaan bahaya, kelinci akan segera menyelamatkan diri dengan masuk ke liang tanah supaya terhindar dari pemangsa.  

6. Mamalia

mamalia
Pexels

Karaktekristik kelinci berikutnya adalah mereka masuk dalam golongan mamalia. Mamalia merupakan hewan menyusui dan kelinci masuk ke dalamnya. Hewan berbulu ini masuk dalam famili leporidae dan banyak ditemukan seluruh penjuru dunia.

Di alam liar, kelinci membuat tempat perlindungan berupa liang-liang. Fungsinya sebagai tempat hibernasi dan menghindari diri dari pemangsa. Jadi saat dikatakan apakah kelinci mamalia atau bukan, maka jawabannya mamalia.

BACA JUGA: 10+ Jenis Ular Sawah Berbahaya yang Harus Kamu Waspadai

7. Bernapas dengan paru-paru

paru-paru
Pexels

Kelinci termasuk hewan vertebrata alias mempunyai tulang belakang yang berguna dalam menopang tubuh. Karakteristik kelinci berikutnya adalah mereka bernapas menggunakan paru-paru.

Ciri khas ini umumnya ditemukan pada hewan mamalia seperti paus, lumba-lumba, monyet, dan masih banyak lagi. Kelinci merupakan hewan mamalia darat sehingga ketika mereka mampu bernapas dengan paru-paru. Kondisi ini bisa dipengaruhi oleh habitat kelinci yang hanya hidup di darat.

8. Hewan pengerat

apakah kelinci termasuk hewan pengerat
Pexels

Banyak orang bertanya-tanya apakah kelinci termasuk hewan pengerat? Jawabannya ya. Sebab, hewan pengerat umumnya punya dua gigi seri dan terus tumbuh di bagian rahang atas hingga bawah. Fungsi kedua gigi seri ini berguna dalam mengerat ataupun menggrogoti makanan mereka. Fungsi lainnya, kedua gigi ini berguna mencabik-cabik musuh dan benda di sekitarnya.

Mayoritas mamalia hampir 40 persennya merupakan hewan pengerat. Beberapa hewan pengerat dan mamalia misalnya adalah tupai, landak, hamster, berang-berang, sampai dengan kelinci. Semua mamalia pun bisa ditemukan di beragam benua kecuali di Antartika.

9. Punya daun telinga panjang

teling panjang
Pexels

Karakteristik kelinci berikutnya adalah mereka memiliki daun telinga panjang. Keberadaan telinga panjang bisa digunakan untuk beragam keperluan. Misalnya mendeteksi pemangsa, musuh, dan sebagainya.

Dengan keberadaan telinga panjangnya, maka pendengaran kelinci sangat sensitif saat sedang terancam. Fungsi lain adanya telinga panjang pada kelinci adalah untuk mengatur dan menstabilkan suhu pada hewan pengerat ini.

10. Kelinci termasuk hewan yang mudah stres

stres
Pexels

Stres tidak hanya dialami oleh manusia, pada hewan pun juga demikian. Hewan yang paling rentan terkena stres adalah kelinci. Karakteristik kelinci merupakan hewan sensitif akan segala ancaman. Mulai dari musuh, pemangsa, dan lain sebagainnya. Adanya sensitifitas pada hewan pengerat ini membuat kelinci sangat mudah mengalami stres dari mulai tingkat sedang sampai tinggi.

Buat yang hobi memelihara kelinci, rawat hewan ini sebaik-baiknya. Sedulur dapat mengajak hewan nokturnal ini dengan bermain di luar kandang dengan berjalan-jalan di waktu pagi. Bahkan bisa juga Sedulur mengajak hewan kelincimu berlatih halang rintang supaya bisa meredakan stres hingga kembali tenang.

11. Kelinci bukan hewan yang suka muntah

hewan kuat
Pexels

Selama ini, kita melihat ada beberapa hewan sering terlihat muntah. Entah karena tersedak, keracunan, dan masih banyak lagi. Hewan yang mudah muntah umumnya terjadi pada kucing di mana hewan ini kerap memuntahkan sisa makanannya ke luar dari perutnya. Sehingga kucing pun dianggap sebagai hewan pemuntah.

Namun, ada hewan yang dikatakan tidak dapat muntah dan hewan tersebut adalah kelinci. Orangtua mungkin ada yang marah-marah kepada anaknya karena hewan kelinci peliharaan anaknya muntah.

Sebenarnya. kelinci bukan golongan hewan yang suka muntah dan ini sudah dibantah langsung oleh beberapa pakar. Menurut beberapa survei, kelinci tidak bisa muntah aliah mengeluarkan sisa makanannya ke luar. Sebab, mereka hanya punya usus tanpa lambung sebagai proses mencerna makanan.

12. Sifat kelinci pada manusia

sifat kelinci pada manusia
Pexels

Kelinci adalah hewan mamalia alias hewan menyusui, termasuk golongan vertebrata yang memiliki tulang belakang untuk menopang tubuh, dan pengerat. Karakteristik kelinci saat berjalan pun berbeda dengan hewan pada umumnya. Sebab, hewan pengerat ini umumnya berjalan dengan melompat-lompat mirip kanguru.

Ia berjalan dengan cara melompat berguna agar terhindar dari pemangsa, musuh, dan memudahkan mereka mencari makan di alam liar. Karena sifat kelinci suka menghindari mangsa dan musuh, ketika bertemu manusia ia cenderung. Ini merupakan cara terbaik agar tidak terlibat dengan masalah.

Sifat manusia yang mirip dengan kelinci adalah ketika merasa stres mengajari anak belajar, Sedulur pada akhirnya memilih pergi dan fokus ke pekerjaan. Kemudian saat ada masalah di kantor dan ada rekan karyawan ingin membahas masalah di kantor, kamu memilh menolaknya. Alasannya karena Sedulur merasa belum mau membahas permasalahan yang bisa menciptakan sumber stres tersebut.

Demikian ulasan tentang karakteristik kelinci mulai dari golongan hewan, sifatnya, hingga ciri-ciri fisiknya. Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan dan pengetahuan Sedulur akan hewan pengerat  ini.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

 Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!