terwelu

Arti dari ungkapan serupa tapi tak sama selalu disematkan kepada dua hal yang mirip tapi sebenarnya berbeda. Begitu juga dengan terwelu dan kelinci. Peribahasa tersebut cocok disematkan kepada dua hewan tersebut karena secara fisik memiliki kesamaan yang identik.

Hanya dengan melihat secara detail dan lebih rinci, kita bisa melihat perbedaan kedua hewan tersebut. Kelinci dan terwelu adalah hewan mamalia yang berasal dari family yang sama namun dengan genus yang berbeda. Berikut ini adalah daftar perbedaan dari kedua hewan tersebut yang tentu saja wajib Sedulur ketahui.

BACA JUGA: Contoh dan Ciri-Ciri Hewan Vertebrata Serta Klasifikasi Kelasnya

1. Berbeda sejak lahir

terwelu jawa
kelincihare

Perbedaan pertama antara terwelu Jawa dan kelinci dapat terlihat sejak hewan tersebut lahir. Kelinci akan mengandung selama 30-31 hari sementara hewan yang satunya mengandung selama 42 hari. Ketika lahir, kelinci akan dipanggil dengan nama bunnies yang terlahir tanpa bulu. Sementara yang satunya akan terlahir dengan bulu dengan panggilan leverets.

-->

Perbedaan juga terlihat dalam penglihatan. Leverets sudah memiliki penglihatan sejak lahir, berbeda dengan kelinci yang sejak lahir tidak memiliki penglihatan. Ditambah lagi leverets sudah bisa bergerak ketika lahir, berbeda dengan kelinci yang belum bisa bergerak.

2. Berbeda saat dewasa

terwelu merah
idntimes

Perbedaan selanjutnya juga akan terlihat ketika beranjak dewasa. Kelinci memiliki ukuran tubuh yang sangat mungil, berbeda dengan terwelu merah yang memiliki tubuh lebih besar. Kelinci tidak memiliki kemampuan untuk mengubah bulu mereka saat musim dingin. Berbeda dengan hewan satunya yang mampu mengubah bulu mereka menjadi berwarna putih ketika musim dingin, hal tersebut untuk mempertahankan kondisi tubuh agar tetap hangat.

3. Berbeda tempat tinggal

tempat tinggal
cakrawalatour

Perbedaan selanjutnya terlihat dari tempat tinggalnya. Kelinci memiliki tempat tinggal di dalam tanah. Biasanya mereka akan mengali tanah dan membuat terowongan. Hal ini juga berkaitan dengan kondisi bulu yang tidak bisa mempertahankan suhu tubuh agar tetap hangat.

Berbeda dengan terwelu Eropa dan yang ada pada wilayah lainnya yang dapat mengubah bulu mereka untuk dapat mempertahankan suhu tubuh ketika memasuki musim dingin. Oleh karena itu, hal ini juga tentu saja mempengaruhi tempat tinggalnya. Yaitu di tanah biasa tanpa harus menggali tanah dan membuat terowongan.

4. Berbeda makanan

makanan
kompas

Perbedaan lain juga terlihat pada makanan yang dikonsumsi. Kelinci menyukai tumbuhan, makanannya adalah rumput dan sayuran. Meskipun sama, terwelu juga mengonsumi tumbuhan namun dengan jenis yang lebih spesifik.

Biasanya, terwelu menyukai rumput, tunas bunga, batang kayu. Perbedaan selanjutnya terletak pada kesukaan hewan ini yang gemar memakan bangkai-bangkai hewan kecil seperti contohnya tikus. Sementara kelinci tidak memakan selain tumbuhan seperti rumput dan sayuran.

5. Ukuran lebih besar

terwelu eropa
idntimes

Perbedaan selanjutnya terletak pada ukuran badannya, hal ini juga mempengaruhi harga terwelu dan kelinci. Hewan ini memiliki ukuran lebih besar terlihat dari telinga dan kaki yang lebih panjang dari kelinci. Sementara itu, kelinci memiliki tubuh yang lebih meungil dengan kaki dan telinga yang pendik. Telinga kelinci memiliki ukuran 7,5 cm, sementara itu hewan ini memiliki panjang antara 9,4 cm-11 cm.

BACA JUGA: Mengenal Hewan Ovivivipar, Contoh & Penjelasannya, Lengkap!

6. Naluri hewani

Naluri hewani
kaskus

Perbedaan selanjutnya dari kelinci dan terwelu yaitu naruli hewani keduanya. Sejak dari kecil, kelinci merupakan hewan yang jinak dan dapat diternak sedari kecil. Selain itu, kelinci juga sudah sejak dari abad pertengahan dijadikan sebagai hewan ternak di Eropa.

Berbeda dengan terwelu yang lebih liar dan hidup sendirian. Tidak berkelompok seperti kelinci. Hidup berkelompok saat memasuki musim kawin saja.

7. Berbeda genus namun satu family

persamaan kelinci dan terwelu
republika

Perbedaan selanjutnya yaitu dari genus. Namun jika dirunut, ada persamaan kelinci dan terwelu dari segi family, yaitu family Leporidae. Dari family tersebut terdapat sekitar 60 spesies. Ciri-ciri terwelu masuk dalam genus Lepus. Sementara kelinci memilik 9 genus, yaitu Brachylagus, Bunolagus, Nesolagus, Oryctolagus, Pentalagus, Poelagus, Prolagidae (punah), Romerolagus dan Sylvilagus.

Sekian penjelasan terkait terwelu dan perbedaannya dengan kelinci. Semoga penjelasan di atas dapat membuat Sedulur lebih paham terkait dunia hewan. Dengan membaca artikel ini, diharapkan Sedulur tidak lagi sulit membedakan perbedaan dua hewan di atas meskipun secara bentuk memiliki kesamaan yang identik.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super, lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.