waktu penyembelihan qurban

Kapan waktu penyembelihan hewan kurban? Sebagai umat muslim, hal tersebut tentu menjadi pertanyaan. Tentu bagaimana aturan dalam Islam terkait waktu penyembelihan hewan kurban itu sendiri. Nah, hal tersebut bisa Sedulur ketahui dalam penjelasan kali ini.

Karena, dalam penjelasan kali ini, kita akan bahas terkait kapan waktu penyembelihan hewan kurban yang sesuai dalam aturan dan ajaran Islam itu sendiri. Karena pada dasarnya, Penyembelihan hewan qurban ini tidak boleh dilakukan kapan saja karena ada aturannya kapan hewan tersebut mulai boleh disembelih.

Penyembelihan hewan qurban menjadi salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Islam, dan sudah menjadi tradisi tahunan untuk seluruh masyarakat muslim. Seperti apa penjelasannya? Yuk, mari langsung kita simak di bawah ini.

BACA JUGA: 13 Potret Artis Rayakan Idul Adha Bersama Keluarga

Kapan waktu penyembelihan hewan kurban?

kapan waktu penyembelihan hewan kurban
iStock

Terkait kapan waktu penyembelihan hewan kurban sesuai ajaran agama? Tentu hal tersebut yang ingin  diketahui. Waktu merupakan sesuatu yang berharga dan tak bisa diulang lagi. Maka segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan harus diperhatikan kapan waktunya.

Sama halnya dengan waktu dalam menyembelih hewan qurban yang sudah sesuai dengan syariat Islam. Kapan penyembelihan hewan qurban ini dilaksanakan, atau kapan tepatnya hewan qurban boleh disembelih.

Terkait waktu pelaksanaan, disarankan dilakukan selepas shalat Ied, jika penyembelihan dilakukan sebelum shalat Ied, maka penyembelihan tersebut tidak termasuk dalam ibadah kurban. Maka wajib hukumnya untuk melaksanakan shalat terlebih dulu, baru kemudian boleh menyembelih.

Shalat Idul Adha biasanya dilaksanakan di pagi hari dan dilengkapi dengan khutbah. Kemudian dilanjutkan dengan makan bersama keluarga, setelah itu barulah boleh dilakukan proses penyembelihan.

Tata cara dan ketentuan penyembelihan

kapan waktu penyembelihan hewan kurban
iStock

Selain terkait kapan waktu penyembelihan hewan kurban, ada beberapa hal penting yang juga perlu Sedulur ketahui, yaitu terkait tata cara dan ketentuan penyembelihan hewan kurban itu sendiri. Tentu Sedulur harus mengetahuinya agar bisa melakukannya dengan tepat.

Berikut ini aturan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban yang benar:

1. Tanggal yang diperbolehkan menyembelih

Penyembelihan hewan kurman merupakan salah satu ritual ibadah yang sakral, maka dari itu terkait tanggal waktu tentu saja sudah ada aturannya terkait tanggal kapan waktu penyembelihan hewan kurban dalam agama Islam itu sendiri.

Ketentuan tanggal penyembelihan hewan qurban ini sudah ditetapkan sesuai dengan syariat Islam, dengan hari penyembelihan selama empat hari berturut-turut. Waktu penyembelihan qurban adalah tanggal 10 Dzulhijjah serta tiga hari setelah tanggal tersebut.

Tepatnya di tanggal 11 sampai tanggal 13 Dzulhijjah yang disebut dengan Hari Tasyrik, yang dimana di hari-hari tersebut adalah hari yang diharamkan untuk berpuasa. Selain itu, hari bagi umat muslim mendapatkan berkah daging qurban dari penyembelihan tersebut.

Tujuan dari kurban sendiri yaitu untuk membuat setiap umat muslim agar dapat merasakan makanan dari daging secara merata. Selain itu, tujuan utama dari daging yang dikurbankan yaitu disedekahkan kepada beberapa orang dan golongan yang berhak menerima daging kurban. Maka dari itu, di dalam ibadah kurban di Idul Adha pada dasarnya terdapat keberkahan di dalamnya.

2. Penyembelihan disunahkan sebelum matahari terbenam

Allah SWT sudah menjelaskan di dalam Al-Quran mengenai penciptaan malam dan siang. Maka manusia mulai bekerja di siang hari saat matahari baru muncul dan beristirahat saat matahari sudah terbenam atau di malam hari.

Walaupun memang tidak ada dalil mengenai larangan waktu penyembelihan di malam hari, tetapi akan lebih baik jika dilakukan sebelum matahari terbenam atau saat masih ada matahari. Pada saat gelap dan sudah malam, akan sulit mengarahkan hewan yang akan disembelih yang jatuh ke tanah.

Bahkan, dikhawatirkan akan terjadi kecelakaan saat prosesnya sedang dilakukan jika penyembelihan dilakukan di malam hari. Selain itu, menyembelih hewan qurban di siang hari juga akan disaksikan oleh banyak orang.

3. Batas akhir waktu penyembelihan

Terkait batas akhir waktu pennnyebelihan, hal tersebut juga masuk dalam pembahasan kapan waktu penyembelihan hewan kurban yang disarankan. Pelaksanaan hewan qurban pun memiliki tenggat waktu atau batas akhir penyembelihan qurban. Waktu penyembelihan qurban berakhir tanggal 13 Dzulhijjah dan saat matahari sudah terbenam.

Jika sudah melewati waktu tersebut maka tidak akan dihitung atau termasuk ke dalam ibadah qurban, tapi hanya penyembelihan hewan biasa.Jika hewan yang akan diqurbankannya berjumlah banyak maka pastikan lagi waktunya cukup untuk menyembelih hewan di empat hari berturut-turut tersebut.

Perhitungkan kembali orang-orang yang akan menyembelih hewan tersebut dan perkiraan waktu penyembelihan. Bagi Sedulur yang akan melaksanakan ibadah kurban. Biasanya diminta untuk hadir ke masjid atau ke tempat penyembelihan hewan kurban.

Semoga umat muslim yang melakukan ibadah kurban, tentu saja Sedulur harus menyaksikan hewan kurbannya disembelih, atau minimal ada di tempat penyembelihan. Hal ini juga merupakan salah satu tata cara dalam proses penyembelihan hewan kurban.

BACA JUGA: Ide Menu Makanan Menyambut Idul Adha, Cocok Disantap dengan Nasi

Ibadah kurban bagi umat muslim

iStock

Setelah mengetahui terkait penjelasan kapan waktu penyembelihan hewan kurban beserta dengan tata caranya, tentu Sedulur kini mengetahui bahwa penyembelihan kurban dalam Islam merupaka wajib hukumnya, terutama bagi yang mampu dan merupakan salah satu syiar Islam itu sendiri.

Disarankan penyembelihan dilakukan saat terbit matahari di hari raya Idul Adha, sebagaimana yang dijelaskan di atas. Tentu saja dilakukan setelah melakukan shalat dua rakaat dan dua macam khutbah yang singkat.

Apabila penyembelihan dilakukan sebelum waktu-waktu tersebut maka tidak termasuk ibadah qurban, tapi hanya menyembelih hewan seperti hari biasa. Pada intinya, waktu penyembelihan dilaksanakan pada saat setelah shalat dan khutbah di masjid.

Maka waktu penyembelihan hewan tidak dimajukan tapi mengambil perkiraan waktu setelah shalat dan setelah khutbah, seperti saat shalat dilaksanakan di masjid. Tujuannya adalah supaya waktu penyembelihan tidak keluar dari ikhtilaf. Dari waktu penyembelihan qurban yang sudah sesuai dengan syariat Islam, maka seluruh umat muslim yang menjalankan ibadah qurban harus menaati semua aturannya dengan benar.

Nah itulah penjelasan lengkap terkait kapan waktu penyembelihan hewan kurban yang sesuai dengan ajaran dan aturan dalam Islam. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur, terutama bagi Sedulur yang belum mengetahui terkait aturan lengkapnya.