Sedang belajar kamera dan bingung memilih kamera untuk dibeli? Yuk, simak daftar rekomendasi kamera mirrorless di bawah ini. Terutama bagi Sedulur yang pemula.

Salah satu hobi yang bisa dikembangkan adalah hobi memotret. Tentu saja, menjalankan hobi ini termasuk mahal. Karena Sedulur membutuhkan peralatan bernama kamera.  Harga kamera tidaklah murah, butuh usaha menabung terlebih dahulu untuk dapat membeli kamera.

Namun, tidak semua kamera yang kualitasnya baik memiliki harga yang mahal. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas rekomendasi kamera mirrorless untuk pemula. Bagi pemula yang masih awam dengan kamera, semua kamera dipandang bagus dan mahal. Namun ada juga kamera mirrorless murah dengan kualitas yang baik.

Harga kamera mirrorless rata-rata di atas Rp 8jt, namun dengan spesifikasi kamera mirrorless yang tepat, harga dan spesifikasi kamera mirrorless ada yang murah antara 5jt hingga 6jt. Yuk, langsung saja simak daftar rekomendasi kamera mirrorless yang bagus dan murah sekaligus juga membahas kamera mirrorless review dalam penjelasan di bawah ini.

-->

Baca Juga: Ide Bisnis Fotografi yang Menguntungkan

Daftar Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Untuk Pemula

1. Fujifilm X-T100

1. Fujifilm X-T100
pricebook.co.id

Bagi Sedulur yang baru belajar kamera dan menjadi fotografer pemula, kamera dari fujifilm ini cocok sebagai alat yang Sedulur gunakan. Fujifilm X-T100 sangat cocok digunakan sebagai pilihan pertama bagi pemula, hal tersebut dikarenakan kamera mirrorless ini memiliki desain dengan memakai ukuran sensor APS-C dengan resolusi 24.2 MP.

Secara desain sangan sederhana dan tidak rumit, cocok digunakan bagi pemula atau Sedulur yang sedang mencari kamera berkualitas dengan harga murah. Selain itu continuous shooting yang bisa dilakukan kamera mirrorless ini yaitu 6fps. Kamera ini dijual dengan harga mulai dari Rp 5 jutaan saja. Harga dan fitur sangat seimbang.

2. Canon EOS M50

2. Canon EOS M50
pricebook.co.id

Rekomendasi kamera mirrorless yang kedua berasal dari Canon, yaitu Canon EOS M50, tidak lengkap rasanya jika membahas kamera tidak membahas Canon. Salah satu produsen kamera terbesar dan terpercaya ini memiliki kamera mirrorless yang cocok digunakan oleh pemula. Selain itu, harganya pun termasuk murah, sekitar Rp. 6 jutaan.

Ukuran sensor Canon EOS M50 yaitu sensor APS-C, dengan resolusi 24.1 MP. Viewfinder EVF dari kamera ini memiliki 2,360,000 titik. Selain itu, kamera mirrorless ini juga sudah bisa merekam video berkualitas 4K, kamera yang sangat komplit dan cukup murah digunakan sebagai alat belajar untuk pemula.

3. Fujifilm X-T30

3. Fujifilm X-T30
dpreview.com

Rekomendasi kamera untuk pemula selanjutnya yaitu Fujifilm X-T30, kamera ini memiliki kelebihan yaitu desain yang mungil dan ringan, kualitas gambar yang dihasilkan cukup bagus, fitur autofocus yang bekerja secara optimal dan juga dapat merekam video dengan kualitas 4K. Namun kekurangannya kamera ini tanpa in-body stabilisation serta peredam getaran.

Kamera ini dibekali sensor APS-C CMOS, selain itu kamera ini juga dibekali dengan prosesor 4 quadcore. Dengan itu, kamera ini dapat menghasilkan kualitas bagus dan cocok digunakan oleh pemula untuk mengeksplorasi skill dan kemampuan menangkap gambar.

Baca Juga: Begini Cara Sukses Menjadi Reseller, Wajib Catat!

4. Olympus OM-D E-M10 Mark III

4. Olympus OM-D E-M10 Mark III
pricebook.co.id

Rekomendasi kamera untuk pemula selanjutnya berasal dari Olympus. Desain kamera ini sangat klasik, hal tersebut yang menjadi daya tarik utama kamera satu ini. Kamera ini memiliki ukuran sensor Micro Four Thirds yang sedikit lebih kecil dari APS-C. Berkaitan kualitas gambar yang dihasilkan, tidak perlu dipertanyakan lagi.

Resolusi gambar adalah 16.1 MP, hasil jepretannya boleh dibandingkan dengan kamera lainnya yang memiliki superioritas dalam hal spesifikasi. Untuk kategori kamera, kamera keluaran olympus ini dibanderol harga Rp 9 jutaan, harga yang cukup murah di dalam dunia perkameraan.

5. Fujifilm X-A5

5. Fujifilm X-A5
camera.co.id

Kembali berasal dari Fujifilm, kamera Fujifilm X-A5 ini sangat cocok digunakan oleh pemula, karena kamera ini memiliki fitur dan kelebihan diantaranya ukuran compact yang nyaman digunakan, layar sentuh yang super sensitif, autofocus dan mode selfie, 11 varia untuk simulasi film, terdapat format RAW converted juga.

Namun kekurangannya, kamera ini tidak memiliki viewfinder dan daya hidup baterai kurang lama. Namun, kamera ini juga memiliki dukungan bluetooth dan Wi-Fi serta terdapat juga HDMI, konektor USB 2.0 dan slot kartu memori. Untuk harga, kamera ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 5 jutaan.

6. Sony Alpha A5100

6.Sony Alpha A5100
pricebook.co.id

Tidak ingin kalah dengan produsen kamera lainnya, Sony pun mengeluarkan kamera yang ramah untuk pemula, Melalui Sony Alpha A5100, Sony juga memiliki kamera mirrorless yang cocok digunakan oleh para pemula. Selain itu, harga kamera inipun murah, sekitar Rp 5 jutaan.

Kelebihan kamera ini adalah layar yang dapat diputar hingga sudut 180 derajat dan tentu saja terdapat mode selfie yang bisa digunakan untuk vlog dan juga membuat konten. Dengan menggunakan kamera ini, para pemula yang sedang belajar fotografi dapat meningkatkan kemampuan dasar dalam menggunakan kamera.

7. Fujifilm XF10

7. Fujifilm XF10
akurat.co

Kamera murah rekomendasi selanjutnya adalah Fujifilm XF10, kamera yang ramai dibeli tahun 2020 yang lalu, dan banyak digunakan oleh pemula untuk belajar kamera selama pandemi virus corona. Kamera ini dibanderol dengan harga Rp 5 jutaan, memiliki spesifikasi menarik dan mudah digunakan.

Kelebihan kamera ini adalah desain super ramping, sensor APS-C premium, mudah disimpan di saku baju dan juga harga yang terjangkau, namun tidak ada yang sempurna, kamera ini juga tetap memiliki kekurangan yaitu tanpa memiliki viewfinder dan autofocus yang sedikit lamban. Walaupun begitu kamera ini tetap layak pakai.

8. Nikon 1 J5

8. Nikon 1 J5
pricebook.co.id

Tidak lengkap berbicara kamera tanpa membicarakan kamera produk nikon. Nikon dan Canon bersama-sama menjadi produsen kamera tingkat tinggi di dunia. Oleh karena itu, jarang sekali terdapat kamera nikon dengan harga yang murah. Namun, satu produk kamera Nikon, yait Nikon 1 J5 dengan harga Rp 4 jutaan.

Keunggulan kamera ini adalah kecepatan shutter hingga 1/16000 detik. Sangat cocok bagi Sedulur yang gemar menangkap gambar yang bergerak cepat, seperti gambar hewan atau kendaraan.

9. Panasonic Lumix DC-GF9K

9. Panasonic Lumix DC-GF9K
pricebook.co.id

Kamera dari panasonic ini memiliki desain klasik dan desain retro. Fitur-fiturnya juga sangat mudah digunakan bagi para pemula. Harga kamera ini dibanderol mulai dari Rp. 4 jutaan. Spesifikasi, desain dan bentuk memiliki kemiripan dengan Nikon 1 J5. Kecepatan kamera ini juga sangat bisa diandalkan. Sebagai pemula, Sedulur disarankan menggunakan kamera yang seperti keluaran panasonic ini.

10. Fujifilm FinePix XP130

10. Fujifilm FinePix XP130
tabcamera.com

Rekomendasi kamera mirrorless terakhir adalah Fujifilm FinePix XP130. Kelebihan kamera ini adalah desain layar yang luas dan elegan, juga memiliki operation system dari Android 8.1 Oreo. Namun sebagai kamera untuk pemula, kamera dari fujifilm ini memiliki spesifikasi yang standar dan baterai yang pas-pasan. Tapi, harga kamera ini sangat terjangkau, mulai dari harga Rp 2 jutaan, Sedulur sudah dapat membeli kamera ini.

Semoga daftar kamera di atas bisa memberikan rekomendasi bagi Sedulur yang sedang ingin mengulik dan belajar kamera. Jangan lupa juga untuk mulai menabung dari sekarang agar dapat membeli kamera yang diinginkan. Agar bisa sedikit demi menabung, Sedulur tentu saja harus hemat menggunakan uang, terutama untuk kebutuhan sehari-hari.

Sedulur bisa belanja kebutuhan sehari-hari dengan belanja di Aplikasi Super. Harga super murah dapat membuat Sedulur menabung lebih banyak dan dapat membeli kamera dengan cepat.

Sedulur bisa klik di sini untuk cek langsung kelengkapan barang Aplikasi Super dan juga daftar harganya. Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super agar dapat melakukan pemesanan menggunakan smartphone. Selamat mencoba!