Punya kemampuan fotografi? Simak ide bisnis fotografi di bawah ini.

Di tengah masa pandemi virus corona saat ini, kita sebagai masyarakat dituntut untuk kreatif dan inovatif untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Banyak usaha dan bisnis yang gulung tikar di tengah masa pandemi saat ini.

Salah satu bisnis yang tetap bertahan dan bisa beradaptasi dengan kondisi dengan cepat adalah bisnis jasa. Salah satu bisnis jasa yang menggiurkan dan menguntungkan adalah bisnis fotografi. Pasalnya, di tengah era yang serba digital seperti saat ini, visual merupakan hal penting yang menopangnya.

Kebutuhan foto untuk kepentingan digital menjadi faktor utama, baik untuk bisnis, promosi, edukasi, dan bahkan untuk hiburan sekalipun. Bagi Sedulur yang memiliki kemampuan fotografi, menjalankan bisnis fotografi yang menguntungkan tentu sangat menggiurkan.

-->

Berikut ini akan diulas beberapa daftar ide bisnis fotografi yang menguntungkan yang bisa dijadikan inspirasi dan juga referensi untuk memulai jasa bisnis fotografi. Apa saja idenya? Yuk mari kita simak penjelasannya.

Baca Juga: Ide Bisnis yang Menarik di Hari Kemerdekaan

Daftar Ide Bisnis Fotografi yang Menguntungkan

1. Fotografi Makanan

Ide bisnis fotografi yang menguntungkan pertama adalah fotografi makanan, atau dikenal juga dengan nama Food Photography. Menjamurnya bisnis kuliner yang dijual secara online membuat ide bisnis fotografi yang menguntungkan ini naik daun.

Memilih spesifikasi ini tentu saja membuat Sedulur harus punya kamera khusus yang bisa mengambil foto berkualitas tinggi, apalagi jika objek fotonya kecil. Fotografi makanan bisa membuat orang tertarik pada produk makanan sekaligus bisa menarik minat calon pembeli

Sedulur bisa memulai bisnis ini secara mandiri dengan cara mengambil foto makanan-makanan yang ada di sekitar. Buat foto semenarik mungkin. Setelah itu, Sedulur bisa menjualnya di situs jual beli foto online atau mungkin bekerja sama dengan restoran hingga membuka studio food fotografi sendiri.

Langkah yang paling pertama untuk Sedulur Super lakukan adalah membuat portofolio foto makanan Sedulur sebanyak mungkin dengan berbagai sudut pandang dan pencahayaan yang beragam. Karena biasanya para klien selalu meminta portofolio foto sebagai bahan pertimbangan.

2. Fotografi Produk

Ide bisnis fotografi yang menguntungkan kedua adalah fotografi produk atau dikenal dengan istilah Product Photography. Ide bisnis fotografi satu ini marak diminati karena munculnya trend bisnis online dan tersedianya banyak e-commerce.

Bisnis ini pada dasarnya fokus pada foto-foto untuk produk dari berbagai jenis mulai dari pakaian, ikat pinggang, parfum hingga mobil. Beberapa perusahaan besar bahkan rela merogoh kocel dalam hingga puluhan juta untuk menyewa jasa seorang fotografer produk profesional.

Tujuannya hanya semata untuk meningkatkan kesan produk, menambah daya tarik, meningkatkan branding dan pada akhirnya mengajak konsumen untuk membeli produk tersebut. Jika dipikir-pikir memang terlihat konyol menghabiskan uang puluhan juta untuk seorang fotografer.

Namun, jangan salah, foto yang baik secara visual, warna, pencahayaan dan juga sudut pandang dapat memberi dampak besar bagi perkembangan pembelian sebuah produk. Selain itu, citra produk juga akan semakin melekat dengan masyarakat sebagai calon pembeli.

3. Fotografi Pernikahan

Ide bisnis fotografi yang menguntungkan ini sudah jelas sangat menggiurkan dan bisa dijadikan prospek bisnis. Bisnis jasa fotografi yang dikenal dengan nama Wedding Photography  ini juga semakin banyak bermunculan akibat bergesernya trend pernikahan.

Saat ini banyak calon pasangan pengantin yang ingin mengurus pernikahan mereka sendiri dan mandiri. Ide bisnis fotografi ini akan sangat membantu para calon pasangan pengantin yang membutuhkan jasa fotografi yang terpisah.

Biasanya, jasa foto dalam pernikahan diberikan satu paket dengan pelaksanaan pernikahan oleh wedding organizer. Namun, seperti yang Sedulur ketahui, menyewa jasa wedding organizer tidaklah murah.

Maka dari itu, trend pernikahan saat ini bergeser dan mengurus sendiri pernikahan dan menyewa jasa masing-masing secara terpisah, salah satunya menyewa jasa fotografer.

4. Fotografi Wisuda

Ide bisnis fotografi yang menguntungkan selanjutnya adalah jasa foto wisuda, atau yang dikenal dengan istilah graduation photography. Banyak wisudawan dan wisudawati yang lebih tertarik menyewa seorang fotografer ketimbang berfoto di studio foto.

Bisnis ini meskipun hanya bisnis musiman tapi penghasilannya lumayan. Bayangkan saja, untuk foto ukuran foto 10R, kita harus membayar sekitar 600-700 ribu per satu foto. Coba bayangkan jika yang di wisuda itu ada 3000 orang, dan ada 30 orang atau 1% yang menggunakan jasa tersebut.

Sekitar puluhan juta rupiah bisa kita raup dari menjalankan bisnis ini. Jika kita memiliki hobi fotografi, coba manfaatkan momen-momen semacam ini untuk tambah-tambah penghasilan. Meskipun termasuk ide bisnis fotografi musiman, tapi cukup menguntungkan.

Namun, bisnis ini membuat kita sibuk dan kerepotan. Karena kita harus bawa perlengkapan yang memadai mulai dari kamera dengan berbagai aksesorisnya, layar, komponen tambahan serta menjaga agar studio dadakan yang kita bawa.

Baca Juga: Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

5. Fotografi EO (Event Organizer)

Event organizer merupakan sebuah momen langka yang biasanya mempertemukan banyak orang dan banyak lembaga dalam satu acara. Kita bisa bekerja sama dengan panitia pelaksana untuk menjadi fotografer sekaligus untuk membantu mereka dalam hal dokumentasi.

Hal ini juga bisa membantu mereka untuk melakukan laporan pertanggungjawaban nantinya, apalagi jika pengguna jasa bisnis fotografi kita adalah lembaga pemerintahan. Biasanya, bisnis fotografi EO ini membutuhkan kamera dengan memori tanpa batas.

Karena kita sangat diharuskan mengambil foto apa saja yang dominan atau menarik saat acara atau kegiatan berlangsung. Foto yang diambil adalah memotret suasana dan keberlangsungan acara, dari awal hingga selesai.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan fisik dan mental, karena menjalankan ide bisnis fotografi yang menguntungkan di atas akan sangat menguras tenaga dan pikiran. Belum lagi tuntutan dari klien yang membuat kita menghadapi berbagai macam tekanan.

Siapkan suplemen dan berbagai vitamin juga nutrisi untuk menjaga asupan makan agar Sedulur selalu sehat dan siap menjalankan bisnis fotografi secara optimal. Sedulur Super bisa mendapatkan suplemen, vitamin dan juga berbagai macam makanan bernutrisi dengan beli di Aplikasi Super.

Bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini dan segera belanja setiap kebutuhan Sedulur. Jangan lupa juga kunjungi laman Aplikasi Super untuk mempelajari segala sesuatu terkait Aplikasi Super, termasuk cara daftar Aplikasi Super.